Keunikan Museum Ullen Sentalu, Jogjakarta

Assalamualaikum Sahabats …
Masih melanjutkan cerita traveling kami ke Jogjakarta bulan lalu, ide liburan kami sata itu memang Cuma mau istirahat aja. Makanya aku memutuskan cari resort yang jauh dari kota Jogjakarta demi sebuah tempat yang tenang dan nyaman. Alhamdhulilah pilihan menginap di Omkara Resort udah paling bener. Omkara Resort di daerah Sleman ini kece badai deh pokoknya.


Tapi emang dasarnya kaki kami bertiga ini nggak betah kalo cuma nganggur, akhirnya aku teringat sebuah museum di kawasan Taman Wisata Kaliurang. cukup jauh si perjalanan dari gerbang Taman Wisata Kaliurang, kira-kira 45 menit tapi pemandangannya keren banget karena Museum ini diapit oleh Gunung Turgo, Merapi, dan Plawangan.

Begitu keluar dari mobil, udara sejuk pegunungan langsung menyerbu kami. Asyiik sip lah kalau cuaca adem begini, bakalan betah jalan-jalannya. Oya .. daritadi aku belum nyebut Museum apa yang kami datangi ini. Museum ini telah dinobatkan menjadi Museum terbaik di Indonesia oleh Tripadvisor dan National Geographic, profilnya juga pernah di ulas oleh Lonely Planet. Wes pokoknya, Museum ini beda dari Museum lain di Indonesia yang mostly spooky and boring. πŸ˜›

pintu gerbang belakang Museum Ullen Sentalu
pintu gerbang belakang Museum Ullen Sentalu

 

DSCF0915

Yup. You got it. Museum Ullen Sentalu. Sebuah museum milik pribadi yang ternyata sudah berdiri sejak tahun 1997 dan berisi berbagai koleksi tentang adat dan budaya Jawa, terutama tentang perkembangan Keraton Jogjakarta dan Solo. Salah satu aturan yang aku apresiasi banget adalah semua pengunjung akan didampingi oleh seorang pemandu untuk memastikan semua pengunjung mendapatkan informasi yang benar dan nggak hanya sekedar jalan-jalan di Museum Ullen Sentalu tanpa mendapatkan apapun.

Museum Ullen Sentalu yang Unik
Setelah membayar tiket masuk Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak, kami dikumpulkan dalam beberapa rombongan yang kemudian akan dipandu oleh beberapa guide. Sebelum memulai tour, para guide ini memastikan kita semua mematuhi aturan yang diterapkan di Museum Ullen Sentalu salah satunya adalah dilarang mengambil foto. Whaaatt??? Padahal aku udah siap bawa kamera lho, dan niat banget pengen mengabadikan Museum keren ini.

Hal pertama yang aku tanyakan pada mbak guide kami dan kemudian di jawab di awal perjalanan kami adalah arti dari Ullen Sentalu. Kata Ullen Sentalu merupakan singkatan dari sebuah kalimat berhasa Jawa yang berbunyi β€œUlating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku”. Artinya kurang lebih gini sahabats, nyala lampu blencong (pelita atau cahaya kehidupan) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

replika relief Candi Borobudur yg sengaja dipasang miring melambangkan orang Jawa yg saat ini sdh melupakan budayanya
replika relief Candi Borobudur yg sengaja dipasang miring melambangkan orang Jawa yg saat ini sdh melupakan budayanya

 

DSCF0921

Memasuki pelataran utama, sudah terlihat deh Dalem Kaswargan atau rumah pribadi yang dijadikan gedung Museum ini sangat cantik dan penuh dengan pepohonan rindang. Museum ini terdiri dari 7 ruangan; ruang pintu masuk, dan ruang Guwo Selo Giri, dan 5 ruangan lain yang terdapat dalam Kampung Kambang. Bentuk ruangannya sengaja dibuat seperti labirin yang memiliki filosofis bahwa kehidupan manusia itu pastilah penuh liku. Cieee …. Dalem bener ya.

DSCF0931
souvener shop

 

kebun di belakang Musuem
kebun di belakang Musuem

Setiap ruangannya di desain dengan cermat dan pencahayaan yang remang-remang khas Museum. Ada aroma dupa menyeruak di dalam semua ruangan yang penuh dengan lukisan dan benda-benda yang memang disumbangkan oleh pihak keraton. Somehow berasa spooky aja di ruangan ini. Mungkin karena banyak lukisan besar dan kuno jadi bawaannya merinding disko gitu deh hehehe…. Buat balita ruangan dengan model gini mungkin terasa ngeri-ngeri sedap ya, tapi kalo udah sebesar Nadia sih aman lah.

Selama tour mengelilingi Museum kita dipersilakan bertanya apa saja seputar Museum dan mbak guide akan menjawab dengan lancarnya. Seperti aku yang bertanya soal kenapa sih para ibu Suri ini selalu membawa kunci dalam lukisan? Ternyata kunci adalah symbol pengaruh dan kekuatan yang besar. Ibu Suri memang punya peranan besar dalam keluarga keraton Jogjakarta dan Kasunanan Solo.

Selain belajar tentang adat dan budaya Jawa, aku dapet ilmu penting banget saat mengunjungi Ullen Sentalu. Sahabats tau dong Dewa Ganesha? Salah satu dewa Hindu yang memang memiliki kecerdasan luar biasa ini digambarkan dalam bentuk gajah yang bijaksana dengan gada di tangan kanannya. Dewa Ganesha ini punya perut yang buncit karena begitu banyak ilmu yang dikuasainya sampai otak nggak mampu lagi dan akhirnya ilmu pengetahuan itu turun ke perutnya. Penjelasan mbak guide membuat kami sontak ngakak berjamaah sambil berharap bahwa perut buncit kami ini berisi ilmu pengetahuan dan bukan lemak yang menggelambir disana-sini. πŸ˜›

DSCF0930
Memang sih rasanya rugi ya kita nggak bisa ambil foto koleksi Museum Ullen Sentalu tapi nanti kita akan dibawa menuju gedung lain dengan koleksi yang nggak kalah banyaknya. Salah satunya adalah lukisan dua pengantin berpakaian adat Jogja dan Solo dengan segala atribut dan artinya. Keluar dari ruangan ini yang berarti juga akhir dari tour kami diizinkan mengambil foto sepuasnya.

Bentuk Dalem Kaswargan ini kece banget buat foto-foto. Gaya bangunan yang postmo terlihat unik dan nyeni, belum lagi taman di belakang Museum yang cantik. Kalau masih belum puas menjelajah, ada gift shop yang menjual souvenir dan cafΓ© Beukenhof dimana kita bisa ngopi-ngopi cantik setelah tour Museum.

pengunjung mulai meninggalkan museum
pengunjung mulai meninggalkan museum

Semua rumor tentang betapa membosankannya wisata Museum terbantahkan saat menjejakkan kaki di Museum Ullen Sentalu. Kelima indera kita dijamu dengan ribuan pengalaman tak terlupakan dan semuanya akan meninggalkan memori yang indah. Pantaslah Ullen Sentalu dinobatkan menjadi best Museum di Indonesia. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

48 Replies to “Keunikan Museum Ullen Sentalu, Jogjakarta”

  1. Aku kok agak2 gimana gitu kalo ke tempat yg ada bau2 dupa…jadi ingat pas di Mirota…spooky.. πŸ˜€

    1. iya merinding disko mana remang2 pula

  2. recomended nih buat tujuan liburan. ^_^

    1. bangeeett

  3. saya pernah kesini sekitar thn 2013

    1. bagus ya museumnya

  4. Museumnya keren banget, jadi pengen juga jalan-jalan kesana. Butuh budget berapa yah?

    1. tiket masuk cuma 30.000 kok

  5. Duh, jangan sampai replika candi borobudur itu jatuh ya Mbak. Sebagai orang Indonesia aku akan ikut menangis kalau kejadian πŸ™‚

    1. hahahah insyaallah ga mbak, kan emangs engaja dipasang miring

  6. Ciyus ini yg ter…. di Indonesia?

    1. ciyuuuusss mak

  7. Pengen ke museum ini tapi gak sempet2. Padahal sering ke Jogja.
    Oh ya, di sekitar Kaliurang jg ada museum gunung merapi.

    1. iya kemarin juga ngelewati tp ga sempet mampir

  8. Pengeeeennn bisa ke situ belum kesampaian mbak πŸ™

    1. yuk liburan ke jogja

  9. Aaaaak, Jogja ituuu sangaaaat Indonesiaaaa!

    1. setujuuuu

  10. Jadi penasaran akunya nih mba, pingin liat koleksi2 di museum yang “ter” itu. Ada aroma dupa pula, hmmm… berasa apaaaa gitu :D.

    1. huumm.. jd merindong disko gitu deh

  11. Kompak bamgettttt asik liatnya. Biasanya museum murah banget tiketnya mak ..tp ini yah lumyan lah murah ngga mahal ngga. Pasti bukan museum biasa..

    1. sepadan lah dengan yg kita dapet mbak. seru dan banyak ilmu baru

  12. Aku belum kesitu, noted ah. Ntar harus dijadwal ke ullen sentalu. Dulu aku kira tempatnya di Bali, hehehe

    1. untungnya di jogja mbak deket aja dari semarang

  13. welehh mbae org semarang aja udh ksni yak, lhaa guehh??hahaha payah bgt ni..dh denger dr dl tp blm smpt2 kesana,

    1. kalo deket sih kapan aja bisa mampir to

  14. Hi mbak muna, asik ya disana? aku udah 4 tahun yang lalu kesananya berdua sama temen kantor, bayangin aja waktu itu stay dirumah bulik di Bantul dan harus naik motor kesana, dari ujung ke ujung bo’ tapi terbayar sama suasana dan pemandangan yang aduhai πŸ˜€

    1. meskipun di ujung dunia (kaliurang) tp seru ya museumnya

  15. Wuaahhh, seriusan ini yang terbaik di Indonesia versi Tripadvisor dan National Geographic? πŸ˜€
    Duh, ketinggalan berita, sepertinya suatu hari harus cobain kesana nih! πŸ˜€
    Terimakasih info & sharingnya πŸ™‚

    1. ciyuuuusss bangeeettt

  16. Beneran keren museumnya mbak, jadi banyak tahu tentang sejarah kraton Solo, sayang didalem nggak boleh foto2 yaa

    1. iya padahal bagian dalamnya juga keren banget

  17. kalo nanti ke yogya bisa dimasukkin list neh πŸ™‚

    1. harus dong

  18. Museum ini memang cakeeep ya mbaaa… Aku belum sempet mampir. Harus niih πŸ™‚

    1. nanti kalo pas pulang ya πŸ™‚

  19. kabarnya ulun sentalun termasuk salah satu museum terbaik. Kalau lihat foto-fotonya memang bagus, sih πŸ™‚

    1. masuk peringkat pertama mbak, best museum di Indonesia

  20. Best museum di Indonesia? Wow ….

    Suka sama fotonya yang bergaya miring semua itu wkwkwk.

    1. memang patut dijadikan best museum ni mbak

  21. Bwahaha.. jawaban soale ganesha itu beneran, mba? Masak iya otak gak nampung lari ke perut heheheh

    1. iya bener..aku juuga ngakak pas denger cerita itu

  22. Saya baru tau museum ini hehe maap kudet. Suasananya enak ya itu, keliatan adem gitu

    1. hahaha..no problemo mas yg penting segera mampir kesana ya πŸ™‚

  23. Ijonya seger gitu. Ngga bakal bosan lah mnurutku. πŸ˜‰

    1. seru lah pokoknya

  24. Kalo bau dupa nya cuman sekilas2 sech enak lho suka, tapi kalo kelamaan eneg juga gagaga

  25. Wih cakep museumnya
    Aku udah bolak balik ke jogja, belum kesampaian euy bertandang kesana
    Next trip wajib nih dikunjungi

    Btw suka deh lihat foto-fotonya, kompak banget

Leave a Reply