Mengenal dan Mencintai Buah Lokal di Hortimart Agro Center, Bawen

Assalamualaikum sahabats ….

“Tak kenal maka tak sayang,” begitu kata pepatah. Sebagai orang Indonesia kita paham betul keragaman sumber daya alam, termasuk kekayaan buah lokal. Bisa dibilang Indonesia itu gudangnya buah enak dan sehat. Tapi kenapa ya masih banyak yang lebih memilih makan buah impor atau bahkan nggak kenal sama buah lokal? Nah supaya lebih mengenal dan mencintai buah lokal, aku sengaja deh jalan-jalan ke Hortimart Agro Center, yang letaknya di Bawen, Kabupaten Semarang.

Hortimart Agro Center Bawen

 

Liburan kali ini sudah aku rencanakan semenjak lihat materi pelajaran IPA nya Nadia yang membahas soal tumbuhan beserta fungsi bagian-bagiannya. Daripada sekedar menunjukkan contoh pohon, daun, bunga, dan buah via mbah Google, aku pikir pasti seru kalau ngajakin Nadia melihat kebun buah yang sesungguhnya. Ibaratnya sekali mengayuh dua tiga pulau terlampaui. Acara refreshing bareng keluarga dapet, plus tambahan ilmu tentang tumbuhan dan buah-buahan lokal buat kami semuanya. πŸ™‚

Untuk menghindari macet dan supaya nggak panas juga, jam 08.00 pagi kami sudah meluncur ke Hortimart Agro Center. Sampai di lokasi, tempat parkir sudah lumayan penuh dengan bus rombongan wisata. Hortimart Agro Center memang menyediakan paket wisata edukasi untuk pengunjungnya, baik kelompok maupun perorangan. Paket wisatanya terdiri dari naik bus mini keliling perkebunan plus mencicipi buah yang sedang panen saat itu. Rombongan juga akan mendapat pengetahuan mengenai budidaya tumbuhan dengan sambung pucuk (cangkok).

Bersama kami pagi itu ada beberapa rombongan dari Solo dan Jogjakarta yang mengantri bus oranye yang siap mengantarkan kami keliling Hortimart. Kami harus membayar Rp.100.000 untuk sekali perjalanan mengitari Hortimart Agro Center yang luasnya 25 hektar. Busnya cukup si untuk memuat 12an orang sekali jalan tapi kami memilih naik bus berempat aja supaya kami terutama Nadia lebih leluasa bertanya pada sang tour guide.

Hortimart Agro center Bawen
area perkebunan Hortimart

 

Hortimart Agro Center Bawen
bus oranye siap mengantar kelliling Hortimart

FYI ya Sahabats, Hortimart Agro Center ini didirikan oleh bapak Budi Dharmawan atau Kwik Kian Djin, seorang pengusaha yang memang concern dengan dunia pertanian. Menurut si mbak tour guide beliau prihatin melihat hidup petani yang kurang sejahtera padahal tanah Indonesia sangat subur dan kaya akan sumber daya alam. Tadinya beliau hanya membudidayakan durian, namun perlahan mulai membudidayakan berbagai macam buah lokal.

Hortimart Agro Center Bawen
Nyicipin ice cream choco banana yg fruity banget

 

Ada Buah Apa Saja di Hortimart Agro Center??

Wuuiihh buanyaakk!! Seperti yang aku bilang tadi, durian jadi primadona disini dan memang punya porsi kapling yang paling besar. Durian memang jadi salah satu komoditas andalan dari Kabupaten Semarang. Mungkin karena itulah ya pengelola Hortimart Agro Center memutuskan untuk membudidayakan durian dengan berbagai macam varietas. Ada juga durian Musang King, kesukaan Upin Ipin dan bermacam jenis durian lainnya yang mengambil nama tokoh pewayangan. Ada durian Srikandi, durian Petruk, dan durian Baladewa yang salah satu pohonnya sudah berumur lebih dari 70 tahun tapi masih produktif. Keren!

Ada juga beraneka macam jenis jeruk, nangka, mangga, kelengkeng, pepaya, delima, markisa, buah naga, dan berbagai macam buah tropis khas Indonesia yang tumbuh subur di lokasi ini. Sesekali aku minta bus oranye berhenti untuk menunjukkan pada Nadia bentuk daun, batang, bunga, dan buah dari beberapa pohon yang kami lewati. Dengan penjelasan mbak tour guide kami jadi lebih paham bahwa ternyata ada buanyak banget jenis buah lokal dengan kualitas yang baik. Kami juga sempat melihat nursery point nya, dumana kebanyakan buah dibudidayakan dengan sistem sambung pucuk.

 

Hortimart Agro Center Bawen

Hortimart Agro Center Bawen

Oya aku inget banget sempat melihat pohon kelapa yang ukuran pohonnya cukup rendah. Bahkan mungkin aku yang nggak tinggi ini bisa meraih buahnya tanpa bantuan galah. Katanya sih ini adalah kelapa pandan yang merupakan persilangan dari dua macam jenis kelapa. Dinamakan kelapa pandan karena aroma buahnya mirip seperti pandan. Uniknya lagi kelapa pandan meskipun sudah tua akan tetap punya degan (air kelapa muda) yang segar. Langsung membayangkan minum segelas es klamud, yummyyy … πŸ™‚

Hortimart Agro Center juga sangat ramah lingkungan menggunakan pupuk organik buatan sendiri. Dan hebatnya lagi nih,Β  sistem irigasi Hortimart menggunakan 3 embung atau kolam besar yang fungsinya menampung air hujan saat musim penghujan. Nanti ketika musim kemarau datang, air dari embung inilah yang akan dimanfaatkan untuk pengairan untuk seluruh area perkebunan. Pantas saja meskipun saat ini masih kemarau, Hortimart masih terlihat ijo royo-royo, bahkan di beberapa kaplingnya sedang panen raya. πŸ™‚

Bus oranye nan jelita terus bergerak mengantarkan kami membelah area perkebunan yang berbukit-bukit, khas kabupaten Semarang yang memang dikelilingi perbukitan. Hari itu sedang panen kelengkeng dan beberapa jenis buah jeruk yang bergelantungan manja dipepohonan. Duuuh rasanya pengen bawa pulang semuanya deh. Meskipun siang itu cukup panas, kami puas banget keliling Hortimart Agro center dan belajar banyak tentang buah lokal.

 

Hortimart Agro Center Bawen
pohon kelengkeng siap panen πŸ™‚

Hortimart Agro Center Bawen

Belanja Buah di Agro Mart dan Menikmati Vegan Menu di Green Resto

Selesai keliling area perkebunan, kami dipersilahkan belanja di Agro Mart yang menjual berbagai macam buah hasil dari kebun yang kami kunjungi tadi. Asli hampir kalap deh liat buah yang seger-seger dipajang cantik di Agro Mart. Aku beli jeruk buat bikin jeruk peras untuk baby K, buah naga kesukaan kak Nadia, mangga dan salak. Eh ada juga aneka olahan buah seperti sirup, keripik, dan ice cream hasil dari UKM setempat lho. Kami sempet nyobain ice cream organik rasa pisang coklat yang yummy banget.

Buat yang capek dan pengen sejenak melepas lelah bisa makan siang di Green Resto yang menjual menu Vegertarian dan hanya buka pada saat weekend dan tanggal merah. Menu sehat dan murah karena bisa makan sepuasnya hanya dengan bayar Rp. 30.000. Kalau pengen menu yang non vegetarian ada juga kokΒ  restoran di samping Agro Mart yang bersebelahan dengan playground. Anak-anak bakalan anteng deh main disana.

 

Hortimart Agro Center Bawen
playground

 

Hortimart Agro Center Bawen
beli bibit dan tabulampot disini

 

Di belakang Nadia ada banyak bibit pohon buah yg siap diadopsi

 

Sebelum pulang kami mampir ke toko bibit yang menjual berbagai macam bibit buah dan Tabulampot (tanaman buah dalam pot). Aku pengen mengadopsi pohon jeruk nipis yang unyu untuk menghijaukan rumah mungilku. Dan pastinya nggak lupa selfie dan welfie dong, rugi banget di tempat keren begini nggak pepotoan. πŸ™‚

Overall agendaku sukses. Thanks buat Hortimart yang sudah membantu aku mengenalkan aneka macam tumbuhan buah ke kak Nadia plus jalan-jalan seru keliling kebun buah. Bonusnya bawa pulang banyak buah lokal yang sehat dan tentunya pengalaman tak terlupakan. πŸ™‚

Hortimart Agro Center

jl. Gatot Soebroto no. 55

Bawen, Kabupaten Semarang

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang

Be Sociable, Share!

7 Replies to “Mengenal dan Mencintai Buah Lokal di Hortimart Agro Center, Bawen”

  1. Asli baru tau ada tmpt sekeren ini mb. Pengen kesana tapi suami nggak suka buah buahan, hiks..sama siapa yaa?:(

  2. Waah…seringnya cuma lewat dong kalo pas pulang kampung. Kapan-kapan kesana ah…ngajak anak-anak

  3. Kapan kapan kesini ah, aku dan suamiku suka buah πŸ˜€

  4. Ee.. Nama anaknya sama Nadia. Lagi getol sama tanaman jg. Kirain ini cuma supermarket. Ternyata ada kebunnya jg ya. Boleh deh jd alternatif jalan2. Terimakasih infonya πŸ™‚

    1. Wah iya kah? Cuuzz kesana belanja buah sama nadia hehehhe..

  5. asyik banget wisata di sini ya, itu patung pak taninya pindah yaaa…

  6. Jalan2 ke sini sak RT enak ya, biar ga berat juga nyewa bus orens nya #termakirits hihihi

Leave a Reply