Lunpia Cik Meme, Oleh-oleh Khas Semarang yang Ngehits, Enak, dan Halal

Assalamualaikum Sahabats …

Apa sih kuliner khas kota Semarang? Jawabannya sudah pasti lunpia dong ya. Meskipun Semarang terkenal dengan aneka ragam kulinernya, tapi tetep yang paling identik dengan kota Semarang ya Lunpia. Eh tapi dulu kalau ada yang nanya ke aku dimana sih beli lunpia yang enak dan halal, terus terang aja aku bingung harus mengarahkan jawaban ini kemana? Tapi itu dulu, sebelum aku mencoba Lunpia Cik Meme.

Kenapa susah mencari lunpia yang enak dan halal sedangkan lunpia kan kuliner khas Semarang? Masalahnya bukan karena penjual lunpianya yang sedikit. Sudah pasti Sahabats akan menemukan lunpia di semua toko oleh-oleh khas Semarang, belum lagi gerai lunpia yang tersebar di seantero Semarang, tapi karena menemukan lunpia yang enak dan HALAL itu cukup tricky.

Menurut aku ada beberapa alasan yang bikin orang enggan makan lunpia. Pertama karena bau khas rebung yang nggak sedap, ukurannya yang terlalu besar jadi makannya nggak bisa kelihatan anggun, dan yang paling penting kehalalannya diragukan. Gimana nggak ragu sedangkan kita tahu kalau yang menjual lunpia mayoritas adalah etnis Tionghoa, jadi lebih waspada aja sih jangan sampai merekomendasikan barang nggak halal ke orang lain.

Lunpia cik meme

Jujur logo sertifikasi halal MUI lah yang pertama kali membuat aku tertarik mampir ke gerai Lunpia Cik Meme di jl. Gajahmada, Semarang. Ternyata ekspektasiku nggak keliru karena begitu memasuki gerai Lunpia Cik Meme, aku menemukan kesan nyaman dan fasilitas yang lengkap. Sejak itulah setiap kali pengen makan lunpia atau ada orang yang bertanya dimana beli lunpia yang enak, jawaban aku ya Lunpia Cik Meme. πŸ™‚

Lunpia cik meme

 

 

Dari Lunpia Delight Menjadi Lunpia Cik Meme

Sahabats mungkin pernah dengar tentang Lunpia Delight. Yes sebenernya lunpia Delight dan Lunpia Cik Meme itu sama kok, cuma ganti cassing aja. Kenapa sih harus ganti nama segala? Kan udah keren tuh nama lunpia delight, customers juga udah kenal. Well, menurut Cik Meme sendiri, alasan beliau mengganti nama lunpia delight menjadi Lunpia Cik Meme adalah untuk menghargai kearifan lokal budaya Semarang. Lunpia kan khas banget kota Semarang, resepnya pun asli turun temurun di kota ini, jadi ya lebih pas aja kalau menggunakan judul bahasa Indonesia. Supaya para penggemar garis keras lunpia delight nggak bingung, kata delight tetap disisipkan dalam logo barunya kok. Jadi nggak perlu bingung lagi ya Sahabats, lunpia delight ya Lunpia Cik Meme. Resepnya sama, pemiliknya sama, rasanya sama. πŸ™‚

Cik Meme sempet cerita ke kami para blogger Semarang kalau lunpia sudah menjadi urat nadi kehidupannya. Gimana enggak ya Sahabats, Cik Meme adalah anak bungsu dari Maestro Chef Tan Yok Tjay, pakar lunpia dari garis keturunan dinasti ke IV lunpia Semarang yang juga merupakan generasi kedua Lunpia Mataram. Sejak kecil Cik Meme sudah terbiasa dengan seluk-beluk lunpia sejak kecil. Beliau paham betul bagaimana cara membuat lunpia yang enak, bahkan sampai saat inipun beliau masih turun tangan memilih bahan dan mengecek kualitas lunpia di gerainya setiap hari.

Lunpia cik meme

 

Lunpia cik meme

 

Tak Lelah Berinovasi Untuk Menjaga Kualitas Prima Lunpia

Satu hal yang membuatku salut pada Cik Meme adalah semangatnya yang tinggi untuk melestarikan lunpia ini. Beliau mempelajari bisnis lunpia sejak remaja. Tak hanya fokus pada urusan rasa, namun juga fasilitas dan hal-hal sederhana yang selama ini belum ada dalam gerai lunpia lain di Semarang. Mungkin karena beliau perempuan ya, jadi semua detail sampai hal yang sederhana pun terpikirkan.

Gerai Lunpia Cik Meme ini bentuknya resto, jadi pembeli bisa makan langsung di tempat dengan nyaman. Fasilitasnya pun lengkap dari mulai ruang meeting, playground, mushala, tempat parkir yang luas, dan pilihan oleh-oleh lain yang beragam. Lunpia Cik Meme sudah buka sejam jam 05.00 – 22.00, jadi siap melayani pembeli yang akan naik pesawat pagi sampai penerbangan terakhir pun masih bisa. Selain itu lunpia yang disajikan di gerai dipotong menjadi beberapa bagian dan ditata dengan apik di piring kertas, jadi ketika makan tangan kita nggak belepotan minyak dan tetep kelihatan cantik heheheh.

Tak lama setelah gerai lunpia nya dibuka di tahun 2014, belia mengajukan sertifikasi halal ke MUI. Memang dibutuhkan waktu yang lama karena semua bahan baku yang digunakan harus sesuai dengan standar kehalalan MUI. Semua kesulitan tadi terbayar lunas deh pastinya karena terbukti fans Lunpia Cik Meme ini terus meningkat. Berkat kegigihannya inilah, Lunpia Cik Meme bahkan disebut sebagai pelopor lunpia bersertifiakasi HALAL dari MUI. πŸ™‚

Lunpia cik meme

Lunpia cik meme
credit by @_Masjo

6 Rasa Lunpia Cik Meme yang Harus Dicoba

Kalau selama ini kita cuma tahu lunpia dengan satu rasa, beda dong sama Lunpia Cik Meme. Berkat kegigihannya berinovasi, lahirlah 6 varian menu baru lunpia yang masing-masing punya ciri khas yang beda tapi semuanya enyaaakk deh. Apa aja sih pilihan menunya:

Lunpia Raja Nusantara (Rasa Jamur Nusantara)

Lunpia Kajamu (Kambing jantan Muda)

Lunpia Fish Kakap

Lunpia Crab

Lunpia Original

Lunpia Plain (untuk vegetarian)

Favorit aku lunpia crab yang punya citarasa gurih. Daging kepitingnya berasa banget. Buat yang suka kambing, cobain deh Kajamu yang ada sensasi spicy-nya. Nah buat yang suka rasa lunpia otentik ada rasa original, dan plain untuk para vegetarian. Semua enak dan harus dicobain yah.

Lunpia Cik Meme

Oya Cik Meme kasih tahu lho rahasia lunpia-nya enak dan nggak bau. Ternyata kuncinya ada di cara pengolahannya. Cara memasak rebung harus benar, jangan sampai masih ada kandungan air yang tersisa karena itu yang bikin rebung jadi nggak asyik baunya. Setelah digoreng, lunpia harus dikeringkan sampai betul-betul kering baru deh di pakcing. Selama rebung bebas air, maka bebas bau juga. No worries kalau Sahabats mau beli lunpia Cik Meme sebagai buah tangan karena lunpia nya tahan lama kok.

Kalau nggak sempat datang ke gerainya bisa langsung beli di airport karena sekarang sudah dibuka gerai Lunpia Cik Meme di dekat pintu keberangkatan Bandara Ahmad Yani. Kalo lagi mager bisa manfaatkan fasilitas go food atau bisa manfaatkan fasilitias free delivery dengan menghubungi (024) 3511007 atau 085 100 000 727. Lunpia Cik Meme juga bisa dipesan customised sesuai dengan permintaan pembeli tapi pesennya H-1 yes.

So next time Sahabats main ke Semarang atau mau bawa oleh-oleh khas kota Semarang buat keluarga tercinta langsung aja ke Lunpia Cik Meme di jl. Gajahmada no. 107 Semarang ya. Dijamin enak dan HALAL pastinya. πŸ™‚

Lumpia cik meme
credit by @_masjo

lunpia cik meme

 

Be Sociable, Share!

12 Replies to “Lunpia Cik Meme, Oleh-oleh Khas Semarang yang Ngehits, Enak, dan Halal”

  1. Aku suka kajamu sama raja nusantara nom..nom…

  2. Aku sukaaa dia nggak amis nggak bau rebungnya. Kemarin paling favorit yang raja nusantara :))

  3. Aku senang makan lumpia, asal jangan pakai rebung, nggak tahan sama aromanya rebung πŸ˜€

  4. Mbak Muun ga bosen deh makan lunpia Cik Me Me ini. Favoritku yang Crab rasa gurihnya pass! Enak

  5. Sy juga suka lunpia cik me me mba, nagih buangeet πŸ™‚

  6. Lumpia makanan khas semarang yang rasanya sangat enak. Saya suka sekali dan sering beli di pasar tradisional atau di jajanan pinggir jalan karena harganya lebih murah. Enak sih, tapi menurut saya harus menyesuaikan dengan kemampuan juga mbak hehe..

    Jika suatu saat berkesempatan mencicipi lumpia Cik Meme saya ingin nyobain yang rasa crab ah, terprovokasi mbak Muna yang katanya gurih dan kerasa banget daging kepitingnya :).

  7. Halal dan gak bau Pesing. Penting banget niih.. Munaa..kapan kau traktir aku di sana? πŸ™‚

  8. Yang utama bagi kami halal adalah yg utama. Apalagi kalo halal dan enak..
    Varian di lumpia cik meme banyak juga ya mba

  9. Memang enak banget lunpia cik me me ini sampek bikin ngiler tiap liat potonya di instagram

  10. Satu lagi, lunpia cik meme enggak kebanyakan minyak..itu yang aku suka.. πŸ˜€

  11. Keren ya Cik Me Me, bisa bikin variasi lunpia macem-macem gitu. Aku paling suka yang Raja Nusantara πŸ˜‰

  12. Lunpia Cik Me Me memang enak ya mbak. Jadi pengen ke liburan ke Semarang terus beli Lunpia Cik Me Me.

Leave a Reply