Tips Aman dan Nyaman Saat Naik Kereta Api Ekonomi

Assalamualaikum Sahabats ….

Kereta api menjadi alat transportasi yang cukup diandalkan di Pulau Jawa dan beberapa kota di Sumatra. Jarak jauh maupun jarak dekat terasa menyenangkan dengan kereta api. Apalagi sejak PT KAI banyak berbenah kenyamanan penumpang pun semakin meningkat. Seperti yang kita tahu, ada  berbagai kelas di kereta api sehingga ketika pesan tiket kereta api kita harus memilih kelasnya. Secara umum ada 3 kelas pada kereta api yaitu kelas eksekutif, kelas bisnis dan kelas termurah adalah ekonomi.

Beda kelas, pasti beda pelayanan dan kenyamanannya, Ketiga kelas yang ada di kereta api menunjukkan perbedaan. Perbedaannya adalah pada kualitas tempat duduk dan penataannya, waktu tempuh kereta di perjalanan, stasiun yang nantinya disinggahi hingga yang pasti adalah harganya yang akan berbeda. Kelas ekonomi adalah kelas kereta paling murah. Tapi jangan mikir kereta ekonomi itu penuh penderitaan yah. kebayang aja panasnya atau harus berdesak-desakan bahkan berdiri sepanjang perjalanan. Itu mah duluuuuu…. Sekarang sih alhamdhulilah banget penumpang kereta ekonomi  bisa mendapat tempat duduk dan bahkan ada fasilitas AC sehingga lebih menyejukkan di dalam kereta.

pic from pinterest.com

Bagi Sahabats yang sudah pesan tiket kereta api kelas ekonomi dengan tujuan kemanapun, maka pastikan untuk menjadikan perjalanan Anda menyenangkan dengan tips berikut ini:

  1. Gunakan pakaian nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman dalam perjalanan akan membuat kita lebih leluasa dalam bergerak. Selain itu, perlu diingat jika AC yang ada di kelas ekonomi pastinya kualitasnya berbeda dengan AC yang ada di kelas eksekutif sehingga tetap ada kemungkinan beberapa bagian tidak merasakan kesejukan AC. Untuk itu, kenakan pakaian yang memang nyaman dan sesuai dengan situasi dan kondisi. Selain itu usahakan tidak perlu memakai perhiasan mencolok karena terkadang ada kejahatan di kereta.

2. Posisi duduk nyaman

Sudah bukan rahasia jika kursi di kelas ekonomi tidak seempuk seperti yang ada di kelas eksekutif atau bisnis. Belum lagi jika kondisi semua kursi penuh sehingga membuat kita tidak bebas bergerak. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam memilih posisi duduk. Jika pegal, lakukan peregangan setiap satu jam. Jika bosan, kita bahkan bisa meminta ganti tempat duduk dengan teman penumpang sebelah jika mereka mengizinkan

3. Ngobrol

Duduk di perjalanan jauh menggunakan kereta tentu akan membosankan jika kita pergi sendirian. Untuk itu jangan sungkan untuk bertanya atau mengajak ngobrol penumpang sebelah. Mengenal orang baru dalam perjalanan adalah satu seni yang tidak akan bisa ditemukan di pengalaman lainnya. Dengan mengenal orang baru, bukan tidak mungkin ketemu jodoh idaman. Eaaaaa…… 😛

4. Bawa makanan pribadi

Perjalanan pasti terasa sangat lama, pastinya bakalan lapar dan haus ya. Untuk itu jangan lupa bawa makanan atau camilan pribadi yang bisa disantap di kereta. Memang sudah ada gerbong khusus restoran, namun tentunya harganya jauh lebih mahal. Sebelum berangkat siapkan dulu bekal untuk perjalanan atau bisa beli di minimarket

5. Siasati masa transit

Kereta ekonomi identik dengan banyak pemberhentian di beberapa stasiun kereta tertentu. Jika berfikir negatif, tentu hal ini akan membuat perjalanan makin lama, bahkan kadang bikin kesel. Daripada nggak enak hati mending berfikir secara positif. Berdirilah sejenak untuk menikmati pemandangan dan kesibukan di stasiun. Boleh juga beli makan, minum, atau mungkin selfie hehehe….

 

Itulah beberapa tips mendapatkan perjalanan yang menyenangkan meski dengan kereta api ekonomi. Kini pesan tiket kereta api sudah sangat mudah semenjak munculnya sistem online.  Kita bahkan bisa memesan tiket di situs belanja online yang mudah ditemukan dengan harga jujur, proses mudah dan pastinya sangat praktis. Yuk naik kereta api Sahabats. 🙂

 

Be Sociable, Share!

11 Replies to “Tips Aman dan Nyaman Saat Naik Kereta Api Ekonomi”

  1. Satu lagi mbaaa “jangan asik sama gejet sendiri biar bisa saling tuker cerita dan pengalaman sama kanan kiri” hihi XD

  2. Kereta api ekonomi sekarang nyaman banget. Yang agak kurang enak cuma kalo duduk adep2an tapi sama orang ga dikenal. Kurang nyaman kalo perjalanan jauh 😁😁

  3. Pokoknya bepergian dengan fasilitas KA lebih keren dan nyaman deh sekarang ini

  4. Naik kereta api tuut tuutt tuutt

  5. Naah…ini juga salah satu alat transportasi favoritku.. Berkereta makin nyaman dan asyik sekarang…

  6. Aku jarang ngobrol kalo naik angkutan umum, kalo ngga sibuk momong bocah, bobook hihi

  7. Naik kereta dulu sering kalau mudik harina dan argo wilis, sekarang jarang 😀

  8. Naik kereta api ekonomi emang pas banget buat ajang sosialisasi dengan orang baru. Aku sering banget dapat pengalaman seru karena naik kereta ekonomi. Pengalaman yang ga didapat kalau naik eksekutif. Ga enaknya emang tempat duduknya tll tegak, pegel kalau kelamaan.

  9. Sekarang ekonomi pun full, kemarin pesan gak kebagian. Tempat duduknya juga enak sih dan ada AC juga. Akhirnya naik yang bisnis waktu ke jakarta.

  10. Saya senang dengan perbaikan kualitas KAI sekarang. Semakin membaik. Tapi pengalaman beberapa kali naik kelas ekonomi, ACnya bocor. Semoga hal seperti ini juga jadi perhatian KAI biar penumpang semakin nyaman.

  11. Paling favorit nih klo pergi jauh naik kereta api. Kalau bosen bisa jalan-jalan dari gerbong ke gerbong. Lumayan bisa jadi pengalihan kalau si kecil rewel. Tapi kadang kangen juga euy sama harga tiket KAI yang masih murce kyk dulu, dgn 35 rb dah bs nyampe Jakarta hahaha…

Leave a Reply