Menikmati Pagi yang Cerah Sambil Bereksplorasi Bersama si Kecil di Taman Indonesia Kaya Semarang

Assalamualaikum Sahabats ….

Punya anak yang super duper aktif itu tantangan banget deh. Sebagai orangtua kita dituntut untuk bisa menyalurkan energi luar biasa anak aktif kita dengan kegiatan yang kreatif dan mendidik. Selain bermain di dalam rumah, ternyata ada banyak banget manfaat yang bisa kita didapat si anak ketika bermain di area terbuka.

Taman Indonesia Kaya Semarang
Taman Indonesia Kaya di Semarang

Bisa dibilang hampir setiap hari aku ubek-ubek Google dan YouTube mencari ide permainan buat menyibukkan baby K setiap harinya. Sayangnya aku bukan tipe ibu yang kaya ide jadi bisanya ngandelin mbah gugel dan pakdhe Yutub.

Baby K adalah tipe anak yang gampang bosen. Sekeren apapun mainanya nggak akan bertahan lama karena dia selalu butuh hal baru untuk dieksplorasi. Jadi sekarang aku rajin memanfaatkan barang bekas dan barang apapun yang ada di rumah buat mainab baby K sembari melatih kemampuan motorik kasar dan halusnya.

Taman Indonesia Kaya Semarang
Main sama bunga

Alhamdulillah permainan yang aku ciptakan lumayan bikin baby K sibuk tapi namanya bocah pasti butuh juga berinteraksi dengan dunia luar. Dia butuh ruangan terbuka yang menurut para pakar pendidikan penting banget untuk tumbuh kembang anak sekaligus mengasah social skill si anak.

Sebagus apapun aplikasi di gadget, anak tetap butuh berinteraksi dengan alam karena alam dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Berinteraksi di alam terbuka mengharuskan anak untuk mengaktifkan semua panca inderanya. Dia akan melihat, menyentuh, mencium, dan mendengar banyak hal sehingga pemikirannya akan berkembang pesat.

Supaya nggak suntuk dan ganti suasana juga, kadang kami bawa baby K main di taman kompleks rumah. Alhamdulillah ada Playground yang fasilitas bermainnya cukup lengkap di rumah dan baby K juga seneng banget kali diajak main disitu. Tapi kalo pas ada waktu luang kamu bawa baby K ke taman kota yang lebih luas supaya lebih puas mainnya.

Asyiknya main sama kakak

Seperti kemarin kami bawa dia ke salah satu taman kota yang paling cantik di Semarang. Dulunya taman ini dikenal dengan Taman KB tapi tahun kemarin pemkot merenovasi dan meremajakan taman ini supaya jadi ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati masyarakat luas. Terbukti, sekarang Taman Indonesia Kaya jadi makin kece dan jadi ruang terbuka hijau favorit di kota kami.

Taman Indonesia Kaya jadi hiburan rakyat gratisan tapi nggak murahan fasilitasnya. Selain banyak pepohonan rindang, ada juga panggung terbuka yang biasa digunakan untuk pertunjukan. Biasanya sig di malam minggu ada pentas seni atau drama. Taman Indonesia Kaya dibuat ramah penyandang disabilitas dengan kontur area yang mudah dilalui kursi roda, bahkan disediakan juga toilet khusus kaum disabilitas. Keren ya Pemkot Semarang. 🙂

Buat anak-anak tentunya ruangan terbuka yang hijau dan luas memungkinkan mereka berinteraksi dan bereksplorasi dengan bebas dan bahagia.

Taman Indonesia Kaya Semarang

Manfaat Bermain di Ruangan Terbuka Hijau Untuk Anak

Dikutip dari thehealthsite.com seorang peneliti dari Institut Kesehatan Global Barcelona, Spanyol, Payam Davdand mengatakan bahwa paparan ruang hijau telah terbukti berperan banyak dalam perubahan struktur yang lebih baik pada otak. Ruang hijau akan memberikan anak-anak kesehatan psikologis dan peningkatan kreativitas yang lebih baik.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya sederhana aja ya Sahabats. Kita nggak butuh banyak biaya bahkan hanya cukup meluangkan sedikit waktu tapi ternyata dampaknya besar banget buat anak kita. Makanya sekarang kami rajin bawa baby K main di taman.

Kebetulan banget pas kami ke Taman Indonesia Kaya cuaca kota Semarang lagi bersahabat. Cerah tapi nggak panas, cocok buat baby K eksplore kesana-kemari. Ada banyak tanaman hijau dan bunga yang menarik perhatiannya, termasuk juga serangga yang ada di sekeliling taman. Aku biarkan aja dia jalan kesana-kemari, sambil ngoceh soal bunga dan kupu-kupu yang dilihatnya. Kami juga ketemu sama capung dan kumbang. Sambil main baby K bisa kenalan sama banyak tanaman dan hewan baru. Nungguin baby Ka main di Taman Indonesia Kaya ini menguntungkan juga buat aku, lumayan bakar kalori soalnya hahaha ..

Beberapa minggu terakhir hujan lagi akrab banget di kota Semarang, makanya seneng banget ketemu sama cuaca yang cerah ceria gini. Main diluar membuat baby K bisa terpapar sinar matahari secara langsung yang mana mengandung banyak vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulangnya.

Di Taman Indonesia Kaya ada satu hal yang paling menarik perhatian baby K. Kemanapun dia lari akan balik lagi setiap kali matanya menagkap gerakan air mancur yang lincah menari-nari. Air mancur ini nggak memancar terus menerus Sahabats, ada waktu jedanya juga. Jadi aku manfaatkan untuk belajar berhitung juga. Baby K excited banget berhitung sambil nunggu air mancurnya menyembur ke udara. Bahagianya anak kecil tu sederhana banget ya Sahabats. Liat air mancur aja girangnya masyaallah.

Taman Indonesia Kaya Semarang
Berhitung sambil nunggu air mancur keluar

Di sebuah buku yang aku baca memang mengungkap juga sahabats kalau bermain di area terbuka baik banget untuk kebugaran fisik anak. Selain itu juga melatih kemampuan motorik halus dan kasar mereka. Anak juga bebas mengekspresikan gerak tubuh mereka tanpa sekat lagi, seperti baby K yang nggak mau diem dan muter keliling taman. Setelah main di area terbuka biasanya selera makan baby K jadi meningkat. Entah perasaan aku aja atau memang bener, tiap kali habis main di luar baby Ka jadi laper dan makannya cenderung banyak. Mungkin karena pengaruh paparan sinar matahari secara langsung dan udara yang fresh, plus capek juga abis lari-lari, baby K makannya jadi lebih banyak dan sesampainya di rumah langsung tidur dengan pulas.

Indomilk UHT kids Full Cream, Temen Main yang Paling Asyik

Setiap kali main di taman dan ruangan terbuka hijau, ku selalu bawa bekal makanan dan minuman buat baby K. Bawa camilan sehat seperti buah dan roti aja udah cukup banget, dan nggak lupa dong Indomilk UHT Kids full cream, susu kesukaan baby K.

FYI, selain karena kepraktisannya, aku pilih susu UHT karena memang lebih higienis dan kandungan gizinya setara dengan susu murni. Satu sajian susu UHT mengandung 300mg Kalsium. Kita tinggal tambahkan sumber makanan berkalsium lainnya seperti keju, dan kebutuhan harian si anak terhadap Kalsium pun akan sudah tercukupi.

Seperti yang sudah kita ketahui ya Sahabats kalau Kalsium adalah salah satu mineral yang penting dan dibutuhkan saat tumbuh kembang anak. Tubuh kita memanfaatkan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Masa kecil anak jadi saat krusial untuk mereka menabung kalsium supaya kelak saat dewasa nanti mereka akan punya tulang yang kuat. Kalsium juga berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan syaraf.

Taman Indonesia Kaya Semarang
Indomilk Kids fullcream kesukaan baby K

Untuk baby yang super duper aktif, #IndomilkUHTKidsFullcream yang kaya kalsium, lemak, dan energi yang penting banget untuk pertumbuhan tulang dan otaknya. Apalagi Indomilk Kids Fullcream bebas gula dan garam jadi aman lah untuk pencernaan anak. Rasanya yang cenderung gurih pas banget di lidah baby K yang memang lebih suka rasa gurih.

Asyiknya lagi nih sahabats, Indomilk Kids Fullcream bisa ditemukan dimana saja, pun di minimarket deket rumah. Malah kemarin ada promo beli satu dapat dua, cuuzz aku langsung beli banyak dong. Sekarang aku rajin nyetok Indomilk Kids Fullcream di kulkas jadi kapanpun baby K nanyain susu tinggal ambil aja. Praktis, murah, dan sehat, emak mana sih yang nggak demen hehehe?

Taman Indonesia Kaya Semarang

Banyak banget ya manfaat bermain di ruangan terbuka untuk anak. Sebagai orangtua kita wajib meluangkan waktu bawa anak-anak berinteraksi dengan dunia luar supaya perkembangan fisik dan psikisnya berjalan baik. Jangan khawatir lagi sama kalo punya anak nggak bisa diam dan aktif karena justru anak #aktifitusehat.

Biarkan energi dan kreativitas anak lepas bebas di ruangan terbuka hijau. Jangan lupa juga lengkapi nutrisi si kecil dengan #IndomilkUHTKidsFullcream juga ya, biar tanggap dan sehat luar dalam. 🙂

UHT Indomilk Kids Full Cream

Be Sociable, Share!

4 Replies to “Menikmati Pagi yang Cerah Sambil Bereksplorasi Bersama si Kecil di Taman Indonesia Kaya Semarang”

  1. Wah, tambah cantik: taman KB dan Baby K! Kapan ya bisa ke Semarang lagi, bisa nyobain si kenang double decker plus halan-halan yang receh gini. Kangen hiks

    1. Yuk ditunggu ya di Semarang

  2. taman KB itu depan SMA 1 bukan ya? saya lupa 😉 . kalau benar, berarti citra taman itu kayaknya sudah berubah.. hehe

    1. Hahaha … Alhamdulillah sekarang citra negatif itu sudah hilang. Tamannya berganti wajah dan makin cantik, betah lah nongkrong di sana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.