Membumikan Kuliner Aceh Berbekal Smartphone Kece

Assalamualaikum Sahabats ….

Setiap kali traveling salah satu agenda wajib dalam itinerary ku adalah wisata kuliner. Ga afdhol dan rugi banget rasanya mengunjungi tempat baru tanpa mencoba kuliner khasnya. Apalagi di Indonesia tercinta kita ini, geser satu kota aja bisa jadi cita rasa masakannya udah beda. Kuliner memang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dan cara hidup masyarakat setempat. Makanya mencoba satu kuliner khas aja bisa mengajarkan kita banyak hal tentang budaya masyarakatnya.

Biasanya sebelum berangkat traveling, aku akan cari tahu kuliner khas setempat lengkap dengan tempat makan yang recomended jadi sampe tekape udah nggak bingung lagi mau kemana. Dulu sih acara berburu kuliner ini jadi cerita biasa aja buat kami tapi semenjak jadi blogger acara berburu kuliner ini jadi makin seru aja. Ada satu ritual yang suami dan anak udah paham banget deh. Pantang menyentuh makanan sebelum mama foto. Kadang mereka sampe bete nunggu sesi pemotretan selesai. Segala macam angle dan jurus dikerahkan demi bisa menghasilkan foto makanan yang instagramable. Perjuangan seorang blogger demi sebuah postingan baru. πŸ˜›

Ya maklum lah .. impian menjadi food blogger memang cukup besar sayangnya hobby ini belum didukung oleh kamera yang canggih. Pernah sekali waktu aku udah niat banget mau mereview sebuah cafe di Semarang yang cukup terkenal dan recomended menu Western-nya. Eh udah sampe tekape DSLR ketinggalan. Duuuh … #KZL plus bete lah rasanya, mana suasana cafenya temaram pula. Pake kamera hape ku yang udah jadul ini mana bisa maksimal. Jadi membayangkan seandainya aku punya ASUS Zenfone yang memiliki teknologi PixelMaster Camera yang membantu kita menghasilkan foto berkualitas sama bagus dengan foto jepretan kamera pro.

PixelMaster Camera yang ada pada ASUS ini sangat membantu kita menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Apalagi dengan adanya mode low-light yang sempurna, kita bisa mengambil foto atau membuat video pada intensitas cahaya yang rendah. Cocok buat dipakai foto-foto pada malam hari atau di tempat yang cahayanya minim. PixerMaster juga mempunyai fitur image stabilizer yang membuat gambar bebas blur. Masih banyak lagi keunggulan si PixelMaster kepunyaan ASUS, jadi rasanya semua bakal sepakat kalau aku bilang ASUS Zenfone memang sahabat sejatinya para blogger deh. πŸ™‚

 

tumpeng di acara keluarga pun tak luput dari sasaran ASUS Zenfone πŸ˜‰

 

Sebegitu canggihnya ya teknologi kamera smartphone jaman sekarang sehingga memudahkan para food blogger dan food enthusiast untuk terus berkarya. Apalagi potensi kuliner Indonesia itu besaaar banget dan belum digarap dengan serius oleh pemerintah Indonesia. Makanya kadang suka gemes aja makanan Indonesia tu oke banget tapi kenapa kalah tenar sama masakan Thailand. Jadi tugas kita bersama nih sebagai seorang blogger untuk terus memperkenalkan kuliner nusantara ke seantero dunia. πŸ™‚

Pengalamanku waktu menulis buku Jelajah Ujung Barat Indonesia, Banda Aceh dan Sabang, salah satu bab yang aku anggap penting adalah bab wisata kuliner di Aceh. Sampai-sampai nih setiap kali pulang kampung aku selalu agendakan muter-muter cari tempat makan masakan khas Aceh demi bisa menberikan informasi yang akurat. Lagipula acara berburu kuliner adalah salah satu agenda favorit. Lupakan deh soal diet kalo udah sampe Aceh, soalnya enak semua menunya. #tutupinlemakdiperut

Hobby traveling memang biasanya nggak jauh dari wisata kuliner. Terbukti setiap kali ada teman yang mau ke Aceh pertanyaannya selalu sama, ‘kuliner Aceh yang harus dicoba apa?’ Jadi terbersit lah ide menuangkan kuliner Aceh dalam bab khusus. Kuliner Aceh yang kaya ragam dan kaya rasa rasanya sayang kalo nggak diperkenalkan kepada dunia. Alhamdhulilah sekarang kopi Aceh mulai di kenal dunia karena memang kualitas dan rasanya yang nikmat. Kabarnya kopi Gayo jadi kopi primadona di Amerika dan Eropa. Selain itu ada juga kopi Sanger khas Aceh yang paling seru dinikmati di kedai kopi sambil nonton para baristanya beraksi. πŸ™‚

kopi sanger

Baca Juga : Kuah Beulangong, Kuliner Pemersatu Rakyat Aceh

Selain kopi apalagi sih menu khas Aceh yang harus dicoba? Wuuuiihh buanyaak banget. Untuk menu yang ringan, ada roti Canai yang bentuk dan rasanya serupa roti Maryam. Biasanya roti Canai dimakan bersama gula pasir atau ditaburi di atasnya. Lebih enak lagi kalau roti Canai dicocol pakai kuah kari khas Aceh. Ya salaamm …. endeuuss.

Selain roti Canai ada juga martabak Aceh yang penampakannya mirip martabak asin yang biasa kita temukan di kaki lima. Bedanya martabak Aceh nggak pakai campuran daging. Martabak Aceh menggunakan kocokan telur untuk mrmbungkus kulit martabaknya. Pembuatan martabak ini diawali dengan menggoreng kulit martabaknya terlebih dengan bentuk segi empat. Kemudian kulit martabak dilumuri dengan kocokan telur yang telah dicampur dengan rajangan bawang merah dan daun bawang. Teman makan martabak Aceh yan paling klop adalah acar bawang dan cabe rawit plus secangkir teh tarik hangat. Yummoooo…… πŸ™‚


 

Terus main course nya apa? Nah ini …rasanya nggak ada yang bisa mengalahkan Mie Aceh. Sebelum tsunami, jarang banget yang mengenal Aceh apalagi kulinernya. Semenjak berdatangan manusia dari segala penjuru dunia untuk membantu korban tsunami, nama Aceh dan seluruh budayanya membahana. Mungkin begini lah cara Allah untuk mengembalikan nama baik Aceh ya sahabats. Dulu kalo aku kangen mie Aceh harus ke Jogja dulu karena nggak ada yang jual di Semarang. Sekarang sependek pengetahuanku sudah ada 8 kedai mie Aceh di Semarang. Bahagianya hatiku. πŸ™‚

Eehh..kok jadi ngelantur gini sih, balik lagi ke Mie Aceh ya sahabats. #lapiler Mie Aceh adalah menu yang spesial karena merepresentasikan budaya Aceh dengan sangat pas lho. Sahabats pernah dengar nggak anekdot yang bilang kalau ACEH itu sesungguhnya adalah kepanjangan dari Arab, China, Eropa, dan Hindia. Bisa jadi ada benarnya karena di masa kejayaan Kerajaan Samudra Pasai banyak pedagang Arab dan Gujarat, India datang ke Aceh. Kemudian giliran Belanda datang mencoba menduduki tanah Aceh. Di masa itu pula banyak imigran China yang datang untuk mencoba peruntungan di Nanggroe Aceh Darrusalam. Walhasil terjadilah akulturasi budaya yang tercermin dalam kebudayaan Aceh, termasuk juga kulinernya.

 

Menurut sebuah artikel yang pernah aku baca, Mie Aceh adalah perpaduan budaya Arab, China, Eropa, dan Hindia. Mie adalah jenis makanan yang diimpor dari negeri China. Kuah Mie Aceh yang kaya rempah tentu saja mengadopsi citarasa masakan India yang kaya rempah. Campuran mie Aceh, yaitu daging sapi atau kambing merupakan pengaruh nilai-nilai Islam yang dibawa pedagang Arab dan melekat kuat hingga hari ini di bumi Nanggroe. Sedangkan campuran seafood adalah budaya rakyat setempat yang hidup di pesisir pantai dan menjadikan seafood sebagai protein utama mereka. Ramuan yang sempurna ini berbaur sempurna dalam semangkuk Mie Aceh yang makin sedap dimakan bersama emping dan acar bawang.

Mi Aceh berbeda dengan mie pada biasanya karena teksturnya yang lebih tebal. Mie Aceh terdiri dari dua jenis, mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mi Aceh Kuah (sup). Selain itu yang bikin Mie Aceh istimewa adalah kuahnya yang pedas, kental, dan spicy banget. Dalam satu suapan kita bisa merasakan gurih, asam, manis, dan pedas berdansa dalam mulut kita. Kalo favoritku sih Mie Aceh kuah yang pake seafood, salah satu yang ngehits banget adalah Mie Aceh kepiting. Hhhmmm … makanan sempurna buat kita-kita pecinta masakan seafood.Β  πŸ™‚

 

Cukup sudah membahas Mie Aceh sebelum ilerku berjatuhan heheheh…

Buat sahabats yang punya kolesterol atau hipertensi, nggak perlu takut apalagi ragu menyantap Mie Aceh karena ada penawar yang nggak kalah nikmatnya. Kolesterol atau hipertensi nggak akan kumat kalay sahabats menikmati Mie Aceh bersaa segelas Es Timun Serut atau bahasa lokalnya Ie Boh Timun. Es yang sederhana banget tapi spesial rasanya. Terbuat dari timun serut yang dicampur dengan air es. Supaya makin sip kalo buat es timun ini aku campur air es nya dengan perasan jeruk nipis dan madu. Segar dan sehat pastinya. πŸ™‚

Es timun serut

Ngomongin kuliner Aceh dan kuliner Indonesia lainnya bakalan jadi postingan panjang yang menyenangkan dan bikin perut kukuruyuk. Aku sih cuma berharap aja semoga hobby kulineran ku ini bisa sekalian membantu mengangkat dan mengenalkan kuliner nusantara pada pembaca blog momtraveler ini. jangan sampai kuliner nusantara yang istimewa kalah sama kuliner bule yang rasanya gitu-gitu aja. Yuk jadi pahlawan kuliner nusantara meski hanya berbekal smartphone. One small step can change the whole world guys. πŸ™‚

 

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.

 

Be Sociable, Share!

83 Comment

  1. Wah…jd pingin coba mie aceh mbak. Seumur2 blm pnh makan. Disini dmm ya carinya?
    Fotonya bagus2..bikin jakun naek turun..huhu..

    1. lhoooo di semarang udah banyak lho mbak. cobain deh mbak archa pasti doyan πŸ™‚

  2. Huaaa…asli bikin ngeceeees nih…
    Doakan aku bisa ngicipi kuliner2 maknyuus ini di tempat aslinya ya.. Aamiin..

    1. Muna Sungkar says: Reply

      aamiin…semoga segera tercapai πŸ™‚

  3. Aku dari dulu pengen nyoba mie aceh. Di dekat rumahku ada yang jual.. Gegara postingan mbak Muna jadi tambah ngeces-ngeces kaya Afan deh, hehe.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      sodorin tissue πŸ˜›

  4. Aku suka roti Canai!! Tapi yg dicelup kuah kari belum pernah coba. *nunggukiriman :))

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ntar ya kalo aku bikin roti canai mbak winda main kerumah :*

  5. Aku sukses ngiler liat mie Aceh…, apalagi liat kepitingnya…
    Tanggung jawaaab

    1. Muna Sungkar says: Reply

      hayuk kapan2 kita ngemie aceh bareng mbak

  6. Aku laper lho liat foto2nya

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yg moto juga ikutan ngiler nih

  7. Aku ngiler mie aceh mbak mun enak banget itu sepertinya ☺

    1. Muna Sungkar says: Reply

      cobain lah biar tau gimana rasanya πŸ™‚

  8. Penge nyoba kopi gayo sama mie aceh nya mba πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      cobain mbak di semarang udah banyak warung aceh

  9. Mbak… Ajak aku kulineran cari mie aceh di Semarang yug.. Sama dek keumala yg cantik 😍😍

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yuk kita makan mie aceh bareng kapan2

  10. Iya, makanan aceh cenderung pedas-pedas ya, sebagai orang yang gak bisa pedas, ya paling incip2 aja, hehehe

    1. Muna Sungkar says: Reply

      cobain martabaknya kalo gitu

  11. Waah mie aceh..duly di Ngesrep Ada tp skg sdh nggak Ada..pdhl dl yg jual asli orang aceh nikmat πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yg di ngesre[ tu kuramg sip … cobain yg di tembalang

  12. Mau dong mi acehnya. Di sini gada yg jual mbk 😊

  13. arinda shafa says: Reply

    Belum pernah nyobain semuaa πŸ˜€
    #perut dangdutan

    1. Muna Sungkar says: Reply

      hayuk lah dicobain

  14. Baru tau ada anekdot singkatan Aceh itu mba.. πŸ™‚ Kalo soal mie Aceh waaah aku suka bingit, walopun gak terlalu doyan pedes tp kalo makan mie Aceh aku jalanin deh mba hehe.. Abis makan itu pasti selalu minum es timun jg.. Segeeeerrr πŸ˜€

    1. Muna Sungkar says: Reply

      enyaaak..enyaaak…enyaaakkk

  15. ngiler aku liat mie Aceh dan kopinya….ajak aku kakak kesana….lap iler dulu…

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yuk kapan2 kita cobain yg di semarang dulu ya

  16. hayahh jadi laper…
    okesip, nanti siang nyari mie aceh di seputaran pemda πŸ˜€

    1. Muna Sungkar says: Reply

      siipp..ditunggu fotonya

  17. Minggu lalu makan Mie Aceh dan masih terasa lezatnya. Tapi nggak pakai kepiting sih πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yg pake daging juga enak kok mbak

  18. Mie acehnya duuh sedep banget apalagi ada kepitingnya amboi nikmatnya

    1. Muna Sungkar says: Reply

      endeuuusss [pokoknya

  19. dini rahmawati says: Reply

    enyaaakkk…. semoga bisa ngicipi langsung di aceh.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      aamiinnnn…..

  20. wahhh jadi ngiler bacanya.. enak banget tuh pastinya… pengen…

    1. Muna Sungkar says: Reply

      banget enaknya

  21. jadi pengen jus timun sama mi aceh, ya Allah..kuatkan aku

    1. Muna Sungkar says: Reply

      cuuuzzz cari say..di jakarta banyak

  22. Aku belum pernah nih nyobain mie Aceh, padahal di Semarang banyak juga ya mbak. Tau ga mba mie aceh yg rekomended di Semarang di mana?

    1. Muna Sungkar says: Reply

      di tembalang enak mak mie ..terus di jl.tentara pelajar enak juga. ni foto aku ambil pas makan di warung tentara pelajar itu

  23. Aku kangen bgt ama aceh abis baca iniii πŸ™ . Kangen ama kulinernya yg ga ada duanya.. Semua enak deh… Walo bukan org aceh, tp krn 18 thn tinggal di sana dulu, lidahku bisa dibilang udah aceh banget :p

    1. Muna Sungkar says: Reply

      toss dulu ah sesama pecinta kuliner aceh πŸ™‚

  24. Wow, itu mie Aceh kepitingnya endessss mauuuu, ya Allah laper liatnya.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      cuuuzzz dicobain mbak

  25. Saya belum pernah mencicipi kuliner Aceh nih mbak, padahal pengen banget loh. Mau nyoba mi Aceh aja belum sempat, padahal saat ini sudah banyak yang jual mi Aceh kan ya. Baca ini keinginan makan mi Aceh jadi tambah besar nih πŸ™‚

    Es timunnya juga sangat menggugah selera, apalagi kalau buat buka puasa pasti seger ya mbak. Saya juga suka timun tapi selama ini cuma buat lalapan aja πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      di semarang udah banyak sekarang mbak. cobain deh pasti suka

  26. Aku masih penasaran rasa Kopi Aceh yg bisa bikin mabuk temenku sampe 2hari :))

    1. Muna Sungkar says: Reply

      moso sih? kopi apa tu

  27. Ihhh aku belum pernah nyoba Mie Aceh Seafood nih, ngiler lihat fotonya. Ini ada di mana kalo di Semarang?

    1. Muna Sungkar says: Reply

      yg enak di tembalang mbak terus deket rumahku juga ada mbak baru jl,tentara pelajar

  28. Jadi pengen nyicipin mie Acrh langsung di kotanya mbak, habis baca dan lihat postingan ini

    1. Muna Sungkar says: Reply

      aamiin semoga segera keturutan mbak

  29. Pengin kopi Acehnya…Eh, tapi itu es timun serutnya kayaknya seger banget diminum pas panas2. Musti nyobain bikin sendiri ni πŸ˜€

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ampang banget kok say bikinnya cari aja resepnya di google. aku suka buat es timun pas puasa…segerr

  30. kaalu kuliner aceh itu banyak rempah2nya ya mbak, aku pernah nyoba mie aceh, rasanay gak cocok dg lidah saya ayng biasa makan makanan jawa

    1. Muna Sungkar says: Reply

      memang kalo yg ga doyan rempah makanan aceh rasanya kurang pas ya mbak

  31. Mienya bikin ences

    1. Muna Sungkar says: Reply

      tissue mana tissue…

  32. Aku sudah cobain mie aceh, es serut timun, dan.beberapa kuliner yg momtraveller tulis. enak2 semua. Indonesia memang rajanya kuliner lezat.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      banget..indonesia emang juara banget

  33. Aku suka makanan aceh… Pedes pedes nagih rasanya

    1. Muna Sungkar says: Reply

      toss lah kalo gitu

  34. whee,,,
    Mie Acehnya emang bikin ngiler…. huhuu

    1. Muna Sungkar says: Reply

      sodorin tissue hehehe

  35. Wah jadi penginnn. Penasaran sekali sama mi Aceh, pasti enak. Soalnya keseringan hanya liat liat saja dan belum pernah cobain

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ayo mbak cobain deh pasti ketagihan

  36. Pertama kali makan Mie Aceh dulu di salah satu warung makan yg ada di Tembalang. Enaaaakkk bingiiitt… sama martabaknya yg aneh itu juga. Kenapa kusebut aneh? Ya karena kulitnya malah di dalem hehehee… memang khasnya martabak Aceh gitu ya. Acarnya lhooo aku suka banget.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      huumm… martabak kewalik ya mbak hahaha….

  37. Kalau pas ada liputan soal kuliner Aceh, Mie Aceh memang sering nongol Mbak. Tapi yang bikin aku penasaran kok ternyata ada yang goreng juga. Giamana rasanya sih? *ngiler sambil bayangin*

    1. Muna Sungkar says: Reply

      sama enaknya mbak tapi kalo aku sih juaranya tetep yg kuah

  38. Asus memang kameranya tidak bisa diragukan, makanya aku mupeng dan dibeliin ZenFone 3
    Hehehe… Alhamdulillah bermanfaat bgt

    1. Muna Sungkar says: Reply

      sama mbak aku pun mupeng

  39. Mie aceh kepitingnya bikin ngilerrr
    Jd dia perpaduan byk budaya, India China, hmmm. Di Semarang kudu nyoba ini. Kalo ke Aceh kan butuh byk saku, hehehe

    1. Muna Sungkar says: Reply

      di semarang banyak kok sekarang warung mie aceh say.. di tembalang ada yg enak

  40. Minum es timum, timun biasa aja saya krg suka. Tapi Mie Acehnya menggoda

    1. Muna Sungkar says: Reply

      mie aceh emang selalu menggoda

  41. es timun bikin segar…

    1. segeeerr banget apalagi kalo pas cuacanya lagi panas. nyeesss….

  42. nyam nyam..jadi kangen kuliner Aceh
    btw lama gak mampir header baru yaa

    1. heheh…iya pengen ganti suasana. cantik ga mbak? πŸ˜‰

Leave a Reply