Ngopi Cantik di Toko Kopi Sukajaya Semarang

Assalamualaikum Sahabats ….

Semenjak era new normal, sektor pariwisata sudah mulai bergeliat lagi di Semarang, tak terkecuali resto dan cafe yang sudah mulai buka kembali. Udah pada rindu jalan – jalan dan makan di luar lagi dong pastinya? Nah kalau Sahabats mau rekomendasi ngopi asyik di tempat yang cozy dan lokasinya ada di tempat wisata Semarang yang kondang sejak dulu, nih aku bisikin di postingan ini ya. Bisa ngopi cantik sekaligus menikmati salah satu spot wisata hits di Semarang, ya di Toko Kopi Sukajaya lah tempatnya.

Kenapa aku merekomendasikan Toko Kopi Sukajaya? Simply karena Sahabats bisa mendapatkan dua hiburan sekaligus. Eh jadi kek mana nih maksudnya? Jadi gini Sahabats, semenjak Kota Lama Semarang di make over total, lokasi yang memang jadi landmark andalan Semarang ini makin cantik jelita. Makin banyak pengunjung berdatangan ke Kola Lama karena memang cocok untuk wisata keluarga, nyantai bareng Sahabats, selfie atau sekedar mengagumi keindahan Kota Lama yang everlasting.

taman digunting. Kota lama semarang

Gedung-gedung tua nan cantik direnovasi, sepanjang jalan Kota Lama ditambah ornamen yang Instagramable (meskipun menurutku ada beberapa ornamen yang seharusnya nggak perlu ada). Selain itu saat ini di Kota Lama Semarang betebaran cafe -cafe cantik dengan tawaran menu kopi kekinian dan tempat yang nyaman, dan salah satunya adalah Toko Kopi Sukajaya.

IG @tokokopisukajaya

Lokasi Toko Kopi Sukajaya

Kota Lama kan area nya cukup luas ya, jadi dimana tepatnya Toko Kopi Sukajaya? Sahabats tau dong taman Srigunting yang letaknya persis di samping Gereja Blenduk yang cantik itu? Well, Toko Kopi Sukajaya berada persis di belakang taman Srigunting. So bisa dibilang strategis banget ya lokasi Toko Kopi Sukajaya karena berada di jantung Kota Lama Semarang.

Aku sendiri pun secara nggak sengaja liat Toko Kopi Sukajaya waktu lagi ngadem di taman Srigunting sepulang dari kampus. Dulu sebelum pandemi aku dan abang punya agenda semacam “spouse time” gitu deh. Ngopi atau nonton berdua aja tanpa anak-anak gitu. Acara ngedate sama suami cuma sebulan sekali tapi jadi agenda yang kami tunggu-tunggu hehe… Dan kunjungan kami ngopi di Toko Kopi Sukajaya ini jadi acara ngedate terakhir soalnya besoknya diumumkan PSBB karena kasus Covid meningkat di Indonesia.

Anyway … awalnya tertarik sama namanya sih sebenernya. Biasanya kan cafe -cafe kekinian judul yang mendayu -dayu kek Kopi Kenangan, Janji Hati dan banyak lagi atau pake kosakata bahasa Inggris, tapi kok yang ini beda. Unik menurutku, jadi lah aku ngajakin abang pindah ngobrolnya sembari ngopi di Toko Kopi Sukajaya

Menu Kekinian di Toko Kopi Sukajaya

Kalau dilihat sekilas dari luar tampak biasa aja sih. Sebuah bangunan tua yang dipoles dan di make over di beberapa tempat. Simple tapi cukup cantik lah. Di bagian dalam juga desaiinya cukup sederhana, hanya satu ruangan dengan bar di bagian depan dan beberapa kursi. Kebanyakan ornamennya menggunakan kayu. Menurutku cukup sederhana. Nggak kebanyakan ornamen nggak penting tapi cukup manis dan asyik buat hang out. Simple yet satisfying. 🙂

IG @tokokopisukajaya

Untuk menu di Toko Kopi Sukajaya nggak jauh beda sama menu di cafe kekinian lainnya. Ada beberapa varian minuman kopi seperti coffee late, cappucino, picolo, Vietnam drio, dan banyak lagi. Untuk menu makanannya ada camilan (pisang goreng, pan cake, dkk), dan makanan berat, seperti rice bowl dengan aneka topping.

Kebetulan kami ke sana pas jam makan siang jadi abang pilih rice bowl aja Toko Kopi Sukajaya yang jadi menu andalan cafe ini, sedangkan aku nyobain chicken rice bowl with mentai sauce, salah satu jenis rice bowl yang lagi happening. Untuk kopinya abang pilih Vietnam drip dan aku karena pagi udah ngopi hitam jadi pesennya cappucino aja.

Chicken rice bowl with mentai sauce

Kita review mulai dari makanan dulu ya Sahabats. Untuk chicken rice bowl saus mentai nya enak sih menurutku. Porsinya pas nggak kebanyakan tapi juga nggak pelit. Potongan ayam ditata di atas nasi putih kemudian diguyur saus mentai yang melimpah. Biasanya rice bowl kan sausnya alakadarnya aja, tapi ini beda. Sausnya cukup banyak dan gurihnya juga pas jadi nggak cepet eneg. Rice bowl pilihan abang juga enak. Nasi dipasangkan sama potongan ayam crispy dan sedikit salad sayur yang seger.

Toko kopi sukajaya chicken rice bowl

Kopinya? Cappucinonya menurutku rasanya standart sih. Oke but not special. Vietnam drip nya enak menurutku, citarasa kopinya dapet banget. Next time aku bakalan pesen Vietnam drip aja soalnya lebih enak hahaha. Oya di Toko Kopi Sukajaya nggak cuma ada menu kopi tapi variah menu tehnya banyak juga. Patut dicoba next visit. Oya Toko Kopi Sukajaya juga menjual biji kopi, segala jenis kopi ada, termasuk kopi Gayo yang lama nggak aku rasain. Jadi kangen Aceh. 🙂

Overall, we had a great time at Toko Kopi Sukajaya. Dan kalau kebetulan Sahabats pas lagi ada di Semarang, baik untuk acara kerjaan atau piknik jangan sampai lupa mampir ke Kota Lama dan ngopi di Toko Kopi Sukajaya ya Sahabats.

One Reply to “Ngopi Cantik di Toko Kopi Sukajaya Semarang”

  1. Kopinya menggoda banget ya mb di Sukajaya..tempatnya jg cozy bgt

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.