5 Langkah Mudah Refund Tiket di Traveloka

Assalamualaikum Sahabats …

Setiap kali ditanya soal gimana sih caranya bisa ngetrip tapi dengan budget irit, tips pertama yang aku bagi adalah booking tiket dan hotel dari jauh hari. Stalking tiket sejak dini itu adalah kunci liburan ngirit dan kalau kita mau sabar insyaallah dapet kok harga yang pas di hati dan di kantong. Cuma nih, ada resiko sih ketika kita booking tiket dan hotel jauh hari. Namanya manusia kita nggak akan pernah tahu apa yang terjadi dalam hidup kita. Manusia bisanya cuma berencana tapi Allah juga yang menentukan.

Ketika semua perencanaan sudah tersusun dengan matangnya tapi Allah berkehendak lain apa mau dikata coba? Tiket pesawat udah di tangan, hotel sudah di booking eh tiba-tiba aja ada tugas mendadak dari kantor atau anak sakit. Duuh pedih ya rasanya.Β  Mending kalau gagal pikniknya ini karena takdir Allah yang kita nggak bisa apa-apa terhadapnya nah kalau ternyata kegagalan ini akibat kesalahan sendiri gimana coba? Semacam nggak ada obat yang bisa meredam kekecewaan akibat gagal piknik ini. πŸ™

flat lay1

Kejadian yang konyol pernah juga dialami sama kakak ipar. Alkisah sang kakak ipar nengokin istrinya (kakakku) yang ada di Jakarta. Mereka memang lagi dalam episode long distance marriage. Kakak di Jakarta sedangkan suaminya dinas di Palembang. Kebiasaan kakak ipar ini pesen tiketnya mepet, secara kalo dinas semua urusan tiket udah diatur kantor. Nah kebiasaan mepet inilah yang akhirnya bikin runyam. Kakak iparku rencananya mau balik ke Palembang sore dan baru browsing tiket pagi hari. Saking nggak telitinya, dia salah masukin tanggal keberangkatan. Tiket yang seharusnya di booking pertanggal 31 Juli 2016 malah ditulisnya 31 Agustus. Lucunya lagi sampai transaksi berakhir dan sore hari kakak ipar pamitan sama keluarganya belum tahu tuh kalau terjadi kesalahan fatal. Sampai bandara jelas lah kakak ipar dicegat petugas karena tanggal penerbangan di tiketnya salah.

Kebayang nggak si gimana malunya kakak iparku hari itu? Kesalahan konyol yang fatal juga ya, padahal hari Seninnnya sudah harus ada di kantor Palembang. Mau nggak mau balik lagi ke rumah dengan rupa yang nggak jelas definisinya. Sampai rumah kakakku bingung juga mo nanggepinya. Antara mau marah, mo ketawa, tapi prihatin karena duit udah melayang. Terus pie jal???

Akhirnya aku sarankan untuk mencoba refund aja. Untungnya kakak ipar menggunakan Traveloka saat booking tiket yang untungnya lagi (banyak banget si untung) Traveloka punya fitur Refund yang bisa digunakan setiap saat baik untuk transaksi tiket pessawat maupun booking hotel.

Alhamdhulilah proses refund di Traveloka gampang banget karena Customer Service (CS) Traveloka dapat dihubungi dengan mudah, udah gitu jam kerjanya pun 24 jam penuh. Kebayang kan kalau kita butuh segera refund padahal udah malam buta atau nggak ada waktu untuk bolak-balik ke kantor masakapai? Untung customer Traveloka bisaΒ  menghubungi bagian CS Traveloka dengan berbagai cara. Selain bisa langsung telpon, kita bisa menghubungi CS Traveloka via Chat di website Traveloka, atau langsung kontak melalu sosial medianya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan G+.

Nah kalau biasanya proses Refund ini cukup lama dan nyebelin, nggak begitu yang terjadi ketika kita memanfaatkan fitur Refund dari Traveloka. Ketika kakak ipar mencoba me refund tiketnya via website ternyata prosesnya cukup mudah dan cepat. Jadi begini caranya

Step 1. Login ke Akun Travelokamu

Buat yang sudah punya akun Traveloka langsung cuuz aja log in dengan akun yang biasa dipakai. Log in bisa via komputer atau smartphone dan tab. Kalau belum punya akun … Halloooo???? Kemana aja kalian? Buruan gih register atau download aplikasi traveloka di smartphone kamu biar urusan traveling makin mudah. πŸ™‚

step1

Step 2. Pilih menu pesanan saya, kemudian pilih pesanan yang ingin kamu Refund

Setelah log in, pilih menu Pesanan Saya yang terdapat di kanan atas situs Traveloka. Halaman tersebut akan menampilkan seluruh daftar pesanan yang sudah kita lakukan. Klik tombol Detail pada pesanan yang ingin Anda refund.

step2

Step 3. Cek Detail Pesanan yang akan di Refund

Nah kali ini jangan sampai ceroboh lagi ya. Cek betul-betul setiap detail pemesanan yang ingin di Refund. Setelah klik tombol Detail, customer akan diantar ke halaman Detail Pesanan. Di sini, Anda bisa mengajukan refund dengan menge-klik tombol Refund.

step3

Step 4. Menyetujui Syarat dan Ketentuan

Setelah menge-klik tombol Refund, masuk ke halaman Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka. Setelah setuju, centanglah kotak di sebelah kalimat β€œYa, saya setuju” pada bagian bawah halaman lalu klik tombol Langkah Selanjutnya.

step4

Step 5. Isi Formulir Refund

Setelah customer menyetujui Syarat dan Ketentuan Refund, kita akan diarahkan ke halaman Formulir Refund. Langsung saja pilih penumpang/tamu yang ingin di-refund, kemudian isi seluruh informasi dan data yang diminta, meliputi Nomor Rekening, Alasan Refund dan data lainnya. Kalau ada dokumen yang dapat menguatkan alasan Refund kita, seperti surat keterangan dokter atau surat kuasa, boleh juga sekalian di-upload. Setelah itu, centang kotak di sisi β€œYa, saya setuju” lalu klik tombol Submit Refund untuk menyerahkan pengajuan refund.

step5

Urusan Refund pun selesai. πŸ™‚

Kalau masih was-was apakah pengajuan Refund kita sudah disetujui pihak Traveloka, kita juga bisa ngecek lho. Status Refund yang kita ajukan dapat dipantau melalui halaman Detail Pesanan Saya, caranya dengan melakukan langkah 1 – 3 yang sudah dijelaskan di atas tadi.

FYI ya, Proses refund voucher hotel butuh waktu kurang dari 30 hari kerja, sedangkan refund tiket pesawat butuh waktu kurang dari 90 hari kerja. Namun, tak menutup kemungkinan proses refund selesai kurang dari 7 hari kerja, tergantung pihak hotel atau maskapai. Proses transfer dana ke rekening kita biasanyaΒ  membutuhkan waktu kurang dari 2 hari kerja, tergantung pihak bank.

Sip banget ya Traveloka ternyata. Daripada harus bolak-balik ngurusin Refund ke kantor maskapai tinggal telpon atau log in Traveloka aja via website. Dan semua kerumitan pun berakhir dengan bahagia. Makanya kalau urusan traveling sekarang, website pertama kali yang jadi pilihan adalah Traveloka karena sesuai pengalaman berkali-kali pakai alhamdhuliah nggak pernah mengcewakan. So next time punya rencana traveling atau dinas keluar kota, langsung aja cek dan booking Traveloka yes. πŸ™‚

CS Traveloka dapat dihubungi disini :
1. Email cs@traveloka.com,
2. Telepon ke 0804-1500-308,
3. Live Chat via desktop,
4. Facebook:Β  facebook.com/Traveloka

 

Be Sociable, Share!

34 Comment

  1. Ayeyy…mudah ya mba…traveloka andalan aku banget soalnya kalau urusan hotel

  2. Bisa refund juga di Traveloka ya ternyata. Aku belum pernah siy ngalamin sendiri, tapi bisalah untuk persiapan, mba :).

  3. aku belum pernah ngalami. cuma kalau pihak ke3 gini lebih gampang malah daripada langsung ke maskapai. kenapa coba ya xD

  4. Keren traveloka, bener2 memudahkan..

  5. cara refundnya sangat membantu ini,…traveloka bener2 memudahkan pelanggannya,,.. jempol buat traveloka

  6. Jadi, Traveloka recomended ya buat pesen-pesen tiket utk travelling?

  7. alhamdulillah ya bisa direfund… sodaraku pernah dah diissued karena pake kredit card jadi nggak bisa direfund lagi..

  8. Belum pernah salah masukin tanggal pas booking tiket, duh jangan sampai, ya. Aku jadi bayangin situasi saat itu, antara kasian sama pengen ketawa juga. Biasanya baru bisa lepas ngakak setelah masalahnya berlalu πŸ˜€

  9. saya anaknya agoda banget. gak semua kamar bisa direfund tapinya. jadi sebelon saya book, saya baca dulu keterangannya, non-refundable atau refundable. kalau di traveloka apa semua kamar refundable, mba muna?

  10. Wah,semua kamar bs refund mb?

  11. baru tau traveloka bisa refund juga. keren banget ya mba, gk semua agen travel bisa refund gitu. Jadi gk was2 kalo mau booking di traveloka.

  12. Asikk nih buat merencanakan traveling lagi…hehe

  13. Saya juga pernah ada pengalaman refund dan reschedule, sayangnya kedua – duanya ga bisa dilakukan dari aplikasi traveloka saat itu (refund Citylink sama reschedule AirAsia).

    Walau akhirnya bisa reschedulenya sih, tapi buat refundnya sudah lama juga saya belum dapat kabar, mungkin salah saya juga kali ya yang minta refund terlalu mepet (siangnya, padahal sore berangkat πŸ™ )

    Nice share mbak, salam kenal yak πŸ™‚

  14. Alhamdulillah selama ini selalu pesan tiket via Traveloka. Ternyata gampang ya Mb refund di Traveloka. Trims infonya

  15. Wow keren ya Traveloka, untung bisa refund. Berapa persen itu di-refund? Eh, sapa saya gak teliti, ya sudah ada di atas? Perasaan ndak tertulis apa di-refund semuanya?

    Saya pernah baca juga keknya ttg refund ini, apa di blognya Mbak Hairi Yanti, ya .. ? *Lupa*

    Pokoknya oke deh, Traveloka. Makin dicintai user-nya nih πŸ™‚

  16. Wah ternyata gampang juga mau refund traveloka ga pake ribet

    Salam kenal dr blogger ala2

  17. weh yg seperti ini nih perlu dijadikan tempat beli tiket perjalanan, soalnya bisa direfund, jd gak rugi2 amat ya kalau batal pergi

  18. Selama pakai Traveloka, belum pernah sih sampai refund hahaha, soalnya agak malas berurusan dengan sesuatu yang berbau “pembatalan” πŸ˜€ πŸ˜€

    1. hahahha… itu mah pihak agency yg dodol.. pihak pemberi job kaya travelokanya biasanya ga tau menau mas. aku juga baru di php sama agency nih
      #curcol πŸ˜›

  19. Kalau bisa refund dengan mudah, kita pun jadi tenang. Setidaknya kalau perjalanan jadi terkendala kan tiketnya bisa direfund

    1. betul.jadi kalo tetiba batal seenggaknya bisa balik modal lah ya :OP

  20. Suka banget booking tiket di traveloka, simpel, praktis dan kekinian.

  21. aku udah pernah ngajuin refund, dan memang mudah

  22. Noted mba, sering pake traveloka soalnya hehehe

    1. semoga bermanfaat tips nya

  23. Kalo bisa refund enak ya ,jadi nggak waswas kalo gagal pergi karena sesuatu.

    1. seenggaknya ga rugi2 banget ya

  24. Kalau boleh tau, dana refund nya berapa persen ya mbak yg kembali ke konsumen? Terima kasih banyak infonya. πŸ™‚

  25. Rindu Nurma Illahi says: Reply

    Saya kemarin book hotel dan sampai dihotel ternyata sudah penuh. jadi saya memutuskan untuk meminta refund. setelah 10 hari di respond, ternyata refund di lakukan memakan waktu 90 hari. Saya sedikit kecewa dengan traveloka karna lamanya proses refund padahal hanya hotel 1 malam. Kurang lebih begini emailnya :

    Dear Rindu Nurma Illahi,

    We have received your refund application.

    Refund process may take up to 90 days from this email. If you still haven’t received the fund, please inform our Customer Service at cs@traveloka.com or +60-15-4840-9469.

    Thank you.

    Best regards,
    Payment Verification Admin
    Traveloka

    1. memang beda hotel dan maskapai beda juga kebijakannya mbak. coba hubungi CS nya traveloka langsung untuk lebih jelasnya. mohon maaf ga bisa banyak membantu ya mbak

  26. Kalau tiketnya lion air refundable gak ya?di halaman “my booking” nya bisa refund tapi di blok nya traveloka lion air termasuk list maskapai yang non refundable….

    1. memang untuk refund ini tergantung maskapainya juga sih. saya nggak hapal semua maskapai dan kebijakannya. mohon maaf ya. mungkin bisa langsung ditanyakan ke CS nya Traveloka

  27. Mbak kalo boleh tau waktu itu uang yg kembali kira2 berapa persen dr harga beli ya mbak? Mksh sblmnya πŸ™‚

  28. Kalau satu tiket ada beberapa orang , hanya satu yang refund bisa tak ya.?

    Kan lumayan dari pada hangus.

Leave a Reply