Manfaatkan Internet Saat Traveling Untuk 7 Hal Berikut Ini

Assalamualaikum Sahabats ….

Apa yang nggak bisa kita lakukan dengan adanya koneksi internet dalam genggaman? Rasanya semua aktivitas dalam keseharian kita terbantu banget dengan adanya koneksi internet. Kalau udah putus koneksi dunia rasanya berhenti. Mau ini mau itu nggak bisa. Manusia #jamannow sekarang begitu bergantung sama yang namanya internet. Lebih baik ketinggalan dompet deh daripada ketinggalan smartphone. Setuju nggak??

Seperti benda pada umumnya, internet punya sisi baik dan buruk juga. Pisau di tangan chef dimanfaatkan untuk membuat makanan yang enak, di tangan manusia tak bertanggung jawab, pisau bisa jadi senjata pembunuh. Pun dengan internet ya sahabats, di tangan manusia berpikiran picik internet akan jadi senjata untuk mempermudah aksi kejahatan mereka, di tangan mamak traveler macam aku, internet bisa jadi sahabat kala traveling.

Dengan adanya paket data internet di smartphone kemana pun melangkah rasanya ada guide pribadi yang menemani. So ketika mbak Dewi Dedew Rieka dan mbak Prananingrum melempar tema arisan kali ini tentang konsep internet sehat, tercetuslah ide berbagi mengenai manfaat internet selama traveling.

Yups… Pun ketika kita sedang mobile seperti saat traveling, kita nggak akan bisa lepas dari internet. Berikut ini adalah manfaat koneksi internet bagi para traveler

1. Mencari informasi tentang destinasi wisata

Sebelum traveling biasanya kita melakukan mini research tentang daerah tujuan kita. Seperti apa lokasinya, bagaimana cara menjangkaunya, tempat wisata apa saja yang bisa didatangi, kuliner khas apa yang harus dicoba. Semua PR itu bisa diselesaikan hanya dengan browsing internet. Kita bisa baca artikel mengenai tempat wisata atau pengalaman para travel blogger yang sudah pernah pergi ke tujuan wisata kita. Dari research yang kita lakukan sebelum berangkat inilah saat hari H nanti kita nggak akan kebingungan lagi. Di lokasi pun tetep dong browsing untuk melengkapi info sebelum nya.

 

 

2. Berkomunikasi

Thanks to internet sekarang aku jadi jarang isi pulsa telpon deh. Cukup pake data internet bisa menghubungi siapa saja dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Kita bisa memanfaatkan social media seperti wa atau skype untuk kontak dengan orang rumah dan mengabarkan keberadaan kita atau janjian dengan travelmates.

3. Nyasar? Tanya Mbah Google Ajah

Dulu sebelum apa google map dan aplikasi sejenis kalau mau jalan ke tempat baru suka bingung sendiri. Kadang males harus keluar mobil dan nanya orang. Apalagi kalau yang ditanya jawabnya menjelaskan lokasi pake arah mata angin. Ke utara mbak, di sebelah timur mbak, bubar wes. Nggak mudeng blas. Untung sekarang ada mbak GPS yang dengan ramah selalu mengarahkan kami ke jalan yang benar hehhehe….

Berbekal GPS atau aplikasi maps kita juga bisa memperkirakan berapa lama perjalanan, mengarahkan ke jalan terdekat, bahkan bisa kasih tau kita daerah mana yang ada kemacetan. Membantu banget buat kami yang hobby nya road trip. Situasi aman terkendali deh berkat mbak GPS.

4. Wadah Eksis dan Narsis

Membaca manusia jaman now yang hobby nya selfie dan welfie, para produsen Smartphone bahkan berlomba-lomba melahirkan smartphone yang kamera depannya handal untuk berselfie. Nggak perlu lah bawa DSLR yang besar dan riber kalau kamera smartphone aja sudah bisa menghasilkan foto yang kece.

Aku sendiri bukan tipe yang hobby selfie, bahkan cenderung nggak pede kalo selfie. Tapi kalo traveling pasti  dong pengen ambil foto sebanyak mungkin  meskipun nggak harus saat itu juga update dan sharing di social media. Buat para penggila selfie, urusan narsis dan eksis jadi lebih gampang dengan adanya data internet di smartphone.

Mau mengabadikan moment penting (dan nggak penting) bisa via smartphone dan langsung deh sharing via social media.

Manfaat internet saat traveling
Narsis pas traveling? Wajib lah :p

 

5. Pesan Transportasi dan Akomodasi

  1. Sejak merencanakan liburan, booking tiket, hotel, bahkan beli tiket tempat wisata, aemua bisa dilakukan via smartphone thanks to Internet. Selain untuk booking tiket promo dan hotel, kita bisa instal aplikasi transportasi online yang memudahkan mobilisasi kita. Penting banget nih terutama saat kita traveling di Indonesia yang sebagian besar kotanya belum memiliki transportasi umum yang memadai. Berkat adanya taxi dan ojek online, acara traveling jadi terselamatkan. Mau pergi kemana pun tinggal klik ajah.

 

6. Terhindar dari Kesulitan Bahasa

Traveling ke negara yang bahasanya nggak kita kuasai? Dulu mah ribet harua belajar dulu atau bawa kamus kemana-mana. Sekarang tinggal instal kamus online yang siap membantu kita kapan pun. Ada aplikasi seperti Google translate dan beberapa aolikasi penerjemahan lain yang bisa sangat membantu. Nggak perlu lah pake bahasa tarzan sekarang mah hahhaha….

 

7. Simpan Foto Secara Online

Panik karena memory card penuh saat traveling? Aku pernah banget ngalamin ini. Mau beli lagi kok ya eman duitnya, kalo ga beli rasanya nggak lucu aja traveling tapu nggak pepotoan. Alhamdulillah sekarang kita bisa menyimpan semua foto kita via online tanpa harus membuat memori smartphone kita penuh. Kita bisa memanfaatkan google photo maupun Google Drive untuk menyimpan semua foto yang kita punya. Kapasitasnya guede pwool jadi aman lah foto-foto kita. Tapi jangan lupa filenya dipindah ke laptop kalo udah di rumah ya. Soalnya meskipun di klaim aman, tetep aja harus punya back up, just incase something bad happend.

 

Manfaat internet saat traveling
Berkat google foto semu momen indah saat traveling bisa tersimpan dgn aman

 

Entahlah gimana cara kita dulu hidup sebelum ada internet ya sahabats. Sekarang semua serba mudah berkat internet dan bersyukur juga bisa memanfaatkan internet untuk mempermudah semua urusan termasuk traveling.

Kalau sahabats memanfaatkan internet untuk apa aja? Boleh dong sharing dimari

 

Be Sociable, Share!

5 Replies to “Manfaatkan Internet Saat Traveling Untuk 7 Hal Berikut Ini”

  1. Aku jg ga kebayang kalo skr ga ada internet gimana :p Kok bisa yaa dulu kita survive tanpa kuota hahahahah… Skr boro2, aku pernah lipa bawa hp pas ke kantor, mati gaya blaasss yg ada mba :p.

    Pokoknya ini ptglah, utk cari info ttg traveling dan sebagainya.. Ngirim2 dokumen secara online, dan yg pasti utk belanja online 😀

  2. I love U mbak Google, semua jadi mudah karena engkau. Saya paling suka iseng-iseng cari detinasi wisata lewat internet mbak, meskipun akhirnya gak jadi piknik, tapi menyenangkan saja, hehe..

    Hal lainnya bisa foto di tempat-tempat wisata dan disimpan sebagai kenang-kenangan dan bisa juga dipamerin di IG 🙂

  3. mksh mbak muna sudah meramaikan…..eksis pas travelling wajib deh he he toss

  4. Saya sering mencari alamat, dan begitu mudah ketemu setelah ada internet.

  5. Kalo pas traveling, seringnya dipake buat google maps hihii, tenang dan aman yang penting kuota tebel hahaa

Leave a Reply