Traveling Keluar Negeri Untuk Pertama Kalinya? Perhatikan Tips Berikut Ini

Assalamualaikum Sahabats ….

Di zaman milenial seperti sekarang ini, traveling keluar negeri bukan lagi impian. Bahkan bisa dibilang cukup mudah melakukannya. Hanya berbekal smartphone kita sudah bisa melakukan beberapa persiapan seperti booking tiket, hotel, bahkan merancang rencana perjalanan. Nggak ada kata susah dan nggak mungkin lagi untuk bisa traveling keluar negeri, pun dengan budget dan waktu yang terbatas.

Tips traveling keluar negeri untuk pertama kalinya

Masih teringat jelas diingatan gimana perasaanku saat pertama kali keluar negeri. Persis kaya anak kecil dapat balon. Senyum terkembang, bungah, dan semangat luar biasa. Meskipun ada juga rasa deg-degan sih, namanya juga pertama kali. The first time you do a thing is ALWAYS exciting. Semua rasa takut dan khawatir berganti dengan rasa semangat dan nggak sabar untuk memulai pengalaman baru.

Pengalaman traveling keluar negeri untuk pertama kalinya buatku adalah beberapa minggu setelah wisuda S1. Terbangnya nggak tanggung-tanggung lho sahabats, aku menjelajah ke belahan bumi yang jauh banget. Tepatnya di benua Amerika, negara Canada. Nggak terbayang sama sekali bisa menjejakkan kaki di kota Vancouver, Canada. Dan yang paling berkesan adalah, liburan kala itu aku habiskan berdua saja bersama papa tercinta. πŸ™‚

Tips traveling keluar negeri pertama kali
Vancouver.. beberapa tahun lalu

Eh ini bukan berarti aku kehilangan rasa nasionalisme atau nggak cinta Indonesia lho ya. Nggak ada hubungannya deh traveling keluar negeri dengan rasa nasionalisme. Indonesia itu surga, nggak akan ada yang bisa menyangkalnya. Tapi mencari pengalaman baru, mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga, itu priceless.

Traveling keluar negeri memang sekarang jadi sangat mudah dan sama sekali bukan hal yang mustahil. Toh tetap saja kita harus mempersiapkan beberapa hal sebelum keberangkatan. Keluar dari zona nyaman kita, baik dari segi budaya, bahasa, cuaca, bahkan makanan, membuat kita harus melakukan persiapan yang sedikit lebih ekstra ketimbang liburan di dalam negeri. But no worries Sahabats, aku bakalan berbagi tips sederhana untuk memudahkan rencana traveling kalian keluar negeri untuk pertama kalinya. Dan semoga buat yang belum kesampean traveling kelluar negeri, disegerakan yah. πŸ™‚

1. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Kalau memang sudah ada rencana untuk traveling keluar negeri, sebaiknya segera buat paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan. Sekarang buat paspor gampang kok, bisa via online. Tinggal persiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, upload, dan datang ke kantor Imigrasi untuk wawancara dan foto. Pembayarannya pun bisa transfer kok, gampang.

Kalau urusan paspor sudah beres, jangan lupa juga untuk mengecek apakah negara yang kita kunjungi mengharuskan visa. Saranku sih for first time traveler, kunjungi aja negara yang bebasΒ  dulu, seperti negara ASEAN misalnya, atau negara yang menerapkan Visa on Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

2. Manfaatkan Tiket Promo dan Booking Jauh Hari sebelum Hari H

Untuk menghemat budget, manfaatkan promo tiket murah Sahabats. Apalagi sekarang banyak kemudahan seperti adanya travel fair atau informasi tiket promo maskapai penerbangan yang bisa kita cek kapan saja via website. Booking tiket jauh hari sebelum keberangkatan, supaya Sahabats punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan hal lain termasuk menabung lagi untuk akomodasi dan pengeluaran lain saat traveling nanti.

Tips traveling keluar negeri untuk pertama kalinya

3. Pelajari Negara Tujuanmu

Penting banget nih, pun ketika Sahabats memutuskan traveling dengan biro travel. Sebagai tamu yang baik kita harus memahami tuan rumah dong. Bagaimana budaya mereka, cuacanya seperti apa saat kita datang nanti, termasuk belajar sepatah dua patah kosakata negara tujuan supaya nanti pas belanja oleh-oleh kita nggak kebingungan hahahaha. Pelajari juga apakah negara tujuan kita punya aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi, termasuk kewajiban melakukan vaksinasi sebelum keberangkatan.

4. Buat Itinirary Lengkap

Rencana perjalanan itu penting lho menurutku, apalagi kalau kita pergi keluar negeri. Setekah urusan booking tiket selesai, mulailah melakukan pencarian hotel yang akan jadi tempat menginap kita. Saranku sih, selain mencari yang harganya bersahabat di kantong, penting juga untuk mencari hotel yang mudah dijangkau dengan transportasi umum dan dekat dengan tempat wisata. Pelajari juga jalur bus dan kereta yang akan kita gunakan selama liburan nanti. Penting juga untuk mencari tahu tempat kuliner (yang halal) dan tempat berburu oleh-oleh yang harganya murah Pokoknya catat semua rencana sedetail mungkin dalam itinerarymu.

Tips traveling keluar negeri untuk pertama kalinya
Nadia ketemu sama Merlion πŸ™‚

5. Tukarkan Uangmu Sebelum Keberangkatan

Alasannya sedih sih sebenarnya, karena banyak negara yang masih menolak uang Rupiah, hiks. πŸ™ Pergilah ke money changer lokal beberapa hari jelang keberangkatanmu dan tukarkan uang secukupnya. Untuk lebih aman kita bisa menukar uang dengan Dollar yang jelas nggak akan ditolak dimana pun, selain itu harganya pun lebih manusiawi. Oya penting nih Sahabats, jangan menyimpan uangmu dalam satu tempat ya. For savety aja sih, bagaimana pun kita tetap harus berjaga-jaga untuk worst case scenario kan? Jangan sampe kejadian kaya aku dulu deh, dompet dicuri orang padahal semua uang dan kartu-kartu penting tersimpan di dalamnya. Rasanya tuh nyesek luar biasa. Bayangin aja di negeri orang tanpa uang, bahkan kartu debet dan kredit ikut hilang. πŸ™

6. Bawa Adaptor Internasional dan Beli SIM Card Lokal

Traveling keluar negeri untuk pertama kalinya membuat kita menyadari banyak hal baru dan berbeda dengan kebiasaan kita di Indonesia. Salah satunya yang paling sederhana aja deh, colokan yang ternyata beda dengan yang biasa ada di Indonesia. Supaya nggak mati gaya jangan sampe lupa bawa international aadaptor. Selain itu penting juga untuk membeli SIM card lokal begitu tiba di negara tujuan. Daripada kena charge roaming yang nominalnya bikin sakit kepala. Tapi kalau cuma beberapa hari dan negara tujuan kita Singapore sih menurutku nggak usah beli SIM Card baru deh. Kita bisa memanfaatkan wifi yang ada di semua titik yang kecepatannya tuh bikin happy. πŸ™‚

7. Bawa Barang yang Penting Saja

Catet ya Sahabats, ini penting banget. Kita tuh cuma mau traveling beberapa hari aja, jadi bawaanny jangan kaya orang pindah rumah yah heheheheh… Bawa barang yang memang berguna dan dibutuhkan. Pakaian misalnya, kan bagus tuh bawa yang warnanya netral jadi bisa mix and match, aksesoris pun seperlunya saja. Toiletries bawa yang ukuran kecil supaya nggak berat dan merepotkan.

Kalau memang merasa perlu membawa makanan karena takut nggak cocok di lidah atau mungkin sulit mencari makanan halal, bawalah secukupnya saja. Oya jangan lupakan juga obat-obatan ya Sahabats, terutama kalau kita traveling membawa anak-anak. Siapkan obat-obatan standart aja, daripada harus beli diluar kan mahal.

Nah itu dia 7 tips sukses traveling keluar negeri untuk pertama kalinya. Aku juga lagi kepengen banget nih bisa traveling keluar negeri lagi. Apalagi sekarang sudah ada baby K, nggak sabar rasanya ngajakin baby K traveling keluar negeri. Doakan ada rezeki lebih ya Sahabats, supaya aku bisa segera traveling keluar negeri lagi supaya bisa menyemangati para momy traveler lainnya.

Semoga tips traveling keluar negeri untuk pertama kali ini bermanfaat buat para sahabats setia Momtraveler.com. Postingan ini juga sekalian menjawab tema Arisan Link kali ini, tentang “yang pertama.” Makasih buat mbak Marita dan mbak Dini Rahmawati yang membuatku jadi punya ide untuk berbagi soal traveling keluar negeri.

Buat sahabats yang sudah pernah traveling keluar negeri, boleh dong ditambahin tips di atas biar makin lengkap. πŸ™‚

Happy traveling πŸ™‚

 

Be Sociable, Share!

18 Replies to “Traveling Keluar Negeri Untuk Pertama Kalinya? Perhatikan Tips Berikut Ini”

  1. Aku pertama keluar negeri langsung jarak jauh, ke tanah suci. Dulu emang udah diniatkan gitu, baru nanti dipikirkan keluar negri mana lagi utk yg kedua dan ketiga, hihii

  2. yang kadang saya pikirin juga makanannya. Terutama untuk anak-anak πŸ˜€

  3. Aku pertama keluar negeri 2013 pas umroh ke madinah mekah jedah transit kualalumpur πŸ˜€

  4. Asik kAlo ada tiket promotion tiap bulannya hhe

  5. Belum pernah ngetrip jauh. Noted deh, tipsnya.

  6. Adaptor internasional emang penting banget ya kak, liza tempo hari kalang kabut nyari adaptor pas lagi di KL karena adaptor kita beda dgn mereka

  7. Obat2 lengkap utk keluarga biasanya aku bawa mba, terutama tolak angin buat suami & obat2an anak buat jaga2 ihihihihi πŸ˜€ karena blm tentu obat yg ada di luar cocok, jadi pasti obat2an ngga akan ketinggalan. Kalau anaknya masih pake popok disposal malah lbh baik bawa lebih, soalnya pernah kejadian di Beijing & popok anakku abis, walhasil belinya ribeet banget.
    Trus satu lagi, scan semua dokumen penting dan kirim ke email, jadi kl ada apa2 (amit2 jangan sampai) kita punya softcopynya buat jaga2 πŸ™‚

  8. Nanti kalo mau keluar negri baca lagi ini,siapa tau ada yg kelupaan….
    mbaakkkkk,kangeennnn

  9. Vancouver…. pengen banget tuh ke sana… jadi ingat The Moffatts, wkwkwk.

    Aaah, semoga aku bisa ketularan mbak Muna jalan-jalan ke luar negeri. Dulu cita-citanya bisa kuliah di England gitu deh, secara barusan lulus, masih menggebu-gebu.. sekarang materi kuliah juga aku udah lupa hihi.

  10. Sekarang keluar negeri udah semacam kebutuhan psikis ya mbak, hehe.. anak2 juga lagi getol nabung buat going abroad πŸ˜ƒ

  11. Waktu pertama kali ke luar negeri, nggak ada panduan yang seperti ini, jadi nggak sempat bikin list πŸ™‚
    Sekarang jadi lebih mudah ya karena banyak panduannya.

  12. Nah mbak, bagian cari tiket promo ini yg agak males mbak, harus rajin lihat-lihat dan cari promo yg pas, biar bisa ke mana aja dengan budget optimal

  13. Kalau punya balita and masih minum UHT sebaiknya bawa sendiri aja daripada susah nyarinya trus anaknya gak cocok

  14. semoga tahun ini saya bisa ke luar negeri untuk jalan2 mom, hehehe. makasih banget atas tips yang di buatkan.

  15. Rajin browsing tiket murah wajib banget, buat yang demen jalan-jalan ya Mom.

  16. Terima kasih tipsnya mbak Muna, penting sekali itu. Meskipun saya belum pernah keluar negri tapi berharap suatu saat nanti atau secepatnya bisa ke Tanah Suci, aamiin.. ya Allah πŸ™‚

  17. Komplit banget infonya, makasiiih

  18. Serunyaaa main ke kanadaa. Teringat pasporku yang expired huhu

Leave a Reply