Direct Booking dan Online Booking dari Sisi Good Deals dan Pelayanan Pelanggan

Assalamualaikum Sahabats ….

Sahabats … kalian percaya nggak kalau pada dasarnya semua orang di dunia ini adalah traveler? Buktinya hampir setiap hari manusia bersentuhan dengan yang namanya sebuah perjalana. Baik yang jauh maupun yang dekat, rutinitas maupun terencana. Bepergian dari rumah ke tempat kerja bahkan meskipun tempat kerja dan rumah berbeda kota, arus mudik dan arus balik yang selalu ramai dan bepergian karena urusan pekerjaan. Semakin banyak perjalanan yang dilakukan manusia, maka pemesanan tiket perjalanan secara online menjadi pilihan yang populer pada beberapa tahun terakhir ini baik untuk keperluan perjalanan dinas yang berhubungan dengan pekerjaan atau liburan pribadi.

foto by: weheartit.com
foto by: weheartit.com

Online booking yang begitu populer memiliki banyak kemudahaan dan kelebihan meskipun direct booking juga tidak kehilangan penggemar. Manakah yang lebih mudah dan nnyaman digunakan? Semua balik pada penggunanya. Untuk memudahkan kalian membandingkan keduanya dari sisi promo dan pelayanan, berikut ini daftarnya:

Direct Booking

Akses promo terbatas

Biasanya sih Travel agen memiliki akses khusus untuk diskon dan promo penerbangan, transportasi lain maupun hotel dan penginapan. Akan lebih murah untuk membeli melalui mereka. Namun pada travel agent yang hanya memiliki layanan direct booking mereka biasanya hanya akan memberitahukan good deals atau diskon kepada customer yang datang dan memberitahukan bahwa ingin membeli tiket pesawat, transportasi lain dan akomodasi melalui mereka.

Pelayanan pelanggan langsung

Agen travel yang melayani direct booking tidak hanya akan membantu mereservasi tiket sesuai dengan jadwal kita namun mereka juga dapat menyusun itinerary penuh untuk perjalanan kita. Mereka juga akan merekomendasikan tur, transportasi lanjutan, restoran, hiburan dan sebagainya. Pelayanan pelanggan secara langsung ini juga dimaksudkan untuk memberi pelayanan maksimal secara personal kepada tiap pelanggan yang melakukan pembelian tiket atau reservasi melalui mereka. Buat yang males ribet menyusun itinerary liburan sendiri, pilihan ini bisa sangat membantu.

Dengan datang ke agen travel yang melayani direct booking, kita akan mendapatkan jasa layanan yang professional dan personal. Kekurangannya adalah kita harus datang ke agen travel tersebut, melalui antrian dan menunggu di tempat jika petugas perlu mengecek beberapa hal yang berhubungan dengan keperluan kita atau untuk memberi solusi terhadap complain kita. Ketika ada complain sehubungan dengan reservasi kita, kita juga harus mendatangi kantor mereka. Padahal jam kerja di agen travel juga hanya pada jam tertentu saja, sehingga kita seringnya baru bisa mengajukan complain pada keesokan hari. Rada ribet memang ya, terutama buat kita-kita yang punya jadwal super duper padat dan tinggal di kota yang punya penyakit kambuhan bernama macet. 😛

foto by: pinterest.com
foto by: pinterest.com

Online Booking

Akses promo luas

life is getting easier and easier thanks to the internet. Dan untuk urusan traveling atau perjalanan lainnya, internet sangat membantu banget. Agen travel yang layanannya diselenggarakan melalui online booking akan mendata customer maupun calon customernya melalui sign up dan login member. Jika ada akses terbatas mengenai good deals, promo dan diskon terkait tiket penerbangan, kamar hotel maupun transportasi lain mereka akan memberitakukan kepada semua member baik customer dan calon customer yang terdata disistemnya.

Ini menyebabkan promo dan diskon dapat tersampaikan secara luas dan dapat kita akses selama kita mempunyai akun member dari agen travel tersebut. Pemberitahuan secara online juga memudahkan kita untuk cepat tahu dan segera melakukan reservasi jika tertarik pada promo yang ditawarkan.

Pelayanan pelanggan online

Agen travel yang memberikan pelayanan online booking, melayani pelanggannya secara online juga. Memang tidak ada ‘personal touch’ seperti yang ditawarkan direct booking, semisal jika kita sudah menjadi pelanggan tetap maka petugas atau customer servicenya akan mengingat nama dan selera kita dalam bepergian.

Namun agen travel dengan sistem online ini lebih praktis karena dapat kita hubungi kapanpun dan dimanapun kita sedang berada. Jika kita memiliki pertanyaan dan complain maka kita hanya perlu menelepon ke nomor layanan pelanggan yang disediakan informasinya di situs agen travel tersebut. Jika sulit untuk berbicara dengan customer service karena line telepon sedang sibuk, maka kita bisa menyampaikan keluhan dan pertanyaan kita melalui email kepada customer service.

foto by: : merely-merel.nl
foto by: : merely-merel.nl

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk customer service menjawab dan menindaklanjuti keluhan kita. Di sisi lain sambil menunggu tanggapan, kita tidak perlu mengantre dan datang langsung ke agen travel, kita bisa menjalankan aktivitas seperti biasa dan mengerjakan apapun yang harus kita kerjakan.

Pelayanan pelanggan agen travel yang melayani online booking biasanya juga relatif lebih panjang waktunya, banyak diantara agen travel oline yang juga melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan selama 24 jam penuh selama 7 hari dalam seminggu. Ini mempermudah kita sebagai customer, sehingga kita tidak perlu menunggu waktu dan hari-hari tertentu untuk menghubungi bagian pelayanan pelanggan jika ada pertanyaan maupun complain.

Nah kalau menurut kamu, sistem pelayanan mana yang lebih menguntungkan bagi pelanggan? Sharing dong pengalaman kalian dimari.  🙂

Be Sociable, Share!

15 Replies to “Direct Booking dan Online Booking dari Sisi Good Deals dan Pelayanan Pelanggan”

  1. Aku sukanya bisa nulis review sekalian pas habis makek misal hotel.

    1. wah sama dong kita. toss 🙂

  2. Aku suka booking online karena bisa dilakukan kapan pun. Nggak butuh keluar rumah, dan kalo komplen juga enak. Karena begitu booking, kita langsung dapat email konfirmasi. Jadi mau komplen atau nanya2 tinggal kirim email aja.

    1. sama mbak aku juga prefer online booking

  3. online booking paling JUARA deh mbaaa

  4. Pilih online booking kalo aku siy mba. Praktis soalnya. Pernah juga nyobain direct booking di awal-awal perjalanan duluuuu banget ;).

  5. Kalo gw lebih suka online tapi yang sistem pembayaran nya beragam banyak pilihan

  6. Saya pilih online booking juga mba, lebih mudah nggak pake ribet, cepat dan hemat waktu 🙂

  7. Aku suka yg online mb praktis aja

  8. online booking itu juaraaaaa soalnya ga pake ribet. apesnya suka dapat kamar yang zonk kalo lagi promo hihihi

  9. Sekarang semua serba online, ya, Mbak . Bisa lebih memudahkan, termasuk booking tiket atau hotel untuk pergi berlibur.

  10. Suka yang online dong, kan lebih praktis dan enggak ribet plus mendapatkan pelayanan yang samaaa

  11. Saya pernah juga booking online. Memang memudahkan, sih 🙂

  12. Online booking yang jadi…. juaranya.
    Bacanya sambil nyanyi yaa. Xixixi…

    Tak terbatas waktu, bisa ngutang, dan bisa pilih promosi siapa yang paling nendaang 😀

    1. sama mbak aku pun pilih online booking praktis dan banyak promo ya

Leave a Reply