Sate Klopo Ondomohen. Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Sate memang salah satu kuliner andalan Indonesia yah. Rasanya kita bisa menemukan menu ini dimanapun, termasuk di kota Surabaya. Tapi ada satu menu sate yang khas banget Surabaya, sate klopo. Opo meneh kuwi? Klopo (kelapa) jadi sate? Kok bisa?? Enak po?? Uenaak tenaannn wess!!! πŸ˜‰

sate-klopo3Sate klopo Ondomohen, salah satu kuliner Surabaya yang namanya kondang kaonang-onang sampe bikin penasaran tingkat dewa!! πŸ˜› Terletak di jl. Ondomohen (dahulu jl. Walikota Mustajab), tempat ini rasanya nggak pernah sepi pengunjung setiap harinya, dari pagi sampai malam. Meskipun warung sate ibu Asih ini selalu dipenuhi pengunjung tapi beliau nggak tertarik buka cabang. So kalau ingin mencoba kuliner sate klopo ini ya disinilah tempatnya, tak ada lain. πŸ˜‰

Soal ketenaran warung sate ini sudah nggak bisa diperdebatkan lagi deh. Sak Surabaya nggak ada yang nggak tau warung sate klopo Ondomohen ini. πŸ˜‰ Selain bisa dilihat dari pengunjung yang selalu ramai, banyak foto-foto artis dipajang disini. Kayanya penegasan kalau warung sate ini emang oke punyaaahhh. πŸ™‚

Masih pada bingung sate klopo itu gimana penampakan dan rasanya?? πŸ˜‰ Sesungguhnya sate klopo adalah sate sapi Bedanya dengan sate sapi pada umumnya, sate daging sapi ini dibalut dengan parutan kelapa, kemudian dibakar diatas bara api. Dagingnya cukup empuk dengan sensasi rasa manis bahkan sebelum ditambahkan bumbu kacangnya. Perpaduan antara rasa daging yang manis dengan taburan kelapa parut diatasnya membuat rasa sate ini juaraaa bangeetttss!! πŸ˜› Gurih tapi dengan sentuhan manis yang lembut.

sate-klopo4

sate-klopo2

Sate sebelumnya sudah dibakar setengah matang. Saat pengunjung memesan, sate kembali dibakar dibara api hingga matang sempurna. Satu porsi sate terdiri dari sepuluh tusuk, disajikan lengkap dengan sambalnya, kemudian ditemani dengan sepiring nasi putih yang masih anget dengan taburan serundeng (kelapa parut). Kalau nggak mau nasi ada juga lontong kok, boleh pilih lah. Wuuiiihhh… *lap iler. πŸ˜› Sate klopo ini enak walaupun dimakan tanpa bumbu kacangnya, cobain deh. πŸ˜‰ Satu porsi sate klopo cukup banyak dan bikin perut yang meronta-ronta langsung tenang seketika.

Masih merasa sate ini biasa aja? Silakan datang ke Surabaya dan cobain sendiri. Insyallah nggak bakal mengecewakan deh. Bonapetite. πŸ™‚

sate klopo1
ready to eat… mari kita serbuuuu πŸ˜›



Be Sociable, Share!

21 Comment

  1. Saya suka lewat depannya Jeng, tapi belum pernah beli.Sekali waktu kunjungi Warung Tandur (Ketan Duren), di sebelahnya ada Warug Pecel yang enak. Lokasinya dekat kantor Kotamadya Surabaya.Jalan depan kotamadya maju sedikit, kalau diteruskan akan lewat depan Grand City. Nama jalannya apa ya ?

    Salam hangat dari Surabaya

    1. oowhhh.. kalau pecel yang deket Grand City saya juga udah pernah dhe, kalau tandur lewat aja lah… ga doyan duren hehehe… πŸ™‚

  2. Modelnya kayak sate lilit bali cuman yang ni daging nggak dihalusin ya mbak Muna. Trus ttp ada saus kacangnya. Sate lilit nggak pakai saus

    1. ga dililit kok mbak, potongan daging biasa aja. sudah ada bumbunya jadi tanpa saos kacang pun udah enak πŸ˜‰

  3. Eeh.. satenya ada yg jatoohh.. πŸ˜‰
    Belom pernah coba, pingiinnn

    1. hihhihihi…. iya..abaikan!! masih banyak yg lain kok.
      ntar kalo jadi ke Surabaya ma anak2 kita mampir ya. eh jadi kan?

  4. waaah mantabh bener satenya…
    kayaknya patut dicoba…
    πŸ™‚

    1. wajib dan harus. Ditunggu kedatangannya di Surabaya πŸ˜‰

  5. kalo saya kok kebayang manis banget yaa… πŸ™

    tapi ngiler liat cabe rawitnya πŸ˜€ *OOT

    1. nah justru itu mbak yang bikin makin sedeppp πŸ˜›

  6. Alhamdulillah..
    Sudah kenyang liatin satenya.
    Piringnya padahal masih didapur..
    Hahaha

    1. hahahaha… alhamdhulilah kalau udah kenyang mas πŸ™‚

  7. cuma gitu doang toh. kiraaain. ga jadi ngeces ahhh πŸ˜›

    1. halaahhh ngono ding senengane… padahal we banjir lo πŸ˜›

  8. Lha endi penampakan kelapanya dekmun, koq enggak keliatan?

    Bawain donk klo pas mudik wkwkwkk…

    1. kalo dari penampakan emang ga keliatan mbak, tapi kalau udah dimakan berasa ko, ayo kapan main ke Suroboyo πŸ™‚

  9. baru denger lho mak sate klopo πŸ™‚

    1. nah.. itulah makanya harus dicobain mak πŸ˜‰

  10. Khas banget nih satenya, Mbak…
    Saya kadang-kadang suka makan sate juga, Di pasar bantar gebang, bekasi, ada sate yg nikmat banget. Nama warunya sate Bu Haji Idah…
    Kaan-kapan saya posting juga deh…
    Salam dari saya di Bekasi, Mbak.

    1. wah sate apa tuh mas? ditunggu reportase nya πŸ™‚

  11. Aku sering lewat sini Mbak tapi belum pernah mampir πŸ˜€
    Justru yang sering saya ampiri itu nasi goreng yang disebelahnya sate Bu Asih ini. Sambil nunggu pesanan datang sambil menikmati aroma sate πŸ˜€

Leave a Reply