10 Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

Assalamualaikum Sahabats …
Nggak berasa ya, tetiba udah hampir akhir tahun aja. Akhir tahun biasanya identik dengan liburan sekolah kan? Para emaks dan bapaks biasanya udah mulai rembukan nih mau ngajakin anak-anak liburan kemana. Meskipun untuk liburan akhir tahun jadwal liburan antara orangtua dan anak berbeda, aku sih tetep berusaha walaupun Cuma beberapa hari liburan keluar kota. Refreshing juga buat kita dan kasian juga kan kalo selama liburan anak-anak ngendon di rumah aja. πŸ˜‰


Buat saya sendiri liburan nggak harus muluk-muluk keluar negeri atau ke tempat yang jauh. Asal udah bisa melihat dunia lain (selain rumah dan kantor), qualiti time bareng keluarga, udah cukup lah. Liburan murah bukan berarti murahan to hehehe….

Salah satu tempat liburan murah di seputaran Jawa Tengah dan termasuk kota yang ngangeni adalah Solo. Selain kampung halamannya Presiden kita, Solo adalah tanah kelahiran mamaku. Sejak kecil kota ini cukup familiar buatku. Kotanya asyik dan kulinernya juga endess. Liburan kemarin, saat kami nginep di The Sunan hotel for free, thanks to ngeblog πŸ˜‰ kami sempet jelajah kuliner di Solo.

Ada yang suka wisata kuliner???? (tunjuk diri sendiri) πŸ˜›
Ini dia beberapa referensi wisata kuliner di kota Solo yang wajib dicoba

1. Nasi Liwet
Nasi gurih yang disajikan di piring beralas daun ini jadi menu pertama dan terpenting di Solo. Bentuknya mirip nasi ayam di Semarang. Nasi gurih yang disajikan dengan ayam kampung, telur pindang, sayur labu siam untuk rasa pedasnya, dan sedikit kepala santan di atas nasi ini jadi favorit banyak orang yang liburan ke Solo. Makanan sederhana tapi ngangenin ini bisa ditemukan dimana saja di Solo dan cocok banget untuk menu sarapan atau makan malam.
Menurut sodara yang tinggal di Solo, nasi liwet yang paling top di Solo adalah nasi liwet Wongso Lemu yang ada di kawasan Keprabon Solo. Letaknya nggak jauh dari keraton Mangkunegaran.

2. Gudeg Ceker
Sebenernya rasa dan penampakannya nggak jauh beda sama gudeg Jogja pada umumnya. Cuma menurut aku gudeg Solo ini rasanya nggak semanis gudeg Jogja, jadi lidah orang Sumatra yang nggak doyan manis biasanya lebih toleran sama gudeg Solo. Tempatnya boleh aja warung kaki lima yang sederhana tapi jangan heran kalo liat deretan mobil mewah parkir di depan warung Bu Kasno. Gudeng Bu Kasno yang letaknya ada di daerah Margoyudan dan uniknya mulai buka jam 01.00 dini hari dan hanya dalam hitungan 3-4 jam udah tutup lagi saking ramenya. Apa sih yang bikin gudeg ceker ini begitu spesial sampe orang rela bangun malem buta? Kebanyakan orang sih bilang cekernya yang pedes maknyuus itu bikin mata langsung melotot hehehehe….
Penasaran nggak sih nyobain gudeg ceker yang bekennya membhahanaaaa ini??? Siap-siap jadi kalong deh dan lupakan diet-dietan sementara ya. πŸ˜‰

foto dipinjam dari nyolo.com
foto dipinjam dari nyolo.com

3. Timlo Solo
Menu yang satu ini langsung dapet resistensi dari si abang karena manisnya. Sepertinya Timlo ini perpaduan antara sup dan soto tapi rasanya manis. Timlo Solo terdiri dari potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ampela, hati, dkk (tapi ini optional ya), telur pindang, sosis Solo, yang kemudian di guyur kuah bening yang rasanya manis. Semua bagian Timlo Solo didominasi rasa manis.
Buat kami yang nggak begitu doyan manis, Timlo Solo terasa kurang pas di lidah. Tapi kalo kalian penggemar manis, cuuzz ke Timlo Sastro yang ada di belakang Pasar Gedhe Solo yah. πŸ™‚

timlo

4. Sup Matahari
Nah kalo menu yang satu ini aku cocok banget deh dan anak-anak pun pasti suka. Bentuknya seperti sup pada umumnya dengan kuah bening yang segar. Sup matahari ini ditata dengan sangat menarik dan cantik. Galantin ayam yang di campur dengan beberapa macam jamur dan wortel kemudian dibungkus telur dadar. Galantin ini pada awalnya berbentuk bulat biasa aja nanti setelah disajikan di dalam piring baru disiram dengan kuah panas dan kemudian si bungkus telur itu akan terbuka dan mekar seperti bunga. Cantik deh. Rasany gurih dan ringan, cocok buat jadi makanan pembuka. Melihat bentuknya yang lucu ini anak-anak pasti suka dan tertarik. Yang kepengen nyobain gurih dan segernya sup matahari boleh ke warung Vien’s di jl. Hasannuddin no. 99, Solo.

5. Selat Solo
Ini juga wajib banget dicoba kalo ke Solo. Selat Solo ini selalu jadi menu pembuka di setiap acara pernikahan keluarga Arab di Solo. Selat Solo ini sebenarnya diadaptasi dari menu bule yang namanya salad. Dengan kreatifitas orang Solo salad yang tadinya hanya merupakan campuran sayur-sayuran di beri kuah semur yang manis. Isi selat Solo adalah wortel, buncis, dan kentang rebus, selada, telur pindang, daging giling (galantin), dan homade mayonaise yang asem-asem seger gitu deh. Cocok banget dimakan anget-anget. Mak nyuuuuusss……
Pengen nyobain selat Solo, silakan cari warung selat Solo mbak Lies di daerah Serengan.

6. Tahu Kupat
Kayanya menu ini bisa ditemukan di banyak kota lainnya ya. Meskipun judulnya beda-beda tapi penampakannya hampir sama. Tahu kupat Solo sendiri terdiri dari ketupat, mi basah, taoge, tahu dan bakwan goreng, taburan kacang tanah goreng yang di campur dengan bumbu kecap encer dengan tambahan bawang. Supaya lebih spesial boleh juga di tambah telur dadar dan yang bikin makan jadi semangat, kerupuk. Hehehehe….

tahu kupat

7. Tengkleng
Ada yang suka makan daging kambing? Berarti harus banget nyobain sodaranya tongseng. Jangan membayangkan makan daging kambing dengan potongan gede ya, karena semangkuk tengkleng berisi lebih banyak tulang-belulang yang enak banget dikerokoti. Nggak bisa deh makan cantik disini, nggak seru kan ngerokotin tulang pake jaim. πŸ˜›
Penasaran sama tengkleng yang kuahnya berempah seperti gule ini? langsung cuuzz ke Tengkleng bu Ediyem di Pasar Klewer Solo.

tengkleng
8. Cabuk Rambak
Belum pernah denger nama makanan ini? Cukup dimaklumi karena menu ini termasuk spesies langka, bahkan di kota Solo sendiri. Penampakan cabuk rambak ini sebenernya mirip pecel hanya isinya yang sedikit beda. Seporsi cabuk rambak terdiri dari potongan ketupat yang di campur bumbu yang berupa campuran wijen dan kelapa. Cabuk rambak disajikan dalam pincukan daun pisang ditemani kerupuk. Udah gitu aja. Makanan ndeso yang sederhana, murah meriah karena seporsinya Cuma Rp. 2.500 tapi harus banget dicobain.
Makanan sederhana yang sudah hampir punah ini bisa ditemukan di beberapa sudut jalan Ledoksari, Solo.

9. Bakso
Bakso sih bisa ditemukan dimana saja ya tapi entah kenapa bakso di Solo itu spesial banget menurutku. Konon katanya bakso di Jawa Tengah yang paling enak memang buatan orang Solo dan Wonogiri. Nggak percaya?? Coba deh cek tukang bakso yang beredar dimana-mana biasanya asalnya dari 2 daerah yang kusebut tadi. Bakso di Solo banyak yang enak salah satunya bakso Alex dan bakso Kadipolo yang punya banyak cabang di Solo.

10. Serabi Notosuman
Last but not least, makanan ringan yang nggak kalah ngangeni dari semua daftar makanan diatas. Serabi notosuman yang sekarang ini sudah banyak mengalami modifikasi dengan pilihan rasa yang segambreng. Cocok banget buat oleh-oleh atau temen ngopi dan teh. πŸ™‚

serabi notosuman

Semoga kalau pada ke Solo udah nggak pada bingung lagi ya mau makan apa. Banyak banget menu tradisional yang joss gandoss dan yang paling penting nggak bikin kantong kempes hehehe….
Selamat berburu ya sahabats. Bonapetite. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

23 Comment

  1. Nyam nyam nyam wenaaaak kabeeeh mbaaak πŸ™‚
    AKu krmn pas ke Solo makan tengkleng Bu siapaa yaa, Bu Hadi opo Bu siapa gitu deh

    Enyaaaak!

  2. sampe sekarang.penasarannnn banget sama selat solo…

  3. Penasaran sama sup matahari mbak..kayaknya seger banget gitu…

    ** pernah ke Solo cuma ke pasar klewer dan keraton saja.. πŸ™‚

  4. Waah aku blm pernah traveling ke Solo nih. Makanannya menggoda iman #eh.

  5. Serabi notosumannya bikin ngences. Udah lama gak ke solo, udah kayak apa ya? Hiks..

  6. Biasnya yg ku pilih pas liburan wisata palingan bakso soalnya cepat saji dan.murah dimanapun mao beli

  7. pagi2 udah disodorin makanan, aku mau surabinyaaaa, ketok’e enak mbak

  8. Jadi pengen segera meloncat ke Solo. Pengen nyoba semuanya… *lap iler πŸ˜€

  9. Kuliner nusantara memang unik ya mak. Makasih referensinya kapan2 ke sana saya datengin satu2 πŸ™‚

  10. Belum pernah nyoba cabuk rambak, penasaran deh rasanya kayak gimana, mbak

  11. Mauuuu serabi notosumannya… iiih aku langsung laper mak !

  12. apapun makanannya….aku tetep milih bakso πŸ™‚

  13. Kayaknya yg pas ya selat Solo dan Srabinya. Kalau ke Solo tak coba aah.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

  14. weee ada gitu makanan Selat Solo. Baru tahu

  15. Aku paling suka gudeg ceker. Maknyoooos ? πŸ˜€

  16. Tengkleng…..huu mau banget…..

  17. Pingin makan selat solo dan timlo solo. Btw aku baru denger sup matahari itu πŸ™‚

  18. aku paling suka serabinya tante !!!
    apalagi kalo pake nangka

  19. Hehehe, kuliner Solo memang enak, meskipun sederhana. ku suka cabuk rambak, brambang asem dan pecel yang ada kembang turinya mba, enak dan seger

  20. Waa jadi kangen makan selat solo sama surabi notosuman, nih, Mba… πŸ™‚

  21. Aku tuh masih penasaran sama cabuk rambak, nasti timlo sama sate buntel…pengeeen banget nyobain. Kayaknya besok-besok kalo ke Solo kudu nyempatin beli..

  22. Eh aku lupa kmrn ke solo nyobain serabi nya

  23. wuih yummy sekali kuliner2 khas solo ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

Leave a Reply