Ingin Liburan Hemat Bersama Keluarga di Akhir Tahun? Simak Tips Berikut Ini

Ingin Liburan Hemat Bersama Keluarga Di Akhir Tahun? Simak Tips Berikut Ini

Assalamualaikum Sahabats ….

Nggak berasa ya, sebentar lagi kita sudah akan memasuki akhir tahun 2017. Kalau sudah masuk bulan-bulan terakhir gini biasanya kita mulai memikirkan agenda liburan akhir tahun. Anak-anak bakalan liburan semester dan ada beberapa tanggal merah juga. Pasti pengen lah ya bisa liburan akhir tahun yang menyenangkan bareng keluarga. πŸ™‚

Ternyata permasalahannya nggak segampang membalik telapak tangan. Liburan akhir tahun biasanya jadi peak season karena banyak tanggal merah dan waktunya anak-anak liburan sekolah. Peak season berarti harga tiket pun lebih mahal dari harga normal. Nggak hanya harga tiket yang mahal, hotel dan akomodasi lain pun pastinya mnegikuti. Belum lagi dimana-mana pasti bakalan rame karena semua orang libur. Dan yang paling tricky adalah akhir tahun itu biasanya musim hujan dengan intensitas hujan yang cukup tinggi setiap harinya.

Nah lo??!!! Njuk terus piye iki?? Mo liburan aja kok mumet banget sih? Emang nggak bisa langsung cabut gitu aja? Well .. mungkin bagi sebagian orang liburan tanpa rencana itu biasa saja, tapi buatku dan banyak orangtua lainnya merasa merencanakan liburan akan lebih nyaman. Liburan membawa anak kan beda sama solo traveling. Kalo jalan sendiri mah bebas aja nggak pake mikir, mo jalan tinggal jalan, tapi kalau bawa anak banyak yang harus dipertimbangkan. Makanya jauh sebelum akhir tahun tiba persiapan sudah dilakukan.

Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk bisa liburan akhir tahun yang menyenangkan bareng keluarga tapi tetap bisa hemat?

  1. Prepare the Budget

Penting banget kan. Tanpa dana kita nggak akan bisa kemana-mana. Dulu sih waktu abang masih kerja kantoran aku selalu mengandalkan bonus akhir tahun untuk dana liburan akhir tahun. Tapi semenjak abang resign dan jadi pengusaha jadi agak tricky nih karena pemasukan nggak tetap setiap bulannya. Untuk dana liburan aku biasa menyisihkan dari hasil ngeblog dan nabung sedikit demi sedikit. Dari awal sudah diniatkan tabungan ini buat traveling jadi nggak boleh diutak-atik. Kalau perlu bikin tabungan khusus yang nggak pake kartu ATM jadi kita nggak iseng ngambilin melulu hehehehe…

 

budget for traveling

 

  1. Choose Your Destination

Kalau budget sudah ada, step berikutnya adalah menentukan destinasi wisata. Dari budget yang kita punya bisa kok disesuaikan destinasi wisatanya. Misal kita punya budget cukup banyak kenapa nggak liburan keluar negeri menikmati winter. Kalau budget pas-pasan bisa juga liburan yang dekat dengan tempat tinggal kita. Toh liburan nggak harus jauh kan yang penting semuanya happy. πŸ™‚

Kalau anak-anak sudah besar kita bisa ajak diskusi soal ini kemudian kita bisa cari informasi mengenai tempat yang akan kita tuju. Bagaimana transportasi disana nanti, cuaca, tempat wisata apa saja yang mau dikunjungi, makanan khas, dan banyak lagi deh pokoknya. Do your research!! Itu penting banget jadi ketika kita sampai tujuan sudah tahu mau ngapain aja.

our next destination, insyaallah
pic from:mediamanado.com

 

  1. Find Your Perfect Accomodation

Ada baiknya urusan per-bookingan dilakukan dari jauh hari. Menurut para eksperts sih minimal 60 hari sebelum keberangkatan. Aku setuju sih karena urusan menemukan akomadasi yang tepat dan sesuai dengan budget kita itu time consuming banget, terutama memilih hotel. Apalagi kalau liburannya dalam jangka waktu yang cukup lama, budget menginap pun pasti akan membengkak. Nah kalau begini urusannya, pengen dong mendapatkan hotel yang nyaman. Cari yang nggak jauh dari kota, mudah dijangkau angkutan umum, nyaman, fasilitasnya memadai, termasuk ada kolam renang, dan harganya juga terjangkau. Duuuhhh … emak-emak banyak maunya nih!! Ya iyalah sebagai ibu kan pasti pengen yang terbaik untuk anaknya. Meskipun traveling dengan dana terbatas tetap harus bisa memaksimalkan dana yang ada supaya liburan tetap menyenangkan. Gimana tuh caranya bisa liburan dengan dana minimal tapi happy nya tetep maksimal?

 

Untuk memastikan dapat harga yang terbaik, aku menggunakan fitur Best Price Calendar milik Traveloka. Mrelalui fitur ini, Sahabats dapat melihat perbandingan harga hotel setiap harinya. Fitur ini dapat Sahabats manfaatkan hanya dengan melihat di calendar saat akan mencari hotel. Caranya gampang banget kok tinggal masukkan hotel yang Sahabats incar untuk liburan, kemudian aktifkan tombol “Show lowest rate estimates/ Tunjukan estimasi tarif terendah” di dalam kalender menginap. Nantinya, Sahabats akan melihat perbandingan harga hotel setiap harinya. Dari perbandingan itulah, Sahabats bisa dengan mudah menentukan waktu yang tepat untuk liburan.

Misalnya, Sahabats akhir tahun ini berencana menginap di Pesona Alam Resort dan Spa Puncak di bulan Desember. Dengan menggunakan fitur BPC Sahabats bisa melihat tanggal berapa hotel tersebut menawarkan harga terendah. Dengan mengetahui harga terbaik (baca: termurah) di bulan tersebut kita bisa menyesuaikan tanggal keberangkatan dan kepulangan Dengan memanfaatkan Best Price Calendar dari Traveloka aku jadi berhasil menghemat post budget booking hotel. Sukak deh sama fitur barunya Traveloka ini. πŸ™‚

 

best price calendar traveloka
rate hotel sepanjang bulan terlihat, jadi bisa pilih sesuai budget

 

best price calendar traveloka
cocok nih hotelnya buat liburan akhir tahun

 

Nah kalau hotel idaman sudah ditangan, langkah selanjutnya tinggal berburu promo tiket pesawat atau kereta api deh. Tetep dong booking di Traveloka.

  1. Make Your Spending Plan

Buat yang punya dana liburan terbatas kaya aku, membuat spending plan ini jadi penting banget. Jangan sampai pulang liburan jadi bangkrut gegara semua tabungan tersedot untuk liburan. Alokasikan dana lebih untuk pengeluaran yang dirasa lebih penting. Untuk menekan biaya kami memilih naik budget airlines, tapi untuk urusan hotel kami memilih yang nyaman. Kami prefer hotel yang ada kolam renangnya karena bawa anak yang hobinya kungkum alias berenang hahaha. Anggap aja investrasi di depan lah, dariapada berenang di water park yang mana harus bayar tiket masuk lagi, mendingan berenang di hotel kan gratis #makirits. Semua keluarga punya preferensi sendiri sih tapi, jadi disesuaikan saja sama kebutuhan ya.

Menurut sebuah artikel yang aku baca ketika traveling lebih baik kita bawa uang cash aja. Apalagi buat orang yang cenderung boros kaya aku disarankan credit card ditinggalkan saja di rumah. Bayangkan kalau kita mengandalkan credit card, semua pengeluaran asak gesek dan begitu pulang liburan kita akan disambut dengan tagihan yang membengkak.

  1. Pack Your Bag and Enjoy The Moment

Nah kalau semua persiapan sudah dilakukan, maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah packing. Usahakan packing seringan mungkin supaya nggak ribet sendiri sama bawaan. Buat list barang bawaan apa yang harus dibawa supaya nggak ada yang tertinggal, terutama perlengkapan anak-anak.

Ketika hari H sudah tiba, nggak usah lagi bingung mikirin ini dan itu. Nggak usah membayangkan tabungan akan ludes, bakalan macet, dan sebagainya. Toh sebelum berangkat kita sudah membuat spending plan. Nikmati quality time bareng keluarga karena itulah tujuan utama kita traveling. Rezeki bisa dicari kapan saja tapi moment penting dan tak terlupakan bersama keluarga memang harus diagendakan. Jangan menyesal kelak kemudian hari. πŸ™‚

lets go
  1. Be On Time

Ketika hari H usahakan berangkat lebih awal ya. Minimal satu jam sebelum keberangkatan atau dua jam kalau tujuannya ke luar negeri, kita sudah harus berada di bandara atau stasiun supaya nggak ketinggalan. Lebih baik menunggu daripada telat. Sambil nunggu kita bisa lakukan banyak hal bermanfaat seperti baca buku atau selfie di bandara kan hahaha.

Itu dia beberapa hal yang biasanya kusiapkan menjelang liburan akhir tahun. Liburan hemat bukan berarti nggak bisa seru dan asyik. Dengan perencanaan yang baik insyaallah liburan akhir tahun bersama keluarga akan terealisasi.Β  Kalau Sahabats sudah punya rencana liburan akhir tahun kemana? Atau mungkin sudah melakukan persiapan juga jelang liburan akhir tahun? Sharing yuk di kolom komentar, barangkali ada tips lain yang bisa ditambahkan. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

37 Replies to “Ingin Liburan Hemat Bersama Keluarga di Akhir Tahun? Simak Tips Berikut Ini”

  1. Siip..trims utk tips nya, Muna.. Waah..sebaiknya psn H-60 ya? Musti buru2 nih…dah krg dr 60 hari je… *brb

  2. Harusnya gitu ya, ada rekening khusus untuk liburan. Jadi bakal lancar kalo udah ada perencanaan mau liburan kemana

  3. Temenku juga gitu punya rekening khusus buat liburan..kalau aku biasanya aq sisihkan di amplop dan masukkan ke filling cabinet kantor biar aman…soalnya kalau ditaruh dirumah pasti kepake buat yang lain deh πŸ˜›

  4. Hiyaakkk ternyata ada baiknya pesan H-60. Duuu … udah mepet nih kalo buat ngerencanain akhir tahun. Tapi … tips mba bermanfaat buat rencana liburanku di lain waktu. Makasih banyak untuk tipsnya ya mba.

  5. Cakep sharingnya..terima kasih kakak

  6. Akhir tahun jatuhnya peak season dan anak2 UTS sih kalo aku. Agak susah jadinya buat liburan malahan.

  7. sedang tidak ada budget untuk travelling..tapi ada yg mau nyeponsorin travelling nih..xixixix]
    rejeki ya mak klo kek gini..

  8. Wah tipsnya bermanfaat sekali.
    Itu next destinationnya ke mana? Kok indah sekali πŸ™‚

  9. Kalo aku pilih destinasinya dulu baru ngumpulin duitnya, hihi

    Destinasi impian masih Luwuk Banggai….semoga bisa terwujud

  10. Siap dlm 60 hr sblm hr H. Aku pernah tuh lupa dan nyiapin apa2 dlm 2 minggu. Rasanya buru2 bgt

  11. Aku niy langganan banget bermacet2 ria di tempat wisata kalo akhir tahun. Maklum pegawe jd liburnya pas cuti bersama aja. Tapi tetep happy yak!

  12. Makasih mbak Muna tipsnya sangat bermanfaat dan harus diterapkan.
    Saya dan keluarga kendalanya persiapan yang dadakan, lebaran kemarin karena mepet jadi nggak kebagian mobil rental sudah pada penuh.
    Semoga next bisa terwujud jalan-jalan bersama keluarga aamiin.. πŸ™‚

  13. Tahun ini gak kemana2 dulu Mbak. Selain emang gak siapin budget utk halanhalan, ada baby jg, blm bener2 menikmati holiday jg dianya, semoga thn dpn bisa liburan.

    Manado! Saya pun jg blm kesana. Semoga segera terwujud ya Mbak πŸ˜‰

  14. Target taun depan lunasin utang, dapet quota haji nabungnya kudu dibesarin, dan ngumpulin bekal buat ke penang πŸ˜€

    1. asyik ke penang

  15. Suami saya rekening khususnya dalam botol air mineral mbak..hihihi..

    1. hahahah.. samaan kek aku mbak tapi aku di ember bekas KFC aku umpetin di lemari dapur paling atas

  16. Pengin liburan ma keluarga nih jadinya. Nabung duyu lah. Makasih tipsnya ya. Moga bisa segera.

    1. ke semarang aja dijamin hotel gratis

  17. Ini fitur baru ya, Mbak. Enak sih ya kalo mau bandingin harga. Nggak pake ribet lagi kalau mau cari harga yg oas di kantong kita.

    1. iya fitur baru yang membantu banget jadi bisa ngirit budget banget

  18. Liburan akhir tahun hemat ya ke rumah kerabat hehee.. Makasih mbak Muna tips2nya.

    1. boleh juga tuh idenya jadi ngirit budget

  19. Sudah mau liburan akhir tahun saja ya, senangnya sdh dipersiapkan. Moga lancar ya momtraveller

    1. met liburan juga mbak erna πŸ™‚

  20. Pengen banget berenang di hotel, sayang nginap di hotel dengan anak-anak jarang ada kolam berenangnya heheh

    1. booking di traveloka dong biar dapet hotel yg kolam renangnya asyik

  21. Pas tipsnya nih, tengkyu ya, mba

    1. masam semoga bermanfaat ya

  22. Makasi tipsnya mba..aku pengen bisa keliling indo

    1. aku juga pengen mbak

  23. h-60? okeh siap! travelnya nanti sih desember tahun depan, hehe. mudah2an inget h-60 udah kudu booking. thx mak!
    btw, duitnya euro semua uyy

    1. sayangnya itu bukan dompet aku mak hiks

  24. Wah… well noted ni mba muna. Jd ga sabar beneran biat liburan nih baca artikelnya. Tfs yaa mbak

    1. semoga bermanfaat ya tipsnya

  25. Kalau yang rumahnya jauh dari bandara kyk saya malah kudu 3-4 jam sebelumnya dah berangkat dr rumah ke bandara hehe.
    Liburan akhir tahun itu seru. tapi kalau boleh milih liburannya tengah tahun aja πŸ˜€

  26. makasih tipsnay, hanya kalau saya ya mau gak mau pasti musim liburanyg tanggal merahnay hr jumat tuh, nah bisa deh

Leave a Reply