5 Destinasi yang Pantang Dilewatkan Saat Berkunjung ke Pontianak

Assalamualaikum Sahabats ….

5 Destinasi yang Pantang Dilewatkan Saat Berkunjung ke Pontianak. Duuhh entah kenapa akhir-akhir ini merasa kangen banget sama Pontianak nih.Pernah menjalani masa kecil di sebuah kota kecil di Kalimantan Barat dan beberapa kali sempat main ke Pontianak, jadi pas nemu artikel soal kota yang dileawti garis khatulistiwa ini, aku mendadak baper nih Sahabats. Pontianak adalah ibu kota Kalimantan Barat, yang kini telah tumbuh menjadi kota pelabuhan perdagangan besar. Kota dengan suhu udara yang cukup panas tapi ngangeni ini dipengaruhi oleh orang Tionghoa, mengikuti dua penduduk asli, Melayu dan Dayak.

Sahabats suka kepikiran nggak sih? Kenapa kota ini punya nama yang unik atau malah kedengeran rada serem karena ada hubungan sama mbak Kunti hehe? Menariknya, ada cerita unik di balik sejarah penamaan kora Pontianak. Legenda mengatakan, ada seorang pria bernama Abdurrahman Alkadrie dan kelompoknya berlayar di sepanjang sungai untuk menemukan rumah baru bagi mereka. Turun ke Sungai Kapuas, sungai terpanjang dan terbesar di Kalimantan, mereka diganggu oleh hantu kuntil anak. Alkadrie meminta anak buahnya menembakkan peluru meriam dan hantu menghilang. Sejak itu, ia menetap, menghuni tempat itu, dan menjadi Sultan pertama di wilayah yang kini dikenal sebagai Pontianak.

Menjadi kota pelabuhan perdagangan tidak menghentikan Pontianak untuk mengekspos dirinya dan terus jadi magnet yang menarik wisatawan, terutama karena kota ini adalah pintu masuk ke tujuan yang terkenal, Singkawang, kota seribu kuil yang populer untuk Festival Cap Go Meh.

Selain itu, banyak pula pelancong yang tergoda untuk melakukan penyeberangan perbatasan ke Kuching, Malaysia Timur. Ada pula yang tertarik menjelajah alam Borneo Barat, yang dipenuhi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Yups … memang banyak banget tempat seru yang bisa di explore di Pontianak.

Kalo jaman aku kecil dulu dari Ketapang (kota tempat tinggalku) menuju Pontianak harus menyeberangi sungai dengan kapal kecil yanh nyeremin dan lanjut perjalanan darat menyusuri hutan, sekarang ini akses menuju Pontianak pun kian mudah dengan perluasan infrastruktur pada Bandara Supadio, membuatnya mampu menampung lebih banyak penumpang dari dari seantero Indonesia. Salah satu maskapai penerbangan yang memiliki cukup banyak jadwal terbang ke kota ini adalah Lion Air, yang terkenal memiliki tawaran harga kompetitif dibandingkan para pesaingnya.

Selain itu, maskapai yang identik dengan logo kepala singa berwarna merah ini juga memiliki jumlah armada pesawat terbanyak di Indonesia, menjadikannya mampu menerbangi begitu banyak rute di seantero negeri.

Oya buat Sahabats yang penasaran pengen mengeksplore kota Pontianak, aku punya rekomendasi 5 tempat wisata utama yang wajib dikunjungi di Pontianak.

 

  1. Monumen Khatulistiwa

Ini sih tujuan yang wajib banget dan nggak mungkin ditemukan di kota lainnya lho sahabats. Peninggalan bsersejarah Pontianak adalah Tugu Katulistiwa, yang terletak tiga kilometer jauhnya dari pusat kota. Monumen ini dibangun untuk menandai posisi garis khatulistiwa yang tepat melintasinya. Sejatinya, monument ini disimpan di dalam museum, dan apa yang Sahabats lihat menjulang tinggi di luar, merupakan replica besar yang dibangun sebagai tengara. Namun, pada tahun 2005, para ahli menemukan lokasi baru berdasarkan garis lintang dan garis bujur yang tertulis di monument, di mana berjarak 1,2 kilometer dari monumen tersebut. Jika beruntung di bulan Maret dan September, Sahabats bisa merasakan puncak matahari yang berada persis di atas garis khatulistiwa. Sebagai hasilnya, tidak ada bayangan pada setiap benda yang berdiri di Bumi.

Monumen Khatulistiwa
pic from Phinemo.com

 

  1. Istana Kadriah

Arsitektur Istana Kadriah memadukan tiga budaya sekaligus, Melayu, Belanda, dan Timur Tengah. Seperti yang bisa Sahabats lihat saat mengunjunginya, istana ini secara keseluruhan dibalut dalam warna kuning. Lebih lanjut melihat ke dalam, warisan dan ornamen membuka kisah kehidupan Sultan Abdurrahman Alkadrie dan keluarganya. Seru banget nih dikunjungi buat Sahabats yang hobi wisata sejarah seperti aku.

 

Istana Kadriah
pic from situsbudaya.id
  1. Kapuas River Cruising

Nah yang satu ini cocok banget buat yang suka wisata full adrenalin. Cruising memang terdengar terlalu mewah, tapi memang inilah yang kita lakukan saat  menjelajah Sungai Kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Kalimantan, dan juga di Indonesia. Adalah pengalaman yang menyenangkan dan seru saat kita duduk di atas perahu, yang penduduk setempat sebut sebagai kafe perahu, memesan makanan dan minuman murah meriah sebelum benar-benar menjelajagi luasnya Kapuas. Sembari menikmati pemandangan, sahabats akan menemukan banyak rumah panggung bertengger di kedua sisi sungai, seraya dapat melihat penduduk setempat melakukan kegiatan sehari-hari, beberapa sampan melintas, dan orang saling tersenyum melambaikan tangan mereka.

Sungai Kapuas
pic from Pontianaktribunews.com

 

  1. Katedral Santo Joseph

Katedral besar di pusat kota ini dibangun lebih dari 100 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1909. Sebagai salah satu gereja tertua di Pontianak, tidak diragukan lagi itu adalah bagian penting dari sejarah Katolik di sana. FYI ya Sahabats katedral ini dirancang oleh arsitek lokal dari Kalimantan Barat, mengadaptasi gaya Gothic dan Bizantium yang diinterpolasi dengan budaya Dayak. Kebayang kan ya gimana uniknya arsitektur Katredal ini. Di bagian luar, terdapat patung St. Joseph yang luar biasa indah. Di sisi lain bangunan, dua tiang kayu berukir indah dengan burung rangkul di atasnya, sebagai simbol Dayak dan Kalimantan. Desain interior yang luar biasa dan kompleksitasnya, katedral ini tentunya adalah kebanggaan Pontianak.

Katedral Santo Yosef
pic from: pontinesia.com

5.Rumah Radakng

Penanda kota lainnya dan yang juga nggak kalah unik adalah Rumah Radakng. Ini adalah rumah panjang tradisional Suku Dayak di Kalimantan Barat. Rumah ini memiliki panjang 138 meter dan tinggi 7 meter, menjadikannya sebagai  panjang tradisional terlama dan terbesar di Indonesia. Filosofi rumah panjang berasal dari kebiasaan dan budaya orang Dayak yang hidup dalam kelompok besar, ini tentang kebersamaan dan toleransi.

Rumah Radakng
pic from: borneochannel.com

Kota Pontianak memang belum masuk radar destinasi wisata Indonesia, but trust me when I say this dear Sahabats, kota Pontianak sangat recommended banget untuk dikunjungi dan pastinya bakalan nambah stok foto yang keren buat menghiasi akun Instagram kalian. Yuk cuuzz kita ke Pontianak.

 

Be Sociable, Share!

5 Replies to “5 Destinasi yang Pantang Dilewatkan Saat Berkunjung ke Pontianak”

  1. Nice mba. Saya sudah berhasil mengunjungi semuanya 🙂

    Keluar dikit Pontianak banyak jg yang indah mba seperti Tayan Bridge, Jungkat Resort dan wisata pantai di Singkawang

  2. Padahal ini ak lg d semarang..5 destinasi smg yg sip apa mak..

  3. wah pingin ke istananya..

  4. Liza pernah baca sejarah ponti ini dari novel Tere liye kak. sama dengan yang kk tuliskan, pontianak itu berasal dari kata kuntilanak

  5. wah mbak ternyata dari ketapang ya.

    salam saya dari Pontianak 😊

Leave a Reply