Liburan Tetap Berkesan Walau Hanya Habiskan Sehari di Semarang

Assaalamualaikum Sahabats …

Akhirnya kota Semarang tercinta mulai naik daun di mata para traveler. Memang sekarang Semarang makin cantik dan banyak tempat wisata baru yang asyik banget. Banyak yang japri dan nanya ke aku kalo liburan ke Semarang dengan waktu yang singkat enaknya kemana aja? Maklum lah cuti terbatas tapi tetep butuh piknik. Emang bisa?

Untungnya Sahabats masih bisa kok menikmati ibukota Jawa Tengah ini dalam waktu yang terbatas. Khusus di postingan kali ini aku akan coba jawab kegalauan kalian yang pengen liburan singkat di Semarang tapi tetep bisa maksimal. Biar bisa menyusun jadwal dengan lebih fleksibel dan tetap nyaman bepergian, ada baiknya Sahabats memutuskan untuk menyewa mobil bisa jadi pilihan tepat ketimbang menaiki angkutan umum.

Lawang Sewu

Belum ke Semarang kalau tidak sempat mengunjungi bangunan ikonik ini. Berada tepat di pusat kota, cukup sewa mobil Semarang untuk membawamu ke bekas kantor administrasi perkeretaapian Hindia Belanda.

Meskipun sekarang ini Lawang Sewu sudah semakin cantik tapi kesan angkernya memang nggak terpisahkan. Eh tapi justru itu lho yang bikin rasa penasaran pengunjung untuk terus datang ke Lawang Sewu, apalagi harga tiketnya cuma Rp10 ribu. Selain pepotioan, ada banyak info yang akan Sahabats dapatkan di dalam gedung yang konon punya seribu pintu ini. Mulai dari seragam kru kereta api dari zaman penjajahan hingga sekarang hingga berfoto sampai puas.

lawang sewu semarang
lawang sewu

Kota Lama

Sama seperti Jakarta dan Surabaya, Semarang juga punya kawasan Kota Lama yang dijuluki Little Netherland.

Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Gereja Blendhuk yang didirikian sekitar tahun 1700. Bentuk atapnya yang unik memang terinspirasi oleh gaya arsitektur Eropa di zaman penjajahan. Di sekitarnya juga terdapat taman yang asri dan rindang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengusir lelah sebelum melanjutkan perjalanan, plus foto-foto buat nambah feed IG dong hehehe.

Kota lama Semarang
Spot foto kece di Kota Lama Semarang

Eling Bening

Karena sudah mantap untuk sewa mobil di Semarang, nggak apa lah ya Sahabats memacu kendaraan kurang lebih 60 menit dari pusat kota menuju Ambarawa, Kabupaten Semarang. Ada spot wisata yang lagi ngehits dan terkenal dengan pemandangan pegunungan dan jalan raya berkelok yang disebut Eling Bening.

Selain dihibur oleh pemandangan alamnya yang cantik, ada berbagai sarana pendukung seperti restoran dengan bagian outdoor yang menyuguhkan pesona alam, spot foto Rumah Adat papua, kolam renang, wahana bermain anak-anak hingga flying fox. Untuk tiket masuk di akhir pekan, pengunjung cukup membayar Rp20 ribu dan dapat ditukar dengan minuman gratis.

eling bening
foto by @ojabputro

Kereta Uap Kayu Klasik di Ambarawa

Lanjutkan perjalanan dari Eling Bening hanya sekitar 10-15 menit. Bermodal sewa mobil Semarang, kamu bisa menikmati pemandangan persawahan dengan latar lereng pegunungan yang megah.

Serunya lagi, jika beruntung bisa menyaksikan kereta uap kayu klasik yang melintasi jalur Ambarawa-Tuntang. Cocok banget buat yang ingin mengasah kemampuan fotografinya atau sekadar ingin menikmati pemandangan alam yang indah.

kereta api uang Ambarawa
foto by @wardhana93

Pondok Kopi

Lanjutkan Perjalanan Sahabats ke Pondok Kopi yang berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang. Cafe yang posisinya terletak di ketinggian ini adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati kopi di Semarang. Jika cuaca cukup cerah, di siang hari Sahabats akan melihat pemandangan pegunungan yang cantik, sedangkan di malam hari akan terhibur oleh pesona lampu kota yang jauh dari keramaian.

Punya waktu terbatas di Semarang, jangan hanya dihabiskan di dalam penginapan. Segera sewa mobil Semarang dan manfaatkan untuk mengunjungi spot-spot wisata cantik dalam sehari. Wangku yang singkat bukan berarti nggak bisa liburan maksimal kan? Sampai ketemu di Semarang ya Sahabats. 🙂

Pondpk kopi umbul Sidomukti
Menikmati pemandangan dr Pondok Kopi, Semarang

 

Be Sociable, Share!

5 Replies to “Liburan Tetap Berkesan Walau Hanya Habiskan Sehari di Semarang”

  1. Wah, pondok Kopi…. Semarang emang ngangenin hihi

  2. Pondok kopi. Aku belum pernah kesana ih. Suasananya kl sore syahdu2 gimana ya mba

  3. Blm keturutan nih ke pondok kopi

  4. Apalagi sekarang Kota Lama sedang direnovasi ya mbak. Semoga hasilnya semakin ciamiik

  5. Melihat kereta uap itu kok jadi inget video klipya Katon yang negeri di awan *aduh, ketauan banget ini abegeh taun berapa, hehehe

    Pengen banget bisa sampe Semarang, kapan yaa ..

Leave a Reply