Air Nabeez, Booster ASI Terbaik Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Berpuasa

Assalamualaikum Sahabats …

Ada yang lagi galau karena pengen banget puasa tapi masih harus menyusui secara eksklusif? Mau nggak puasa kok Ramadan yang cuma setahun sekali ini sayang banget dilewatkan, tapi kalo puasa kok badan jadi lemah lunglai tiada daya upaya. Belum lagi pasokan ASI jadi seret. I feel you Moms. But no worries … karena setelah mencoba semua jenis booster ASI dari yang murah sampai yang ratusan ribu akhirnya ketemulah sama Air Nabeez. Yup, air nabeez ternyata adalah salah satu booster ASI terbaik buat para busui yang pengen tetap berpuasa di bulan Ramadan.

Air Nabeez?? Apaan tuh? Duuuhh kurang gaul deh kalo belum kenal sama air nabeez ini. Seperti yang aku janjikan dalam postingan kemarin soal 7 Minuman Segar untuk berbuka puasa, aku bakalan cerita soal keajaiban air nabeez yang katanya merupakan minuman kegemaran Rasulullah SAW.

Jadi bahasa sederhananya air nabeez adalah air rendaman dari buah kurma. Kalau bahasa keren jaman sekarang dikenal juga dengan infused water. Tuh kan, siapa bilang kalau infused water itu berasal dari Benua Eropa sono? Nyatanya infused water ini sudah ada sejak jaman Rasulullah, bahkan jadi minuman kesukaan yang rutin Beliau konsumsi. Kalau Rasulullah aja rutin mengkonsumsi air nabeez pasti yakin aja deh ada segudang manfaat di dalamnya.

Manfaat Kurma dan Air Nabeez

Kita semua udah tahu ya betapa spesialnya buah kurma. Rasanya enak dan kandungannya pun super lengkap. Beberapa manfaat kurma adalah dapat memulihakan tenaga, karena itulah kita disunnahkan untuk berbuka puasa dengan kurma. Dengan mengkonsumsi kurma, tubuh yang sudah lemah karena menahan haus dan lapar seharian langsung mendapat suntikan energi dari kurma. Kandungan serat dalam buah kurma ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan dapat mencegah kita dari sembelit. Kurma juga kaya akan zat besi dan pottasium yang mampu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Subhanallah keren banget ya buah kurma, makanya aku usahakan rutin makan buah kurma meskipun bukan bulan puasa.

Back to air nabeez ya sahabats. Selain memakan kurma begitu saja, mengolahnya menjadi air nabeez ternyata juga bisa mendatangkan kebaikan yang berlipat bagi yang meminumnya. Jika kurma direndam dalam air semalaman, maka akan menghasilkan minuman kesehatan yaitu air nabeez yang mengandung alkali. Kandungan alkali inilah yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita dan membantu proses pembuangan asam berlebih pada lambung. Kandungan serat pada air nabeez dapat melancarkan proses pencernaan, menajamkan fikiran agar tetap fokus dan tidak mudah lupa. Dan untuk ibu menyusui, meminum air nabeez akan membuat badan jadi fit, nggak lemes, dan kualitas dan kuantitas ASI jauh lebih baik.

Nah aku punya nih tips puasa untuk para ibu menyusui yang pengen tetap full puasa selama bulan Ramadan tapi juga tetap bisa ngASI dengan lancar. Selain minum yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, ada satu booster ASI terbaik yang harus diminum saat sahur. Apakah itu?? Air Nabeez dong. πŸ™‚

pic from: wajibbaca.com

Terus gimana cara membuat air nabeez ini?? Gampang banget kok. Nih aku bagi caranya step by step yah.

1. Ambil beberapa butir buah kurma (disarankan dalam jumlah ganjil misalnya 3/5/7 butir per porsi)
2. Rendam dalam segelas air matang selama 8 s.d 12 jam.
3. Tutuplah gelas tersebut dengan tutup gelas ataupun plastik.
4. Jika Sahabats membuat air nabeez untuk sahur, maka buatlah air nabeez menjelang malam (saat berbuka) yang baru bisa diminumkeesokan harinya. Sedangkan buah kurma yang lembut karena direndam semalaman, dapat dimakan seperti biasa.

5. Untuk ibu menyusui supaya tenaga dan kualitas ASI makin oke bisa lho kita tambahkan susu. Kalau aku sih biasanya satu gelas air nabeez ditambah setengah gelas susu UHT full cream atau setengah kaleng susu Beruang #bukaniklan. Blender air nabeez dan susu, masukkan dalam kulkas, dan minum dalam keadaan dingin. Ya Salaam….

air nabeez diblender sama susu ini enak juga lho

Air Nabeez bila disimpan dalam lemari es bisa bertahan 1 sampai 2 hari. Tapi jangan diminum kalau sudah masuk hari ketiga ya sahabats karena air rendaman kurma akan mengalami proses fermentasi yang bisa memunculkan alkohol. Walhasil minuman sehat ini malah jadi haram. Jadi lebih enak bikin air nabeez ini daily aja biar fresh toh bikinnya juga gampang kan. πŸ™‚

Oya ada lagi nih tips buat busui yang pengen berpuasa di bulan Ramadhan. Bisa dipraktekkan supaya puasanya lancar ya. πŸ™‚

1.Pastikan ibu dalam kondisi sehat ya. Kalau nggak memungkinkan ya jangan dipaksain. Allah Maha Mengetahui kemampuan Hamba Nya. Lagipula busui bisa bayar fidyah dan membayar hutang puasa di luar Ramadhan.

2. Sebaiknya si busui boleh berpuasa ketika si anak sudah usia 6 bulan keatas jadi asupan gizi dan makanan tidak hanya bergantung pada ibu karena sudah ada MPASI. Tapi kalau busui kekeuh pengen puasa ya bismilah aja. Sounding ke si kecil dan perbanyak asupan makan dan minum saat sahur dan buka.

3. Puasa membuat produksi ASI berkurang saat siang hari, jadi perah ASI di malam hari. Susui debay sesering dan sebanyak mungkin di siang hari kemudian perah dan simpan ASIP kita untuk stok di siang hari.

4. Busui dianjurkan makan setidaknya 3 kali saat tidak berpuasa, dengan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Perbanyak asupan sayuran dan buah segar yang mengandung banyak serat, vitamin, dan air yang membantu meningkatkan produksi ASI. Kalau memungkinkan makan lagi sebelum tidur atau setelah shalat Tarawih.

5. Perbanyak minum air putih sejak berbuka hingga tiba saatnya sahur untuk memenuhi kekurangan cairan tubuh saat berpuasa. Plus minum air nabeez saaat sahur ya. πŸ™‚

6. Pengalam pribadi sih, puasa saat menyusui itu terasa beraat banget. Badan jadi lemes setelah ngASI. So istirahatlah yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik maupun psikis, agar produksi ASI tetap baik dan lancar.

7.Β Jangan memaksakan puasa bila kita merasa tidak sanggup, atau merasa khawatir dengan kesehatan diri sendiri maupun si bayi. Toh Allah sudah memberi keringanan buat para bumil dan busui kok.

 

Bismilah … semoga kita para busui bisa menjalankan puasa dengan baik dan tetep bisa maksimal ngASI ya. Semoga tips berpuasa untuk ibu menyusui yang udah aku bagi di atas bermanfaat ya. Dan jangan lupa nyobain bikin air nabeez saat sahut sebagai tambahan asupan tenaga sekaligus jadi booster ASI yang mujarab dan tentunya baik bagi kesehatan emak dan debay nya.

Selamat berpuasa ya. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

13 Replies to “Air Nabeez, Booster ASI Terbaik Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Berpuasa”

  1. Hai Mbaaaakk…. lama banget gak mampr sini.
    Aku suka banget kalau kurmanya. Tapi bikin air nabeez aku belum pernah. Maklum aku rada pemalas. Wkwkwk…maunya hap hap ajah πŸ™‚

  2. Makasih mb mun ilmu nya. Baru tau kalau air nabeez tahan u. 2 hari..noted. Tapi slm ini mmg klw buat fresh terus πŸ™‚

  3. Aku kurang gaul, mba, haha… Baru tahu nabeez ini beberapa hari ini. Gara-gara ada teman yang posting air rendaman kurma. Tapi bukan buat busui, buat stamina. Eh, ternyata manfaatnya banyak ya.

  4. Wahhh enak niih mau coba ahh Makasih yaaa sayy…

  5. Wah enak memang aku kemarin nyobain air nabeez ini 😊

  6. Baru tau tentang air nabeez ini. Ini Booster asi yang enak ya.

  7. Seger nih ya buat sahur. Agar tubuh bertenaga esok harinya πŸ™‚

  8. Fanny f nila says: Reply

    Jujurnya aku ga suk Buah kurma.. Tp kalo diolah jdmacem2, kayak puding, kue, aku suka mba.. Belum pernah coba yg dijadiin air nabeez nih :D. Kyknya memang segar..walo ga menyusui, tp kan bgs ya utk stamina, apalahi aku kantoran 12 jam sehari.. Srg lemas yg ada kalo puasa gini..

  9. Kurma memang banyak sekali manfaatnya, terimaksih sdah berbagi, kunbal ya

  10. baru tau lho mbak tentang air nabees nih.., manfaatnya banyak ya..
    buat anak2 boleh nggak?
    trims mbak Muna

  11. Air nabeez ternyata bisa dibuat sendiri ya, aku pikir beli tadi pas lihat judulnya, makasih sharingnya mbak

  12. Kurma sih suka. Kalo airnya belum pernah hehehe

  13. ini enak dan segar ya. baru tau ternyata bisa buat booster asi. dulu aku malah pake obat moloco b12..

Leave a Reply