7 Minuman Favorit Untuk Berbuka Puasa

Assalamualaikum Sahabats ….

Ramadhan mubarak. Bahagia ya kalo udah masuk bulan Ramadan, mamak-mamak sejagad raya jadi makin sibuk. Nggak hanya sibuk mengurus rumah tangga seperti biasa tapi juga sibuk mikirin menu buka dan shur selama sebulan. Untung banget suami dan anak sangat memahami keterbatasan emaknya di dapur hehehe… Jadi meskipun menunya begitu-begitu aja mereka tetep happy kok selama tersedia minuman segar dan dingin saat berbuka puasa.

Meskipun tahun ini aku menyusui tapi tetep dong berusaha untuk puasa. Sayang banget kalo Ramadan yang cuma setahun sekali ini lewat begitu saja. Memang rasanya lumayan berat sih puasa saat menyusui itu apalagi kalo pas baby K agak reewel dan maunya nempel sama emaknya ini. Belum lagi cuaca di Semarang yang lagi super duper hot. Biasanya nih kalau udah masuk waktu ashar badan udah mulai loyo dan mulai deh berhalusinasi. Bukan berhalusinasi yang macem-macem lho. Cuma membayangkan minuman dingin nan segar di tenggorokan. πŸ™‚

Kebetulan banget tema Arisan blog Gandjel Rel minggu ini yang diangkat oleh mbak Hidayah Sulistyowati dan mbak Ika Hardiyan Aksari adalah menu favorit saat berbuka puasa. Sengaja nggak menuliskan menu masakan soalnya aku nggak punya menu spesial sih, masaknya tetap sama seperti biasa. So aku memilih untuk sharing beberapa minuman favorit di keluarga kecil kami saat berbuka puasa. Apa aja minuman segar untuk berbuka puasa? Siap-siap ngeces yah heheheh…

  1. Es Teh

Buatku minuman sederhana ini nggak ada matinya deh. Apalagi dinikmati saat cuaca lagi panas membara kaya Semarang akhir-akhir ini. Mo diminum di suasana apapun, termasuk saat berbuka puasa, es teh itu nggak pernah mengecewakan. Aku suka teh yang rasanya nggak terlalu manis dan lebih menonjol rasa sepetnya. Kalo orang solo bilang tu gipetnastel (legi, sepet, panas, kentel). Cuma dalam hal ini minus panasnya karena segeran minum es teh kalo pas buka puasa sih.

pic from: ngopy.com

2. Es Timun Serut

Mungkin minuman satu ini kurang familiar kalo di Jawa, tapi kalo di Aceh ini adalah salah satu minuman wajib saat buka puasa. Timun yang rasanya sederhana itu jadi istimewa ketika diolah menjadi es timun serut. Cara membuat es timun serut ini guampang banget lho sahabats. Siapkan timun serut (bukan di blender lho ya tapi diserut), masukan ke dalam wadah, campurkan dengan es, tambahkan simple sirup (air, gula, dan 1 lembar daun pandan). Supaya lebih segar lagi aku suka tambahkan sedikit perasan jeruk lemon. Yaa salaaammm ….. tengorokan segar rindu kampung halaman pun terobati. πŸ™‚

Es timun serut

3. Es Blewah

Blewah biasanya banyak dijual saat Ramadhan ya. Supaya lebih semangat makannya, boleh juga es blewah ini diolah sedikit. Bikin es blewah mah nggak ribet. Buahnya gampang dicari, harganya terjangkau banget, dan caranya pun gampang. Nggak perlu lah berbagi resep es blewah disini, aku yakin banget banyak yang juga yang menempatkan es blewah ini sebagai menu spesial saat berbuka puasa.

pic from: resepdanmasakan.com

4. Es Teler

Suka kepikiran nggak sih kenapa es ini dinamakan es teler? Aku kok belum tahu ya apa alasannya. Tapi nggak usah dipikirin deh, mending dinikmati sepenuh hati aja segelas es teler yang menggoda untuk buka puasa. Berbagai macam buah dalam satu gelas, dipadukan dengan santan dana kelapa muda. Wooowww ….. nggak bisa ditolak deh pokoknya.

pic from: resepmedia.com

5. Sup Buah

Siapa yang sepakat sama aku kalau buah adalah menu paling sehat, menyegarkan, dan menyenangkan saat buka puasa? Sejak mulai ngetrend sup buah ini aku yang memang penggemar buah ini langsung deh jatuh cinta. Gimana nggak cinta kalau bisa menikmati segala jenis macam buah segar dalam satu waktu. Harganya pun murah meriah. Jadi inget jaman kuliah di UGM dulu suka banget makan sup buah sama temen-temen sepulang kuliah. Di Jogja banyak banget pilihan es buah dengan aneka macam buah dan yang pasti harga anak kos banget.

pic from: resepsimbok.com

Jadi kalo pas kangen Jogja atau suasana Ramadan gini langsung deh kepikiran buat bikin sup buah. Simpanan buah dalam kulkas langsung tandas dengan suksesnya. Biasanya aku bikin suo buah bareng Nadia. Buahnya sesuai dengan kemauan dia aja dan sebagian besar proses membuatnya memang Nadia yang mengerjakan. Biar nggak lemes nunggu waktu buka sekalian bikin quality time bareng si kakak. πŸ™‚

6. Es Klamud

Mau minum yang seger tapi nggak pake ribet? Beli aja es kelapa muda, banyak banget yang jualan kan. Kalo aku sih suka diminum gitu aja, apalagi kalau kelapa mudanya manis. Es kelapa muda ini rasanya sederhana tapi ngangenin banget. Bisa diminum langsung tanpa dicampur apapun atau supaya tampilannya lebih oke bisa ditambahkan sirup. Segeeeerrr bangeet berbuka dengan es kelapa muda.

pic from; infokuliner.com

7. Air Nabeez

Last but not least, minuman satu ini jadi top priority ku di bulan Ramadan kali ini. Minuman kesukaan Rasulullah ini sangat mudah dibuat dan banyak banget manfaatnya, pun untuk ibu menyusui. Selain menambah stamina produksi ASI tetap lancar meskipun seharian puasa. Insyaallah rencananya dalam waktu dekat aku bakan posting khusus tentang air nabeez ini, ditunggu ya guys.

pic from: wajibbaca.com

Gampang banget sih cara buatnya. Ambil kurma dalam jumlah ganjil, 3/5/7 butir kemudian rendam dalam air matang semalaman. Kalau aku sih lebih suka diminum dalam keadaan dingin. Jadi air rendaman kurma ini aku masukin kulkas semalaman, dan siap diminum saat sahur. Kurmanya juga dimakan ya, biar nambah asupan vitamin kita. πŸ™‚

So … thats it. 7 minuman favorit untuk berbuka puasa di keluarga kami. Kalau sahabats suka berbuka dengan minuman apa? Share dong. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

20 Comment

  1. Saya paling tertarik dengan ea serut timun nih mbak Muna. Pada dasarnya memang udah suka timun, terutama buat lalapan, rasanya segar sekali. Pengen praktek reaepnya mbak Muna.ah πŸ˜‰

    Iya air nabeez lagi jadi hits kalau bulan Ramadhan mbak, sayapun penasaran pengen coba praktek. Itu kurma harus jenis tertentu atau apapun bisa mbak? πŸ™‚

  2. Waduh tambah bikin haus ini mah 😊

  3. Kalo aku sukanya es kuwud sama es marem segerrr

  4. aku paling suka teh manis panas mbak

  5. Udah nyoba bikin es nabeez dan seger bangettt. Semua di atas suka sih, tapi kalo puasa malah nggak konsumsi es berlebihan. Cukup kalo pengen aja, seminggu sekali.

  6. Aku plg suka es klamud mbak.selamat berpuasa mb muna

  7. Aku kalau buka puasa mesti es teh 3 gelas mba.. Laper apa doyan yah.. Xixii. Trus temennya es buah atau es kopi cincau.. Duhh makin bikin melek mata deh.. Tp itu paporit bangettt

  8. Suka semua nya mb, tapi sayang suami ndak suka buah jadi ikutan jarang konsumsi deh..paling air nabeez nya yg masih hehe

  9. Wah,, mantap sekali tipsnya mbak. Boleh saya mencoba pastinya ya. Tulisannya rapi dan sedap dipandang!

  10. Aku paling seneng es blewah,seger

  11. es praktis tapi menyegarkan untuk berbuka puasa

  12. es timun seut itu favorit aku banget, enak, segerrr, cocok banget buat buka puasa..

  13. kalo aku es teh nya divemplungin irisan jeruk mba muna..jadi es krampul kesayangan deh πŸ™‚

  14. Dari kemarin mau nyobain air nabeez kok ya belum sempat2, Mbak. Penasaran sama khasiatnya. Ini Kak Ghifa demam bisa jadi adaptasi karena aku puasa. Ntar deh mau nyobain beneran. Oiya, tak tunggu postingan soal air nabeez ini. Atau sudah launching?

    Oiya, Makasih ya Mbak sudah meramaikan arisan blog yang kedua ini.

  15. Baru tau yg nabeez, selama ini cm paham susu kurma atau jus kurma. Wah bisa ditiru nih mba

  16. aku kalo puasa malah lebih suka air putih. soalnya minuman gitu enakan pas siang hehehe

  17. huwowow seger smua mbak

  18. Dari semuanya aku paling suka es timun serut :D. Pas masih di Lhokseumawe dulu, ini minuman srg dibikin mama jd minuman pembuka :D. Seger banget yaaa… Apalagi kalo dingin mbaaa :D..

  19. Seger semua mbak, tapi aku udah gak berani minus es untuk buka, seringnya yg hangat2 tapi manis baru air putih

  20. Waaah…langsung kemeceeer nih aku.. Buatku minuman dingin no 1 utk buka.. Klo lg g beli apa2.. Air putih dingin pun jooos rasanya..hehe…

Leave a Reply