Menantang Jeram Sungai Progo

Assalamualaikum Sahabats….
Hari Sabtu terakhir sebelum bulan Ramadan dimulai aku dan beberapa teman-teman kantor ngebolang ke Magelang, Jawa Tengah. Jadi ceritanya selain mengajar di Fakultas, aku juga jadi instruktur di UPT. Pengembangan Bahasa Internasional di Unissula. Sudah beberapa bulan kami berjibaku dan gelundungan mengajar kelas TOEFL dalam jumlah yang cukup besar. Capek lahir batin itu udah pasti, tapi untungnya UPT. Bahasa selalu sayang dan care sama para instruktur. Dan terbukti pagi itu kami digiring untuk jalan-jalan ke Magelang. πŸ™‚


Meskipun acara kantor, kami para instruktur diizinkan membawa anak-bojonya masing-masing. Aahh…. asyik, jadi makin rame lah pastinya. Eh tapi sayangnya di hari itu banyak yang nggak bisa ikutan dengan berbagai alasan. Rasanya jadi kurang seru karena nggak semua instruktur bisa ikut tapi ya udin lah, the show must go on kan ya.
β€œJam 05.30 udah pada kumpul di kampus ya,” begitu kata Retno sang sekretaris UPT. Bahasa.

Buat emak-emak, harus siap dikampus jam segitu butuh perjuangan yang cukup melelahkan dan seperti yang sudah diduga beberapa dari kami datangnya terlambat (termasuk aku) heheheh… Meskipun terlambat berangkat alhamdhulilah kami mendarat di hotel Puri Asri dengan selamat. Kami ke hotel bukan mau nginep atau mau seminar lho …

Nah .. buat yang belum tahu ya, di Magelang itu ada beberapa sungai besar yang dimanfaatkan untuk olah raga arung jeram, termasuk sungai Progo yang letaknya persis di belakang hotel Puri Asri ini. Panjang sungai Progo ini sekitar 9km dan punya banyak jeram yang menantang dan seru banget.

progo-rafting_06

Nggak pake lama setelah sampai di Puri Asri kami langusng ke tekape. Mumpung belum banyak rombongan lain yang datang kami segera bersiap. Sebaiknya ketika kita mau berarunng jeram, gunakan pakaian yang nyaman dan nggak ribet. Pakailah celana olah raga atau training dan baju berbahan kaos. Untuk perempuan gunakan jilbab yang praktis, nggak perlu di model ala-ala hijabers deh, ntar yang ada malah rempong sendiri.

mejeng dulu dong sebelum beraksi ;)
mejeng dulu dong sebelum beraksi πŸ˜‰

Eits .. inget ya nggak usah repot bawa gadget demi bisa selfie, yang ada gadget nya kecemplung di sungai pula. No worries karena pihak EO nya sudah menyiapkan fotografer di titik-titik strategis kok. Kita masih bisa dapet foto-foto keren kok, meskipun kalau mau ambil banyak foto harus bayar lebih. πŸ˜›

Awalnya ragu juga sih ngajakin Nadia rafting, kuatir kenapa-kenapa. Gimanapun juga rafting kan termasuk olah raga yang cukup ekstrim. Nadia awalnya pun sempet keder melihat sungai yang panjang itu dan lebih memilih berenang di kolam renang aja. Setelah berkonsultasi dengan para pemandunya dan yakin benar kalau ini aman, mulai deh coba merayu Nadia, dan berhasil. Oya kalau mau mengajak anak rafting datanglah ketika musim kemarau. Debit air sungai menurun jadi jeramnya pun nggak semengerikan ketika musim hujan. Meskipun aman, tetap awasi anak-anak kita ya:P

Disinilah sebenernya aku merasa kagum sama Nadia. Kadang aku suka lupa kalau umurnya masih 6 tahun. Semenjak nikah memang nggak ada lagi agenda solo traveling. Traveling buatku itu ya satu paket, aku, abang, dan Nadia. Walhasil karena emaknya keranjingan traveling sejak umur 4 bulan Nadia udah kubawa kemana-mana. Naik gunung, camping di alam terbuka, jalan berkilo-kilo menyusuri hutan, bahkan ngemper di airport semalaman. Dan semuanya itu dilakukan Nadia tanpa complain sedikit pun. Kadang terbersit rasa bersalah juga sih, kebangetan nggak sih aku sebagai emak? Tapi dari sini lah aku pengen menggodok karakter Nadia menjadi anak yang tangguh dan kuat. Maafin mama kalau kadang mama suka memaksakan kehendak ya kak. πŸ™

Awalnya Nadia nggak mau melepaskan pegangan tangannya, tapi setelah beberapa meter Nadia sepertinya mulai menikmati acara rafting ini. Perlahan tangannya mulai dilepas, bahkan minta nyobain mendayung perahun juga dan berdiri. #nggayapwol… πŸ˜›

serunya berarung jeram di sungai Progo
serunya berarung jeram di sungai Progo

Perjalanan rafting awalnya tenang. Sungai Progo hari itu berbaik hati dan sangat tenang hingga akhirnya mulai jeram pertama. Bebatuan dimana-dimana dan aliran air pun semakin deras. Dad-dig dug rasanya saat kami mulai mendayung menghindari batu-batu besar. Wuuuussshhh….. jeram pertama terlewati dengan jeritan yang cukup keras. Serruuuuuu…..

Pantesan aja banyak yang suka olah raga yang satu ini. Adrenaline terpacu, jantung berdegup kencang saat melewati jeram dan aliran yang deras, otakpun harus berpikir cepat kemana perahu diarahkan, kita pun harus kuat menahan badan sendiri jangan sampai terjatuh ke dalam sungai. Dan yang paling penting kerja sama antar anggota tim, bahkan saat perahu kita terbalik atau salah satu anggota tim terjatuuh kita semua harus bergerak cepat untuk saling membantu.

full scream ...
full scream …

 

wuuhuuuuu......
wuuhuuuuu……

Dalam arung jeram kita pun nggak bisa maksain keinginan diri. Maunya dayung perahu kedepan padahal harusnya mundur atau menghindari batu dan jeram. No more selfish and ego centered you, in order to pass all the stream we have to cooperate with the whole team. Dan kerja sama akan membawa kita ke garis finish. Beneran arung jeram ternyata seru banget. πŸ™‚

yaaaayy... we made it to fnish line :)
yaaaayy… we made it to fnish line πŸ™‚

Awalnya sih ngeri-ngeri sedap mau arung jeram, tapi setelah berhasil mengarungi sungai Progo kok jadi ketagihan ya? Pengen lagi euy… Dan kalau ada kesempatan berarung jeram lagi pengen nyobain sungai Elo di Magelang atau yang lebih ekstrem lagi sungai Serayu di Banjarnegara yang katanya punya jeram yang sedaaappp. πŸ˜›

Seandainya ada kesempatan lagi untuk arung jeram kami pengen sekalian liburan ke Magelang. Perjalanan akan terasa lebih seru kalau kita pake Agya. Meskipun city car tapi Agya tangguh juga untuk perjalanan jarak jauh. Body nya yang mungil tapi gesit karena Toyota Agya menggunakan mesin injeksi pabrikan. Tenaga maksimal yang dihasilkan 65,2 hp pada 6.000 rpm, sedangkan torsinya 86 Nm pada 3.600 rpm. Cocok deh buat menembus kemacetan dan tangguh dibawa berkendara keluar kota. Satu lagi keunggulan Agya adalah bahan bakarnya memakai bensin tanpa timbal jadi cukup ramah lingkungan ya. πŸ™‚

agya-engine
mesin Agya yg cethaaarrr

Dan rupanya keunggulan Agya itu nggak sebatas mesinnya saja. Coba deh liat interiornya yang cantik dan lengkap. Coba deh lihat dashboard nya si cantik Agya ini yang diberi sentuhan warna silver, keliatan gagah banget ya. Selain itu Agya juga sudah dilengkapi dengan power window disemua pintu, audio car yang cethar, AC yang memadai, dan dual SSR bag sehingga sesuai untuk standar keamanan. Dan yang paling oke adalah cabin dan bagasinya yang cukup luas. Bawa anak-anakpun dijamin tenang deh. πŸ˜‰

interiornya kece badai ya ;)
interiornya kece badai ya πŸ˜‰

Meskipun tergolong mobil murah, jelas Agya yang dibuat dengan sangat memperhatikan detail dan jauh dari kata murahan. Duuuhhh doain duit segera ngumpul supaya bisa beli Agya ya sahabats. Next time kalau kami mau arung jeram lagi udah bisa pake Agya …. amiiiinnn. πŸ™‚
Berani Arung Jeram???? Jangan kalah dong sama Nadia πŸ™‚

 

Agya ... it's totally me ;)
Agya … it’s totally me πŸ˜‰
Be Sociable, Share!

67 Comment

  1. Amiinn…smoga bs punya agya ya mbak…salut bt si kecil, daku aja masih takut2 mau jyobak berarung jeram…
    Btw mbak, di bawah foto interiornya kece badai, kayaknya ada kesalahan dikit deh…

    Sukses y mbak πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      eh iya, makasih banyak udah dikoreksi ya mbak :*

  2. aku nggak jadi ikuttt heuheu…tapi tak apalah…lho ini ngontes agya belum selesai tho mbak…tiwasan aku rak posting ik…..

    1. Muna Sungkar says: Reply

      DL hari ni mbak. yuk cuuzzzz……………

  3. waah Ka Nadia keyeeen berani berarungjeram, kemarin waktu ke jungle land ada juga tuh ala-ala arung jeram, udah mau ngantri eh kesorean sudah tutup deh. gak jadi padahal krucils malah pingin banget dan penasaran. Ada batas usia anak gak mak utk arung jeram?

    1. salut deh sama Nadia
      berani ya
      pengen nyobain di Jungleland spt kata Ophi.., padahal udah ngumpulin semangat mau ikutan eh pas udah berani malah batal karena kendaraan yg mau bawa peserta balik dari titik final arung jeram mogok, makanya hari itu arung jeram tutup

      1. Muna Sungkar says: Reply

        lain kali harus nyobain kak, pasti ketagihan deh

    2. Muna Sungkar says: Reply

      kalau kata instrukturnya kemarin sih asal jangan bayi banget lima tahun keatas lah dan yg paling penting debit sungainya angan terlalu deras. waktu yg paling cocok pas musim kemarau.di Progo pun kalau musim hujan anak2 ga diizinkan mak. mereka kan badanya belum kuat takutnya jatuuh dan terseret arus

  4. keren kak nadia berani yaa, mobil agyaa juga keren

    1. Muna Sungkar says: Reply

      semoga bisa punya mobil keren ini ya

  5. Suka banget sama arung jeram. Tapi terakhir main arung jeram sebelum menikah hehehe. Pengen banget ajak anak-anak main arung jeram, tapi kata suami tinggi Nai belum pas buat main arung jeram. Ya, udahlah sabar menanti hihihi

    1. Muna Sungkar says: Reply

      mestinya nadia lebih pendek dari Nai mak, tapi ga apa2 tuh, bahkan kemarin ada yg masih umur 5 tahun juga ikut mak. kata instrukturya sih yang penting debit sungainya ga deras banget, yg cocok untuk anak2 itu pas musim kemarau kaya gini mak

  6. Seru banget berarung jeram kayak gini ya mbak Muna. Nadia pasti senang banget πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      alhamdhulilah nggak nyesel ngerayu nadia, ternyata seruu banget. nadia juga ketagihan πŸ˜›

  7. pengen ngajak anakku yg msih 5 taun, tapi kok belum brani ya mba πŸ˜€

    nadia hebat euy!

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ntar aja kalau udah SD mak, baadannya udah lebih kuat

  8. Aku udah 2x ke magelang tapi pas sungainya lagi kering, jadinya rafting di Sungai Elo aja deh, belum pernah ke Progo. Kalau Elo maish agak tenang meski pernah terguling perahunya hehe

    1. Muna Sungkar says: Reply

      iya kalau Elo memang kurang seru, kurang banyak jeramnya. tapi oke lah kalau buat anak2 atau pemula ya

  9. nadiaaa..kamu keren banget

    1. Muna Sungkar says: Reply

      tante juga kereenn πŸ™‚

  10. Arung jeram itu meski agak serem, tapi aktifitas outdoor yang paling seru dan bikin ketagihan πŸ˜€

    1. Muna Sungkar says: Reply

      setujuuuuuu….

  11. Not Surprised! selalu cetar deh, pengen juga nyobain rafting, boleh dicoba nih kesana ntar…..
    Ayo dong, traveling bareng!! Miss Muna, sekali-kali plan ke Kalimantan lagi ya hihihi.. ntar bareng-bareng ke Taman Nasional Tanjung Puting, liat orang utan….. wkwkwkwk…. dulu udh kesana belom miss?

  12. Waah…seru…Kalo ke Jatim, nyobain Songa di Probolinggo, mbak. Saya juga pernah ajak anak saya. Ceritanya di https://aktivitasedomita.wordpress.com/2014/08/05/rafting-di-songa-atas/

    1. Muna Sungkar says: Reply

      wah boleh tuh. insyaallah kapan2 mampir kesana. thanks mak infonya

  13. Wwahhh, keren kak Nadia… tante malah blm pernah rafting…hihihihi

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ayo tante Magelang kan deket aja, tinggal capcuzz…

  14. Wiiih..beraniii… Keren mbak! Foto2nya juga bagusss

    1. Muna Sungkar says: Reply

      fotonya udah paketan dari EO nya kok mak, kita mah tinggal konsen ke arung jeramnya aja. ga mungkin juga nyelfie sambil arung jeram, kecemplung juga adanya πŸ˜›

  15. Hebat Nadia. Aku aja belum nyoba. Selalu gagal kalau ada acara rafting πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      nanti kalau Arka udah gede mak, diajakin arung jeram pasti asyik

  16. Hati2 loh mom, kemarin kalau gak salah ada yang tewas lagi di progo, kalau gak salah di progo atas yang memiliki level arum jeram kelas 1..

    1. Muna Sungkar says: Reply

      kebetulan kalo musim kemarau debit air cenderung lebih rendah dan tenang jadi untuk anak2 pun aman. kalau musim hujan anak2 nggak diizinkan. Thanks ya πŸ™‚

    2. “Kalau tidak salah”
      berikut informasi yang benar ibu Muna & mba / mas “wuaduh”

      Lokasi kecelakaan BUKAN di rute Progo Atas / Hotel Puri Asri, kelas wisata. Melainkan di rute Progo Bawah, Kulon Progo, Jogjakarta, kelas profesional, dengan tingkat tantangan dan resiko tinggi (grade 4-5). Diperlukan persiapan dan keahlian khusus bagi peserta maupun pemandu untuk mengarungi rute ini.

      Silahkan simak informasi lengkap di sini: http://arungjerameloprogo.com/klarifikasi-kecelakaan-arung-jeram-sungai-progo-bawah-bukan-kegiatan-provider-progo-rafting/

      Terimakasih ibu Muna, telah turut mempopulerkan wisata arung jeram di Magelang.

      Salam hangat dari Magelang.
      ^^

      1. Muna Sungkar says: Reply

        terima kasih informasi nya pak Adi.
        senang sekali bisa arung jeram di bersama Puri Asri, pengen kesana lagi kapan2 πŸ™‚

  17. Seru banget raftingnya! Foto-fotonya bagus. Kelihatan ekspresif. πŸ˜€ Btw, Kak Nadia tampak happy, Mun. Insya Allah semua acara traveling kalian jadi memori berharga ya, Mun. Tapiii … kalo aku masih belum berani rafting. Takuuut hiks …. *cemen

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ammiiiinn .. smeoga teringat terus sampe nadia besar nanti πŸ™‚

  18. wehh saya suka banget nih mbak main arum jeram, wehh jadi pengen main lagi nih mbak

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ayo mas, seru pastinya

  19. Wuiihhh…seru rung jeram bareng keluarga, saya dulu pernah arung jeram sama temen2 kantor, jadi pengen lagi hehehe

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ayo mak ajakin keluarganya arung jeram, seruu lho

  20. Waahhh aku berani nggak ya ajak anak-anak untuk arung jeram?
    Liburan yang menyenangkan ya kak Muna..Fotonya juga cakepsss semua… Agya-nya juga bikin mupeng πŸ˜€

    Aamiin, semoga punya kesempatan untuk liburan seru lainnya ya kak Muna..bareng Nadia dan abang tentunya ^^

    1. Muna Sungkar says: Reply

      berani doong.. apalagi arung jeram di Afrika pasti lebih seru ya kak, sungainya mungkin lebih panjang kan πŸ™‚

  21. Ngga rugi bayar photonya, kerennn ^^b
    Nadiaa keren bangett berani diajakin arung jeram πŸ˜€

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ini udah masuk paketnya kok mak. kecuali kalo kita mo minta semuanya fotonya baru nambah πŸ˜›

  22. Pengen, tp gak bs renang. Boleh gak tuh ikutan??

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ga harus bisa renang kok, kan pakai pelampung. standart keamanannya juga oke

  23. wah, kalau aku sih pastinya takut, untungnya anak2ku gak ada yang penakut kayak ibunya

    1. Muna Sungkar says: Reply

      hahaha… aku juga tadinya rada ngeri2 sedap tapi bismilah aja dan ternyata seruuuu

  24. Wow, seru yaa arung jeramnya jadi pengen ngarung lagi, selain di progo di sungai Elo juga bisa. Ga pake acara dicemplungin mbak? Btw saluut ama Nadia mbak, biarpun masih kecil tapi kendel banget

  25. paling suka kalo acara kantor bisa bawa keluarga, bisa numpang liburan gratis. beberapa kali nginep di hotel karena ikut suami dinas, lumayan πŸ˜€

  26. lama ngg main ke sini…desainnya segeer beneeer…Aku suka raftiiing..pernah nyoba sekali di Belgia malah, hehehe…belum pernah coba yang di tanah air..mauuuh aaah nanti kalau pulang..

  27. Pengen arung jeram nih lihat Nadia ama emaknya main air, hihiii

    Moga keturutan ya mbak, dapetin Agya πŸ™‚

    1. Muna Sungkar says: Reply

      amiiiiinn…mauuu bangeeett Agya nya πŸ™‚

  28. wuih nadia hebat… saya jg kepingin dong mak… kapan yah hihihi…

    1. Muna Sungkar says: Reply

      hayuk atuh , di Jawa Barat juga banyak sungai yg seru kok

  29. bener2 buah g jatuh dari pohonnya ya…keren banget nadiaaaaaa,naik gunung udah,air terjun udah,arung jeram udah…heummm….ku tunggu destinasi lainnya yaaa^^

    1. Muna Sungkar says: Reply

      ahahahaha… doain mama papa ada rezeki bisa terus jalan2 ya tante πŸ™‚

  30. Kereeeen Nadia, walau masih kecil pantang takut ya πŸ™‚
    Nanti besarnya pasti seperti bundanya.

    1. Muna Sungkar says: Reply

      amiiiinn.. semoga jadi petualang sejati ya makpuh πŸ™‚

  31. Keren banget ya Mak kakak Nadia, kecil2 cabe rawit πŸ˜€
    Btw pasti kelihatan banget ya keseruan olahraga rafting ini meski saya cuma liat foto2nya πŸ™‚

  32. Saya pernah arung jeram, dan emang seru banget ^^b

  33. Saya belum tentu berani naik perahu karet di sungai seperti itu….

  34. nanti aku diajak ke sini yaaa…seruuuu bangeeet..

    1. Muna Sungkar says: Reply

      boleh bangeeettt πŸ™‚

  35. asyik… saya hari ini juga berkesempatan main di sini mbak.. hehe. keren viewnya

    1. seru pastinya ya

Leave a Reply