Lakukan 5 Tips Mudah Berikut Ini Untuk Menangkal Gejala Flu Pada si Kecil

Assalamualaikum Sahabats ….

Salah satu hal yang seringkali membuatku galau dan gundah gulana adalah cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini. Apalagi di kota Semarang, saat musim kemarau seperti sekarang ini udara jadi makin panas, belum lagi debu yang rasanya bertambah banyak. Kalau cuma emaknya yang tepar sih gampang, tinggal dibawa jalan-jalan pasti juga sembuh. Tapi kalau anak-anak yang sakit, sedih, kuatir, dan jadi kepikiran terus saat di tempat kerja.

Cuaca yang ekstrim memaksa tubuh kita untuk beradaptasi dengan sangat keras. Kalau nggak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang baik, udah pasti bakalan tumbang deh. Tembok aja kena panas dan dingin bisa retak, apalagi tubuh manusia. Selalu aja ada kabar duka saat cuaca seperti ini entah dari saudara tetangga, ataupun teman. Ada yang kena diare, flu, bahkan sampai demam berdarah. Belum lagi si kakak yang memang punya riwayat alergi dan asma. Gimana para emak nggak parno coba??

Kalau udah begini para emak berdoa minta supaya penyakit si anak dipindahkan ke tubuhnya. Hayo ngaku … pasti ada kan Sahabats yang berdoa kaya aku begini? Padahal kan ibu harus sehat dan kuat supaya anaknya juga bisa melawan penyakitnya.

Semenjak ada baby K, urusan menjaga daya tahan tubuh jadi makin ekstra buatku. Namanya bayi kan rentan banget ketularan penyakit, Jadi kalau ada anggota keluarga yang sakit langsung deh pakaikan masker, gempur dengan makanan bergizi, dan vitamin. Alhamdhulilah pertama kali baby K sakit tuh pas usianya 7 bulan. Pas mulai pergantian musim hujan ke musim kemarau, baby K kena pilek dan batuk ringan. Meskipun sembuh dalam beberapa hari tetep aja emaknya ini harus rela cuti beberapa hari demi bisa memperbanyak asupan ASI dan memberikan kenyamanan dan kehangatan sebanyak mungkin untuk baby K.

Semingguan terakhir aku mulai terserang flu lagi. Cuaca kota Semarang yang garang, hobby minum es teh, plus kecapean membuat daya tahan tubuh melemah. Dan bener aja, beberapa hari kemudian baby K ketularan. ๐Ÿ™ Baby K yang biasanya aktif jadi layu, nafsu makan mulai berkurang, belum lagi rewelnya yang membuatku dan abang harus begadang semalaman. Baby K jadi nggak bisa tidur nyenyak karena hidungnya tersumbat dan batuk-batuk. Kalau udah begadang gini, emak dan bapaknya ikutan lemes di pagi harinya karena kurang istirahat.

Influenza memang penyakit umum yang seringkali menjangkiti anak-anak dan orang dewasa saat perubahan cuaca. Adanya perubahan cuaca yang cenderung ekstrim sekarang ini juga membuat penyebaran bakteri dan virus terjadi dengan mudah. Meskipun flu adalah penyakit yang umum, bukan berarti kita jadi nggak waspada dan menyepelakannya karena itu pertanda bahwa tubuh kita tengah membangun pertahanan melawan infeksi.

Nggak perlu panik dan langsung membawa anak kita ke dokter. Biasanya kalau sudah mulai terlihat gejala flu, aku melakukan beberapa home treatment yang sederhana tapi terbukti cukup efektif. Berikut adalah caranya, semoga Sahabats bisa terapkan juga di rumah.

  1. Gempur Dengan ASI

Beruntunglah para bayi yang masih minum ASI karena ASI lah obat dari segala penyakit bagi si bayi. Menurut penelitian para ilmuwan sudah menemukan bahwa ASI memiliki lebih dari 200 senyawa dengan sifat-sifat alami yang tidak dapat ditiru secara ilmiah, yang berfungsi untuk melawan infeksi, membantu mematangkan sistem imun tubuh, membantu pencernaan, dan mendukung perkembangan otak. ASI merupakan penangkis infeksi paling efektif untuk bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna. So ketika memberikan ASI pada bayi, ibaratnya kita sedang memberikan imunisasi setiap hari dengan cara memberikannya ASI setiap hari. (babyku.org)

aku anak ASI lho ๐Ÿ™‚

2. Berikan Makanan yang Bergizi

Apabila si kecil sudah mulai makan, cobalah berikan MPASI yang banyak mengandung gizi supaya sistem daya tubuh si kecil semakin kuat. Homemade MPASI yang dibuat dengan cinta maksmimal dari ibu pastilah lebih baik dari MPASI pabrikan. Meskipun nafsu makan si kecil mungkin berkurang tetap berikan MPASI ya Sahabats. Berikan buah dan sayur untuk tambahan vitamin, jangan lupa juga proteinnya supaya si kecil kuat melawan penyakit.

3. Berjemur di Panas Matahari Pagi Minimal 10 – 15 Menit

Berjemur atau DD kata orang Jawa, bukan cuma buat bayi baru lahir lho. Saat sedang flu, aku juga menjemur baby K diterik matahari pagi. Sembari berjemur, aku tepuk-tepuk ringan punggung baby K supaya dahak yang mengganggu saluran pernafasannya bisa keluar. Saat terkena terik matahari, pilek yang menyumbat hidung bisa keluar. Nah tinggal dibersihkan dengan tissue atau sedotan hidung.

4. Tetap Beraktivitas di Dalam Rumah

Agar anak dapat tumbuh optimal, anak tetap perlu melakukan aktivitas. Meskipun sedang sakit, nggak perlu membatasi aktivitas bayi kita. Tetap ajak si kecil main dan berikan stimulus seperti biasanya ya Moms tapi di dalam rumah aja. Saat ini usia baby K 10 bulan, dia mulai aktif berdiri dan merambat. Jadi barang yang nggak penting di kamar aku singkirkan dan kasih space yang lapang buatnya untuk belajar merambat.

5. Istirahat yang Cukup

Ini tantangan banget yah, secara saat sedang sakit anak cenderung rewel dan susah tidur. Bayi bakalan nempel terus dan nggak mau lepas dari emaknya. Meskipun terlihat sederhana, ternyata pelukan ibu bisa memberikan rasa nyaman bagi bayi kita.ย Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University Jepang telah melakukan penelitian dan survei yang semakin menguatkan jika pelukan memang bermanfaat bagi bayi juga ibunya. Efek nyaman, tenang, senang pun akan lebih baik jika pelukannya hangat dan dalam. Berdasarkan riset, pengaruh pelukan membuat bayi lebih tenang tiga kali lipat jika pelukannya hangat dengan nafas dalam. Pelukan pun dapat meningkatkan rasa nyaman 5% lebih banyak dan rasa bahagia meningkat 6% lebih banyak. (detik.com)

Saat bayi dalam pelukan kita, ucapkan kata-kata positif yang menenangkan Sahabats. Bayi kita mungkin belum memahami artinya, tapi aura positif dan cinta dari kita akan membuat bayi nyaman dan bisa beristirahat dengan tenang. Oya berikan pijatan ringan dan gosok punggung serta dada bayi dengan menggunakan balsam yang dapat meredakan gejala flu. Alhamdhulilah sejak si kaka bayi aku sudah sangat percaya khasiat ampuh dari Transpulmin BB. Dulu saat pertama kali kakak terdeteksi mengidap asma, Sp.A si kakak menyarankan mengoleskan Transpulmi BB untuk meredakan batuknya.

Selain dekapan hangat, Transpulmin BB tetap jadi pilihanku ketika baby K sakit seperti sekarang. Kenapa sih sejak dulu para Sp.A dan banyak ibu percaya pada khasiat Transpulmin untuk meredakan gejala flu? Alasan utamanya adalah kandungan alami ekstrak bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil yang sejak dulu diyakini kandungannya sangat bermanfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya untuk mengatasi gangguan tidur, pencernaan, pereda sakit, dan lain-lain.Bunga Chamomile memiliki efek meredakan gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek, serta dapat mengahangatkan badan. sedangkan Eucalyptus Oil dipercaya ampuh memberikan efek rekaksasi dan anti inflamasi.

source: transpulmin.co.id

Kandungan bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil inilah yang membuat Transpulmin BB memiliki aroma yang menyegarkan. Transpulmin BB tidak mengandung Champor dan Menthol sehingga kulit bayi aman dari alergi dan iritasi. Dan yang paling aku suka banget nih, Transpulmin BB itu berbentuk cream, jadi nggak lengket dan berminyak, jadi bisa langsung menyerap ke dalam kulit dengan maksimal.

Kalau baby K lagi rewel karena pilek dan batuk, aku oleskan Transpulmin BB di punggung dan dadanya 2-4 kali sehari. Baby K nggak merasa kepanasan karena Transpulmin BB memang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Kandungan Eucalytus Oil nya juga membantu baby K lebih relaks dan tidurpun jadi nyenyak. Jadi tenang deh kalo baby K sudah pules tidurnya, emak pun bisa selonjoran dan rileks sejenak.

Nah buat si kakak nih, ada juga lho Transpulmin Family Balsam yang ampuh meredakan gejala influneza untuk anak di atas usia 2 tahun. Transpulmin family Balsam yang berwarna kuning cerah ini ampuh melegakan saluran pernafasan, meredakan nyeri punggung, sakit kepala, dan sakit perut. Aromanya pun menyegarkan dan hangatnya menenangkan.

source: transpulmin.co.id

Transpulmin Family Balsam ini juga mengandung bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil namun dengan tambahan zat aktif menthol dan Camphor yang meringankan gejala pilek dan gangguan pernafasan lainnya. Ada juga Sage Oil yang memberikan efek aroma therapy yang merelaksasi tubuh.

Saat kakak flu atau asmanya kambuh sebelum tidur aku oleskan dulu Transpulmin Family Balsam ini supaya kakak bisa tidur nyenyak. Alhamdhulilah efeknya pun ampuh. Suara saluran nafas yang ngik-ngik (khas penyakit asma) langusng mereda.

Oya selain dioleskan ke punggung dan dada, Transpulmin BB bisa juga lho digunakan sebagai aroma therapy. Caranya dengan memasukan Trasnspulmin Balsam ke dalam wadah berisi air mendidih, kemudian diletakkan dalam kamar supaya uapnya dapat diserap oleh anggota keluarga yang sedang pilek.

Transpulmin BB dan Transpulmin Family Balsam selalu aku bawa juga saat traveling jadi selalu siap saat gejala flu mulai datang. Biasanya aku memang sedia dua tube minimal, satu di tas yang buat jalan-jalan dan satu lagi untuk persediaan di rumah. Tenang deh pokoknya kalau udah ada Transpulmin BB dan Transpulmin Family Balsam.

Kalau Moms sendiri biasanya melakukan treatment apa saat si kecil flu? Share dong Moms di kolom komentar. ๐Ÿ™‚

 

Be Sociable, Share!

36 Replies to “Lakukan 5 Tips Mudah Berikut Ini Untuk Menangkal Gejala Flu Pada si Kecil”

  1. Transpulmin memang sahabat buat anak-anak kalo lagi kena batpil, meringankan ya efeknya

    1. banget mbak, bobonya juga jadi anteng karena idungnya ga tersumbat lagi

  2. Baru tau ttg balsem ini, sedang galau dgn batuk ananda yg sudah sebulan blum mereda, heran ny batuk itu datang ny klo sedang tdr doang, pasti gk tega lihat anak batuk saat tdr. Imunisasi harus di pending terus karena kondisi ny yg blum fit,,
    Makasih byk buat info ny Mrs. Muna ๐Ÿ™‚

    1. sok segera dibeli transpulmin supaya si ade sehat ya

  3. Bisa dibeli dimana ya mba transpulmin kalo di daerah2?

    1. di apotek ada kok mbak, k24 atau KF pasti ada

  4. Transpulmin memang recomended buat bayi ketika batuk pilek, dari adikku bayi sampai sekarang dia punya anak lagi udah pakai transpulmin ini

    1. sama teh, aku kecil kalo asmanya kambuh ya pake transpulmin. sekarang anak2pun pake transpulmin

  5. Sehat selalu kiddos! Lucunyaaa dedek..transpulmin andalanku pas bocah2 baby..mau beli yang untuk anak2 ah..

    1. sahabat di segala suasana ya mbak dew

  6. Terpercaya nih, sudah femes sejak jaman milisan dulu.
    Sekarang milisan udah ngganti jadi WAnan, tetep Transpulmin pilihan ibu2 ^^

    1. bahkan sejak aku kecil kalo asmanya kambuh pasti gosokan pake transpulmin mbak

  7. Lucu banget adek sih, iya nih selain gempur ASI, aku juga dulu pakai Transpulmin BB buat bayiku. Kini ada Transpulmin untuk keluarga ya jadi makin nyaman deh bawa anak jalan-jalan hehe…

    1. iya jadi kakak dan adek smuanya pake transpulmin

  8. Oh ternyata bisa juga untuk aromatherapy ya, bisa nih untuk bekal di jalan kalo keluar kota. Kadang hidung si bungsu tersumbat saat pagi hari, terutama kalo hawanya dingin

    1. aromanya seger banget kalo dipake untuk aroma therapy mbak

  9. Aku juga pakai transpulmin untuk Shanum Mba. Cocok dan bikin tidurnya nyenyak.

    Bener deh Mba, kalau anak sakit maunya kita aja gitu yang gantiin yah.

    1. hahahah … iya kan?? padahal justru ibunya harus sehat ya supaya anaknya sehat

  10. Di apotik ada ngga mba? Pengen nih buat si adik

    1. pasti ada lah mmbak, gampang kok nyari transpulmin

  11. Alhamdulillah Mbak Muna punya langkah-langkah penanganan yang tepat apalagi ada Transpulmin, jadi Baby K dan kakak Nadia in syaa Allah terbantu ๐Ÿ™‚

    1. alhamdhulilah.. semoga anak2 juga selalu sehat ya mbak

  12. Asi memang obat terbaik nih ya mbak, saran dsa waktu anak batpil juga gitu perbanyak asi, transpulmin membantu menghangatkan tubuh deh

    1. betul banget. ASI untuk pertahanan tubuh, transpulmin supaya hangat dan ga tersumbat hidungnya

  13. WHhh… Dah gede aja dedeknya… Gak terasa. Sehat terus ya nak

    1. aamiin.. makasih doanya budhe

  14. Aku dulu Tau transpulmin dari DSA langganan.. alhamdulillah dokternya itu tipe dokter RUM. Kalau ga butuh obat ya nggak dikasih obat, malah disuruh beli transpulmin aja… ๐Ÿ™‚ Sampai sekarang selalu sedia buat Affan.. tapi baru tahu Ada yg versi keluarga.

    1. dokterku juga gitu kalo anakku sakit cuma di suruh kasih ASI banyak2 terus olesin transpulmin

  15. Transpulmin juga andalanku nih, soalnya aku gamau dikit2 minum obat.

    1. sama mak, makanya selalu sedia transpulmin di rumah

  16. Transpulmin, sahabat anak dikala flu…. aseeek

    1. andalan bangeeeett ๐Ÿ™‚

  17. Wah baru tau soal transpulmin ini..alhmdulillah anakku jarang sakit flu but thanks for sharing mbak ๐Ÿ™‚

    1. semoga sehat2 terus ya mbak

  18. Aku juga baru tau ttg produk ini.. awalnya aku kira ini BB cream ๐Ÿ˜€ *ngaco bgt ya aku hahahahaa

  19. Aku juga pakek iniii… dari dhaff bayi sampe skg 5 tahun.

Leave a Reply