5 Pilihan Tempat Membeli Tiket Kereta Api Murah

Assalamualaikum Sahabats ….

Bulan April dan Mei memang selalu jadi bulan yang ditunggu banyak orang termasuk aku juga. Alasannya apalagi kalau bukan tanggal merah yang betebaran dan bikin kaki pengen melanglang buana. Tahun kemarin sih nggak pake mikir deh, lihat tanggal merah dan acara liburan pun disusun. Mo liburan jauh atau dekat, naik transportasi darat, laut, atau udara, yang penting bisa happy bareng keluarga. 🙂

Moda transportasi umum di Indonesia ada banyak sekali yang bisa dipilih baik itu transportasi darat, udara, maupun laut. Setiap moda transportasi masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya dari harga yang ditawarkan, keamanan, dan juga cara pembelian tiket yang disediakan. Salah satu moda transportasi yang bisa dipilih dan jadi salah satu moda transportasi favorit aku adalah adalah kereta api. Menurutku kereta api sekarang ini sudah mempunyai pelayanan yang baik dan juga kendaraan yang masih layak untuk digunakan.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh moda transportasi umum ini, dari harga tiketnya yang terjangkau, keamanan yang sangat diprioritaskan, dan juga tempat pembelian tiket yang banyak. Beberapa tempat pembelian tiket kereta api murah dan aman yang bisa dipilih seperti berikut ini:

pic from pinterest.com
  1. Stasiun KAI

Tempat yang pastinya menawarkan tiket kereta api adalah stasiun kereta api yang memang bisa menjadi tempat untuk pembelian tiket secara langsung. Tiket yang bisa dibeli di tempat ini harganya biasanya merupakan harga standard sehingga akan lebih murah dibandingkan tempat pembelian tiket lainnya. Tetapi untuk mendapatkan tiket dengan harga standard tersebut, biasanya masyarakat harus datang secara langsung ke stasiun dan juga menunjukkan identitas yang dipunyai. Nggak enaknya beli tiket kereta api langsung di stasiun adalah  harus antri dan berpanas-panasan agar mendapatkan tiket. Karena itulah banyak orang mulai beralih ke tempat lain yang lebih nyaman, cara pembelian ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Tetapi hal tersebut hanya untuk beberapa tiket saja karena banyak tiket cuma bisa dibeli secara langsung di stasiun.

2. Agen tiket

Selain stasiun, tempat pembelian tiket kereta api selanjutnya adalah di agen tiket. Ada banyak sekali agen tiket yang menawarkan tiket kereta api berbagai tujuan serta beragam tiket moda transportasi lainnya. Agen tiket ini dapat ditemui dengan mudah dan mempunyai kantor sendiri sehingga bisa langsung didatangi oleh pembeli sama halnya dengan membeli tiket di stasiun. Akan tetapi untuk harga tiket di agen ini tentu saja lebih mahal dibandingkan harga tiket asli yang membeli di stasiun.

3. Minimarket

Tiket kereta api murah juga bisa didapatkan di minimarket yang juga merupakan tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari, pulsa, dan lainnya. Sama halnya dengan membeli tiket agen tiket, ada harga tambahan yang harus kita keluarkan apabila membeli tiket di minimarket. Akan tetapi karena mudahnya ditemui, maka minimarket juga menjadi salah satu tempat beli tiket kereta api favorit, termasuk aku juga nih.

4. Situs KAI online

Buat yang sukanya mager atau lebih suka yang praktis lebih enak membeli tiket dengan mengandalkan gadget dan internet yaitu secara online. Tempat online yang bisa dipilih adalah di situs KAI yang dapat untuk mengetahui jadwal keberangkatan, tujuan, dan juga harga tiket kereta api ini. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat dengan memilih situs KAI ini seperti harga yang sama ketika membeli di stasiun tetapi akan dengan proses dan cara yang lebih mudah. Oleh karena itulah bagi masyarakat yang sibuk bisa untuk memilih membeli tiket di situs ini.

5. Situs perjalanan

Selain situs KAI, tempat pembelian tiket kereta api murah juga bisa didapatkan di banyak situs perjalanan yang ada di internet maupun aplikasi perjalanan yang bisa diunduh dan digunakan di handphone pintar. Untuk pemilihan tempat ini ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan harga khusus, promo dan juga ketersediaan tiket yang bisa didapatkan di situs perjalanan.

pic from: maiga-travel.com

Ternyata banyak juga ya pilihan untuk membeli tiket kereta api murah. Sahabats bisa mencoba 5 pilihan tempat memberi tiket kereta api murah di atas sesuai dengan kebutuhan. Mumpung masih ada waktu sebelum lebaran datang, bisa browsing dan membandingkan ke 5 pilihan tadi buat beli tiket mudik nanti.

Kalau Sahabats biasanya memilih membeli tiket kereta api lewat jalur mana? Atau mungkin ada tempat lain yang bisa juga dicoba? BOleh dong di share disini. 🙂

Be Sociable, Share!

20 Replies to “5 Pilihan Tempat Membeli Tiket Kereta Api Murah”

  1. Kalo aku skrg lebih suka pesen tiket by aplikasi mbak

  2. Kalo aku biasanya di situs online ..

  3. Kalo aku skrg lebih suka pesen tiket by aplikasi mbak
    Bisa kapan saja sih. Tp tetep aja bayarnya manual ke atm wkwkakk

  4. Aku biasanya beli di situs penjualan tiket tuh, atau kalau dah mentok ya lewat minimarket. Tapi paling enak ya langsung ke stasiun jadi bisa minta kursi yang valid. Praktis dan ekonomis sih sih sekarang pesan tiket kereta api mah.

  5. saya di indomaret, minimarket paling deket dr rumah 🙂

  6. Teknologi membuat hidup semakin mudah. Dan teknologi lah yang membuat tempat tempat penjualan tiket itu sekarang juga lebih mudah. Dulu waktu kecil untuk membeli tiket kereta api ke Semarang saja Ibu saya harus berangkat malem-malem dari rumah biar bisa antri dan itupun kadang dikerjain oleh calo. Alhamdulillah sekarang untuk bepergian jadi lebih mudah

  7. biasanya saya beli tiket di situs KAI. Prosesnya cepat 🙂

  8. kalau aku biasanya pesen via indomaret. dkt rumah tinggal jalan kaki mak 😀
    kalau kepepet pesen sama saudara yg kerja di KAI hahaha 😀

  9. Aku biasa beli via Indomaret, lebih ngebantu karena ada dimana-mana Indomaretnya

  10. antara online sama minimarket, hihihi

  11. langsung web kereta api lalu transfer

  12. aku juga pingin jalan2 ke solo naik kereta api…kyke asyik. tq mbak

  13. Aku biasanya lewat aplikasi online

  14. Ternyata minimarket ada juga yang murah . .kunbal ya lihat produk

  15. Biasanya aku beli ol mbak. lebih simpel tinggal ngeprint di Stasiun 🙂

  16. Dulu pulang bandung seringnya beli tiket kereta api eksekutif harina, kalau abis kebagian bisnis, kalau mau lebaran udah beli dari sebelum puasa, pernah juga dicancel kena potongan 25 persen apa 30 persen dari harga semula, dan uang sisanya kembali sebulan kemudian, 2 taun ini jarang naik kereta karena lebih enak bawa mobil sendiri biar bisa berhenti istirahat dan ngatur jadwal setelah pekerjaan kantor selesai 😉☺

  17. Paling gampang via online, tapi sodara sukanya beli di minimart katanya lebih malem krn ada bukti print-out

  18. pak misua yg sering pake KA. Dan biasanya pake yg onlen… simple praktis dan mudah skg mah ya…

  19. Paksuami yg sering pergi, biasanya pilih langsung ke stasiun. Masih konservatif deh caranya. Etapi sekarang udh ke minimarket ding, hihii

  20. Terakhir itu belinya di stasiun langsung, Mbak. Ini pengen juga nih pergi bertiga naik kereta ke Jogja. Kayaknya kok seru banget, ya.

Leave a Reply