7 Aplikasi Smartphone yang Dapat Kamu Manfaatkan Untuk Menulis Catatan Perjalanan

Assalamualaikum Sahabats ….

Di zaman modern seperti sekarang ini apa sih yang nggak bisa dilakukan via smartphone? Rasanya segala urusan jadi lebih mudah thanks to this magic little thing called smartphone. Dari urusan shopping, booking tiket, pesen makan, update berita terkini, bahkan menyelesaikan pekerjaan apapun itu. Apalagi kalau jenis pekerjaan kita erat kaitannya sama smartphone dan dunia social media seperti kami para blogger. Kapanpun dan dimanapun bisa eksis.

Sebagai travel blogger, aku juga nggak bisa lepas dari smartphone dan bahkan sangat terbantu dengan beberapa aplikasi yang bisa di download gratisan. Aplikasi ini bisa aku manfaatkan dari mulai merancang perjalanan sampai ketika harus menuliskan catatan perjalanan.

Untuk bisa jadi travel blogger yang cethar seperti para travel blogger ngehits ada beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan lho. Apa aja itu??

  1. Traveloka

Aku termasuk planned traveler yang suka merencanakan perjalanan. Rasanya lebih nyaman aja sih kalo direncanakan apalagi travelingnya selalu bawa anak kan. Untuk merencanakan perjalanan, termasuk booking tiket dan akomodaai lain seperti hotel, aku memanfaatkan situs booking online. Banyak sih sebenernya yang aku sering manfaatkan, ada AirBnB, Skyscanner, tiket.com, dan masih banyak lagi. Tapi saat ini yang terpasang di smartphone adalah Traveloka.

2. Trip Advisor

Untuk melihat ulasan dari traveler lain tentang spot menarik di sebuah tempat atau tempat makan yang recommended, gampang. Tinggal cek aja TripAdvisor. Oya Sahabats, kita nggak hanya bisa memanfaatkan Trip Advisor ini untuk sekedar cari info, tapi kita juga bisa kasih info atau feedback dari pengalaman traveling kita. Komentar yang kita upload di Trip Advisor ini nantinya bisa membantu traveler lain. Lumayan kan dapet pahala karena sudah berbagi kebaikan. ๐Ÿ™‚

3. Halal Trip

Buat kita orang Muslim, urusan halal haram itu penting banget. Apalagi sekarang kami sekeluarga lagi membiasakan membeli dan menggunakan barang (bukan hanya makanan) yang halal. Sekarang kami nggak segan lagi bertanya soal kehalalan suatu barang demi kebaikan.

Saat traveling pun, terutama saat kita mengunjungi kota atau negara non Muslim kita tetap harus waspada. Alhamdulillah sekarang urusan cari menu halal jadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Semoga makin banyak negara yang terdaftar di aplikasi ini supaya saat traveling kita nggak bingung lagi berburu makanan halal.

4. Snapseed

Ibarat sayur tanpa garam, begitulah rasanya kalo membaca catatan perjalanan tanpa foto. Foto yang oke penting banget untuj menarik minat pembaca. Makanya untuk urusan edit mengedit foto aku memanfaatkan banyak aplikasi. Salah satu aplikasi yang aku suka adalah Snapseed. Fiturnya ranah dan cukup mudah dipahami. Senapseed juga punya banyak fitur tambahan yang akan memudahkan kita dalam proses editing seperti penyesuaian otomatis, jadi semua di atur secara otomatis untuk menjadikan foto terlihat lebih keren tanpa harus merepotkan kita.

Selain ngedit langsung di android kadang aku memanfaatkan aplikasi lainnya seperti adobe Lightroom yang direkomendasikan banyak fotografer handal karena hasil fotonya yang memang oke punya. Snapseed juga nggak kalah oke lho buat edit foto.

5. PicsArt Photo Studio

Siapa sih yang nggak pake aplikasi ini? Fiturnya cukup lengkap seperti stiker, kolase, atau menambahkan text di foto biar lebih kekinian.ย Fokus utama aplikasi edit foto android ini sebenarnya adalah pada fitur kolase. Namun, picsart juga dilengkapi dengan alat editing foto seperti filter, stiker, bingkai dan beberapa fitur langka seperti kuas lukis artistik dan layer. So kalau sahabats suka membuat foto kolase download aplikasi edit foto ini yah.

6. Evernote

Aplikasi ini semacan note gitu sih. Jadi ketika ide cemerlangnya terlintas tiba-tiba bisa langsung dicatat di evernote ini. Nggak hanya bentuk tulisan, catatan dalam bentuk gambar pun bisa kita save disini. Keunggulan yang aku suka dari Evernote adalah bisa dimanfaatkan saat offline dan akan otomatis melakukan sinkronisasi saat kita sudah terhubung dengan sinyal internet. Penting banget kan apalagi saat kita traveling ke tempat terpwncil yang fakir sinyal, urusan DL tetap aman dengan adanya Evernote ini.

7. Video Show

Hehehhe… Sejujurnya udah lumayan banyak video yang aku buat tapi entah kenapa belum pede mengunggahnya. Andaikan ada aplikasi untuk meningkatkan rasa percaya diri aku pasti jadi pendownload pertama. ๐Ÿ™

Anyway untuk mengedit video aku memanfaatkan aplikasi video Show. Ada banyak sih aplikasi serupa yang nggak kalah oke. Aku juga masih membandingkan antara satu dan lainnya. Aplikasi edit video ini memiliki banyak menu yang mudah digunakan. Bahkan untuk orang awan dan gaptek macam aku gini hehehe…. Untuk sekedar membuat slideshow, aplikasi ini bisa sangat diandalkan. VideoShow tersedia untuk smartphone berbasis Android dan iOS.

 

Alhamdhulilah, terima kasih buat para pencipta aplikasi yang manfaatnya banyaaak banget dan sangat amat membantu pekerjaanku. Jadi makin semangat merintis karir jadi travel writer deh. Nah kalau mbak Rachma dan Nyi Penengah sukak pake aplikasi apa yah buat membantu urusan ngeblog? kalau Sahabats Momtraveler juga pake aplikasi apa ajah? Share dong, siapa tau aku juga bisa nyobain kan? ๐Ÿ™‚

Be Sociable, Share!

8 Replies to “7 Aplikasi Smartphone yang Dapat Kamu Manfaatkan Untuk Menulis Catatan Perjalanan”

  1. Samaa..aku juga pasang aplikasi traveloka soalnya praktis kalau mau pergi dadakan atau terencana, nggak tergantung sama agen yang ada batas jam kerjanya ๐Ÿ™‚

    1. praktis ya mbak, bisa kapan aja dibutuhkan tinggal booking

  2. Snapseed andalan saya banget kalau mau edit lewat smartphone ๐Ÿ™‚

    1. toss dulu ah ๐Ÿ™‚

  3. Wah.. aplikasinya traveller bangett. Keren mba. Aku lom punya aplikasi yg ala2 traveler gt. Maklum emak2 rumahan jarang piknik. Wkwkwkwk. Tp seru y mba bisa ngerencanain liburan secara detail. Fotonya juga pasti bakalan bagus2 hasilnya pake aplikasi snaps dan pics art.

  4. evernote kok kayaknya bikin pengen nyoba ya

  5. Wah mba Muna apps gear nya lengkap banget nih.. keren ๐Ÿ™‚

  6. Aku baru pakai traveloka aja, aplikasi yang lainnya belum ๐Ÿ˜€

Leave a Reply