Yuk Bikin Itinerary mu Sendiri

Yuk Bikin Itinerary mu Sendiri

Assalamualaikum sahabats πŸ™‚

Salah satu tantangan menjadi pelaku traveling ala backpacker itu kita diharuskan mengurus semuanya sendiri. Dan sebagai seorang emak traveler mengurus semua itu berarti beneran semua.. mulai dari urusan berburu tiket, bikin itinerary, packing barang sendiri, suami, dan barang-barang si kecil juga. Ribet? Bangeeett, tapi disitulan tantangannya. πŸ™‚

Salah satu persiapan pΕ•a traveling yang menurut aku cukup tricky adalah merancang itinerary. Kalau kita traveling bersama travel agent sih enak kita tinggal duduk.manis dan ikut semua jadwal yang sudah mereka susun, nggak enaknya waktu kita dibatasi jadi kalau belum puas di satu tempat kita dilarang protes. Nah..kalau kita jalan sendiri tentu saja destinasi dan lama waktu kita sendiri yang mengatur ya.Β Enak kan mau kemana aja bebas sesuai keinginan hati tapi ternyata merencanakan traveling atau membuat itinerary itu ternyata nggak gampang lho.

Banyak para traveler wannabe yang sering nanya gimana sih caranya bisa bikin itinerary yang sip, mengakomodir semua keinginan tapi tetep ramah di kantong? Semua itu bisa banget diatur tentunya dengan beberapa trick. Sssttt….. these tips are top secret, you better not tell anyone. πŸ˜›

Sebelum membuat itinerary atau rencana perjalanan, ada satu hal yang harus kamu lakukan. Ini wajib banget dilakuin.. kalau nggak rusak deh semuanya. Jadi sebelum bikin itinerary yang harus kita lakukan adalah menentukan tujuan liburan kita. Wkwkwkwk…. bener kan?? Kalau.kita aja masih bingung atau nggak tau mau kemana gimana bisa bikin perencanaan lebih lanjut. So .. make up your mind. Is it Lombok, Maratua, Wakatobi, Japan, or Rusia??? Lhaahh… kok destinasi.impianku kabeh iku hehehhe…

Oke lanjuuuutt……

taken from slideshare.net
taken from slideshare.net

Atur waktu liburan

Sebelum berburu tiket promo coba deh cek kalender di tanggal berapa sih kamu bisa cuti? Seringnya keberadaan tiket promo itu berbanding terbalik dengan masa liburan lho. Kita pakai hukum needs and demands aja. Semakin banyak orang yang liburan semakin mahal juga harga tiket. Jadi sebaiknya jangan pergi pas high season deh. Atur jatah cuti kalian, sesuaikan dengan kalender akademik anak kita (kalau mo family traveling). Kalau udah ketemu tanggal langsung deh booking. Nggak masalah kalau tanggal berangkat masih lama justru ada waktu untuk menghimlun kekurangan dana toh??? πŸ˜‰

hobi main air pergilah ke pantai jangan ke pasar :P
hobi main air pergilah ke pantai jangan ke pasar πŸ˜›

 

Minat = Tujuan = Budget

Itu rumus simple nya aja deh. Apa yang kita suka itu yang kita tuju. Kalau nggak suka ke museum ya jangan dipaksain. Suka berenang ya pergilah ke pantai. Dan jangan lupa… semua bermuara pada satu hal … duit!!!! Fulus membuat semua.myuluss kaaann….

Misal kita hobby shopping tapi cuma punya recehan. Ya jangan ke mall dong banyak kan pasar tradisional atau kaki lima yang jual barang murah. Inget tiga hal itu musti beriringan ya. πŸ™‚

 

Research ….. research….. research….

Thanks God for the internet ...urusan yang satu ini jadi lebih mudah. Cari info sebanyak.mungkin tentang kota tujuan kita. Tempat wisata, tiket masuknya, jam operasional, tempat makan enak, hotel terdekat dan termurah, dan alat transportasi umum yang bisa kita pakai selama disana. Ini penting banget … karena dengan kuta tahu alat transportasi yanh kaita gunakan kita bisa menghitung waktu tempuh juga biaya yang harua kita keluarkan.

beberapa buku panduang traveling yg bisa membantu kita menyusun itinerary
beberapa buku panduang traveling yg bisa membantu kita menyusun itinerary

 

Waktu kami backpacking ke Singapore, begitu landing di Changi kami langsung cari peta kota dan peta MRT. Alhamdhulilah mbak Tesya berbaik hati minjemin kartu Ezzylink nya jadi naik apapun tinggal gesek. πŸ™‚ Selain via internet aku juga suka beli buku panduan backpacking gitu dan terbukti sangat membantu lho. Jangan malu juga bertanya pada teman yang sudah pernah traveling ke tujuan yang sama. Siapa tau ada tips tentang do’s and don’ts yang bisa dibagi. Inget ya malu bertanya kesasar pas traveling lho heheheh. Mbak @Tesyasblog dan simbok @backpackology.me makasih ya kemarin mau direpotin dengan banyak pertanyaanku. πŸ˜‰

Tentukan Budget

Ini topik sensitif sebenernya, terutama untuk para backpacker berkantong cekak kaya aku hahahaa. Pengennya sih mengeksplor sebanyak mungkin tempat tapi apa daya kantong tak sampai. Daripada traveling jadi nggak asyik karena ribut sama suami atau duit abis di tengah jalan ada baiknya kita tentukan dulu berapa sih budget kita selama liburan. Lebih bagus lagi dihitung per hari berapa yang akan kita keluarkan. Beruntung suamiku akunting jadi soal ini ada yanga ngatur cuma nggak enaknya saklek mengarah pelit. Biasa lah cewek liat barang lucu pasti gatel tapi bapak suami udah melotot dikejauhan wkekkek… Jadi keinget pas kami ke Singapore, Nadia tetiba mogok karena minta ice cream. Budget makan kami udah mepet banget hari itu sayanganya Nadia nggak mo ngertiin. Ya wes ngalah daripada Nadia mutung. Kami beli juga deh tu ice cream seharga 7 SGD. It was the most expensive ice cream we have ever bought. πŸ˜‚

Sila sesuaikan tempat tujuan sesuai budget. Misal per hari kita anggarkan 1juta, ya manfaatkanlah 1juta itu sebaik mungkin kalau perlu catat semua pengeluaran. Inget ya nggak boleh lebih dari yang sudah ditentukan ..no matter what. Jangan mengandalkan kartu kredit, yanh ada pulang liburan kaita tenggelam dalam hutang.

kemanapun perginya ... bergembiralah :)
kemanapun perginya … bergembiralah πŸ™‚

Have Fun

Inti dari traveling itu untuk having fun kan? Jadi sementara lupakan semua urusan kantor, hutang, deadline, bahkan sosmed. Kadang kalo lagi traveling hape kumatiin aja internetnya. Mau memaksimalkan waktu dengan dua travelmatesku tersayang. Posting kan bisa kapan aja kecuali ada permintaan live tweet sih. πŸ˜‰

Oya satu catetan.. budget boleh saklek tapi itinerary bisa disesuaikam dengan situasi dan kondisi. Kalau memang harua ada perubahan demi.kebaikan bersama rubahlah yang penting semua happy … semua senyum jadi liburan yang sudah kita susun suyah payah nggak akan sia-sia.

Oke ..sekian tips dari Momtraveler, semoga bermanfaat. Yuk mulai cek kalender, ngajuin cuti, susun itinerary, dan…..

Happy traveling πŸ™‚

 

 

Be Sociable, Share!

41 thoughts on “Yuk Bikin Itinerary mu Sendiri

  1. Aku nyusun itinerary biasanya juga fleksibel alias ga saklek banget, siapa tau kondisi bisa berubah pas nyampe di tujuan. Cuma memang nyiapin detil menuju kemana n naik apanya plus biaya transportnya buat gambaran biar gak nyasar parah n bikin over budget.. hihi. Untuk budget liburan biasanya aku n suami memang punya tabungan khusus, jd disisihkan aja tiap bulan biarpun blm tau mau kemana n kapan bisa brkt, kalau kira2 kurang baru deh ditambah sesuai kondisi (teteuup nyari yg ekonomis) πŸ˜€.

  2. Penting sekali ya Mba menyusun itinerary ala backpacker.. Secara selama ini aku gak bikin jadual secara rinci shg ada saja hal2 yang terlupakan.. Misal bila sdh menjadualkan mengunjungi tempat tertentu tetapi tidak menentukan jam berangkatnya jam berapa maka bisa berantakan acara pada hari ini.. Sebab, jam berangkat hrs tepat kalau molor maka molor pula acara selanjutnya.. Makash ya Mba sdh sharring hal ini..

  3. Aku slama ini jalan2 ikut rombongan temen2. Ud nyusun itin bareng2, eh biayanya melonjak 100% gegara kesepakatan di lapangan, teman2 ngubah moda transportasi Dan otomatis pengeluaran membengkak. Huhuhu

  4. Traveler budget kaya aku sih emg selalu susun itin sendiri, supaya bs atur n milih sgala hal yg termurah. Wkwkwk… Btw, kpn kita bs jln bareng yoo

  5. Waktu pas liburan ke Jawa tahun kemarin, saya sudah buat itin ke Jogja sama Purwokerto. Teman-teman yang di Joga sudah siap menampung kami untuk menginap. Sayangnya, begitu nyampe di kampung suami, di Tegal, suami kambuh migrennya. Jadilah cuma keliling tegal aja. Itin yang dibuat buyar semua karena suami sakit. Mungkin ga terbiasa nyupir jarak jauh dari Lahat ke Tegal. Jadinya tepar

  6. Jadi pengen jalan-jalan bareng keluarga, nih mbak. Selama ini jalan2 barengnya sebatas mudik ke Purwokerto saja. Lah… waktu perjalanannya sangat lama dan budgetnya juga cukup aduhai…. hihihihi

  7. Terus terang saya belum pernah membuat itinerary sendiri, utamanya waktu masih dinas. Semua disiapkan staf, saya tinggal berangkat saja.
    Pernah sekali waktu ada kekeliruan dalam itinerary. Saya mau ke Wellington India tetapi di tiket ditulis ke Wellington New Zealand. Untung saya cek.

    Sampai sekarang juga belum pernah jalan2 ke luar negeri atau dalam negeri yang memerlukan aturan njlimet.
    Terima kasih tipsnya.

    Jika judulnya diganti menjadi Cara Membuat Itinerary tentu akan lebih SEO Friendly.
    Salam hangat dari Jombang.

  8. saya selalu jadi EO kalau buat acara jalan-jalan temen kerja. soalnya kebanyakan mereka cowok, dan mau beresnya aja..hahhaa. tantangannya ya tentu harus research mendalam.

  9. belum pernah bikin itinery,soalnya belum pernah jalan2 kayak dirimu mbak…palingan jalan2nya ke satu atau dua tempat,gitu aja sih..tapi kalau mau jalan2 jauh dan niat banget,harus bikin itinery deh ya hehehe….
    makaish mbak sharingnyaaa^^
    terus,kapan ke Siak?? #eh

  10. yang sudah sudah kalau aku dan suami travelling, kita pasti gak mau ribet dan repot makk.. pakai jasa travel yang 4D3N biasa nya, jadi itinerary sudah lengkap mau kemana saja dan ngapain aja. tapi aku jadi ingin coba tips ini, siapa tahu lebih menghemat pengeluaran hehehe

  11. klo yudi kak, istri yang bagian ngepacking barang2 dan kebutuhan krucil2. yudi bagian ngeluarin duit dan nentuin itenarynya kak, yaa walaupun masih seputaran aceh, belum keluar negeri sih kak hehehe

  12. Ada rencana traveling tahun dpn, kynya butuh itinerary nih… slama ini gmn mood dilapangan aja kalo bareng keluarga. Yg kdg bikin bete, suami dan anak2 bkn pencinta traveling…kalo pun liburan ke satu kota cari hotel bagus lalu bermalasan/nikmati fasilitas di hotel, paling kulineran g terlalu suka traveling yg bkn cape misalnya. Hadeuhh… πŸ™

    1. kalau memamng terpaksa nggak ada pilihan lain ya pas liburan sekolah mbak. kitanya yang ngalahin cuti. anak2pun butuh refreshing kan dan yang paling mereka dan kita harapan pastinya jalan2 bareng seluruh keluarga ya πŸ™‚

  13. saya saya sangat butuh traveling nih, tapi masih kurang fit. kalau bikin itinerary untuk sendiri lebih mudah ya cuman pusing juga kalo gak ada bayangan, kemarin bikin itinerary untuk hiking puyeng juga coz bawa rombongan

    1. makanya kita perlu research itu mak. dulu pas mo ke singapore itu juga ga kebayang, makanya aku rajin googling, baca buku, juga ngerusihin beberapa bloger hehehe….

  14. Salam kenal, Mba πŸ™‚
    Bikin itinerary hobi aku banget. Menyenangkan brosing sana sini nyari tempat yang akan dituju. Kadang ga beneran mau traveling aja aku udah ngayal bikin itinerary nya πŸ˜€
    Ga pernah plek ketiplek bikin jadwal yang kaku sih. Biasanya fleksible. Cuma ngira-ngira akan kemana aja di hari itu. Yang kira-kira searah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *