Sejuknya Danau Beratan

Perjalanan ke Bali ini sebenarnya sudah terjadi lebih dari setahun yang lalu. Entah kenapa catatan perjalanan tentang lokasi ini terlupakan begitu saja, padahal Danau Beratan adalah satu dari sekian banyak tempat-tempat indah di Bali yang ingin sekali aku kunjungi.

Kenapa begitu penasaran dengan Danau Beratan? Bukankah masih banyak sekali objek wisata di Bali yang belum kami singgahi? Simple sih jawabannya, karena Nadia belum pernah melihat danau dengan mata kepalanya sendiri. Setelah pantai, gunung, sungai, kebun, air terjun, waktunya Nadia melihat satu keajaiban alam lagi, Danau. πŸ™‚

Meskipun jaraknya cukup jauh dari kota Denpasar (kurang lebih 18 km sebelah utara Denpasar) insyaallah perjalanan ini nggak akan terasa membosankan. Sepanjang jalan yang mendaki dan berliku di kanan kiri jalan akan nampak perkebunan sayur dan pepohonan tropis yang ijo royo-royo. Udara di wilayah ini pun sejuk dan segar sekali, ya keran letaknya yang ada di kaki Gunung Batur. Kadang bila cuaca mendung, kabut akan turun dan membuat udara makin dingin dan syahdu mendayu, walaupun pastinya jarak pandang jadi menyempit ya.

Bali1
foto di ambil dari pinggir jalan sebelum masuk Danau Beratan

Dimanakah tepatnya letak Danau Batur ini? Danau Batur berada di dataran tinggi Bedugul, tepatnya di Kabupaten Tabanan, Bali. Seringnya kita salah kaprah menyebut Danau ini Danau Bedugul padahal nama yang sebenarnya adalah Danau Beratan, dan lokasinya berada di dataran tinggi Bedugul. πŸ˜‰

Danau ini adalah danau terluas kedua setelah Danau Batur yang luas 1.607,5 ha. Selain Danau nya yang indah dan jernih, ada satu keunikan dari lokasi ini. Di tengah Danau berdiri sebuah Pura yang cantik, Pura Ulun Danu namanya. Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan Β Sang Hyang Dewi Danu sebagai Dewi pemberi kesuburan. Danau ini menjadi sumber mata air dan irigasi bagi sawah para petani.

beratan-temple

Ternyata Pura Ulun Danu Beratan ini sudah ada sebelum tahun 1556. Pura Ulun Danu kemudian dibangun oleh Raja Mengwi I Gusti Agung Putu tahun 1633 yang berarsitektur campuran Hindu-Budha dan ditandai dengan stupa Budha. Semenjak pendirian Pura tersebut kehidupan masyarakat sekitar semakin membaik begitu pula dengan kerajaaan kerajaan Mengwi, sehingga sang Raja, I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya β€œ I Gusti Agung Sakti”.

Bali4

Bali3Sampai sekarang bangunan asli Pura masih terlihat kokoh dan indah karena selalu dilakukan perawatan rutin. Bukan hanya Puranya yang dapat perhatian, bunga dan tanaman yang tumbuh di area Danau Beratan juga nggak kalah cantiknya. Nggak heran kalau banyak pasangan calon pengantin yang melakukan sesi Pre Wedding disini, seperti yang kami lihat waktu itu. πŸ˜‰

Kalau sudah puas mengelilingi tepian Danau Beratan, boleh juga lho mencoba mengelilinya. Ada beberapa jenis kapal yang bisa kita pilih untuk mengantarkan kita ke tengah Danau, seperti misalnya wisata Jukung. Jukung adalah perahu tradisional yang terbuat dari kayu. Tarif kapal Jukung Rp 50.000 bisa memuat empat hingga lima orang dengan durasi perjalann selama 30 menit. Kalau ingin yang lebih special lagi, boleh lho mendayung Jukung ini sendiri bahkan memacing di tengah danaunya, asyik ya. πŸ˜‰ Selain Jukung ada juga speed boat, bola air, dan sepeda bebek air yang pasti disukai anak-anak.

Eh rahasia ya … sebenernya aku yakin kita semua sudah pernah melihat bahkan menyentuh puri ini lho? Nggak percaya? Coba deh ambil uang pecahan Rp. 50.000, ada gambar Pura kan disitu? Nah itu dia Danau Beratan hehehe… Beneran kan danau Beratan cantik dan menggemaskan, persis kaya yang nulis postingan ini. *plaakk!!

Happy traveling. πŸ˜‰

bali5
foto ini boleh pijem dari sini yah πŸ˜‰

Be Sociable, Share!

40 Replies to “Sejuknya Danau Beratan”

  1. duh,jadi pingin ke bali lagi…dulu belum nyampe sini q mbk πŸ˜€

    1. yuk ke Bali lagi, disini adem banget lo πŸ˜‰

  2. Kemarin ke bali gak sempet kesini. Kapan ya ke Bali lagi
    πŸ™

    1. semoga bisa segera kembali ke Bali ya πŸ™‚

  3. Hiii Mak Muna…keknya aku eprnah ke sini deeeh, tapi mang namanya Danau Beratan ya…aku coba lihat lagi deeh namanya apa…itu pintu masuknya ada gapura gitu kan *plaaak semuanya juga gitu kali.

    Namanya yang disebut atasanku kala itu Candi kuning, beda ya? *ngelempit daah daguku…

    Tanamannya bagus ya…. warna-warni gitu

    1. wkwkwkk.. kyanya semua pintu gerbangnya Pura deh mak … makanya kalo ke Bali jangan ke Kuta terus cobain kesini mak πŸ˜‰

  4. ohh ternyata udah tahun lalu ya, hehe.. bedugul emang menyejukkan, bogornya bali sering hujan ^^

    1. iya pas aku kesana juga berkabuut banget terus ujan deh hiks πŸ™

  5. Saya janji pada anak dan istri untuk mengajak liburan ke Bali dari anak ke-3 lahir, tapi sampai saat ini belum kesampaian juga….nyocokin liburan anak dan waktu libur saya yang belum ketemu. Pas ketemu e…mau atau pas lahiran…ya maaf

    1. wkwkwkk… makanya kalo mau buat anak juga disesuaikan jadwalnya ma waktu liburan πŸ˜›

  6. Wah.. ada ikan besar ya? πŸ˜€
    Saya belum pernah ke Bali, eh pernah ding kalo ke Balinya..
    Yang belum ke Danau Beratan ini.. πŸ™‚

    Salam..

    1. besaar banget pak, tapi sayang ga bisa di makan πŸ˜›

  7. Ahh mupeeeng…mau kesanaah ah..
    belom pernaah

    *agendain jalan2 bulan depann kemari ahh

    1. asyiiikk …ikutan ya teh πŸ˜›

    2. ikuuuttttt πŸ™‚

  8. baru tau ternyata namanya danau Beratan..
    Pernah ke Bedugul tapi gak sempet mampir danau ini.

    1. ya begitulah, moga2 kalau ke Bali lagi bisa mampir yah πŸ˜‰

    2. moga2 kalo ke Balli lagi bisa mampir ya mak πŸ™‚

  9. baru tahu kalau namanya danau beratan, tahunya danau bedugul….*ketahuan deh kagak pernah baca-baca…. πŸ˜€

    1. hahahaa… iya biasanya mang kebalik sama nama daerahnya πŸ˜‰

    2. nah kan.. aku dulu nggak tau lo πŸ˜›

  10. Maaaakk… keceee nih! Aye ke Ulun Danu Beratan cuma dapet view nya doang, tapi cerita ttg tempatnya nggak dapet. Keren kereeeen… Kangen sama bersihnya Danau Beratan & sejuknya Bedugul..

    1. iya mang udaranya disana sejuk dan adem banget ya, bikin betah πŸ™‚

    2. iya ngangeni emang udaranya, tempatnya juga cantik ya πŸ™‚

  11. Noted, mak. Kalau ke Bali nanti, semoga bisa mengunjungi tempat ini πŸ˜€

    1. sipp .. selamat berlibur mak πŸ˜‰

    2. ammiiinn …semoga bisa segera traveling ke Bali mak πŸ™‚

  12. Bali itu punya kekuatan magis atau magnet kuat. Saya selalu ingin ke sana terus. Rasanya belum jelajah seluruh Bali.

    Salah satunya tempat ini… Duh, kerennya.. Dan, foto terakhir ituuuu ternyata, ya hehehe

    Tempat ini kudu dimasukin ke list jika ke Bali nanti..

    1. iya setuju.. rasanya ga bosen kalo ke Bali. ada aja tempat yang belum dikunjungi πŸ˜‰

    2. harus banget dikunjungi mak πŸ™‚

  13. ternyata selama ini di uang kertas juga ada hihi

    1. iya mak .. bener kan kalo ternyata udah pernah liat dan megang πŸ˜‰

    2. beneerr kan kalo mak myra udah pernah liat πŸ˜‰

  14. Mak… Kalau saya dulu waktu SMA pernah ke sini. Saya dan kawan-kawan saat itu mendayung Jukung sendiri. Jadi kami menyewa 2 Jukung dan balapan hingga pura. Yang perlu hati-hati saat mendayung jukung adalah kalau terlewati speedboat. serem kalau udah seperti itu. mana dulu waktu kami ke sana tidak diberikan pelampung sebagai pengaman.

    1. iya bener, kalo speed boat lewat pasti langsung oleng πŸ˜›

    2. sampe terakhir saya kesana juga nggak dapet pelampung mas, ngeri ya πŸ™

  15. Utari Cahyani says: Reply

    Mak,, terakhir kesini waktu SMA.. lama banget ya.. itu juga tahunya bedugul bukan danau berantan.. naik speed boat keliling danau dan singgah di pura, kebetulan pas ada upacara adat,,.. Tapi emang danau berantan ini keren banget ya mak.. jadi pengen kesana lagi,, πŸ™‚

    1. iya emang cantik banget, udaranya juga bikin betah πŸ™‚

  16. Eeeh tamannya jadi makin bagus ya sekarang?
    Dulu kalo ke Bedugul, kita selalu mampir di sebuah mesjid yg airnya dingiiiiinnn banget! Apalagi buat ke tempat wudhunya harus nyemplung kolam dulu. Sukses deh, Aa kiciprikan setiap ke situ πŸ˜€
    Oia Mak, masih ada yg pamerin uler gede buat di foto bareng ga di Danau Beratan? Dulu ada. Aku sih kasihan sama ulernya πŸ™

    1. iya makin cantik ni mak, seperti dirimu … eeeaaaaa… πŸ˜‰

Leave a Reply