Lengkapi Kegiatan Outdoor Kamu dengan Pilihan Tenda yang Tepat

Assalamualaikum Sahabats …

Adakah sahabats yang hobby melakukan kegiatan outdoor? Kalau sahabats suka melakukan kegiatan outdoor seperti camping, pasti akan membutuhkan tenda untuk tempat beristirahat atau santai bersama dengan teman maupun anggota keluarga lain. Kemah atau tenda (adalah perlengkapan camping yang sangat penting untuk aktivitas outdoor.

Kalau sahabats berada di alam bebas atau mendaki gunung, kebutuhan akan tenda tidak mungkin terlepas. Sahabats bisa berlindung dari cuaca yang ekstrim atau udara yang dingin dengan beristirahat di dalam tenda. Ketika sahabats merencanakan kegiatan outdoor lebih dari 1 hari, sebaiknya jangan lupakan membawa tenda ya.

Baca juga: Tips Naik Gunung Bersama Anak

Tanpa itu, sahabats bisa kedinginan di alam bebas sana. Agar kegiatan outdoor Sahabats  semakin asyik dan sempurna, sebaiknya pilihlah tenda dengan kualitas yang baik. Berikut ini beberapa acuan untuk memilih tenda yang harus sahabats ketahui.

Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan

Ukuran wajib  dipertimbangkan saat memilih tenda agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Kalau sahabats membawa banyak barang, pilih yang ukurannya lebar besar agar bisa memuat semua barang bawaan. Begitu juga dengan jumlah orang yang pergi bersama harus dijadikan pertimbangan juga. Semakin banyak jumlah orang yang ikut, semakin besar ukuran tenda yang sahabats perlukan.

Sahabats juga harus memperkirakan ukuran tingginya. Tenda yang rendah pastilah tidak akanmenyusahkan kamu saat mencari tanah datar untuk mendirikannya. Selain itu, angin tidak akan gampang menerpanya sehingga lebih aman dan tidak gampang rusak.

Sesuaikan Jenis Tenda dengan Kondisi Cuaca

Sebelum pergi camping, ada baiknya sahabats mencari tahu kondisi cuaca dan suhu di tempat outdoor yang akan datangi. Misalnya tujuan Sahabats adalah mendaki gunung, cari informasi lengkap mengenai situasi atau kondisi keadaan cuaca dan suhu di sana agar sahabats bisa memperkirakan jenis tenda apa yang akan sahabats bawa.

Ada 2 jenis tenda yang paling umum dipakai yaitu single layer dan double layer. Single layer merupakan tenda yang sering dipakai di daerah tropis seperti pantai atau tempat yang suhunya tidak dingin. Sifatnya yang ringan dan praktis akan lebih gampang dikemas ke dalam tas dan tidak memakan tempat yang banyak.

Tapi, kalau tujuan sahabats adalah  tempat dengan cuaca yang dingin atau kondisi sedang hujan, sebaiknya hindari memakai tenda single layer. Kalau sahabats memaksa menggunakannya, maka bisa terjadi pengembunan yang bisa mengakibatkan hujan jika terus menumpuk di dalam. Sebaiknya gunakanlah tenda double layer di tempat bersuhu dingin karena di bagian terluarnya ada lapisan yang mencegah terjadinya pengembunan.

Selain itu jenis tenda double layer kadang memiliki ruang ekstra di bagian luarnya sebagai tempat memasak atau meletakan sebagian barang yang sahabats bawa.

Pilih Kemah yang Ringan dan Gampang Dibongkar

Saat camping, tenda menjadi hal yang wajib sahabats perhatikan baik-baik. Hujan bisa saja datang tiba-tiba dan susah diprediksi, karena itu sahabats harus menyiapkan tenda yang sifatnya ringan dan gampang dibongkar pasang.

Pilih jenis tenda tidak menyusahkan dan pastikan sahabats sudah menguasai cara memasang dan melipatnya kembali agar dapat mempersingkat waktu. Kalau sahabats butuh waktu lama memasangnya, resikonya bakalan basah kuyu  san barang bawaan pun ikut basah,  bisa runyam kan kalo begini. Mungkin penying juga ya sebelum berangkat kita belajar memasang dan membongkar tenda hehehe.

Beberapa tips di atas harus sahabats ikuti agar tidak melakukan kesalahan saat membeli tenda. Selain itu, sahabats wajib mencari perlengkapan outdoor di toko yang tepat. Bukalapak bisa menjadi pilihan alternatif kalau sahabats mager ato mungkin nggak ada waktu keluar rumah mencari toko yang menjual peralatan camping.

Selain tenda,ada beberapa kebutuhan camping yang lain, seperti sepatu outdoor yang akan memudahkan Sahabats berjalan di daerah pegunungangunung yang jalannya cukup ekstrim. Buat sahabats yang sibuk, manfaatkan tempat berbelanja online Bukalapak untuk membeli semua peralatannya. Harus pintar memilih ya karena harganya tiap lapaknya bervariasi.  Sahabats nggak perlu khawatir karena metode pembayarannya pun sangat mudah dan aman. Jadi, next time sahabats punya agenda  berkegiatan outdoor  seperti camping bersama keluarga atau naik gunung bisa langsung mencari semua kebutuhan di Bukalapak.

Selamat berpetualang ya Sahabats. 🙂

Be Sociable, Share!

12 Replies to “Lengkapi Kegiatan Outdoor Kamu dengan Pilihan Tenda yang Tepat”

  1. Aku punyanya tenda anak2, gatau kalo kena hujan kuat ngga tuh ya 😁😁

  2. Wahh… Bermanfaat nih artikelnya. Gak pernah pake tenda, coba deh kapan kapan kalau muncak.

  3. Pernah tidur di tenda saat camping di SMP dulu dan mabim waktu masuk kuliah 🙂

  4. Wah aku baru tahu ada tenda double layer hihihi katrok ya 😀

  5. Jadi pingin ngajak anak2 kemping nih..gara2 liat tenda.
    Kapan2 rencanain ahhh

  6. Kalo kemping sukanya sewa tenda dobel layer, lebih adem gitu. Kalo di rumah sih adanya tenda anak-anak

  7. Terakhir camping tahun 2016. Setiap setiap camping pasti sewa tenda aja. Dan pilihannya suka yg double layer 😊

  8. Aku belum pernah ngajakin anak-anak camping. Dulu rencananya di Telaga Cebong, eh gagal gara2 embun es yang dingin minta ampun. Pengen sih beli tenda untuk camping. sementara baru punya sepatu sama sleeping bag

  9. Wah penting bgt nih tenda buat kegiatan outdoor ya

  10. Pengen banget ajak bocah berkemah belum kesampaian semoga tahun 2019 bisa aamiin

  11. beda ya sama mainan tenda anak di rumah hehehe, soalnya harus pilih tenda yang tepat karena ibarat “rumah” di alam ya

  12. wah asik tuh camping bersama anak-anak.

Leave a Reply