Jogja Bay Waterpark, Destinasi Liburan Keluarga Terseru di Jogja

Assalamualaikum Sahabats …

Selamat menikmati liburan akhir tahun buat sahabats Momtraveler. Pada liburan kemana nih akhir tahun 2018? Well kalau Sahabats punya rencana liburan keluarga di Jogjakarta, ada satu tempat yang wajib banget dikunjungi, terutama buat kalian pecinta air. Yups, apalagi kalau bukan waterpark terbesar dan terkece di Jogjakarta, Jogja Bay.

Biasanya sih jalan-jalan ke Jogja itu nggak akan jauh dari wisata budaya, seperti Keraton, Taman Sari, dan Candi, tapi karena bawa bocah tujuan wisata tadi kurang menarik buat mereka. Kebun binatang udah pernah, so aku coba browsing dan akhirnya ketemulah sama Jogja Bay ini. Memang waterpark ini sudah lama buka sih, cuma ya baru kesampean aja kesini hehehe…

Jogja Bay
the entrance

Lokasi dan Wahana yang ada di Jogja Bay

Nah kalau sebelumnya liburan ke Jogja cuma nguplek di seputaran kota, kali ini agak melipir dikit karena memang lokasinya Jogja Bay lumayan jauh dari pusat kota. Tepatnya ada di daerah Maguwoharjo, persis bersebelahan dengan Stadion Maguwoharjo Depok. Jogja Bay waterpark ini luas banget, totalnya kurang lebih ada 7,7 hektare dengan berbagai macam keseruan yang bisa dinikmati dari mulai bocah sampai orang dewasa.

Oya kami membeli tiket Jogja Bay ini via online, tepatnya via Traveloka dan alhamdhulilah dapet tiket promo. Kami cuma bayar Rp. 45.000 aja padahal HTM di weekdays untuk pengunjung anak-anak yang biasanya Rp.75.000 dan dewasa Rp. 100.000. Rejeki emak Shalihah ya. And it gets even better ketika kami masuk ke Jogja Bay yang hari itu relatif sepi, ya iya lah kan weekdays ya. Kebayang aja kalo ke Jogja Bay pas weekend pasti rame banget.

Hal pertama yang bikin aku jatuh cinta sama Jogja Bay adalah kamar mandinya yang super bersih dan wangi. Banyak banget kamar mandi dan kamar ganti jadi nggak perlu ngantri lama. Tersedia juga loker yang banyak untuk kita menyimpan barang pribadi plus ada juga persewaan handuk dengan harga Rp. 20.000 / lembarnya. Jadi buat yang males bawa handuk macam kami karena mengandalkan handuk hotel yang nggak mungkin dibawa keluar, persewaan handuk ini jadi solusi yang menyenangkan banget.

Jogja Bay

Waterpark Bertema Pirates

Udah cerita panjang lebar tapi aku lupa belum nyebutin kalau Jogja Bay ini mengusung tema Pirate, salah satu tokoh yang disukai para bocah. Dari mulai pintu gerbang, 19 wahana air dengan berbagai keseruan sampai pernak perniknya detail banget menggambarkan para pirates.

Setelah ganti baju kami langsung menuju TKP dong. Bayangin aja ada 19 wahana air, mungkin kalau mau dicobain semua baru bisa selesai sore hari. Kami nggak punya banyak waktu karena kebetulan ada janji siangnya jadi kami cuma bisa nyobain beberapa wahana aja. Itupun udah puas banget dan asli bikin nagih pengen balik lagi.

Wahana pertama yang kami coba adalah Ziggy Giant Barrel dan Bekti Adventure. Awalnya sempet ragu juga mau bawa naik baby K ke Ziggy Giant Barrel karena cukup tinggi tapi ternyata aliran air di perosotannya nggak begitu banyak jadi meluncurnya kurang cepet tapi karena itu baby K jadi kesenengan dan minta naik bolak balik. Dua wahana ini cocok banget lah buat anak-anak, tapi tetep harus diawasi orang tua ya meskipunada lifeguard on duty di setiap titik wahana. Ini lho yang nggak semua waterpark punya, salut deh buat Jogja Bay. Safety always comes first.

Jogja Bay

Lanjut ke wahana berikutnya ya Sahabats, kali ini kami nyobain Mimi Family, perosotan yang cukup rendah si sebenernya tapi karena aliran airnya deres jadi seru banget. Baby K dan Nadia juga suka. Slide ini cocok buat anak-anak dan dewasa juga kok.

Satu wahana yang jadi favoritnya baby K sampe kami harus disana berlama-lama adalah HIP Playground. Jadi ini playground biasa sih tapi tetep dilengkapi aliran air dimana-mana. Kebayang kan main lari sana sini dibawah siraman air dingin, nyuuuss deh asyiknya. Capek ngejer baby K tapi seneng liat baby K main air puas di HIP Playground. FYI untuk mencari lokasi wahana di Jogja Bay ini sahabats nggak perlu kebingungan karena ada banyak petunjuk atau sign post di setiap titip. Tinggal pilih wahana yang kalian mau dan ikuti petunjuknya. 🙂

Jogja Bay
HIP Playground

Lanjut ke wahana yang jadi favorit semua pengunjung disini dan ternyata nggak bisa dinikmati setiap waktu. South Beach, adalah replika pantai dengan ombak yang datang silih berganti, persis kaya pantai aslinya. Wuih seru banget disini berkejaran sama ombak. Kebetulan pas kami selesai main di HIP Playground ada pengumuman kalau South Beach udah dibuka jadi kami langsung ngacir kesana. Cukup lama juga kami main ombak di South Beach, pokoknya sampai ombaknya dimatikan. Mungkin karena untuk menghadirkan ombak perlu tenaga listrik yang besar makanya nggak dinyalakan setiap saat. Makanya stay tune terus dan pasang telinga ya jadi begitu ada pengumuman South Beach dibuka, cuuzz deh menjemput ombak disana.

Jogja Bay
South Beach

Capek seseruan di South Beach, lanjut leyeh-leyeh di Donte Wild River. Kolam berarus tenang yang pas banget kami nikmati setelah lari-lari mengejar ombak. Duduk santai di atas ban besar dan sambil merasakan semilir angin bersama aliran arus yang kalem. Duuuhh damai deh terus jadi ngantuk bawaannya.

Jogja Bay
Donte Wild River

Maunya nyobain volcano coaster tapi nggak mungkin ninggalin baby K. Mau leyeh-leyeh di Kula Playpool, sayangnya waktu itu lagi di tutup untuk dibersihkan, jadi ya wes lah kami putuskan untuk mentas. Perjuangan cukup berat juga ngangkat baby K untuk mentas dan akhirnya berhasil setelah dirayu pake es krim hhehehe…

Sayangnya kami datang pas weekdays jadi nggak bisa nonton drama musikal yang hanya muncul di jam 15.00 – 16.00 setiap weekend. Jadi PR banget nih buat Sahabats, mau dateng pas weekdays enaknya sepi jadi berasa kolam pribadi tapi nggak bisa nonton drama musikal atau mau datang weekend yang ruame tapi bisa puas nonton drama musikal? Nah sila dipikirin baik-baik deh sambil membayangkan keseruan yang ada di Jogja Bay Waterpark.

Semoga pengalaman kami di Jogja Bay cukup membuat Sahabats untuk kepoin akun sosmed nya Jogja Bay dan segera memutuskan liburan akhir tahun kesana. Asli deh, liburan keluarga di Jogjakarta bakalan seru dan nggak terlupakan di Jogja Bay. Happy traveling ya Sahabats


Be Sociable, Share!

Leave a Reply