5 Tips Jitu Memilih Hotel Saat Traveling

Assalamualaikum Sahabats ….

5 Tips jitu memilih hotel saat traveling. Selain berburu tiket, salah satu PR besar sebelum traveling adalah memilih hotel. Iyes ibarat kata memilih hotel saat liburan tuh seperti milih jodoh. Salah pilih hotel bisa berakibat liburan kacau balau. Jadi gimana sih caranya memilih hotel yang tepat selama liburan? Tepat disini artinya bukan hanya sesuai dengan budget tapi juga nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Hotel menjadi salah satu hal yang penting saat kita traveling. Bukan sekedar untuk selonjoran dan istirahat setelah kita melancong seharian tapi hotel ibaratnya seperti rumah sementara saat kita traveling. Setelah seharian berpetualang, badan kita ini berhak lah mendapatkan istirahat yang layak dan cukup supaya besoknya bisa lanjut seseruan lagi.

Kegiatan traveling yang sekarang lagi naik daun akhirnya membuat banyak hotel bermunculan dan akhirnya perang harga pun terjadi. Enak juga sih sebagai konsumen kita jadi diuntungkan. Banyak pilihan dan kadang ada promo menarik juga. Cuma yang nyebelin itu fasilitas yang didapatkan kadang nggak sesuai harapan. Bahkan ada lho yang ternyata kondisinya beda banget sama foto yang dipasang di media sosial dan website hotelnya. Kalo udah gini jadi kesel kan, keluar uang banyak tapi fasilitas dan pelayanan nggak memuaskan.

Setiap orang memang punya standart kenyamana yang berbedam tapi setidaknya ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika kita memesan hotel untuk menginap selama liburan

@RajaKlana Resort and spa cocok buat staycation

 

  1. Lokasi Hotel

Penting banget nih Sahabats untuk dipertimbangkan. Pastikan Sahabats punya gambaran yang jelas mengenai lokasi hotel yang akan di booking. Apakah letaknya di pusat kota? Ataukah mungkin lebih dekat dengan tempat wisata yang mau kita tuju? Bagaimana dengan trasportasi menuju kesana? Bisakah diakses dengan transportasi umum. Jangan sampai kita booking hotel yang sulit diakses dengan angkutan umum. Akibatnya pengeluaran kita untuk transportasi bisa jadi membengkak. Buat para emak yang bawa anaknya saat traveling, penting juga lho diperhatikan apakah lokasi hotel yang kita akan tinggali nanti dekat dengan tempat makan, minimarket, dan apotek. Bawa anak memang harus selalu siaga kan? 🙂

 

  1. Pilih Hotel Sesuai Kebutuhan

Apa kebutuhan Sahabats? Kalau Sahabats backpacker sejati yang cuma butuh tempat singgah sejenak dan nggak butuh banyak fasilitas mungkin bisa menocba budget hotel. Harga ramah kantong, fasilitas cukup lah hehehe.

Kalau sahabats adalah emak rempong kaya aku gini yang bawa krucil saat liburan, fasilitas hotel jadi pertimbangan yang super duper penting. Baca sedetail mungkin fasilitas apa saja yang ditawarkan hotel. Bagaimana kondisi kamar, apakah di kamar mandi ada fasilitas air hangat, laundry, dan sebagainya? Salah satu fasilitas yang aku cari saat memilih hotel adalah playground dan kolam renang. Nggak ada playground selama ada kolam renang cukup lah buatku karena anak-anakku doyan banget main air. Mikirnya simple sih daripada harus bayar lagi untuk renang di luar hotel, mending bayar sedikit lebih mahal tapi bisa memanfaatkan fasilitas kolam renang sepuasnya. Kami juga lebih memilih hotel yang include free breakfast supaya nggak bingung lagi cari sarapan, kecuali kalo memang agenda utama liburan adalah wisata kuliner, boleh lah pilih yang nggak include breakfast.

Pilih hotel dgn fasilitas swimming pool ketika bawa anak traveling

 

Lain lagi apabila tujuan liburan kita memang untuk staycation dan memang rela mengeluarkan budget lebih besar untuk hotel karena memang sebagian besar agenda liburan dihabiskan di hotel. Carilah hotel yang menawarkan fasilitas lengkap dan jangan ragu untuk menikmati semuanya, toh kita udah bayar kan? 🙂

 

  1. Baca Review itu Penting

Thank Goodness for the internet yang mana banyak orang berbagi banyak hal, salah satunya adalah review hotel. Selain baca review para blogger kita bisa baca review orang yang sudah menginap disana. Ada kan dilaman booking online? Nah baca baik-baik deh supaya kita dapat gambaran mengenai hotel yang akan kita booking ini. Kalau memang review nya positif dan menjanjikan boleh lah dicoba.

  1. Sesuaikan Dengan Budget

Maunya sih booking hotel yang 5* ya, sayangnya kondisi dompet nggak selalu memungkinkan. Balik lagi niat kita liburan kan mau having fun jadi jangan sampai liburan jadi membebani kondisi keuangan kita. Sesuaikan sama kemampuan aja. Nggak perlu mahal asalkan fasilitas standart dan kenyamanan kita dapatkan, cukup lah.

budget for traveling

 

  1. Booking Hotel Sejak Jauh Hari

Sekarang kan banyak fasilitas booking online ya Sahabats, jadi lebih mudah untuk mencari bahkan membandingkan harga antara satu hotel dan lainnya. Booking via online tuh selain lebih mudah harganya pun bisa lebih murah lho daripada booking langsung ke hotelnya. Aku udah buktikan ini, jadi yakin deh lebih pilih booking hotel secara online aja. Keuntungan lain dengn booking hotel secara online kita bisa “mengamankan kamar hotel yang kita inginkan.” Walaupun begitu, masih juga ada yang enggan untuk booking online karena takut muncul halangan saat tanggal tersebut dan kehilangan uang untuk booking. Masalah ini ternyata ada solusinya lho Sahabats. Traveloka punya fitur baru “pay at hotel.”

Aku juga baru ngeh Minggu kemarin pas mau booking hotel untuk liburan long weekend minggu depan. Biasa lah aku kan kalo liburan pengennya semua serba terencana dan hemat. Dengan tabungan yang ada sekarang ini kami sudah berhasil booking tiket pesawat, sedangkan untuk hotelnya kami nyoba memanfaatkan fitur “pay at hotel” dari Traveloka. Jadi tetep bisa lanjut nabung dulu untuk pembayaran saat menginap hehe.

Pay at hotel traveloka
Fitur “pay at hotel” dari traveloka

 

How Does It Work?

So buat Sahabats yang pengen merencanakan liburan sejak jauh hari tapi pengen lebih aman (dalam hal budget) bisa memanfaatkan fitur terbaru dari Traveloka ini. Dengan pilih “pay at hotel” kita bisa booking hotel saat ini tapi bayarnya nanti di TKP. Enak to?? 🙂 Jadi sebelum booking pastikan dulu hotel yang kita mau menawarkan fitur ini ya Sahabats karena saat ini belum semua hotel menyediakan fasilitas “pay at hotel.”

Jadi saat kita dalam proses booking hotel di Traveloka jangan lupa ya untuk pilih menu ‘pay at hotel” supaya tagihannya bisa kita bayarkan saat kita sampai di hotel nanti. Jangan kuatir pemesanan kita nggak tercatat karena proses transaksi di Traveloka dijamin aman. Bahkan saat kita ternyata gagal berangkat karena suatu hal, kita dapat melakukan pembatalan tanpa biaya apapun (tergantung syarat dan ketentuan hotel yang bersangkutan).

Pay at hotel traveloka

 

Untuk bisa memanfaatkan “pay at hotel” ini gampang aja kok. Syaratnya :

  1. Pilih hotel yang menyediakan pilihan pembayaran “pay at hotel.”
  2. Sahabats harus punya credit card yang masih berlaku untuk dijadikan jaminan saat pemesanan hotel.
  3. Selain itu pastikan juga limit credit card nya cukup untuk membayar biaya pemesanan hotel ya. Saat proses pembayaran Sahabats akan diminta rincian kartu kredit tapi bukan berarti biayanya akan dibebankan pada kartu kredit saat itu juga. Rincian ini hanya sekedar “jaminan” dan insyaallah aman kok bertransaksi di Traveloka. Pelunasan kamar hotel tetap dibayarkan saat kita sudah berada di hotel dan bisa dibayar via kartu kredit, debit, ataupun cash.

Pay at hotel traveloka

 

Pay at hotel

Ternyata susah-susah gampang ya Sahabats cari hotel ya sesuai buat liburan. Balik lagi deh disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita aja. Semoga tips dariku bermanfaat yes. Sahabats ada yang punya pengalaman booking hotel saat traveling? Share dimari dong. 🙂

Be Sociable, Share!

28 Replies to “5 Tips Jitu Memilih Hotel Saat Traveling”

  1. Lebih suka sewa kamar hotel on the spot sih. Tapi memang poin2 di atas aq terapin jg saat milih hotel. Terimakasih sharingnya ya????

  2. Aku biasanya juga suka baca review2 hotel sebelum pesan. Bisa jadi bahan pertimbangan juga, biar nggak salah pilih hotel 🙂

  3. Enak ya jadinya, meskipun udah pesen by aplikasi tapi tetep bisa bayar di hotel

  4. Tipsnya bermanfaat nih mbak buat aku yanh belum pernah menginap di hotel. Fitur baru Pay at hotel keren juga ya mbak. Nice sharing mbak Muna.

  5. Makasih sharingnya, Mbak. Kebetulan lagi pengen nyoba staycation di Semarang. Sayang, fitur ini ttp mensyaratkan punya CC ya.

  6. Kalau aku hotel paling dipertimbangkan harganya dan dekat ke tempat wisata ama kulinernya dan tempat belanja gak ☺

  7. wiiii… aku baru tahu kalau di Traveloka sekarang ada fitur pay at hotel, duh kemana aja si cynt…
    biasanya kalau milih hotel aku lebih liat lokasi sama review dan sesuai sama budget tentunya…

  8. Wah… baru tau ada fitur pay at hotel gitu2… wkwkwk… jarang ke hotel soalnya. Tp sipps deh, jd tau apa2 yg hrs dipertimbangin seblum travelling yess

  9. wa alaikum salam,

    nah, kayaknya saya bakal suka fitur ini. Siapa tau kan udah booking trus gagal. Gak nyesek kalau belum bayar hehehe

  10. Penting nih tips nya, simpen buat nanti pas mau booking 🙂

  11. Setuju..cari kolam renang itu penting ga penting kalo liburan. Kalo di luar hotel dikityg bisa dijelajahi mending renang di hotel emang

  12. Aku udah lihat2 hotel di Traveloka, yang ada pilihan Pat at Hotel. Aku baru tahu waktu cek kamar hotel di daerah Bali. Trus murah juga, masuk list dulu

  13. Aku biasanya lihat review dari situs-situs referensi hotel, bukan dari app pemesanan biar reviewnya lebih jujur hehe. Baru tahu nih kalau ada fitur Pay at Hotel di Traveloka. Mudah, ya!

  14. wah….ini tips nya penting banget nih. aku juga sering kewalahan buat milih hotel pas liburan

  15. Wah, baru tau soal fitur baru itu. Kapan2 nyoba ah

  16. Aku cari yg murce dan bagus..haha *dasarjelata hahah

  17. thanks banget infonya Mbak..
    klo mau bepergian bawa krucils emang kudu jadi mamak super rempong, harus detail juga ya Mbak, biar gak rempong kita saat travel nya 🙂
    ohya bukannya hotel rerata fasilitas kolam renangnya gratis ya Mbak?

  18. Aplikasi online membantu banget. Saya selalu pilih kriteria hotel baru. Yang bangunannya baru dan tampak terang.

  19. Aww.. baru tahu ada fitur pay at hotel. Makin semangat nyari hotel. Kalau aku karena bawa anak-anak jadi lebih suka pilih yang include breakfast. Emak nggak mau ribet, hihi

  20. Lokasi dan anggaran, penting banget tuh. Kalau review sih relatif, kadang ga sesuai alias bisa manipulatif. Kalau pesan di Traveloka sih enak, udah integrated semua ya. Jadi pengin liburan ke Semarang dan Pekalongan.

  21. makasih tipsnya dari mbak yang suka traveling

  22. Wah baru tahu ada fitur kayak gini,. Asyik banget nih, kudu dimanfaatkan banget.

  23. Sekarang pay at hotel jadi bikin enak, tapi aku lebih baik pilih bayar duluan supaya uangnya gak krpake mbak hehe nanti malah gak jadi jalan2

  24. Baca review ini penting banget,, apalagi kalo punya ekspekstasi berlebih. Dulu cuma suka lihat nilainya aja dan merasa nilai 7 dari 10 udah bagus,, eh pas nyampe di hotelnya beda banget sama bayangan yang didapat dari gambar. Jadi sekarang kalo milih hotel atau tempat nginep milih yang nilainya 8-9 dari 10 dan baca beberapa review biar nggak kecele

  25. Aku kadang pesan last minute booking yang ada di Traveloka, Muna. Jatohnya bisa jauh lebih murah. Hotel bintang 5 bisa dapat Rp700-900 ribuan. Tapi ini berlaku untuk menginap di dalam kota atau di luar kota yang gak jauh-jauh sangat. Kalau menginapnya di luar negeri, aku pesan jauh-jauh hari.

  26. mantapppssss… laaah… bisa buat panduan klo mo jengjeng😍😍😍

  27. Aku juga suka baca review2 dulu sebelum milih hotel, dan liat juga harga yang sesui budget hehe

  28. Pesennya jauh-jauh hari biar gak kehabisan kamar pas traveling ya Mbak

Leave a Reply