Pesan Tiket Kereta Api Akan Lebih Aman Dengan 5 Pertimbangan ini

Assalamualaikum Sahabats …

“Ma … udah lama ya kita nggak naik kereta api?,”celoteh si kakak pagi ini sebelum berangkat sekolah. Entah kenapa pagi ini kok tetiba si kakak rindu pengen naik kereta api. Jadi tersadar kalo memang udah lama nggak bawa anak-anak jalan-jalan sembari menikmati pemandangan alam dari dalam gerbong kereta api. Rasanya udah lama banget nggak naik kereta api, padahal dulu kereta api selalu jadi andalan kami setiap bepergian.

Ada yang suka naik kereta api? Aku suka banget naik kereta api, apalagi traveling bawa anak-anak naik kereta api. Seru!! Sebenernya sih, kemanapun tujuan liburannya, akan lebih aman dan nyaman ketika kita menggunakan sarana transportasi yang tepat. Bagi yang memiliki budget minim (ngacung sukarela 😛 ), pesawat mungkin jadi [ilihan terakhir kecuali kalau memang harus menempuh perjalanan lintas pulau. Pilihan paling masuk akal dan kantong pastilah kereta api yang merupakan sarana transportasi darat yang cukup laris manis di pasaran, memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan kendaraan yang lainnya. Pesan tiket kereta api sekarang ini juga jauh lebih mudah mengandalkan sistem online.

Sebenarnya banyak alasan kenapa kita sekarang lebih memilih pesan tiket kereta via online. Selain lebih nyaman karena nggak harus ngantri, langkah ini sendiri digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, seperti diantaranya adalah calo, hingga memungkinkan kemudahan bagi konsumen sendiri yang akan bepergian dengan kereta api. Karena pembelian bisa dilakukan secara lebih mudah tanpa harus datang langsung ke stasiun, cukup dengan cara pesan online dari rumah, maka kemana pun tujuan kita akan terasa lebih mudah. Inilah yang menjadi keuntungan bepergian dengan mengandalkan kereta api.

Pesan tiket kereta api untuk hari-hari penting, seperti halnya mudik lebaran bahkan juga bisa dilakukan jauh-jauh hari, sehingga nggak perlu lagi takut kehabisan pada bulan tersebut, mengingat tingkat permintaan dari masyarakat sendiri sangat membludak. Untuk memesan tiket kereta api ini sendiri sebenarnya sangat mudah, namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita sebagai konsumen, diantaranya adalah:

 

  1. Situs yang diakses dalam membeli. Sebenarnya pihak dari PT.KAI sendiri sudah memberikan layanan mudah dimana konsumen bisa langsung mengunjungi situsnya untuk memesan tiket, tentunya ada jaminan kepercayaan. Hanya terkadang pada masa-masa tertentu tingkat akses sangat tinggi, sehingga membuat website PT.KAI jadi lemot dan mudah error. But no worries, karena masih ada beberapa situs penjualan lain yang bisa Anda akses. Namun pertimbangkan juga bahwa situs tersebut benar-benar aman. Jangan asal pilih jika tak mau ditipu.
  2. Selektif dalam memilih tanggal keberangkatan. Berbeda waktu keberangkatan akan turut menentukan harga juga, meskipun selisihnya sendiri tak begitu mahal, namun pastinya konsumen menginginkan yang lebih hemat. Di hari-hari biasa, pasaran harga normal, untuk hari libur apalagi jelang lebaran, harga tiket kereta api  bisa memelunjak sangat tinggi, karena semakin tinggi pula jumlah kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi ini.
  3. Jangan salah ketika memasukkan data diri dari KTP. Jika dulu petugas cukup acuh akan hal ini, maka berbeda dengan sekarang, setiap pembelian tiket kereta api harus berdasarkan dengan KTP, kecuali untuk anak-anak memang tak diberlakukan hal tersebut. Ketika nantinya Anda diminta untuk memasukkan nomor KTP, maka isilah dengan benar, sehingga pada proses pengecekan tak akan ada masalah.
  4. Membeli tiket kereta bisnis sebaiknya banding-bandingkan fasilitas yang ditawarkan. Beberapa orang yang melakukan perjalanan jarak jauh hingga menginap satu malam tentunya menginginkan kereta yang fasilitasnya bagus, sehingga mereka memilih kategori kereta bisnis. Harganya bisa beberapa kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kelas ekonomi, agar tak rugi maka bandingkan juga apa harga tiket kereta apinya sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.
  5. Setelah ada pengiriman e-ticket maka pastikan untuk mencetaknya. Salah satu kesalahan yang sering kali dialami pembeli adalah tiket sudah terbeli tapi menunda pencetakan tiket. Walhasil timbul masalah karena kita menunda jadinya lupa dan saat dimintai tiket di stasiun kita  tak bisa menunjukkan buktinya.

 

Kereta api sekarang memang sudah jadi pilihan favorit untuk sebagian besar orang Indonesia saat melakukan perjalanan. Naik kereta api sekarang memang makin mudah, nyaman, dan aman. Apalagi dengan 5 tips di atas yado, insyaallah nggak akan ada kendala berarti saat hari H tiba. Pesan tiket kereta api sekarang juga untuk lebih mudah pada keberangkatan esok hari.

Happy traveling. 🙂

Be Sociable, Share!

6 Replies to “Pesan Tiket Kereta Api Akan Lebih Aman Dengan 5 Pertimbangan ini”

  1. Aku sukaaaa kereta api.. Kakak Nadia, yuuk naik KA ke Pekalongan ..

  2. Aku juga udah lama nggak naik kereta api, hehe. Terakhir waktu ke Pekalongan tahun lalu

  3. Aku baru dua kali naik kereta dan tujuannya sama, Surabaya. Suami malah yang sering, udah piawai dia dan nggak butuh bantuanku kalo pesan tiket kereta.

  4. Aku juga sukaa naik kereta. Anak2ku malah seneng naik kereta daripada pesawat katanya 😁😁

  5. Aku juga udah lama bgt pengin jln2 naik kereta api blm kesampaian

  6. Biasanya saya juga suka pesan tiket lewat situs KAI. Tapi agak sedikit kurang nyaman dengan pembiayaannya. Gak bisa e-banking B**, kecuali KlikPay. Kalau bayar via ATM cuma dikasih waktu sejam. Jadi biasanya saya suka minta tolong suami untuk pesan tiket.

Leave a Reply