Cara Mudah Mengajari si Kecil Menggunakan Komputer Dengan Baik dan Benar

Assalamualaikum Sahabats ….

Komputer kini tak hanya menjadi kebutuhan orang dewasa saja. Anak-anak pun mesti belajar menggunakan komputer sejak dini. Supaya anak-anak bisa mengenal manfaat dan cara menggunakan komputer dengan benar. Tak perlu khawatir dengan dampaknya. Karena penggunaan komputer dengan cara yang benar justru mendatangkan banyak manfaat bagi anak-anak.

Sebagai orang dewasa, kita wajib menjadi teladan yang baik bagi anak. Mengajarkan anak menggunakan komputer secara benar tentu tidak sulit. Kita hanya perlu melakukan beberapa cara praktis berikut ini:

Memperkenalkan Fitur Komputer Terlebih Dahulu

Jangan biarkan anak-anak mempelajari komputer tanpa memahami semua fiturnya terlebih dahulu. Pengenalan fitur-fitur komputer sangat penting. Supaya anak mengetahui berbagai fungsi tombol dan perintah pada komputer. Setelah anak-anak mengenal fitur tersebut dengan baik, barulah kita bisa mengajak anak mulai mengoperasikan komputer.

Posisi Tubuh yang Benar Ketika Mengoperasikan Komputer

Ini kelihatan sepele dan sering kita lupakan ya sahabats. Padahal posisi tubuh tak boleh diabaikan saat menggunakan komputer. Jadi, kita wajib mengajarkan anak tentang posisi tubuh tersebut. Supaya anak tidak mudah merasa lelah ketika mengoperasikan komputer. Posisi tubuh yang benar akan membuat anak merasa nyaman. Risiko gangguan kesehatan pun dapat dihindari.

Menggunakan Program-Program Edukatif untuk Anak

Banyak hal yang bisa dipelajari anak ketika mulai menggunakan komputer. Selain belajar mengetik dan browsing, anak-anak juga membutuhkan beragam program edukatif. Pilihkan program-program edukatif untuk belajar menghitung, mewarnai, dan aktivitas belajar lainnya. Pastikan kalau si kecil tak mudah bosan dengan program yang kita siapkan.

Jangan Lupa Mendampingi Anak-Anak

Ketika anak sudah mulai fasih menggunakan komputer, bukan berarti anak-anak tak butuh pendampingan. Kita patut memberikan pendampingan agar anak-anak senantiasa disiplin sewaktu menggunakan komputer. Jangan membuat anak takut dan segan belajar saat kita mendampinginya. Suasana belajar komputer harus menyenangkan dan membuat anak-anak betah.

Ajarkan Tentang Manajemen Waktu

Anak-anak yang senang belajar komputer biasanya akan ketagihan dan ingin berlama-lama. Namun hal ini harus diantisipasi dengan benar. Kita wajib mengajarkan manajemen waktu kepada anak. Sehingga anak tak mudah lupa diri karena asyik bermain komputer. Tetapkan batas waktu tertentu, misalnya 1 jam menggunakan komputer untuk belajar sambil bermain. Sebab anak-anak harus tetap memiliki interaksi sosial yang jauh lebih banyak dibandingkan aktivitas di komputer.

Interaksi Sosial Saat Menggunakan Komputer

Ternyata kita juga bisa mengajarkan tentang pentingnya interaksi sosial ketika menggunakan komputer. Gunakan satu komputer untuk beberapa orang anak. Hal sederhana ini membantu anak tetap aktif berkomunikasi dengan orang lain. Anak-anak tak akan terpaku menggunakan komputer bila sedang berada dalam sebuah kelompok kecil yang akan jadi lebih bermanfaat dan menyenangkan.

Sesekali Boleh Bermain Game

Walaupun komputer bisa membawa pengaruh buruk bagi anak, bukan berarti anak tak boleh menikmati sarana hiburan melalui komputer. Sama seperti benda yang lainnya, komputer pun punya sisi positif dan negatifnya. Semuanya kembali lagi pada penggunanya atau the man behind the gun. 😛 Justru anak-anak bisa menikmati aneka game edukatif sesuai usia. Anak-anak akan mudah beradaptasi dan pasti menyukai permainan yang kita siapkan. Sehingga anak-anak jadi tak gampang bosan sewaktu menggunakan komputer.

 

Untuk mendukung anak-anak belajar komputer, kita bisa mendapatkan perangkat komputer canggih di MatahariMall.com. Kini MatahariMall.com sudah menyiapkan aneka produk komputer yang lengkap dengan harga terjangkau. Membeli komputer sesuai kebutuhan jadi tak sulit lagi karena semua pilihannya bisa didapatkan di MatahariMall.

Tak harus membuang waktu bila ingin memilih dan membeli komputer yang canggih. Klik website MatahariMall sekarang juga dan cari tahu dulu aneka produknya. Karena MatahariMall berkomitmen untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan setianya. Sudah siap belanja di MatahariMall?

Be Sociable, Share!

4 Replies to “Cara Mudah Mengajari si Kecil Menggunakan Komputer Dengan Baik dan Benar”

  1. Haduh Mba, ngajarin anak posisi yang bebarvsaat sedang bersama komputer atau gadget itu kadang bikin berangem deh. Susyaahnyaa , tp harus diinfoin supaya ga keterusan kan.

  2. Haduh Mba, ngajarin anak posisi yang bebarvsaat sedang bersama komputer atau gadget itu kadang bikin berangem deh. Susyaahnyaa , tp harus diinfoin supaya ga keterusan kan

  3. tipsnya keceh… makasih ya muna.

Leave a Reply