Tak Perlu ke Bali, Rekomendasi 6 Pantai Indah di Jogja ini Dijamin Bikin Kamu Jatuh Cinta

Assalamualaikum Sahabats ….

Sejujurnya aku tuh lagi kangeeen banget mantai lho Sahabats? Udah hampir setahun nggak bersentuhan sama pantai dan sebagai orang yang mengaku anak pantai, aku merasa sedih dan pilu #halaah. Saking kangennya aku browsing dong, cari pantai yang cantik tapi nggak terlalu jauh dari Semarang. Dan ternyata pantai-pantai indah itu ada di Jogja.Selama ini JOgja memang identik dengan wisata budaya seperti Malioboro atau Keraton. Padahal di Jogja juga ternyata buanyak banget pantai indah nan memikat terutama di bagian Selatan. Bahkan jarak antara Jogja dan pesisir pantai Selatan juga nggak terlalu jauh, yakni membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam perjalanan. Kusuka deh kalau begini.o

FYI Sahabats, di sekitar Kabupaten Gunung Kidul sendiri saja ada lebih dari 60 pantai yang bisa kamu kunjungi. Banyaaaakk banget ya dan butuh waktu juga kalau mau menyambangi semuanya. Pantesan aja kalau ternyata banyak orang berpendapat bahwa Jogja adalah salah satu surga dengan pantai tercantik di Pulau Jawa

Menariknya lagi nih Sahabats, ketika pantai di Jogja itu punya paket lengakp. Bukan hanya pantai dengan air bening kebiruan dan hamparan pasir putih memikat yang akan kita nikmati keindahannya juga air terjun yang lokasinya persis di tepi pantai. Ya Allah rasanya aku nggak sabar deh pengen segera ngacir ke JOgja Sahabats.

Penasaran dimana aja lokasi pantai yang recommended untuk Sahabats kunjungi saat ke Jogja? Let’s check these out!

  1. Pantai Wedi Ombo

Menikmati keindahan hamparan pasir putih, aroma laut yang khas serta deburan ombak saat ke pantai adalah hal biasa. Akan jadi luar biasa ketika pantainya dilengkapi dengan ayunan instagramable yang cocok buat pepotoan atau sekedar duduk santai menikmati aroma pantai.

pantainesia.com

Biasanya kita takut kan ya main di pantai Selatan karena memang terkenal ombaknya ganas, tapi di Wedi Ombo beda dong. Di Pantai Wedi Ombo, Sa habats nggak perlu kuatir berendam di laut tanpa harus takut tersapu ombak. Lho, kok bisa?Yap, hal ini karena di Pantai Wedi Ombo ada laguna alami yang dikelilingi oleh gugusan karang berjajar rapi.

Eits meskipun relatif aman, Sahabats sebaiknya tetap waspada saat berendam di laguna alami. Pasalnya ombak yang tinggi masih bisa mencapai kolam alami dan memungkinkan pula untuk menyeretmu ke laut.

FYI Sahabats, wisata pantai ini berjarak sekitar 64,3 kilometer dari pusat Jogja. Untuk bisa mencapainya, kamu perlu menuju ke daerah Wonosari. Ikuti jalan sampai tiba di Desa Mulo. Dari sini, ambil arah ke kiri hingga tiba di Jepitu. Selanjutnya arahkan kendaraan Sahabats ke kanan dan ikuti rute ke Pantai Wedi Ombo. Rutenya nggak terlalu ribet deh insyaallah, apalagi sekarang ada GPS kan. Dan asyiknya lagi harga tiketnya murce, cuma Rp. 5.000/orang, murce bingits yoo.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, JogjaJ

2. Pantai Jogan

Pernah nggak sih Sahabats membayangkan skenario indah dimana kita bisa liburan ke pantai sekaligus merasakan sejuknya air terjun? Mungkin terdengar mustahil, tapi skenario bisa lho diwujudkan kalo Sahabats mengunjungi Pantai Jogan yang terletak di balik perbukitan kapur di kawasan Geopark Gunung Sewu ini.

Menariknya lagi, air terjun ini mengalir dengan indahnya langsung menuju ke laut. Letaknya diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur pun pasti semakin memesona. Sahabats nggak hanya bisa menikmati kecantikan pantai maupun air terjunnya dari atas kok. Turun ke bawah juga bisa, dengan catatan tetap waspada karena batuan yang kita pijak kondisinya lumayan licin.

IG @joeluluk

Gimana? Udah kebayang ya cantiknya Pantai Jogan. Kalau Sahabats tertarik untuk berkunjung tinggal cuuzz aja menuju ke Wonosari kalau berangkat dari pusat Kota Jogja. Selanjutnya pilih arah ke selatan menuju Jalan Kasatrian hingga Pantai Siung. Sesampainya di Pos Retribusi Pantai Siung, sekitar 400 meter Sahabats akan menemui papan petunjuk kayu yang mengarahkan ke tujuan utama wisatamu. Lokasi pantai ini tepatnya di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. HTM, 5.000 aja.

3. Pantai Watulawang

Next stop, ada pantai cantik di Jogja yang nggak akan membuat Sahabats rugi saat menyempatkan diri untuk mampir. Pantai Watulawang sendiri terbagi menjadi dua bagian oleh gua batu yang kecantikannya nggak kalah memukau. Keindahan pantai ini akan makin sempurna ketika Sahabats berhasil mencapai puncaknya.

Tapi kenapa ya namanya bisa Watulawang? Hal ini karena ada batu yang terletak di mulut gua dan berbentuk seperti pintu. Oleh karenanya, Watulawang yang berarti “Pintu Batu” mulai dikenal. Di Pantai Watulawang ini, Sahabats bisa menemui kawasan berbeda. Area pantai di bagian Barat tidak terlalu luas dan bisa dibilang lebih private. Sedangkan di bagian Timur jauh lebih luas dan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas seru di air, seperti olahraga air.

IG @callmeandre

Saat menyusuri bibir pantai, Sahanats pun akan menemui sejumlah cekungan yang menyerupai kolam pribadi. Nggak ada salahnya juga kalau nyobain berendam di area ini.

Untuk bisa sampai ke area Pantai Watulawang, Sahabats bisa memulainya dengan menuju ke Wonosari dari arah Kota Jogja. Selanjutnya ikuti saja petunjuk arah ke Pantai Indrayanti. Ikuti saja rutenya karena kedua wisata tersebut terletak di lokasi yang berdekatan. Cukup mudah kan? Yuk langsung liburan ke Pantai Watulawang mumpung tarif tiketnya super murah, cuma 5.000.

4. Pantai Nglambor

Kebayang nggak sih bisa snorkeling di pantai Selatan? Membayangkan ombaknya yang tinggi mau renang aja takut rasanya, tapi beda dengan pantai Nglambor. Bayangin deh Sahabats, kita bisa lho menikmati kecantikan panorama bawah laut di Pantai Nglambor. Mulai dari ikan-ikan kecil hingga terumbu karang beraneka warna. Bahkan saking jernih airnya kita akan merasa seolah berada di akuarium raksasa. Sebab dengan air laut yang jernih, kamu bisa menyaksikan ikan-ikan kecil, bintang laut hingga penghuni samudera lainnya.

IG @nglambor_beach

Seperti pantai lain yang sudah kita bahas sebelumnya, pantai Nglambor ada di daerahWonosari, tepatnya ke Selatan melewati Jalan Kasatrian menuju Pantai Siung. Kurang dari 2 kilometer setelah pos retribusi Pantai Siung, ambil jalan ke kanan dan ikuti petunjuk arah menuju pantai Nglambor. Tapi perjuangan Sahabats masih harus berlanjut denganberjalan kaki sejauh beberapa ratus meter.

But no worries Sahabats karena meskipun aksesnya terbilang sulit untuk ditempuh, justru hal inilah yang membuat Pantai Nglambor spesial. So, jangan sampai melewatkannya ya! Tiket masuk Rp. 5.000 per orang; lima puluh ribu untuk snorkeling (sudah termasuk sewa masker, snorkel, sepatu karet, life jacket, guide, foto underwater, welcome drink, dan penitipan barang.

5. Pantai Dadap Ayam

Letak Pantai Dadap Ayam memang terpencil. Tapi pemandangan yang ada di pantai di salah satu wisata Gunung Kidul ini dijamin nggak ada duanya. Hamparan koral yang menghijau akibat tertutup ganggang dan rumput laut bisa Sahabats saksikan saat berada di sini. Bahkan mungkin kalau Sahabats pernai ke Pantai Padang Padang di Bali akan menyamakan keindahannya dengan pantai dadap Ayam. Wah, bisa nih untuk alternatif liburan selain harus ke Pulau Dewata!

Apalagi dengan kondisinya yang masih sepi pengunjung membuat Pantai Dadap Ayam semakin menarik untuk dikunjungi. Jadi terasa seperti wisata pribadi ya?

pantainesia.com

Dari pusat Kota Jogja, Sahabats bisa menuju ke Wonosari. Selanjutnya arahkan saja kendaraan ke Paliyan, Trowono hingga mencapai Pantai Ngobaran. Parkirkan kendaraan Sahabats di sini karena perjalanan akan dilanjuutkandengan melewati jalan setapak ke arah Timur kira-kira sejauh 700 meter. Nggak jauh dari area ini, Sahabats akan menemukan belokan kiri yang mengarah ke Pantai Dadap Ayam.

Jadi bagaimana? Yakin nih nggak penasaran dengan kecantikan wisata pantai di Gunung Kidul ini? Mumpung masih sepi, lho. Langsung browsing deh Pantai Dadap Ayam di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosaru, Kabupaten Gunung Kidul. HTM Rp. 5.000Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja.

6. Pantai Wohkudu

Lanjut, ada Pantai Wohkuduyang disebut-sebut sebagai surganya pecinta ketenangan. Pasalnya lokasi wisata ini terbilang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini bukan karena panorama wisata pantai ini kurang menarik. Justru di Pantai Wohkudu ini Sahabats bisa melihat perpaduan keindahan laut, pasir putih serta tebing-tebing menjulang tinggi.

Siapa sih yang nggak tertarik untuk berkunjung? Tapi sayang, untuk bisa mencapai Pantai Wohkudu memang butuh perjuangan.Dari pusat Kota Jogja, perlu waktu sekira 2 jam dengan rute Imogiri-Panggang. Saat memasuki Kecamatan Panggang, Sahabats akan menemui jalan berliku dan medan yang cukup berat. Bahkan hanya ada pohon di sisi kanan maupun kiri.

IG @kerisjawa

Semakin lama, jalan akan menyempit sehingga Sahabats harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Sepanjang perjalanan, Sahabats hanya akan melewati jalan setapak dan melewati ladang pertanian warga. Bahkan ada pula semak belukar yang akan menghadang. Ribet ya but surely worth the fight.

Meski medan yang kamu lalui terbilang sulit, tapi semua itu akan terbayar lunas saat sudah sampai di area pantai. Terlebih lagi di sini kita juga bisa camping dan hunting foto. So, jangan ragu lagi untuk berkunjung ke Pantai Wohkudu di Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Oya Pantai ini gratis alias nggak ada pungutan retribusi tiket masuk tapi tetap sediakan budget untuk parkir kendaraan senilai tiga ribu rupiah (motor) dan lima ribu rupiah (mobil).

Itulah beberapa pantai indah di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar mencari ketenangan atau hunting foto. Beberapa pantai bahkan cocok banget buat Sahabats yang suka tantangan. Selamat berpetualang dan bikin stok foto sebanyak-banyaknya, tapi jangan sampai lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar pantai ya.

Happy traveling

Be Sociable, Share!

9 Replies to “Tak Perlu ke Bali, Rekomendasi 6 Pantai Indah di Jogja ini Dijamin Bikin Kamu Jatuh Cinta”

  1. Waduuh aku kudet amat yak, pantai di Jogja yg kukunjungi baru Paris, hiks.

  2. Namanya masih asing ya mbak . Tp panoramanya apiikk .ke pantai Gunungkidul baru Indrayanti, Sadranan, Kukup, Baron . Semoga bisa ke destinasi yg baru .

    1. Keren ih pantainya. Enggak nyangka di Jawa masih ada pantai yang beginian. Alami dan super indah.

  3. Pantai di Jogja selalu ada yang baru ya, banyak yang belum kukunjungi, penasaran dengan pantai Jogan, kok cantik ada air terjunnya..

  4. Waaah…aku kok baru dengar nama2 pantai cantik ini ya… TFS Muba..langsung dicatet nih..

  5. Ya ampun, belum ku sambangi semua

  6. waaaah! Dari semua – semuanya yang pernah aku kunjungin baru wedi ombo ajaaaa.

    jadi penasaran sama yang lain lainnya hehe

  7. sayang waktu ke sana ga semua pantai di jelajahi. sudah lama ga berkunjuung ke jogja.

  8. Dari semua yang ada di sini, baru 2 yang paling bawah yang saya belum sempat menyambangi. Wediombo baru pekan kemarin, baru pertama kali ke sana dan menurut saya agak so-so sih, ombak yang terlalu kecil dibanding pantai lain menjadikannya kurang terasa ‘mantai’-nya 😀

    Selain pantai memang Jogja/Gunung Kidul masih menyimpan segudang tempat wisata menarik untuk disinggahi, baik gunung, atau yang bermuatan sejarah seperti musem Ullen Sentalu misalnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.