7 Kuliner Khas Padang yang Dijamin Bakal Menggagalkan Dietmu

Assalamualaikum Sahabats …

Traveling tanpa agenda wisata kuliner tuh serasa makan tanpa sambal, nggak seru dan kurang nendang. Apalagi kalo liburannya di negeri sendiri yang terkenal dengan surganya kuliner. Termasuk di ibukota Sumatera Barat, Padang, yang aneka menunya dijamin bikin diet kita gagal total.

Tahun 2017 silam rendang pernah dinobatkan menjadi makanan terenak di dunia oleh situs berita dunia CNN dan sampai detik ini masih banyak yang setia sama makanan khas Padang ini. Rasanya memang nggak ada duanya deh dan bikin siapa saja yang makan bakal ketagihan. Menu rendang juga jadi favorit kami di Aceh dan jadi menu wajib saat lebaran.

FYI ternyata nggak cuma rendang yang jadi kuliner jagoan di Padang, masih ada banyak lagi menu khas Padang yang harus banget Sahabats cobain dan yakinlah kalau aku bilang kalian semua bakalan gagal diet tapi tetep bahagia banget berwisata kuliner di Padang.

Berikut ini adalah menu khas Padang yang nggak boleh Sahabats lewatkan saat liburan ke Padang ya. 🙂

Sate Padang

Buatku sate Padang adalah menu yang nggak pernah salah. Selalu happy tiap kali ketemu sama sate Padang dan aku yakin beberapa dari Sahabats juga pasti fans garis kerasnya sate Padang (eh itu mah abangku ya hehehe). Sate Padang begitu spesial karena tampilannya beda dengan sate lain yang ada di Indonesia. Bahan utamanya adalah daging sapi, tapi yang bikin beda adalah saus kuah kuning kental dengan citarasa rempah yang eundeus. Merugilah wahai kalian yang nggak suka sate Padang.

IG @vanijulianti

Dimana sate Padang yang recommended? Menurut beberapa kesaksian sih #halah.. sate Padang Pauh di Simpang Empat Kapalo Koto, Pasar Baru Kecamatan Pauh ini banyak banget penggemarnya dan memang terbukti juara.

Soto Padang

Soto Kudus, soto Lamongan, dan banyak kota di Indonesia punya soto, termasuk juga di Padang. Aku sih pertama kali nyobain soto Padang justru pas pulang ke Aceh dan aku langsung sukak dong. Tampilannya sekilas mirip soto lainnya sih cuma bedanya isian soto Padang adalah daging goreng kering, bihun, dan perkedel kentang. Rasa rempah dalam kuahnya maknyuuus banget deh. Soto Padang bakalan jadi pelepas dahaga dan lapar setelah seharian keliling kota Padang. Nah buat Sahabats yang penasaran sama rasa soto Padang cuzz ke Soto Garuda di jl. s. Parman, kota Padang yes.

IG @minangtourism

Dendeng Batokok dan Dendeng balado

Dua menu yang namanya mirip tapi beda wujudnya. Dendeng batokok adalah dendeng sapi dengan topping sambal hijau sedangkan dendeng balado toppingnya cabai merah. Mana lebih enak? I love them both. Harus kemana untuk mendapatkan dendeng batokok terendeus? Sahabats bisa mampir makan di Resto Simpang Raya di jl. Bundo kandung, kota Padang.

IG @hobimasak.id

Ikan Asam Padeh

Next stop kuliner Padang lainnya yang bakalan bikin Sahabata gagal diet adalah ikan asam padeh. Dari judulnya aja (asam padeh atau asam pedas) udah kebayang pastinya seperti apa citarasa menu satu ini. Yup masakan ikan berkuah asam dan pedas yang setiap kali aku makan bisa bikin nambah-nambah terus. Sumpah deh Sahabata menu ini tuh menu bahaya banget saking enaknya apalagi kalau dimasak pake ikan patin nan lembut dan dimakan selagi hangat. Ya salaaamm.

Gulai Itiak

Penggemar bebek harus nyobain nih. Bebek bakar dengan rempah gulai yang dijamin bikin lidah menari-nari dan ketagihan. Daripada membayangkan dan ngiler nggak jelas Sahabats langsung aja deh ke Gulai Itiak Lado Mudo yang lokasinya ada di jl. Binuang, Bukittinggi.

IG @bukittinggifoodies

Martabak Kubang

Semua menu di atas tadi menu berat nan memabukkan ya Sahabats, jadi aku mau selingi sama menu ringan tapi nggak kalah enaknya. Yups, martabak kubang tampilannya mirip sama Martabak Mesir yang citarasanya rempah dengan potongan daging rendang yang nyuuuss buingits. Martabak Kubang disajikan dengan kuah kecap asam manis yang bikin seger dan nikmat. Cobain martabak kubang Hayuda di jl. Moh. Yamin, Padang.

IG @shantysasanti99

Pisang Kapik

Sahabats suka makanan manis? Harus cobain pisang kapik atau kalau di Jawa dikenal dengan pisang japit. Cemilan ini khas banget karena pisangnya aja beda dengan pisang yang biasa digunakan. Pisang Kapik menggunakan pisang Tambatu yang dibakar utuh di atas arang batok kelapa kemudian dijapit dengan alat penjepit. Pisang kapik disajikan di atas daun pisang dengan topping kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Uwooo yummyyy pwooll deh. Cobain ya pisang kapik di Pasar Atas, Bukittinggi.

IG @kaba_bukittinggi

Gimana Sahabats ngiler nggak si sama 7 kuliner khas Padang tadi? Aku aja sambil ngetik nih entah berapa kali deh menelan ludah, saking udah mo ngiler aja dan pengen segera bikin rencana liburan ke Padang. Kemarin udah sempet ngintip harga tiket pesawat ke Padang via pegipegi.com dan nemu rate harga yang oke banget.

Mumpung ada harpitnas di bulan Maret kayanya bisa tuh diagendakan traveling ke Padang. Setelah cek harga ternyata budgetnya udah hampir masuk nih. Tinggal mengencangkan ikat pinggang dan rayu pak suami dong pastinya hehehe.

Oya kenapa sih aku milih booking via Pegipegi.com? Alasannya simple aja sih karena PegiPegi.com memang terpercaya sih secara beberapa kali booking dan nggak pernah mengecewakan. Aplikasinya simple dan nggak njlimet, banyak pilihan, dan yang paling kusuka banyak promonya. Maklumnya budget traveler, matanya selalu awas menangkap peluang tiket pesawat murah.

FYI harga tiket pesawat yang tertera juga sudah include tax jadi apa yang ada dilayar itulah harga yang kita bayarkan. No tricks whatsoever hehe. Plus lainnya adalah metode pembayaran yang beragam dan prosesnya cepet. Pas ada duit bisa langsung debet, nggak ada duit bisa pake kartu kredit, ups. Pokoknya Love bingiits deh sama PegiPegi.com

PR ku sekarang adalah nabung supaya budget segera terpenuhi dan yang paling penting mulai diet, supaya nanti pas traveling ke Padang siap untuk wisata kuliner sepuasnya. Kalau Sahabats, libur harpitnas rencananya mau kemana nih? Share di kolom komentar ya. 🙂

Be Sociable, Share!

20 Replies to “7 Kuliner Khas Padang yang Dijamin Bakal Menggagalkan Dietmu”

  1. aku paling kangen sama sate padang, duhh uenyaaak. Enak banget kali ya makan di tempat aslinya.

  2. Aku sukaaaaaa banget Sate Padang. Dekat rumahku ada Sate Padang Talang Baduri dan yang punyanya suka cerita soal masa kecilnya di Padang. Kan bikin pengen nyobain makan Sate Padang di tempat asalnya.

  3. rendangnya Padang emang juaroo.. nampol sedapnyoooo…
    tiketnyo kok mahal nian 😭😭

  4. masya Allah ngiler abis deh kalau kuliner Padang, aku mah selama 2 tahun di Padang bikin gendut hahaha semua kulinernya enak bikin nagih deh.

  5. Aku suka banget cumi saus padang mbak. Hihi. Sate padang juga enaaakkk sih. Pisang kepik penasaran ih rasanya.

  6. Masakan padang ini bener2 menggiurkan ya. Apalagi kalo yang pedes wuihh bikin pengen nambah nasi #gagaldiet

  7. Mau banget martabaknya Mbak Muna. Secara aku apapun masuk deh. NGgak ada pantangan, hehehe…

  8. Aku tergiur sama martabak kubangnya, Mbak. Tebel banget ya. Kenyan deh makan seporsi sendiri. Hahahaha. Maruk.

  9. Pisang Kapik itu mirip2 dgn pisang epe ya Mbak klo di Sulawesi. Heheheh.
    Duuhh, makanan Padang itu maknyoooss semuaaa yaakk, itu ngiler dehh lihat dendengnyaaa, hmmm, lapaarrr

  10. MasyaAllah Mom, bikin ngiler kabeh menunya ini
    di sini paling yang sering tak temuin ya nasi padang, dengan rendangnya hehehe yang lain belum. Pengen ke Padang ih, pesen tiket dan penginapannya ke Pegi-pegi asik ini

  11. Pisang kapik tuh sepertinya sama dengan pisang epe ditempat saya. Biasanya diberi taburan gula jawa dan kelapa parut

  12. Huwaa..blm pnh ngerasain semua itu makanan diatas,kecuali yg ada di RM padang disini..hihi.
    Jd pingin kesono euyyy…
    Mulai berburu tiket ah…di pegi pegi…cap cyuzzz

  13. Pisang kepik mirip pisang epek dari Makassar, dijepit dan dibakar gitu, tapi bentuknya jadi bulat ya itu, Muna..aku suka sate Padang dan dendeng..

  14. wkwk kalo makanan khas padang ga ada yang aku ga suka. pokokmen sukaaaa kabeh dan uenak kabeh, jadi kepengen ke padangnya langsung

  15. Enak enak semua itu mbak. Pernah nyoba sate Padang asli waktu ke Padang dulu. Lihat penampakannya udah eneg eh begitu dicoba enaaak.hihi

  16. Aduduuuh…auto laper nih baca ini. Soto, Itiak n Pisangnya tuh yg paling pengen kuicipi..

  17. Pisang kapik ini kok penampakannya mirip sama pisang plenet yg di Semawis ya mbak. Tp mestinya beda rasa dong ya, kan pisangnya beda.
    Ntar jadi catatan aku nih kalo jalan2 ke Padang lagi.

  18. Uwggghh…makanannya menggoda semua. Masakan Padang tuh termasuk yang penggunaannya bahan rempah2nya banyak ya. Jadi rasanya selalu mantep, apapun masakannya.

  19. Buka postingan ini langsung liat makanan2 enak satu halaman full…langsung laper dan pingin ke Padang hehehe

  20. beeeuhh mantep tuh udah saya coba ampir semua. tapi saya belum pernah makan yang ikan asam padeh gimana ya rasanya, kayanya enak tuh.

Leave a Reply to Bang Day Cancel reply