5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Medan

5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Medan

Assalamualaikum Sahabatas πŸ™‚

Ibarat kata, Medan itu udah jadi salah kota transit favoritku. Sebelum pulang kampung ke Aceh, kami biasanya selalu singgah di Medan untuk mengunjungi kakak dan pastinya jalan-jalan asyik dan wisata kuliner lah hai hehehee. Ibukota Sumatera Utara ini terbilang salah satu kota metropolitan di Indonesia dan punya banyak tempat menarik. Buat pecinta wisata sejarah dan budaya, Medan udah pasti menyenangkan untuk di eksplor. Eits tapi bukan berarti pecinta wisata alam nggak bisa seseruan di Medan.


Salah satu keasyikan traveling di Medan itu beberapa tempat wisatanya ada di pusat kota dan jaraknya pun berdekatan. Kalau kita mau mencari penginapan di pusat kota, banyak juga penginapan atau hotel di Medan yang dekat dengan objek wisata dengan tarif yang terjangkau banget, salah satunya Grand Sirao Hotel yang terletak di jalan Semarang no.4-6. Hotel ini sangat dekat dengan Istana Maimun dan Masjid Agung Medan.

Grand Sirao Hotel, Medan. foto by Traveloka.com
Grand Sirao Hotel, Medan. foto by Traveloka.com

Dari Bandara Internasional Kuala Namu menuju ke hotel ini, hanya membutuhkan waktu 1 jam berkendara. Dari Stasiun Kereta Api Medan, Anda hanya perlu berkendara selama 10 menit menuju ke hotel ini. Setelah puas menikmati dua tempat wisata yang sudah aku sebutkan di atas, kita bisa langsung cuzz ke rumah Tjong A Fie, jaraknya cuma berjalan 10 menit dari hotel. Tuhh kan bener bisa ngirit ongkos transport. πŸ˜› Selain ini juga masih banyak hotel-hotel lainnya yang cukup strategi lokasinya. Silahkan dicari di layanan OTA favorit masing-masing ya.

Buat yang lagi merencanakan liburan asyik di Medan, nih aku kasih bocoran 5 tempat yang wajib banget di kunjungi saat ke Meden:

1. Kampung Keling
Di kampung inilah sebagian besar warga Medan keturunan India tinggal. Mereka berasal dari etnis Tamil. Serunya lagi kita bisa melihat masyarakat Hindu India dan Muslim India hidup rukun disini. Di Kampung Keling ini juga banyak peninggalan bersejarah dari masa penjajagan Belanda. Inilah tempat Anda bisa menemukan keturunan India yang didominasi etnis Tamil tinggal. Selain itu kita bisa sekalian mampir ke Kuil Shri Mariamman yang udah pasti akan menarik perhatian kita karena berwarna kuning keemasan.

Agenda wajib yang jelas nggak boleh terlewatkan di kampung Keling adalah wisata kuliner dong. Kalau kalian pecinta masakan India atau suka dengan masakan dengan citarasa rempah ya disinilah tempatnya. Langsung cuzz ke kawasan Paguruyung yang masih satu kompleks dengan Kampung Keling.

2. Rumah Tjong A Fie
Rumah peninggalan masa kolonial Belanda ini wajib banget dikunjungi. Ini adalah rumah milik orang terkaya di Medan pada tahun 1920-an. Rumah bergaya perpaduan Melayu-Tionghoa ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 97β€”99, Kesawan Medan. Perpaduan unsur kebudayaan Melayu-Tionghoa tersebut dapat kita lihat di lukisan-lukisan, foto-foto, serta berbagai perabotan di dalamnya. Ukiran-ukiran yang khas di dindingnya membuat rumah ini terkesan klasik.

Tampak depan Rumah Tjong Afie
Tampak depan Rumah Tjong Afie

Meskipun sudah berusia lebih dari 113 tahun, rumah ini masih terawat dengan baik karena sudah resmi menjadi salah satu tempat wisata budaya dan sejarah kota Medan. Rumah Tjong A Fie ini buka mulai pukul 09.00β€”12.00 serta 14.00β€”17.00 WIB. Biaya masuk ke Rumah Tjong A Fie ini adalah Rp35.000. Lumayan juga sih, tapi dengan harga tiket masuk itu, kita akan dditemani seorang tour guide dan dapet minuman juga lho. πŸ™‚

3. Istana Maimun
Istana yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu istana dengan arsitektur terindah di Indonesia. Istana bekas peninggalan Kerajaan Deli ini berdiri megah di pusat Kota Medan, tepatnya di Jalan Brigadir Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Istana indah ini tidak sulit ditemukan, karena berada di pinggir Jalan Katamso. Secara arsitektur Istana yang cantik dan unik itu kita nggak akan melewatkannya deh. πŸ˜‰

Istana Maimun di malam hari. Foto dipinjam dari detik.travel
Istana Maimun di malam hari. Foto dipinjam dari detik.travel

Istana Maimun sangat kental dengan keindahan arsitektur yang kental dengan kebudayaan Melayu, namun dipadukan dengan gaya Spanyol, India, dan Italia. Meskipun demikian, unsur Islami dalam istana ini pun cukup mendominasi. Pilar-pilar kuningnya yang berdiri tegak menambah kemegahannya. Perpaduan arsitektur yang menarik banget deh.Β  Untuk menikmati semuanya, cukup membayar biaya masuk sebesar Rp5.000 saja.

4. Gunung Sibayak
Dua tempat terakhir lokasinya berada diluar kota Medan, tepatnya di wilayah Berastagi, kira-kira 2 jam perjalanan dengan mobil. Berastagi ini sama seperti kawasan puncak Bogor, yang jadi incaran orang Jakarta untuk ber weekend ria. Berastagi pun selalu penuh saat weekend. Udara pegunungan yang sejuk dan tepat-tempat indah di sekitarnya jadi tempat hiburan yang menyenangkan. Banyak destinasi wisata menarik di Berastagi lo guys, beberapa diantaranya sudah pernah aku tulis disini. Bisa jadi referensi saat kalian traveling ke Berastagi. πŸ™‚

Gunung Sibayak, semoga aku bisa menyapamu segera foto dipinjam dari www.medan.panduanwisata.id
Gunung Sibayak, semoga aku bisa menyapamu segera
foto dipinjam dari www.medan.panduanwisata.id

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi yang disebut juga dengan Gunung Raja oleh masyarakat Batak Karo. Meskipun medan yang harus dilalui cukup berat, tapi panorama khas Pegunungan dan udara segar bikin semua rasa capek menguap. πŸ˜‰
Gunung Sibayak ini berdekatan dengan Gunung Sinabung yang sempat meletus tahun 2013 lalu. Untuk memasuki kawasan Gunung Sibayak, cukup bayar Rp2.000 aja. Murah bingiiitsss!! πŸ˜›

5. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Last but not least, ini nih juaranya. Sebuah air terjun di kawasan Sibolangit yang kondang dengan keindahan alamnya yang menawan. Seperti namanya, Air Terjun Telaga Dwi Warna ini punya dua mata air dengan warna air yang berbeda. Warna biru untuk air yang dingin, dan warna putih untuk air hangat. Air terjun berwarna biru airnya benar-benar dingin, dan air terjun yang berwarna putih airnya juga benar-benar hangat. Subhanallah πŸ™‚

cantik banget ya ... langsung pengen nyemplung :P
cantik banget ya … langsung pengen nyemplung πŸ˜›

Untuk menuju ke Air Terjun Dwiwarna Sibolangit, jarak tempuhnya 3 jam berkendaradari Medan, menjelajah hutan dan perbukitan yang cukup curam. Ngeri-ngeri sedap sih, tapi bayangkan keindahan alam nusantara yang bakalan kita nikmati sepanjang jalan. Amazing banget!!!
Oya karena letak air terjun yang cukup tersembunyi, ada baiknya menyewa jasa tour guide atau ranger agar tidak tersesat di hutan.

So … masukan Medan dalam daftar traveling bucket list kalian ya.
Happy traveling. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

48 thoughts on “5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Medan

    1. asyik … bisa kopdar mak Annisa nih. biasanya kalo pulang ke Aceh pasti mampir Medan mak, soalnya kalo langsung Banda tiketnya mihil πŸ˜›

    1. namanya juga selera kan beda2 tiap orangnya. yang suka wisata budaya pasti tertarik ke kampung keling yang suka wisata alam pasti pengen air terjun.. bebas aja πŸ™‚

    1. coba deh diagendain travelinge Medan terus sekalian melipir ke kampung halamanku di Aceh. Nggak kalah cantiknya lho πŸ˜‰

    1. yakin keren banget lo mbak, aku aja terpesona. Andaikan rumah2 kuno di kota lain di bikin seperti ini, akan jadi aset wisata yang menjanjikan banget πŸ™‚

  1. Dari 5 destinasi tersebut di atas ini baru 2 yang aku kunjungi. Istana Maimun dan Gunung Sibayak. Mendaki Sibayak nggak terlalu sulit kok Mbak. Hanya 3 jam trekking dengan jalan santai udah bisa mencapai puncaknya. Nggak separah gunung-gunung lainnya di Sumatera. View dari atas sana breathtaking banget deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *