Wisata Top di Purwokerto

Assalamualaikum Sahabats …

Sahabats sudah pernah liburan ke Purwokerto? Itu lho sebuah kota di Jawa Tengah yang juga merupakan ibu kota dari Banyumas ini terletak di selatan kaki gunung Selamet. Destinasi wisata di Purwokerto memang belum sefamiliar daerah-daerah lain di Jawa Tengah seperti di Semarang dan Solo, tapi siapa sangka, Purwokerto memiliki destinasi wisata alam yang pesonanya tak kalah dengan daerah lainnya. Selain itu, kuliner nya yang lezat juga pastinya bakalan bikin betah deh liburan di Purwokerto. Nah buat yang masih bingung harus kemana di Purwokerto, aku kasih referensi yang woke punya yah. πŸ™‚

  1. Baturaden

Baturaden adalah lokasi wisata paling terkenal di Purwokerto. Untuk menuju kesana cukup 15 menit saja dari pusat kota dengan berkendara. Baturaden merupakan kawasan wisata yang memiliki beberapa wahana seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, pemandian air panas, dan lain-lain. Keindahan alam dan sejuknya udara di kawasan ini akan memanjakan suasana liburan kamu. Kawasan baturaden terkenal sebagai kawasan bebas polusi saat malam atau siang hari. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur dari penatnya polusi dan aktifitas di perkotaan.ketika malam hari tiba kamu akan melihat lukisan langit dengan gemerlap bintang yang memukau dan sangat sayang jika tidak diabadikan dengan lensa kamera.

Purwokerto

Nama Baturaden sendiri diambil dari legenda tentang sepasang kekasih yang bernasib sial, seorang lelaki pelayan (batur) dan seorang bangsawan (raden).Β  Letaknya yang berada di lereng gunung Selamet, membuat Baturaden menjadi tempat yang asyik untuk berlibur di akhir pekan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Baturaden membuat pengelola mendirikan hotel dan penginapan di sekitar lokasi wisata baturaden yang dapat dengan mudah dipesan melalui aplikasi Traveloka.

2. Telaga Sunyi

Lokasi wisata ini terletak sekitar 3 Km dari Timur kawasan Baturaden. Deketan ya, jadi bisa langsung dikunjungi dalam satu hari. Telaga sunyi adalah kawasanΒ  yang alami dengan kejernihan airnya yang dingin menjadikan telaga sunyi menjadi salah satu referensi yang bagus untuk kamu kunjungi saat waktu liburan tiba. Di telaga ini kamu bahkan bisa melihat keindahan kupu-kupu dan capung yang terbang kesana kemari. Pemandangan seperti ini tentu tidak akan pernah kita temui di pusat perkotaan. Namun sayangnya jika berkunjung ke telaga ini, pengunjung dilarang untuk berenang atau mandi demi keselamatan pengunjung itu sendiri.

Tlaga sunyi. foto dari fotowisata.com
Tlaga sunyi. foto dari fotowisata.com

3. Pancuran 3 dan Pancuran 7

Masih berdekatan dengan 2 kawasan wisata sebelumnya, terdapat sebuah tempat yang juga nggak kalah seru. Pancuran 3 dan pancuran 7 yaitu wisata air hangat. Tempat wisata ini sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk pengobatan berbagai macam penyakit karena air yang terdapat di sini mengandung belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan kulit.

Selain menikmati air hangat, kamu bisa menikmati pemandangan di sekitarnya yang memanjakan mata dan menghilangkan penat. Namun untuk sampai di pancuran 3 dan pancuran 7 kamu harus berjuang melalui ratusan anak tangga. Anggep aja pemanasan lah ya sebelum kita menikmati keajaiban alam disini. Jangan kuatir deh ketika sudah sampai di lokasi, lelah menaiki anak tangga akan terbayar dengan indahnya suasanan dan hangatnya air belerang yang baik untuk kesehatan.

4. Gua Sarabadak

Destinasi wisata selanjutnya adalah wisata Gua Sabaradak. Gua ini cocok untuk kamu yang suka tantangan, karena untuk menuju gua ini kamu harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup menguras tenaga. Lelahnya menyusuri jalan setapak akan terbayar ketika kamu sampai di Gua Sarabadak dengan pemandangan batuan warna keemasan dan aliran air segar alami. Di dalam gua ini bukan hanya air dingin tapi juga ada siraman air panas. Lokasi gua Surabadak ini masih berada dalam kompleks pancuran 7 .

Gua Sarabadak. foto dari inilahtempatwisata.com
Gua Sarabadak. foto dari inilahtempatwisata.com

5. Curug Cipendok

Untuk urusan wisata curug atau air terjun, Purwokerto memiliki curug Cipendok yang recommended untuk dijadikan tempat wisata. Letaknya di desa Karangtengah Cilongok, Banyumas atau sekitar25 KM dari pusat kota Purwokerto. Meskipun letaknya di dataran tinggi, akses menuju curug cipendok sudah cukup bagus dan nyaman. Curug Cipendok memiliki ketinggian 100 meter. Suasana tenang semakin terasa ketika kita terjun ke genangan air ditemani dengan kicauan burung yang merdu. Lapar setelah berendam? Jangan khawatir banyak warung jajan yang menjajakan tempe mendoan dan susu yang bisa mengganjal perut kamu. Rugi banget deh kalo udah sampe Purwokerto tapi nggak nyicipin mendoannya yang fenomenal ituh. πŸ™‚

Banyak ya ternyata wisata seru di Purwokerto. Lengkap dari mulai tempat bersantai bareng keluarga, curug, bahkan bisa cocok juga buat yang suka traveling penuh tantangan. Nah terus urusan perut gimana? Seperti sudah kubilang tadi, kuliner Purwokerto juga top markotop dan pastinya bikin ngiler. Ada beberapa tempat makan yang harus kalian cobain saat ke Purwokerto. Ini dia beberapa diantaranya

Andhan Pangrenan Purwokerto

Andhang Pangrenan adalah salah satu taman kota di Purwokerto. Di taman ini kamu bisa jumpai berbagai macam kuliner. Selain berwisata kuliner di taman ini juga tersedia hotspot area, taman bermain, jogging track, dan hall outdoor.

siapa mau mendoan??? ;)
siapa mau mendoan??? πŸ˜‰

Warung Ndeso Purwokerto

Warung Ndeso terletak di jalan Baturaden KM 10. Warung makan ini unik dengan nuansa pedesaan yang alami. Di rumah makan ini akan kamu dapati makanan tradisional setempat dengan cita rasa yang nikmat dan lezat seperti ayam bakar special, singkong goreng bumbu barbeque, serta ceker kecap lada hitam.

Sedangkan untuk membawa oleh-oleh kuliner kamu bisa dapatkan di Jalan Prof Suharso, disana tersedia berbagai macam makanan khas Purwokerto seperti mendoan, tahu brontak, kripik tempe, sroto, gethuk goreng, empal basah, dan lain sebagainya.

Gimana? Seru ya ternyata Purwokerto. Yuk segera jadwalkan berlibur bersama keluarga , teman dan pasanganmu !

Happy traveling πŸ™‚

Be Sociable, Share!

14 Comment

  1. Waah banyak juga ya mbak tempat wisata di Purwokerto. Dari sekian banyak itu yang pernah kudatangi baru Batu Raden aja.

  2. dari SMP sampe sekarnag belum keturtan ke batu raden^^

  3. Mendoan panas sambil liat air terjunn ahh surga! Saya blom prnh ke purwokerto. Thank u infonya mbak

  4. Ko gda fotomunya mba Muna…? Hehehe

  5. Waa…baru nyampe Baturaden sajaa… Yuuk, ke Pwt lg bareng2.. πŸ™‚

  6. Aish mendoan nya bikin ngiler banget

  7. Pernah ke Baturaden, tapi sudah lama sekali.
    Aih, mendoannya bikin ngiler, disini nggak ada yang jual….

  8. Saya suka banget suasana Purwokerto dan Banyumas, serta segala hal berbau Banyumasan hehehe. Ayem gitu rasanya, sekilas serasa slow gitu alur hidupnya πŸ™‚

  9. Aku mau mendoannya aja mbaaaa… jarang2 nemu kayak gitu di Medan πŸ˜‰

  10. OK, kapan2 kudu ke purwokerto lumayan deket naik kreta murce juga hihihi…

  11. Aku taunya Cuma baturaden, ternyata banyak ya, hehe.

    TFS, Mak. Kapan2 nyobain tempat lain.

  12. Belum pernah ke Purwokerto tapi mendoan dan batu raden udah ngetop bangeet yah

  13. Saya pernah beberapa kali ke Purwokerto, tapi belum pernah ke tempat-tempat itu πŸ˜€

  14. Jadi pingin ke Baturaden nih

Leave a Reply