Sensasi Piknik dan Berenang Bersama Keluarga di Watugunung, Kabupaten Semarang

Assalamualaikum Sahabats ….

Weekend tiba! Saatnya menjawab kembali ke alam, melupakan semua penat akibat rutinitas kerja. Pengen menikmati suasana rustic ala pedesaan yang asri dan sejuk, kami langsung ke Watugunung yang terletak di Kabupaten Semarang.

 

 

Beruntunglahah kami warga Semarang yang punya tempat pelarian kala weekend tiba. Seperti orang Jakarta yang mengandalkan Puncak, orang Semarang memilih ber-weekend gateway di Kabupaten Semarang. Jaraknya dekat dari kota Semarang tapi sudah menawarkan suasana yang sangat berbeda dari kota Semarang.

Kontur Kabupaten Semarang yang berbukit-bukit dan dikelilingi beberapa Gunung membuat kota kecil yang nyaman ini makin asyik dipandang mata. Udaranya pun cukup sejuk, beda banget sama Semarang yang panasnya cethar membahana. Cocok lah buat liburan singkat, padat, tapi tetap menyenangkan.

Seperti ketika kami berencana liburan bareng dengan sahabat abang semasa kuliah dulu. Hubungan persahabatan mereka menurun pada anak-anak kami yang seumuran. Kupikir bakalan seru kayanya ngajakin mereka berenang di Watugunung yang konon airnya bersumber dari Gunung Ungaran. Sementara untuk para orangtua yang nggak mau ikut basah bisa ngobrol sambil menikmati udara segar dan view yang oke punya.

 

watugunung kabupaten semarang
pendopo utama di Watugunung

 

How to Go

Dimana letak Watugunung? Gampang banget kok menemukan lokasi tempat wisata yang satu ini. Kalau dari Semarang ambil jalan menuju alun-alun Ungaran. Dari sana arahkan kendaraan ke arah kiri, tepatnya menuju Desa Lerep. Ada petunjuk jalannya kok. Kalau kalian menemukan jalan yang menanjak berarti kalian sudah dijalur yang benar. Watugunung ada di kiri jalan di samping SD negeri.

Watugunung pamornya memang belum setenar Umbul Sudomukti tapi tetap asyik kok jadi tujuan liburan keluarga, dan pastinya nggak kalah Instagramable. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, dari mulai pepotoan, mancing, berenang, dan banyak lagi.

 

watugunung kabupaten semarang
danau buatan, seru buat mancing

 

How Much Does it Cost?

Well let see, untuk setiap pengunjung Watugung akan dikenakan biaya Rp.25.000, cukup murah ya? Dengan bayar segitu aja kita sudah bisa berenang dan menikmati suasana ala pedesaan yang hijau dengan gemericik air sungai yang bikin hati jadi adem.

Sedikit extra charge buat kalian yang mau membawa kamera DSLR. Akan ada tambahan untuk pengunjung yang bawa DSLR tapi kalau cuma bawa smartphone sih ga ada biaya tambahan.

 

watugunung kabupaten semarang

 

Having Fun at Watugunung

Kami memang merencanakan datang awal ke Watugunung, soalnya kalau weekend tempat ini bakalan full. Tempat ini toh sidah buka sejak jam 08.00 pagi, waktu yang pas buat berenang. Udara masih cukup segar dan nggak akan gosong juga karena matahari belum menyengat panaanya. Selain itu pengennya sih bisa menikmati Watugunung sepuasnya dengan ambil foto sebanyak mungkin.

Di bagian depan, selain Jogjo utama yang juga jadi restoran, ada beberapa pendopo atau rumah-rumahan yang bisa untuk duduk santai dan ngobrol ngalor ngidul bareng keluarga. Setiap pendopo dikelilingi oleh sungai-sungai kecil plus gemericik suara air pegunungan yang sejuk.

Karena tujuan utama kami hari itu adalah berenang jadi kami langsung menuju kolam renangnya. Begitu melihat kolam renang yang luas, biru, dan masih sepi anak-anak langsung sumringah. Nyesel juga sih sebenernya nggak bawa baju renang tapi nggak apa deh kali ini biar anak-anak aja yang menikmati jernih dan segarnya air dari gunung Ungaran yang ada di kolam renang Watugunung.

 

Watugunung Kabupaten Semarang

 

Watugunung Kabupaten Semarang
Masih sepi ..berasa kolam sendiri

Setelah memilih tempat duduk dan meletakkan barang, anak-anak langsung menceburkan diri ke kolam diiringi teriakan. “Ma ..airnya dingin banget,” jerit Nadia. Awlanya mereka memang terlihat kedinginan tapi nggak butuh waktu lama kok untuk segera terbiasa dan langsung menikmati acara renang di Watugunung.

Sementara emak dan bapak asyik ngobrol mengenang masa kuliah dulu sembari sesekali ambil foto anak-anak. Jiwa travel blogger #halah langsung tercyduk liat view Watugunung yang kece, so aku nitipin Nadia temen dan mulai beraksi dengan kamera.

Banyak spot kece yang bisa jadi bahan update di Instagram lho selain kolam renangnya. Dari mulai pendopo yang berbentuk Jogjo dikelilingi hijau pepohonan dan sungai kecil. Di sisi atas kolam renang ada beberapa rumah kayu kecil yang menurut seorang staf rencananya akan digunakan untuk villa dan resort. Wah nanti kalau resortnya sudah buka harus banget nih ย nginep di Watugunung.

 

watugunung kabupaten semarang
calon villa yg bakalan bikin pengunjung Watugunung

 

Buat yang hobby mancing pasti bakalan begah deh liat danau buatan yang cukup luas di bagian depan Watugunung. Pengelola juga sudah menyiapkan fasilitas alat pancing plus umpannya untuk disewa. Jadi tinggal bawa badan dan duduk manis disini menanti umpan dijemput oleh sang ikan heheheh…

Setelah cukup banyak foto yang diambil aku segera kembali ke kolam renang. Cukup lama sih merayu mereka untuk mentas. Entah kenapa yang namanya bocah kalo udah masuk kolam bakalan susah keluarnya. Akhirnya setelah adegan bujuk rayu mereka setuju untuk mandi.

Surprise banget melihat kamar mandi yang cukup banyak dan bersih. Biasanya kan kolam renang kalo udah ramai pengunjung kamar mandinya jadi kotor dan bikin ilfil. Salut buat pengelola, semoga dipertahankan ya kebersihannya. ๐Ÿ™‚

 

watugunung kabupaten semarang
having fun at watugunung

 

watugunung kabupaten semarang

Lunch at Watugunung

Sambil nunggu anak-anak yang lagi asyik mengeksplorasi Watugunung, kami mulai memesan makanan. Menunya sih standart lah ya. Ada menu ringan seperti gorengan ada juga menu bakar dan goreng yang rasanya cukup enak.

Ada yang spesial lho di Watugunung sahabats. Biasanya kan kalo di tempat wisata kita dilarang bawa.makanan dari luar ya, disini beda lho. Pengunjung boleh bawa bontot dan bekal dari rumah yang bisa dinikmati sembari ngadem di pendopo yang ada. Waahh tau gitu sebelum berangkat tadi nyiapin bekal dulu lumayan kan bisa ngirit. #jiwaemak2.

Menjelang siang gerimis datang tak diundang, padahal makin banyak pengunjung berdatangan ke Watugunung. Syukurlah kami datang awal jadi udah puas nikmati semua fasilitas di sini. Hujan makin besar berarti waktunya pulang. Alhamdhulilah bisa kangen-kangenan sama sahabat plus momong bocah di tempat yang indah. Recomended banget deh buat wisata keluarga. Yuk ke Watugunung. ๐Ÿ™‚

 

watugunung kabupaten semarang
ayem tentrem liat yg ijo-ijo ๐Ÿ™‚

 

Tips berkunjung ke Watugunung

1. Pergilah saat weekdaya supaya biaa menikmati Qatugung semaksimal mungkin, terutama bagi yang ingin hunting foto

2. Kalau nggak mungkin pergi saat weekdays, datanglah sepagi mungkin. Watugunung buka jam 08.00.

3. Bagi yang ingin berenang datang pagi suoaya air masih fresh dan nggak panas juga. Bila membawa anak-anak jangan luoa bawa minyak kayu putih atau minyak telon untuk digunakan setelah berenang.

4. Supaya acara piknik makin syahdu siapkan bekal dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga. Minumnya bisa pesan di resto Watugunung.

5. Ambil foto sebanyak mungkin bersama keluarga tapi jangan sampai mengotori apalagi merusak lingkungan yah.

 

watugunung kabupaten semarang
baby K kemana nih hehhe

 

watugunung kabupaten semarang
ayo jalan-jalan ke watugunung

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang

Be Sociable, Share!

13 Replies to “Sensasi Piknik dan Berenang Bersama Keluarga di Watugunung, Kabupaten Semarang”

  1. Kelihatannya adem dan seger ya. Masukin ke weekend list ๐Ÿ™‚

  2. Wiii…asyiknyaaa….

  3. Aku belum ke sini ik mb, mupeng liat kolam renangnya, hehe. Ntar deh nunggu kamila gedean ๐Ÿ™‚

  4. Wah, enak ya, boleh bawa makanan dari luar. Sekarang kan lagi trend tuh nggak bawa makanan dari luar. Hihi. Trend?

    Kalo ke kolam renang emang sebenarnya enak pas weekday ya, terus datangnya pagi. Air masih bersih, jernih, terus nggak twrlalu rame.

    1. Makanya spesial disini boleh bawa bontot, ngirit kan hahaha…

  5. Ihhh seneng deh kalo wisata ke tempat sejuk begini.. Lgs adem, aku ga usah pusing lg krn kebanyakan kena panas :D. Jd villanya blm jd ya mba.seru pasti kalo nginep bbrp hari di sana.. ๐Ÿ™‚

    1. Soon mbak..udah ga sabar juga nunggunya nih

  6. Bulan lalu ke watu gunung, niatnya mau makai disana pas hari sabtu, katanya gak bisa karena resto tutup, hanya buka hari minggu, dan ada tukang yang lagi ketak ketok, ooh ternyata bakalan ada villa dan resortnya ya ๐Ÿ˜€

    1. Iyes bakalan ada villa yg mo launching

  7. Mupeng pingin banget ke sana ๐Ÿ™‚

    1. Mumoung besok weekend mbak langsung deh kesitu yes

  8. Aku jg sering bgt k watu gunung krn sdrku jg ada yg rmhnya d sini juga ..aku suka kolam ikannya..mmg adem bgt tempate

  9. Kapan dulu sempet mau main ke sini. Tapi lihat sudah penuh pak suami jadi bete trus ngajakin pulang aja. Kayaknya emang kalau weekend mending pagi banget ya mbak.

Leave a Reply