Tauto Pekalongan. Buka Soto Biasa

Tauto Pekalongan. Buka Soto Biasa

Pekalongan, sebuah kota pesisir di Pantai Utara Jawa Tengah memang sudah terkenal sampai manca negara berkat batiknya. Selain warna dan motifnya yang cantik, kualitas batik Pekalongan memang oke punya. Berburu batik pastinya jadi agenda utama di kota ini, tapi udah pada tahu belum sih kalau ternyata kuliner khas Pekalongan itu juga nggak kalah menarik untuk diburu??

Yup … ternyata banyak banget kuliner khas Pekalongan yang endess dan harus banget dicoba. Salah satu kuliner khas Pekalongan yang nggak akan ditemui di kota lain adalah Tauto. Nah loh… apaan tu Tauto? Jangan-jangan masih ada hubungan saudara ama Naruto ya?? πŸ˜›

Tauto adalah jenis masakan yang termasuk dalam keluarga besar soto. Khas banget Indonesia ya masakan yang satu ini. Beberapa kota punya sajian soto yang berbeda tampilannya tapi rasanya enyaakk semuanya, termasuk si Tauto ini. Yang membedakan Tauto dengan soto-soto lainnya adalah bahan utamanya, Taoco. Tauco inilah yang bikin kuah Tauto terasa beda dengan soto lainnya dan bikin acara makan makin semangatt. πŸ˜‰ Tauto Pekalongan punya dua varian, ada Tauto yang menggunakan daging sapi, ada juga yang menggunakan daging ayam. Aku sih lebih suka yang daging sapi karena kuah kaldu sapi yang bercampur dengan Tauco itu asli..nendang bingiiiittsss. πŸ˜‰

Tauto-Pekalongan4

Seperti apakah tampilan tauto ini? Untuk menemani semangkuk Tauto ada pendamping yang bisa kita pilih, nasi atau lontong. Penyajian tauto Β sebenarnya cukup sederhana lho tapi cukup memenuhi kriteria makanan sehat. Semangkuk Tauto berisi potongan daging sapi atau ayam, bihun putih, daun bawang, bawang merah dan kuah sotonya. Β Setelah semua bahan tadi dicampur, tinggal ditambahkan bumbu utamanya yaitu Tauco manis. Buat yang belum kenal dengan Tauco, bumbu khas Indonesia ini berasal dari kedelai yang dihaluskan kemudian dicampur dengan beberapa bumbu. Dengan tambahan bumbu Tauco, kuahnya bertambah harum dengan cita rasa khas yang pasti bikin ngiler deh. Sebagai pelengkap penyempurna Tauto ada tahu dan tempe goreng tepung. πŸ™‚

Tauto-Pekalongan1

Dimanakah kita bisa menemukan Tauto yang endang markondang di Pekalongan. Banyak banget!!! Hampir di setiap jalan utama kota Pekalongan kita bisa menemukan dengan mudah warung atau restoran yang menawarkan sajian khas ini. Ada Tauto pak Rochmani yang terletak di kawasan Pasar Sayun yang menurut kesaksian beberapa teman dan saudara mantab banget. Tapi ada satu warung yang sejak aku kecil selalu jadi andalan keluarga kami. Meskipun namanya sudah nggak setenar dulu karena mulai banyak saingan, tapi papaku selalu setia mengunjungi warung milik pak Damudji ini.

Nenekku memang asli Pekalongan, jadi setiap lekuk kota Pekalongan sudah dihafal papa dengan baik sampai sekarang. Salah satu makanan favorit papaku ya si Tauto ini, dan sejak muda pilihan papa cuma Tautonya pak Damudji. Meskipun banyak orang cerita ada warung baru yang lebih enak, beliau tetap setia sama pak Damudji seorang hehehe. Saking ngefans nya, pas acara resepsi nikahanku dulu, pak Damudji pun di boyong juga ke Semarang. Ckckck…. Fans berat ini mah. πŸ˜›

Tauto-Pekalongan2

Buat yang penasaran sama Tautonya kesukaan papaku, sila merapat ke jl. H. Agus Salim, Pekalongan. Warungnya memang sederhana tapi rasanya…. Luarr biasaaa. πŸ™‚ Nggak usah takut makan Tauto bikin kantong tipis deh. Semangkuk Tauto yang endess harganya berkisah antara Rp. 13.000 – Rp. 17.000 sajah. Murah meriah nikmat. πŸ˜‰

Penasaran sama Tauto Pekalongan. Weekend ini silakan ngetrip ke kota batik ya. Shopping batik terus nyobain Tauto deh. Hhhmmmm…. Yummy. πŸ˜‰

Bonapetite!! πŸ™‚

Be Sociable, Share!

44 thoughts on “Tauto Pekalongan. Buka Soto Biasa

    1. ya beda lah, kalo tauto adalah sejenis soto yg dikasih bumbu tauco, nah tauco ini bumbu utamanya. si tauco ini bisa di campurkan ke macam2 masakan πŸ™‚

  1. akuuu sukaa banget soto tauto / tauco inii..
    aku sukanya soto bebeekk..

    dolan ke Kesesiiii to mbak

    oiya, ada juga pindang tetel, lhoo

    udah nyobain?

  2. Duh nyesel deh mampir ke blog ini pas jam makan siang, jadi kepingin hihihihihih… saya termasuk senang sama Tauto ini, sayang di Jakarta belum menemukan tempat penjualnya.

  3. Hooo… tauto itu (tau)co + so(to) toh? Nggak kebayang saya gimana rasanya. Ternyata selera orang Pekalongan itu unik juga ya, hehehe. Tapi harganya yg Rp 13.000 – 17.000 menurut saya sih tergolong mahal karena semangkuk soto di Jawa Tengah biasanya di kisaran Rp 10.000 ke bawah.

    1. iyess..bener sekali. tauto itu adalah soto yg pake bumbu Tauco, jangan dibayangin rasanya tapi langsung nyobain, dijamin endang markondang deh πŸ˜‰
      harganya cukup mahal mungkin karena harga daging naik ya, kalo yg Tauto ayam mungkin nggak semahal yang daging

  4. aaaaaak, jadi kangen Pekalongan :((
    aku kalo lagi kalap bisa abis dua mangkok nih mbak hihihi tapi di rumah partner-ku untungnya πŸ˜› dulu kalo pas beli git aku sering nyelutuk “seporsi kurang, dua porsi kebanyakan (+malu-maluin πŸ˜› )”, akhirnya kalau main ke pekalongan sering dibikinin ini hehehe :))
    harganya emang lumayan mihil sih, karena pakai daging sapi mungkin ya? kalo yang versi murah (di warung rumah), ada yang 5ribu karena pake tempe sebagai ganti daging hahaha

          1. Maaf mbak,baru bisa replay lg,gak tau je kok masuk ke komen yg pending jd gak ada notif *padahl udah lama bgt*

            di antara Bank Indonesia ama Telkom kan ada jalan mbak,nah itu lurus mentok.warungnya pas disitu.agak kecil sih tempatnya hehehe

  5. Saya tidak bisa menolak untuk ditraktir masakan Indonesia yang satu ini. Apapun namanya, Soto sudah menjadi masakan fave, Mba. Hihihi

    Btw, rempah2nya kerasa banget pasti yooo.

  6. yaks! aku kok masih trauma dengan yang berbau-bau tauco mbak… gara-gara dulu makan taoge goreng bogor, dipikirnya taoge bumbu kacang, ternyata tauco, which is, rasanya aneh banget buat lidah orang jawa tengah hahaha. tapi penasaran juga pengen coba tauto

  7. @mba memez.. ada ko di Jakarta yg jualan Tauto Pekalongan..di daerah Tebet Timur..pas depannya pasar PSPT..enak sangat tautonyaaaa :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *