Tips Menyusun Itinerary Liburan Keluarga

Assalamualaikum Sahabats ….

Mungkin kedengarannya aneh banget, tapi semenjak jadi Momtraveler salah satu hobbyku adalah mengutak-atik itinerary liburan. Kalau udah punya rencana liburan rasanya semangat banget bikin itinerary perjalanan. Apalagi kalau itinerary yang kita buat berjalan lancar dan sukses. Udah berasa pede aja mau bikin Biro Tour and Travel hahaha. Sebenernya penting nggak sih membuat perencanaan liburan??

Well … buat sebagian orang liburan tanpa perencanaan terdengar cukup seksi dan menantang. “Apa katanya nanti deh disana, yang penting jalan.” Boleh juga sih nggak ada salahnya juga, kadang aku juga suka gitu kok. Pergi tanpa perencanaan matang, tapi ke tempat yang deket aja. Aku lebih ke tipe merencanakan liburan dari jauh hari sih. Pertimbangannya karena bawa anak. Kasian aja anak-anak dibawa kesana-kemari tanpa rencana jelas, bahkan harus muter-muter nggak jelas sampe malam hanya karena belum dapet hotel. That’s just not me. Backpacking sih iya, tapi kenyamanan untuk anak-anak juga menjadi pertimbangan penting buat kami.

So sebelum traveling, aku pasti mencoba membuat itinerary. Sederhana aja sih, urusan perhitungan budget nanti aku serahkan pada bapak manager keuangan alias suami. 🙂 Dalam membuat itinerary perjalanan, ada beberapa hal yang aku jadikan pertimbangan, supaya semua travelmates nanti merasa aman, nyaman, dan happy tentunya.

  1. Tentukan Tujuan Traveling

Sebelum traveling, diskusikan dulu dengan travelmates mau kemana nih? Kalau anak-anak sudah pada besar, nggak ada salahnya ajak mereka untuk rembugan juga. Dalam menentukan tujuan liburan, jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu yang kita punya. Kalau cuma mau weekend gateway bisa mencari lokasi yang nggak jauh dari rumah atau terjangkau dengan waktu penerbangan 2-3 jam. Lokasi traveling harus jadi pertimbangan penting dalam menyusun itinerary karena jangan sampai waktu jalan-jalan kita hanya habis untuk perjalanan aja. Rugi kan udah semangat mau traveling tapi nggak bisa maksimal liburannya. So be smart ya sahabats.

2. Pilihan Waktu Traveling

Pemilihan waktu traveling ini jadi faktor terpenting dalam menyusun itinerary karena akan mempengaruhi budget liburan. Pengennya sih traveling tuh nggak ngabisin banyak jatah cuti dan pas anak-anak liburan. Sayangnya, tanggal-tanggal kejepit dan liburan anak itulah yang bikin anggaran traveling melunjak. Traveling saat peak season memang nggak dianjurkan. Saranku sih carilah masa low season (biasanya antara Februari – Mei, atau Agustus – Oktober), dimana harga tiket cenderung murah meskipun harus mengorbankan jatah cuti dan sekolah anak. Khusus untuk sekolah anak, aku biasanya liat kalender sekolah sebelum merencanakan liburan. Cari waktu yang nggak ada kegiatan penting atau ulangan, jadi bolosnya nggak terlalu merasa bersalah hehehehe.

3. Sesuaikan Tujuan Dengan Minat, Lama Waktu Liburan, dan Anggaran

Saat menyusun itinerary bahas juga dengan travelmates kita wisata macam apa yang kita inginkan plus sesuaikan dengan anggaran kita. Bawa anak-anak pasti nggak jauh dari theme park yang menyedot banyak anggaran (pengalaman pribadi banget :P). Ini bisa kita bahas sama anak-anak, tentukan 1 atau 2 theme park yang bisa dikunjungi, toh masih banyak tempat wisata lain yang nggak kalah asyiknya. Wisata alam misalnya, juga nggak kalah seru dan edukatif, bonusnya biasanya tiket masuknya lebih murah.

Atau untuk menyiasati anggaran yang tipis asaat traveling keluar negeri, ku suka cari info mengenai tempat wisata yang gratisan. Di Singapore misalnya, banyak lho ternyata tempat wisata keren tapi gratis. Lumayan banget bisa ngirit biaya liburan. Pokoknya tentukan dulu tempat wisata yang akan dituju sebelum berangkat, supaya bisa diperhitungkan baik jarak dan anggaran dalam pembuatan itinerary.

4, Menyusun Rencana Kegiatan

Belilah buku panduan wisata atau browsing mbah google untuk informasi lengkap tujuan wisata, kuliner setempat, sampai how to get there-nya. Buatlah rencana kegiatan yang bisa dinikmati semua anggota keluarga plus variatif dan menyenangkan. Untuk acara tertentu seperti festival atau mengunjungi theme park, tiketnya bisa kita booking sebelum keberangkatan supaya lebih aman.

5. Anggaran Biaya Liburan

Biaya apa saja yang harus ditulis? Kalau aku sih semua, bahkan suami suka bikin budget perhari supaya memudahkan kami mengatur anggaran. Mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, termasuk transportasi lokal, uang bensin (jika menggunakan kendaraan pribadi), makan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir.

Supaya nggak over budget browsing tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Luangkan waktu khusus untuk berburu tiket promo dan membandingkan harga tiket antar maskapai. Manfaatkan promo yang ditawarkan maskapai atau situs booking online. Lebih asyik lagi kalo ada promo booking tiket pesawat plus hotel, jadi kita nggak perlu mencari satu-satu.

 

Kebetulan banget bulan ini lagi ada promo kalo booking melalui Airy App. Apaan tuh Airy App? Kalau selama ini kita kenal Airy Rooms adalah situs booking hotel yang murah dan aman, sekarang melalui Airy App kita juga bisa sekaligus booking tiket pesawat. Sukak deh ama aplikasi yang praktis gini, apalagi bisa di download via Android maupun iOS.

Mulai tanggal 28 – 31 Agustus ini di Airy App ada promo TEMAN (Terbang Murah dan Nyaman). Kita bisa langsung mendapatkan DISKON Rp125.000 untuk semua rute penerbangan domestik dengan periode terbang 28 Agustus – 31 Desember 2017. Caranya cukup dengan memasukkan kode kupon saat proses pembayaran. Asyiknya lagi kupon bisa digunakan 2 kali selama masa promo. Dan untuk setiap transaksi minimal 600.000, customer bakal dapet potongan diskon sebesar 125.000. Lumayan banget kan? Promo ini berlaku untuk semua rute domestik Airy di seluruh Indonesia dengan maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, AirAsia, Batik Air, Sriwijaya Air, Wings Air, NAM Air, Xpress Air, Aviastar, dan Kalstar Aviation

Promo semacam ini sangat berguna untuk menekan anggaran liburan plus bikin mudah semua urusan karena 2 pekerjaan penting booking tiket dan hotel bisa dilakukan sekaligus. Gampsng tur ngirit. 🙂

Beruntunglah kita hidup di era digital, semua pekerjaan jadi lebih mudah termasuk merencanakan liburan. Yuk cuuzz download Airy App sekarang dan manfaatkan promo TEMAN untuk mewejudkan liburan akhir tahun bareng keluara yang spesial. Happy traveling. 🙂

Be Sociable, Share!

9 Replies to “Tips Menyusun Itinerary Liburan Keluarga”

  1. Fiturnya jadi makin lengkap, ya. Biar ngga repot lagi pindah aplikasi untuk pesan kamar ataupun booking tiket pesawat. Suka nih, yang model gini. Praktis! Dan promonya itu menggoda banget😀.

  2. makasih mbak, wah membantu nih, aku dan anak2 mau ke belitung mumpung anakku yg gede boleh ambil cuti kerja dan yg bungsu sdh gak kuliah lg nyusun skripsi

  3. Membantu banget nih buat mommies 😀 Makasih tipsnya, ya bunda!

    Salam kenal! ^^

  4. makin lengkap deh , bisa pesan hotel dan transportasi di satu tempat

  5. Nice info, mba. Bermanfaat banget nih

  6. Bermanfaat artikelnya mba. Thanks yaa. Bisa buat pedoman nih

  7. bagus banget artikelnya,
    pengen sih, tapi belum punya istri sampai sekaran. hahaha
    jomlo terus.

  8. Wah lengkap tips nya. selama ini itinerary suka garis besar dan lebih sering acak2an pas hari H
    ngikutin mood dan kondisi jadinya
    hehehe

  9. Nice info, thank you for sharing Mbak

Leave a Reply