Nyicil Masa Depan, Emang Bisa??

Assalamualaikum Sahabats …

Sahabats pernah denger salah satu nasihat Rasulullah yang menganjurkan kita berteman dengan orang baik? Menurut Rasulullahberteman dengan orang pandai atau alim ulama ibaratnya ketika berdekatan dengan penjual minyak wangi setidaknya kita akan tertular wanginya, sebaliknya ketika berteman dengan pandai besi kita akan terkena panas dan berlumuran gumuk. Bergaul dengan banyak orang hebat rupanya berhasil menularkan semangat belajar padaku. πŸ™‚

Mekar Bersama Gandjel Rel

Minggu lalu, aku ikut meramaikan syukuran ulang tahun komunitas blogger Gandjel Rel. Sebuah komunitas yang mewadahi blogger perempuan di Semarang. Kalau ingat dulu aku minder mau bergabung di komunitas ini jadi malu sendiri. Semua anggota Gandjel Rel termasuk para mimin adalah perempuan hebat yang selalu menginspirasi. Bersama mereka aku belajar menulis dan menjadi blogger yang lebih baik.

5 superwomen nya GR :)
5 superwomen nya GR πŸ™‚

 

seseruan di syukurannya Gandjel Rel
seseruan di syukurannya Gandjel Rel

Dan apalagi yang lebih membahagiakan ketika tulisan kita diapresiasi oleh banyak orang termasuk sahabat-sahabat kita? Asli nggak nyangka banget kalo tulisan #curhat ku justru jadi juara 1 di Ultahnya Gandjel Rel ini. Tagline Gandjel Rel yang femes “Ngeblog ben rak ngganjel,” ternyata bener-bener menginspirasi aku untuk bangkit dari rasa minder dan terus semangat ngeblog. Alhamdhulilah .. sesuatu banget deh buatku yang bisa rutin update blog seminggu sekali aja udah top banget. Makasih ya teman-teman … kalian sungguh tempat belajar yang menyenangkan.

Eits … bukan blogger namanya kalo bikin acara nggak bertabur hadiah dan penuh gizi. Selain bisa kopdar dan seseruan bareng blogger kece Semarang, aku juga bawa pulang hadiah banyaaak banget. Dan susupan menu bergizi di acara ultah Gandjel Rel asli membuatku tersindir dan pengen ngumpet dipojokan. Hiks …

Ada apa dengan 3I ??

Di acara syukuran Gandjel Rel ini, 5 mimin jagoannya GR berhasil mendatangkan Manulife untuk memberi suntikan vitamin Ilmu buat para pesertanya. Mas Surya, perwakilan dari Manulife datang untuk berbagi ilmu investasi. Kali ini mas Surya yang pembawaannya ramah dan santai ngajakin kita untuk menyicil masa depan? What?? emang bisa gitu masa depan dicicil? Jadi keinget cicilan kartu kredit yang belum dibayar. πŸ˜›

mas Surya in action/ foto by: HIdayah-art.com
mas Surya in action/Β Β  foto by: HIdayah-art.com

 

“Cicil masa depanmu dari sekarang,” begitu pesan mas Surya yang bikin aku penasaran. Jadi begini penjelasannya. Bayangkan duit di tabungan kita yang makin hari nilainya makin menyusut thanks to inflasi. Jaman dulu punya Rp.200.000 itu udah bisa belanja setroli penuh, nah sekarang? Satu kantong doang, itupun isinya cuma beberapa item doang. Nah bayangin lagi harga barang yang makin mahal sedangkan usia kita makin berkurang, apalagi kalo udah pensiun. Gimana caranya kita memenuhi kebutuhan keluarga? Bagus kalo kita punya simpenan (bukan demit lho ya), kalo kagak? Masa iya mau nodong anak? Nah loe … disini saya merasa tertampar. Plaaakkk….

Anak baru satu, gaji nggak gede-gede banget, usaha sampingan nggak punya tapi hobbynya keluyuran setiap minggu. Memuaskan hobby traveling dengan hampir 50% uang gaji. #tutupmukapaketampah

Untunglah mas Surya nggak cuma nyindir kita eh aku aja tapi beliau juga datang dengan solusi yang top markotop. Beliau menyarankan kami menerapkan langkah 3I.Jadi 3I ini adalah 3 langkah sederhana agar kita sadar investasi ala Reksa Dana Manulife. Coba kita cek tiap langkahnya, beneran cespleng nggak??

Jurus jitu 3I. foto diambil dari insyaf-irit-invest.com
Jurus jitu 3I. foto diambil dari insyaf-irit-invest.com

Insyaf

Kembali ke jalan yang benar haruslah dimulai dari insyaf ini ya. Sadar kalo kita telah melakukan kesalahan. Sadar kalo selama ini pengeluaran kita eh aku ternyata besar pasak daripada tiang. Insyaf kalo kita harus punya investasi supaya masa tua nanti nggak kelabakan dan nyusahin orang? Nah kalau rasa bersalah itu sudah datang berarti kita sudah one step closer to a better future life.

Irit

Bertolak belakang sama mak Irit, aku adalah jenis mahluk yang paling nggak bisa liat duit nganggur. Begitu liat duit muncul fantasi liar untuk segera menghabiskannya. Sudah berusaha ikhtiar dengan gona-ganti model dompet, berharap bisa ngerem hasrat berboros ria, tapi tetep aja duit melenggang dengan entengnya dari dompet. Jadi pas mas Surya bilang step kedua adalah irit, aku udah langsung pengen melambaikan bendera putih. Saya menyerah!! πŸ™

Alhamdhulilah ternyata mas Surya kasih tips yang bisa aku coba. Kaya ngirit pemakaian sabun mandi dan pasta gigi, ngerem jajan diluar, cuci mobil sendiri, bawa bekal maksi kalo ngantor. Semua tips mas Surya aplicable banget deh pokoknya. “Ngirit bukan berarti pelit. Yang penting belanja kita harus lebih kecil dari penghasilan,” itu pesan penting mas Surya yang aku ingat. Baiklah ssepertinya sudah waktunya sedikit ngerem jajan diluar demi kemaslahatan umat. Siapa tau sisa duit bisa buat traveling. #eeehhh πŸ˜›

Invest

Nah kalau 2 step di atas sudah dikerjakan, saatnya step ketiga; investasi. Sekarang kan banyak tuh model investasi, tapi model mana yang bagus dan menguntungkan, sayangnya belum banyak yang tau. Pengennya sih investasi tanah atau rumah, tapi duit dari mana coba? Tabungan cuma segitu-gitunya. Belum lagi banyak kan ya kita sering denger orang ketipu akibat investasi nggak jelas. Cita-cita punya tabungan dimasa tua, malah jadi buntung. ish… amit-amit deh.

PicsArt_1457772584836

Syukurlah Manulife punya jawabannya.Manulife Reksa Dana Kas yang punya banyak keunggulan. Produk Reksa Dana Manulife ini cucok banget deh buat emak-emak gaul yang nggak mau repot kaya aku ini. Betewe .. udah pada tahu belum apa itu Reksa Dana?? Nih aku kasih tahu ya

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): β€œReksadana ialah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Reksa Dana Manulife ini punya beberapa keunggulan dan cocok banget dijadikan pertimbangan untuk jadi pilihan investasi kita. Reksa Dana Manulife ini terjangkau banget. Bayangin aja hanya dengan modal Rp.100.000 kita udah bisa invest dan tiap bulannya dapet keuntungan. Mau dirutinkan setor tiap bulan atau hanya sekali bayar pun nggak masyalah. Tapi tentu hasil yang di dapat nanti beda ya dengan yang rutin. Eh tapi kalau Rp.100.000/bulan mah masih bisa lah aku. πŸ™‚ Selain itu Reksa Dana Manulife juga bebas biaya tambahan. Nggak pake dipotong biaya administrasi. Tinggal di setting auto debit aja kalau mau rutin tiap bulan, tinggal transfer dari tabungan BCA, Bank Mandiri, atau BNI mu. Sip kan??

Dana yang kita simpan di Reksa Dana Manulife ini sifatnya fleksible, jadi bisa diambil kapan aja. Lagi butuh dana segera,tinggal email aja. Uang pun segera cair. Dana yang kita investasi kan pun insyaallah aman karena dikelola dengan baik dan ada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi nggak perlu khawatir investasi kita ini bakalan digondol manusia nggak bertanggung jawab. Tuh kan .. bener ya ternyata sudah terbukti kalau Reksa Dana Manulife ini adalah bentuk investasi yang sederhana tapi sangat menguntungkan.

Pulang dari syukuran Gadjek Rel hati dan pikiran udah mulai terbuka nih. Mau memantabkan hati untuk lebih ngirit supaya bisa investasi untuk masa depan. Ternyata masa depan emang bisa dicicil lho berkat Manulife. Yuk mulai rubah pola hidup dan jadi lebih irit. Irit bisa dimulai dari hal yang kecil, irit dimulai dari diri sendiri, dan mari budayakan irit mulai dari sekarang. πŸ™‚

gambar dipinjam dari fan page Reksa Dana Manulife
gambar dipinjam dari fan page Reksa Dana Manulife

Be Sociable, Share!

27 Replies to “Nyicil Masa Depan, Emang Bisa??”

  1. Siip… 3I nya kaya’nya bs dicoba niih… Trims infonya, Say.. πŸ™‚

  2. β€œNgeblog ben rak ngganjel,” oh jadi ini to alasannya nama komunitasnya itu, keren juga mbak hehee.

    Btw 3 I, mantap.
    Bismillaaah mau insyaaaaaaaf hahaa
    Ke keplak juga soal kata kata mas
    Anak baru satu, gaji nggak gede-gede banget, usaha sampingan nggak punya tapi hobbynya keluyuran setiap minggu. Memuaskan hobby traveling dengan hampir 50% uang gaji. #tutupmukapaketampah

    Hhihi

  3. Ayo semangat investasi buat calon baby, hihihihi

  4. Musti ke Manulife dulu untuk daftar ya,Mbak?

  5. Siap insyaf, ngirit dan invest aaah…buat masa depan cerah. Oke beib? :p

  6. Mbak Muna, kalau punya supporting group kayak GR ini menyenangkan ya. Bisa dapat info dari tangan pertama untuk membuka wawasan terhadap hal-hal baru. Ohya selamat berinvestasi untuk masa depan

  7. Aku mau nyoba nyuci motor sendiri, nggak perlu ke cucian yg ada hadiahnya itu.

    KEren deh mbak, artikelnya ada gambarnya segala πŸ™‚

  8. Aaah suka banget sama “irit bukan berarti pelit”:D

  9. Langsung ketampar banget ya mbak? Samaaa… Yuk invest segera..

  10. Aku mulai coba2 nih invest reksadana

  11. Terima kasih infonya ya mbak, sangat lengkap tinggal menguatkan niat, inshaa Allah πŸ™‚

  12. APalagi sekarang anggota eluarga udah mau nambah ya Mak. Harus tambah semangat berinvestasi hehe..

  13. Selama ini masih menjalani I kedua, yaitu irit hehe

  14. kebetulan lagi cari-cari info soal reksadana nih mba…
    coba nyari info lebih lanjut soal manulife ini ah hehe…
    makasih infonya mba muna πŸ™‚

  15. Wah..jd pengen buru2 investasi…kmrn gagal nyimak…huhuhu.
    Tulisannya langsung kusodorin ke si doi..krn mudah dicerna…
    Keewreen mbak!

  16. Sudah di praktekin Mbak, alhamdulillah sudah invest, tetapi belum ke reksadana, tetapi boleh dicoba deh.

  17. Makasih info nya mbak… Dan selamat berinvestasi untuk calon anggota keluarga barunya

  18. Duh ketampar banget nih ya, secara 3i itu masih bablas semua akuuu… godaannya itu looohh klo mau ngirit kok susyeee hihihii… Okelah, harus segera berinvestasi klo gitu ya.

  19. Ngirit bukan berarti pelit ya? Sip!
    Investasi perlu juga ya buat masa depan πŸ™‚

  20. Mba, aku pengen inves Reksadana tapi kok ya belum sreg ya. Makasih ya infonyaa. Aku sih irit. Tapi kalo liburan ama keluarga, bawaannya pengen ini dan itu. Hehhee

  21. tetep ya kudu ada investasi meski dikit

  22. Sama bangeett… duitnya diabisin buat jalan-jalan… Kayaknya nggak perlu insyaf yang ini ya? #eh. hihihi

  23. Semoga sukses ngontesnya Mba.. πŸ™‚

  24. jadi pengen gabung komunitas blogger, di Depok ada ga yah??

  25. Sekarang mah 200 ribu cuman bisa buat beli sabun doang ihik ihik

  26. Wa1alaikum salam… terima kasih emba,, saran yang membangun bagi para blogger pemula seperti ane hehe… memang sangat bagus jika prinsif 3I itu kita terapkan pasti sukses deh dalam hidup ni,,, hehe cobain dahh,…

  27. info yg bagus nih mbak… bisa di terapkan nih nnti…. makasih bnyk ya mbak infonya…

Leave a Reply