Tips dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow yang Enak

Assalamualaikum Sahabats ….

Nggak berasa aja ya sahabats, bulan Ramadhan udah di depan mata. Masuk bulan yang spesial ini aku yang biasanya malas masak jadi sedikit rajin masuk dapur. Mulai coba-coba resep baru, termasuk baking.  Kue lidah kucing merupakan salah satu kue kering yang menjadi kue lebaran yang banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Umumnya, kue ini memiliki warna kuning keemasan namun sekarang ini sudah banyak kreasi untuk membuat lidah kucing yaitu lidah kucing dengan warna warni atau rainbow. Jadi lebih menarik ya pastinya, terutama untuk anak-anak

udah pada tahu belum sih kalau ternyata kue kering nan renyah ini bukan berasal dari Indonesia? Kue kering lidah kucing sendiri berasal dari Belanda dan kue ini disebut dengan kitten tong. Kue dengan bentuk yang memanjang ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Kue dengan bentuk seperti lidah kucing yang memiliki warna-warni ini saat ini banyak diminati karena memiliki warna yang menarik sehingga membuat siapa saja yang melihatnya menjadi ingin memakannya. Untuk membuat lidah kucing rainbow, terdapat beberapa tips yang dapat membantu kita untuk membuat agar lidah kucing menjadi renyah dan enak. Pertama adalah menggunakan jenis tepung terigu sedang. Tepung terigu tersebut dapat membantu untuk membuat tekstur lidah kucing menjadi lebih ringan lebih mudah mengembang dan tetap renyah. Namun, jangan lupa untuk melihat takaran perbandingan antara tepung, putih telur dan margarin sehingga rasa tetap renyah.

Kedua adalah mengganti mentega dengan menggunakan margarin. Selain dengan menggunakan margarin, cara lain yang dapat kita lakukan adalah menggantinya dengan takaran ½ mentega dan ½ margarin untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih. Ketiga dalah dengan menggunakan loyang khusus untuk membuat kitten tong. Walaupun bisa juga sih pake loyang biasa, namun jika menggunakan loyang khusus kitten tong tentunya kita akan mendapatkan bentuk atau tampilan yang berlekuk sempurna dan berukuran sama sehingga lidah kucing yang Anda buat menjadi terlihat lebih menarik.

Untuk membuat kue lidah kucing rainbow, terdapat bahan yang harus disiapkan, yaitu:

  • 100 gr mentega.
  • 150 gr margarin.
  • 100 ml putih telur.
  • 200 gr gula halus. Jika tidak ada gula halus, Anda dapat menggunakan gula biasa kemudian di blender hingga halus.
  • 1 sdt vanili essense. Anda dapat menggunakan vanilly essense non alkohol.
  • 50 gr tepung maizena dan 200 gr tepung terigu protein sedang. Campurkan dan aduk merata lalu ayak.
  • Pewarna makanan merah, jingga, kuning, biru, hijau dan ungu

 

pic from: bukalapak.com

Apabila tidak ada warna tertentu seperti jingga, hijau dan ungu, sedangkan Anda hanya memiliki pewarna makanan merah, kuning dan biru, cara mendapatkan pewarna sesuai pelangi untuk lidah kucing rainbow, langkahnya:

  • Untuk warna hijau, campurkan warna biru dan kuning.
  • Untuk warna jingga, campuran warna merah dan kuning .
  • Sedangkan untuk warna ungu, campurkan warna merah dan biru.

Sambil membuat ke lidah kucing kita bisa ngajakin si kecil untuk bereksperimen dengan warna pelanginya. Anak-anak pasti suka deh. Eh ada juga nih tips supaya kue lidah kucing rainbow yang kita buat bisa jadi lebih enak enak, gurih dan renyah:

  1. Campurkan mentega, gula pasir serta margarin lalu kocok hingga campuran bahan tersebut berubah warna menjadi putih dan mengembang.
  2. Tambahkan putih telur dan vanila essense secara perlahan sambil terus dikocok hingga adonan menyatu.
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena hingga merata. Jangan terlalu lama karena dapat membuat kue menjadi keras.
  4. Bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata dan tambahkan beberapa tetes pewarna hingga warna adonannya sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Siapkan plastik segitiga dan masukkan masing-masing adonan ke plastik yang berbeda. Potong ujung plastik selebar 1 cm agar adonan dapat keluar.
  6. Siapkan loyang yang diolesi mentega dan spuit adonan lidah kucing ke loyang dan susun agar warnanya seperti pelangi. 1 adonan, 1 spuit.
  7. Panggang ke dalam oven hingga kue matang dan berwarna agak kecoklatan.
  8. Angkat, dinginkan dan masukkan ke toples kedap udara.

Gimana?? Siap bereksperimen di dapur? Semoga berhasil ya…

Ditunggu testernya #eh 😛

Be Sociable, Share!

2 Replies to “Tips dan Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow yang Enak”

  1. aduh enaknya Mom.
    pengen nyoba praktekin.

  2. Untuk pesen jadi kira-kira dimana ya Mba

Leave a Reply