Manfaat Vitamin D3 Bagi Pasien Covid 19

Assalamualaikum Sahabats …

Sahabats pasti sudah paham betapa pentingnya menjaga imunitas tubuh di masa pandemi ini. Imun tubuh yang kuat akan membantu kita melawan kuman, bakteri, dan virus pembawa penyakit. Untuk meningkatkan imunitas tubuh kita pun harus menjaga asupan vitamin dalam tubuh, termasuk vitamin D3. Ternyata vitamin D3 sangat bermanfaat dalam mengurangi mortalitas akibat pandemi COVID-19.

Sejumlah penelitian pada pasien Covid 19 di seluruh dunia sudah membuktikan bahwa ternyata kandungan vitamin D3 yang cukup dalam tubuh akan membantu pasien melawan virus Corona. Pasien Covid 19 yang asupan D3 dapat tercukupi dengan baik cenderung memiliki gejala yang lebih ringan bahkan tidak bergejala.

Manfaat Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu zat yang diyakini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, dokter yang merawatku selama kena covid 19 pernah bilang D itu singkatan dari daya tahan tubuh.

FYI Sahabats, Vitamin D punya dipercaya segudang manfaat, seperti membantu pembentukan tulang dan gigi, menjaga kesehatan jantung, otot dan otak, mencegah depresi, serta membantu penyerapan kalsium. Kalau vitamin lainnya didapatkan dari asupan makanan, vitamin D bisa kita dapatkan dengan terkena sinar matahari secara langsung.

Tapi harus diingat juga sinar matahari yang baik dan mengandung vitamin D bisa didapatkan antara jam 07.00 – 09.00 pagi. Selain itu, Sahabats juga bisa mendapatkan kebaikan vitamin D melalui beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan dan protein hewani seperti telur, daging merah, dan susu.

Mengapa Vitamin D3 Mampu Tangkal Virus Covid 19?

FYI Sahabats, Vitamin D3 sangat berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh. Kalsium dalam tubuh bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D3 juga ternyata sangat berperan dalam pencegahan dan terapi berbagai penyakit infeksi respiratorik, seperti tuberkulosis paru, influenza, dan covid 19.

Dalam beberapa penelitian lainnya, bahkan disebutkan bahwa resiko pasein Covid 19 untuk mengalami badai sitokin, (komplikasi serius yang berisiko menimbulkan kerusakan organ yang berakibat fatal), dapat berkurang jika ia mendapat asupan vitamin D yang cukup selama menjalani perawatan.

Vitamin D juga dapat berinteraksi dengan protein angiotensin-converting-enzyme 2 (ACE2) sebagai reseptor masuknya virus corona, sehingga mengurangi respons inflamasi terhadap infeksi COVID-19. Makanya penting banget untuk rutin mengkonsumsi vitamin D ya Sahabats, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Berdasarkan pengalaman saat terkena Covid 19 beberapa bulan lalu, aku juga dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dan Vitamin D3 1000 selama masa isolasi mandiri. Selain rutin berjemur setiap pagi, aku juga rutin minum vitamin D3 1000 dan alhamdhulilah gejala yang aku alami tergolong ringan. Setelah hari ke14 aku udah negatif Covid dan bisa beraktivitas normal lagi.

Memilih Suplemen D3 yang Baik

Meskipun kita sekarang sudah tahu manfaat vitamin D, jangan asal minum suplemen juga ya Sahabats. Sesuatu yang berlebihan pastinya nggak baik uga bagi tubuh kita. FYI Sahabats, vitamin D terdiri atas dua tipe, yakni D2 dan D3. Vitamin D3 telah teruji efektif dalam tubuh manusia dibandingkan dengan vitamin D2.

Selain itu, sebagian besar suplemen vitamin D di pasaran menggunakan D3. Jadi, kalau Sahabats mau membeli suplemen vitamin D, pastikan pilihannya adalah yang mengandung Vitamin D3 ya.

Bagi Sahabats yang saat ini lagi terkena Covid 19 disarankan untuk mengkonsumsi vitamin D3 1000 IU agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu, seperti lanjut usia, hamil dan menyusui, berisiko tinggi atau mengalami penyakit infeksi, serta penyakit autoimun.

Dimana bisa membeli vitamin D3 1000 IU? No worries Sahabats karena sekarang suplemen D3 1000 IU bisa dibeli di apotek ataupun toko online kesehatan dengan harga terjangkau. Mulai sekarang rutinkan konsumsi vitamin D3 ya Sahabats supaya imunitas tubuh selalu terjaga. Stay happy and healthy always. 🙂

3 Replies to “Manfaat Vitamin D3 Bagi Pasien Covid 19”

  1. Makasih infonya, memang sekarang info soal vitamin D ini semakin banyak ya, jadi teredukasi pentingnya vitamin D yang dulu mungkin masih minim infonya

  2. Jadi bukan sembarang vitamin D, ya. Melainkan vitamin D3. Terima kasih infonya.

  3. Banyak juga manfaat dari vitamin D3.
    Terutama untuk cegah tertular Covid atau proses pemulihan.
    Semangat sehat-sehat buat kita semua.
    Aamiin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.