Tips Menjadi Travel Blogger Sukses Ala Dewi Rieka

Assalamualaikum Sahabats ….

Baru nyadar kalo ternyata udah lama banget nggak me-review buku di sini. So kali ini aku mau review buku terbaru dari penulis kondang Dewi Rieka atau yang lebih dikenal mbak Dedew, “Sukses jadi Travel Blogger.”

Semenjak kemunculan internet, dunia memang banyak sekali berubah. Selain jadi “menyempit,” sekarang ini kita banyak mengenal pekerjaan baru yang dulunya bahkan nggak pernah ditemukan di kamus. Travel blogger adalah salah satunya.

Bayangkan, menjalani hobi yang dibayar. Bisa keliling dunia, jadi selebriti dadakan dengan puluhan ribu followers. Ini mah impian semua orang kali ya. Hidup kok rasanya indah dan sempurna banget. Eits …. tidak semudah bayangamu Esmeralda!!! Banyak onak dan duri yang harus dilalui kalau mau jadi travel blogger ngetop. Untungnya mbak Dewi Rieka menyugihkan tips lengkap yang bisa kita ikuti dalam bukunya,” Sukses Jadi Travel Blogger.”

Review Buku Sukses Jadi Travel Blogger

Menjalani hidup sebagai travel blogger memang terlihat indah tapi sebenernya banyak juga perjuangan yang harus mereka lakukan untuk bisa sampai di posisi mereka sekarang.

Mbak Dedew mengisahkan pengalaman beberapa Travel Blogger kondang Indonesia seperti, Trinity, Wira Nurmansyah, Ariev Rahman dan Astari Ratnadya sebagai pemantik semangat buat blogger pemula untuk mulai petualangan dan menuliskannya.

Astari (www.ivegotago.com) sudah mulai menulis dan hobi motret sejak kecil, namun baru menseriusi dunia travel blogger di tahun 2014). Awalnya Astari juga galau dan nggak pede. Tapi dia mulai membaca banyak travel blog dan berlatih menulis sampai dia pun menemukan style menulis yang disukainya (2020: 13). So it takes time and determination ya Sahabats. Intinya harus semangat dan maju terus pantang mundur. 🙂

Again, konsistensi adalah koentji ya Sahabats. Rajin membuat postingan, buat foto yang berkualitas, dan share foto perjalanan di media social. Penting untuk memanfaatkan media social sebagai sarana promosi konten blog supaya lebih dikenal orang dan insyaallah kesempatan akan terbuka lebar.

Bagi Astari, hal yang paling membahagiakan sebagai travel blogger adalah kesempatan untuk ketemu dengan orang-orang baru dan belajar banyak dari pengalaman yang ditemui selama perjalanan. Hal tersebut tentu saja memperluas cakrawala pemikiran dan wawasan seorang Astari. Ya, jadi, tidak heran kalau seorang traveler akan kaya pengalaman dan hati, Astari sangat bersyukur pada Allah karena diberi kesempatan menjadi travel blogger. (2020: 19).

Yuk Mulai Membuat Travel Blog

Udah mulai tergoda untuk jadi travel blogger dong setelah baca pengalaman Astari dibukunya mbak Dedew?? Next step adalah membuat travel blog. Travel blog adalah blog yang berisi kisah perjalanan blogger ke sebuah tempat. Setelah melakukan perjalanan ke sebuah daerah, seorang blogger akan membagikan pengalamannya selama di sana. Mereka menuliskan objek wisata yang dikunjunginya, makanan khas apa yang dicicipi, apa saja keunikan daerah itu, dan banyak hal menarik lainnya. Para travel blogger biasanya menuliskan dengan lengkap panduan menuju derah itu, beserta biayanya sehingga memudahkan pembaca yang juga ingin berkunjung ke sana. (2020: 28)

pic from: dewirieka.com

Ada banyak blog yang bisa dijadikan acuan dalam membesarkan travel blog yang Sahabats miliki. Tinggal plih aja, mau fokus mengulas kuliner kah, membahas keunikan suatu daerah kah, atau menulis panduan wisata ke suatu daerah seperti momtraveler.com eh?? #promosi 🙂

Penting juga untuk travel blogger wanna be mempelajari teori menulis. memang nggak harus juga nulis dengan bahasa baku, tapi PR nya adalah gimana tulisan mengalir, rapi, dan nggak bikin sakit mata. Intinya tulisan kita harus mampu bikin betah pembaca.

Gimana caranya? Mbak Dedew kasih tips yang mudah banget diikuti, caranya dengan menerapkanteori menulis dasar. yaitu prinsip 5W + 1H (who, what, where, when, dan how). Dengan menerapkan 5W + 1H semua informasi yang dibutuhkan pembaca akan terjawab.

Next tips dari Dewi Rieka adalah jangan lupa mencantumkan sumber ketika kita menulis. Data atau referensi penting yang menunjang tulisan kita harus disertakan sumbernya supaya nggak dituduh plagiat. selain itu menyebutkan sumber juga menunjukkan etika yang baik sebagai penulis.

Supaya daya jangkau dan pergaulan lebih luas, mbak Dedew menyarankan untuk gabung dengan komunitas travel blogger. Dari komunitas-komunitas inilah kita akan belajar banyak seputar traveling, info penting seperti jadwal festival budaya, bahkan info job. So jangan malu gabung komunitas travel blogger ya Sahabats. 🙂

Ada namaku di buku mbak Dedew. Aku terharu 😭

Membuat Artikel Perjalanan yang Menarik

Traveling udah, punya blog juga udah, sekarang saatnya menulis artikel perjalanan yang oke. Tips dari mbak Dewi Rieka yang pertama adalah lakukan riset. Kalau sudah punya topik apa yang mau ditulis, mulai riset untuk setiap detailnya. Ada editorial plan seperti layaknya majalah, misalnya membuat outline untuk tulisan. (2020: 58) Outline ini gunanya supaya artikel kita on track dan ga melebar kemana-mana.

Gunakan bahasa yang sederhana tapi mengena. Libatkan semua panca indera saat menulis. Coba ingat suasana saat Sahabats ada di lokasi. Seperti apa cuacanya, apa yang Sahabats lihat, rasakan dan temuka, semua bisa jadi bumbu penyedap yang ampuh bikin tulisan kita jadi mengalir indah.

Penting untuk diingat adalah mempelajari SEO (Search Engine Optimalization). Belajar yang sederhana dulu, yaitu dengan mencari kata kunci yang tepat untuk tulisan kita supaya terbaca mesin pencari, Google. Jangan lupa untuk menyertakan foto pendukung yang kece ya Sahabats supaya pembaca makin betah berlama-lama membaca artikel kita.

Trik Menghasilkan Foto yang Bagus Bermodalkan Smartphone

Keunggulan dari buku Sukses Menjadi Travel Blogger, selain membagikan tips menjadi travel blogger secara runut dan simple, mbak Dedew juga tidak lupa memberikan tips menghasilkan foto yang oke dengan hanya menggunakan smartphone.

Kalau Sahabats belum mampu beli kamera SLR jangan terus patah semangat, smartphone pun bisa jadi “senjata” menghasilkan foto yang oke. So kenali smartphone mu dengan baik. Maksimalkan fitur-fitur yang ada, Next, coba ambil angle foto yang unik dan dengan pencahayaan yang baik pastinya. Last but not least, edit foto sebelum tayang di blog dan social media ya, supaya makin oke hasilnya. 🙂

Nah, semua tips dan tricks sudah dibagikan oleh mbak Dedew, sekarang Sahabats tinggal fokus menulis dan konsisten. Konsisnten di sini bukan harus setiap hari tapi buat jadwal yang bisa kita penuhi. Sanggupnya sebulan 4 postingan, no problemo, asalkan KONSISTEN!! Blog yang ditulis rutin akan memiliki peringkat teratas di mesin pencarian Google dan akan menarik pembacanya setia untuk selalu menunggu jadwal tulisan kamu berikutnya. (2020: 87 -88)

Memang butuh perjalanan panjang untuk menjadi seorang travel blogger sekelas Astari atau Wira Nurmansyah, tapi bukan berarti nggak bisa. Selama kita mau terus update ilmu dan semangat nulis insyaallah kesempatan menjadi travel blogger akan terbuka lebar. Kuy baca bukunya dan praktekkan ilmu dari mbak Dewi Rieka ya supaya bisa jadi travel blogger yang sukses. 🙂

Judul Buku : Sukses Jadi Travel Blogger

Penulis : Dewi (Dedew) Rieka

Penerbit : BIP (Imprint Gramedia)

Terbit : 2020

ISBN : 978-623-216-906-7

Rating : 4/5 bintang

21 Replies to “Tips Menjadi Travel Blogger Sukses Ala Dewi Rieka”

  1. Wah kumplit ya materi yg dibahas di buku keren ini. Jempol untuk penulisnya, dan juga jempol utk Muna yg telah mereviewnya dg apik. Terima kasih ya..

  2. Akkk… makasih banyak ya Muna sudah mereview bukuku terharu dakuu…semoga bisa bermanfaat untuk yang baca..aamiin…

  3. woah mba dedew favorit aku…😍
    aku suka karya beliau dari yang anak kos dodol sekarang mulai garap buku travel…keren memang mba dewiii
    makasih mb aku takserap ilmu mba dewi dulu gimana cara meramu tulisan perjalanan yang runut, menarik dan meninggalkan kesan. Juga kalau aku pribadi suka yang banyak menjembreng foto foto kuliner khas di tiap tempat destinasi traveling sih sebenernya 😉

  4. Buku yang perfek buat jadi ‘warisan’ anak-anak.
    Ntar sok, kapan pun mereka travelling, mereka juga akan menuliskan kisah tripnya tsb.

  5. Aku udah beli dong buku ini, tapi belum tahu isi bukunya. Soalnya langsung kirim ke Surabaya buat hadiah ultah sepupu yang seneng traveling. Ya kali nanti dia bisa jadi travel blogger hits kaya mbak Dedew dan mbak Muna hehe.

  6. Komplet isi bukunya 😍😍 aku punya versi e-booknya di google Play book.

    Sebagai travel bloger wanna be, baca pengalaman dan tips2 dari para travel blogger tuh bikin bahagia dan semangat 😍

  7. Wah, bisa belajar banyak dari buku ini bagaimana menjadi travel blogger yang baik dan menyenangkan. Bukan cuma orangnya saja tapi tulisannya juga harus menyenangkan.

  8. Wah aku belum baca buku terbaru mba Dew, komplit ya isinya. Nggak hanya tips tapi juga penuturan para travel blogger keren. Aku ngikutin blog Astari, Ariev, bahkan YouTube nya Wira Nurmansyah yang asik punya

  9. Mamak satu ini emang paling TOP deh urusan tulis menulis. Ngeblog oke, novel oke, buku anak ya hayuk, buku non fiksi digeber jugak. Nggak salah kalo ngidolain mamak satu ini

  10. Waah ini bukunya mbak Dedew ya, keren ih, isinya lengkap banget. Cocok buat travel blogger pemula ya mbak, bisa dijadikan salah satu starter pack juga nih

  11. Aku hepi banget baca ini Mom. Ada fotoku lho hahahha tapi rame-rame pas di Bogor. acara IIDN. aku belum ngereview ini. Jadi pengen nulis juga ah teh dew ini rajin banget

  12. Konsistensi dan komunitas adalah koentji pamungkas dan serba guna. Terima kasih sudah berbagi. 🙏

  13. Wah, saya selalu kagum sama blogger yang niche nya jelas begini, di sisi lain saya masih mengisi blog saya dengan tema gado gado karena masih mencari jati diri, huhu

  14. keren ini ulasan bukunya Mba Dewi ya, ulasannya lengkap banget jadi mengerti garis besarnya buku ini dan bikin makin tertarik buat berburu buku ini deh

  15. Aku udah baca buku ini, aku paling suka juga yang bagian isi bukunya ada menceritakan barang apa yang harus dibawa saat travelling? Itu jawabannya unik2, emang kerasa pada suka jalan-jalan hahaha. Bukunya bagus untuk blogger pemula yang ga ngambil tema traveling juga, soalnya aku juga ambil beberapa tips nge blog dr buku ini hehe

  16. Wah.. lengkap sekali bukunya ya.. reviewnya pun sangat lengkap mb. Keren 👍👍

    Sepertinya buku ini wajib punya jika punya hasrat sebagai travel blogger ya. Dari cara menulis sampai ambil foto.

    Sangat menarik 👍

  17. Wah…menarik banget mbak, suka banget sama reviewnya mengajak pembaca untuk tahu lebih dalam. Tips-tips dari mbak Dew memang kece.

  18. Jadi pengen beli bukunya… Aku belum punya nih.. Makasih reviewnya mba 😊

  19. Aku pengen banget jadi travel blogger.. agak menyesal dulu2 ga record dan tulis jalan2ku.. sekarang kalo aku mau tulis ulang aku udah lupaa detail2ny huhuhu

  20. Aku pengen banget jadi travel blogger.. agak menyesal dulu2 ga record dan tulis jalan2ku.. sekarang kalo aku mau tulis ulang aku udah lupaa detail2nya huhuhu

  21. Seru mbak aku juga jadi belajar banyak dengan membaca review dari mbak Muna ini. Ingin banget merealisasikan impianku menjadi seorang travel blogger yang bisa punya banyak cerita dan bertemu dengan banyak traveler-traveler lainnya. Sharing cerita-cerita perjalanan adalah hal yang menyenangkan, apalagi sampai bisa menginspirasi untuk terus berpetualang.. seneng banget rasanya.
    Semoga suatu hari nanti bisa jadi travel blogger seperti mbak Muna yang blognya muncul dibuku juga hehe..
    Terima kasih mbak sudah sharing-sharing tentang tips dan trik serta cerita traveling mbak Muna selama ini.. seneng banget bisa bekenalan dengan travel blogger jago hehe <3

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.