Tips Komplit dan Cara Memilih Bra Menyusui yang Sesuai Bagi Ibu Menyusui

Assalamuailaikum Sahabats …

Semenjak ada baby K, salah satu benda yang penting buat aku adalah bra menyusui. Iyes ternyata memilih bra menyusui itu bukan perkara gampang lho Sahabats. Bagi ibu menyusui, bra menyusui ini memang benda wajib yang harus dimiliki karena mempermudah urusan mengASIhi. Beberapa kali aku beli bra menyusui dan ternyata nggak nyaman banget dipakai dan akhirnya nggak terpakai. That’s why dipostingan kali ini, aku mau share tips dan cara memilih bra menyusui yang sesuai bagi ibu menyusui

Kalau nggak salah sebulan sebelum kelahiran baby K, bra lama udah mulai aku kandangin alias disimpan. Mau dipakai udah nggak cukup lagi karena ukuran payudara sudah membesar, mau dipajang di lemari juga nggak ada manfaatnya dan cuma bikin sedih aja, akhirnya aku simpan aja deh. Who knows nanti kalau urusan persusuan ini udah beres dan aku balik langsing lagi, bra lama bisa dipakai lagi.

 

Sembari belanja perlengkapan bayi, aku juga beli beberapa bra menyusui. Katanya sih memang waktu yang pas untuk membeli bra menyusui adalah sebulan sebelum melahirkan, karena pada saat itulah ukuran payudara kita paling mendekati saat-saat kelahiran dan masa menyusui nantinya. Bisakah bertambah besar? Bisa banget lah. So ada baiknya untuk membeli size yang lebih besar dari yang biasa kita beli. Jadi misalnya kalau di trimester ketiga size bra Sahabats 36A, maka belilah size 36B atau C.

Pentingkah Menggunakan Bra Menyusui??

Mungkin bagi sebagian busui terutama yang PD nya memang kecil nggak masalah menggunakan bra biasa, tapi buatku yang size bra nya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hiks, menggunakan bra menyusui jadi penting banget. Bra menyusui ternyata bisa membantu proses laktasi jadi lebih baik karena dapat menopang dan menyangga PD dengan lebih baik karena pastinya sudah di desain untuk PD yang berisi ASI. Dengan menggunakan bra menyusui insyaallah bentuk PD kita dapat terjaga dengan baik.

Bra menyusui juga sudah didesain supaya kita bisa menyusui dengan lebih mudah kapanpun dan dimanapun. Cukup dengan satu tangan aja kita sudah bisa membuka bra dan langsung menyusui. Rempong juga kan kalau pakai bra biasa yang nggak ada kaitan di depan. Akhirnya jadi kesulitan sendiri deh saat mau menyusui.

Tips memilih bra menyusui yang baik dan nyaman
With baby K

 

Bagaimana Cara Mengukur Bra Menyusui?

Ini penting banget Sahabats untuk diketahui supaya nggak salah beli seperti aku dulu. Setelah kejadian 3 bra mubadzir karena salah ukuran dan model, akhirnya aku browsing dong cara mengukur PD yang bener tuh kek gimana? Sahabats sebaiknya membeli bra menyusui jangan yang terlalu ketat ya, supaya nyaman dipakai dan nggak menghambat aliran ASI. Sebaiknya ada sedikit celah, at least 2 jari di bawah bra. Gunanya untuk memasang bantalan menyusui untuk mencegah kebocoran hehehe.

Nah kalau Sahabats sekarang sudah punya size bra menyusui yang tepat, next step adalah memilih bra yang nyaman dipakai tapi tetep cantik dipandang ya. Alhamdhulilah sekarang desai bra menyusui udah banyak dan makin cantik. Banyak warna, bentuk, model yang bisa dipilih. Berikut adalah tips memilih bra menyusui yang nyaman dan sesuai untuk para busui:

traveling with baby

1. Pilih bahan yang menyerap keringat supaya nyaman saat digunakan dan nggak sumuk. Kalau buat aku sih paling nyaman adalah bra menyusui yang terbuat dari katun.

2. Kalau Sahabats adalah penggemar bra dengan kawat seperti aku, sebaiknya di masa menyusui hindari dulu deh. Bra menyusui yang mengggunakan kawat dikhawatirkan bisa menghambatย  aliran ASI. Nggak baik kan buat baby dan ibunya juga. Sebagai penggantinya, untuk menyangga agar PD kita tetap nyaman, carilah bra menyusui dengan kaitan belakang yang cukup banyak agar bisa dikondisikan sesuai dengan ukuran PD kita. Oya, pastikan juga cup bra-nya menutupi seluruh PD kita ya.

3. Cari bra menyusui dengan kaitan cup (flap) yang mudah dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan. Buatku sih paling nyaman yang flap-nya di bagian atas. Tinggal klik aja udah langsung terbuka, pun saat menutupnya juga gampang.

4. Pilih Bra yang punya bukaan cukup besar, supaya bayi kita nyaman saat menyusui. Selai bukaan besar, pastikan juga bra menyusui kita tetap bisa menopang PD dari bawah meskipun cup terbuka supaya menyusui jadi lebih nyaman. Aku punya dong bra yang bukaannya sempit dan tiap kali abis nyusu, pipi baby K ada bekas bra-nya. Duh langsung sisihkan deh, nggak dipakai lagi demi kenyamanan baby K.

5. Hindari bra yang memiliki jahitan di bagian dalam karena bisa mengenai area puting kita yang super sensi dan akhirnya bikin nggak nyaman.

6. Selama ASI eksklusif sampai kira-kira bayi berumur 1 tahunan, sebaiknya kita punya persedian 3-6 bra menyusui. Tiap kali mandi ganti yang baru ya Sahabats, supaya PD tetap nyaman, bersih, dan wangi.

 

Bra Menyusui dari Mooimom

Setelah pengalaman salah membeli bra menyusui aku jadi lebih selektif lagi. Cari bra menyusui di tempat yang memang khusus menjual produk bumil dan busui dan alhamdhulilah ketemu sama Mooimom. Produk Bra menyusui dari Mooimom pertama yang aku coba adalah yang seemless Maternity/nursing bra yang sudah pernah aku bahas disini ya. Saking cocoknya sama produk Mooimom, aku beli lagi dong dan pilihanku jatuh pada Crossover Maternity dan Nursing Bra.

Crossover maternity and nursing bra Mooimon

Crossover Maternity and Nursing Bra

Buatku Crossover Maternity and Nursing Bra ini juara banget karena selain bahannya yang adem pisan, desainnya yang cute dan manis banget dengan aksen renda di atas cup-nya, bra produksi Mooimom ini punya tali penyangganya besar jadi bisa menopang PD aku dengan baik. Nggak takut melorot deh meskipun nggak ada kawat penyangganya. Masih ada lagi dong plus-nya, yaitu kaitannya yang cukup banyak jadi bisa menyesuaikan ukuran PD dan ada bonus kaitan juga yang bisa dimanfaatkan saat lingkar dada membesar (biasanya saat awal menyusui).

Ada 7 pilihan warna yang bisa Sahabats pilih dan semuanya cantik. Oya dalam websitenya Mooimom sudah menyertakan ukuran bra-nya lho jadi pastikan mengukur size Sahabats dengan benar supaya nggak salah beli.

Soft cup stripe nursing bra Mooimom

 

Soft Cup Stripe Nursing Bra

Ada satu lagi nih bra menyusui yang aku punya dari Mooimom dan nggak kalah nyaman dengan 2 bra yang sudah aku bahas di atas. Sesuai dengan namanya, bra ini dibuat dengan bahan katun yang lembut dengan corak stripe/garis-garis yang lucu. Di kulit tuh jatuhnya adem dan comfy banget.

Meskipun bahannya lembut,soft cup stripe nursing bra ini mampu menyangga PD dengan baik tanpa menekan bagian bawah PD, jadi dipakenya kencang tapi nggak sakit. Saat menyusui juga gampang, flap-nya bisa dibuka dengan satu tangan.

Oya ketiga nursing bra dari Mooimon ini wudah dilengkapi dengan bra pads atau bantalan busa yang mampu menyerap ASI yang tumpah ruah haha. Eh tapi kalo merasa nggak nyaman dan pengen dilepas aja juga bisa lho. Sesuaikan kebutuhan ajah. ๐Ÿ™‚

Nursing bra Mooimom

Nah kalau sudah tiba masanya menyapih, cuci semua nursing bra Sahabats, kemudian simpan dengan rapi di kotak plastik supaya nanti kalau dibutuhkan lagi udah siap pakai.

Ternyata banyak juga ya yang harus kita perhatikan saat mau belanja bra menyusui. Urusan model sih selera ya, tapi yang paling penting adalah kenyamanan. Semoga tips memilih bra menyusui yang nyaman ala Momtraveler di atas tadi cukup membantu para Sahabats busui di luar sana yang lagi berjuang mengASIhi

Be Sociable, Share!

12 Replies to “Tips Komplit dan Cara Memilih Bra Menyusui yang Sesuai Bagi Ibu Menyusui”

  1. Bener banget Mbak, pilih bra harus yg bisa buat kita nyaman dan praktis saat akan menyusu. Klo saya sih suka yg bukaan depan Mbak, kancing depan gtu. Itu yg cross dan renda cantik iihh, naksir daahh.๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Baby K ntar lagi menyapih ya Mbak, semangaaat ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  2. Milih bra kayak milih jodoh *eh ๐Ÿ˜
    Bra yg nyaman bikin gerak kita pun enak, apalagi sambil momong bocah

  3. Wah..tips penting nih buat para busui.. Insya Allah bermanfaat nih tulisannya.. TFS, Muna..

  4. Waah nice info nih secara aku juga busui squad hehehe.. Emang pilih bra itu gamapng-gampang susah.. Btw, semangat mengASIhi ya mbak ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  5. Wah bebtar lagi butuh nih .. jd pgn juga punya bra nya moimomm.. itu yg stripes lucuuuk

  6. Noted mba. Beneran gak kepikir soal space 2 jari, jahitan di dalam, dan bra yg berbekas di pipi.

  7. Wah ketagihan sama mooimom ya. Keliatannya emang nyaman bgt ya

  8. Selain fungsinya yang memudahkan ibu menyusui, plus nyaman juga untuk bayi, model bra-nya pun cakep2 ya, Mba.

  9. Suka banget sama yang warna ungu, Mbak. Desain depannya simpel taoi memudahkab busui saat mau mengeluarkan PD ya.

  10. Hihihi…dulu aku termasuk yg ngga begitu care soal per-BRA-an. Pas zaman menyusui apalagi hihihi. Nice info nih Mba. Bra nyaman bagiku yg ngga berkawat tapi pas memyangganya

  11. Klo aku paling suka bra yg gk pake kawat biar gak sakit

  12. wah aku baru tau nih, beragam juga yah ternyata jenis bra ibu menyusui

Leave a Reply