Inilah 5 Film yang Wajib Ditonton Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Assalamualaikum Sahabats …

Apakah saat ini Sahabats sudah memiki pasangan? Bila sudah, apakah kalian pernah membayangkan kehidupan bersama pasangan setelah menikah nanti? Namanya rumah tangga pastinya berbagi suka dan duka, termasuk mengatur keuangan bersama, membuat tabungan rumah tangga, investasi, membayar PLN Token, dan kehidupan berumah tangga yang mungkin sudah terbayangkan dan dipersiapkan sejak jauh hari.

Selain belajar dari pengalaman pasangan yang sudah menikah, membaca buku seputar pernikahan dan pengasuhan anak, dan menonton film bertema pernikahan dan parenting merupakan beberapa hal yang bisa Sahabats lakukan ketika menjalani pernikahan. Dari semua persiapan tersebut, salah satu yang dulu sering aku lakukan, bahkan sampai sekarang juga adalah bertema rumah tangga. Selain untuk mengisi waktu, menonton film merupakan cara yang paling mudah dan menyenangkan mempelajari kehidupan.

Dalam postingan kali ini aku mau berbagi 5 film yang recommended banget buat Sahabats yang sedang merencanakan pernikahan atau newly wed juga boleh banget. Inilah lima film yang wajib Anda tonton bersama pasangan sebelum menikah:

  • Before Midnight

Before Midnight merupakan film ketiga dari sebuah trilogi. Dua film sebelumnya berjudul Before Sunrise (1995) dan Before Sunset (2004). Kalau Sahabats ada waktu boleh deh cari dua film sebelumnya. Trilogi ini menggambarkan perjalanan hidup sepasang kekasih bernama Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy). Apabila dua film sebelumnya mengisahkan sisi romantis hubungan Jesse dan Celine, film ketiga ini berkisah tentang kehidupan rumah tangga mereka. Rumah tangga yang sudah berjalan cukup lama dan dikaruniai dua orang anak ternyata tidak membuat cinta mereka semakin besar. Konflik demi konflik justru mewarnai rumah tangga mereka. Kondisi ini menyebabkan mereka mencoba melihat apa yang terjadi dan mencari solusi untuk mengatasi masalah rumah tangga mereka hingga kembali harmonis dan romantis seperti saat pertama kali mereka menjalin kasih.

  • Blue Valentine

Blue Valentine merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang dinamika kehidupan rumah tangga Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams). Kisah cinta yang semula romantis dan indah, mendadak menjadi dingin dan hambar setelah 6 tahun menjalani kehidupan pernikahan. Rasa cinta yang ada semakin hari semakin memudar beganti dengan kebosanan dan pertengkaran. Ketika menyadari hal tersebut, mereka berusaha untuk memperbaiki hubungan, apalagi mereka sudah punya momongan yang harus dijaga. Film ini sangat dekat dengan realita sehingga bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga dalam hidup berumah tangga nantinya.

  • I not Stupid

Apabila film sebelumnya bertemakan cinta, film ini justru memberikan pelajaran tentang mendidik anak berjudul I not Stupid. Film berkisah tentang tiga orang sahabat dari latar belakang keluarga yang berbeda. Liu Kok Pin mempunyai ayah yang sibuk bekerja dan ibu yang selalu menuntutnya untuk berprestasi di bidang akademik, Terry Kho merupakan anak orang kaya raya yang terlalu dimanja, dan An Bong Hock merupakan anak yang berasal dari keluarga kurang mampu yang harus bekerja membantu ibu dan mengasuh adiknya.

  • The Painted Veil

Film keluaran tahun 2006 ini berkisah tentang seorang sosialita cantik bernama Kitty (Naomi Watts) yang resah karena tidak kunjung mendapatkan jodoh. Ketika jodoh datang, ia merasa suaminya bukanlah tipe idealnya. Kitty menjalin rumah tangganya tanpa didasari cinta, hanya demi status semata. Suaminya yang bernama Walter Fane (Edward Norton) merupakan seorang dokter yang ditugaskan ke Shanghai. Di tempat inilah Kitty bertemu seorang lelaki yang sesuai dengan tipenya bernama Charles (Live Schreiber). Mereka kemudian menjalin hubungan terlarang. Perselingkuhan tersebut akhirnya diketahui sang suami. Kitty diberi pilihan untuk hidup bersama Charles atau tetap memilih bersamanya.

  • Gifted

Film Gifted bercerita tentang perebutan hak asuh seorang anak jenius bernama Mary Adler (Mckenna grace) antara pamannya, Frank (Chris Evans) dan neneknya (Lindsay Duncan). Sang nenek berambisi mengeksplorasi kejeniusan Mary, sedangkan sang paman menginginkannya mempunyai kehidupan normal.

Alasan Frank bersikeras mengasuh Mary secara normal merupakan karena ia menyaksikan kakaknya,  yang tak lain ibunya Mary, mengalami kehidupan yang penuh dengan tekanan yang menyebabkannya bunuh diri. Ibunya Mary juga merupakan seorang jenius yang menghabiskan waktunya hanya untuk ilmu sehingga mentalnya menjadi rapuh dan menderita depresi.

Nonton film memang salah satu hobby aku dan alangkah bahagianya kalau bisa nonton dan mendapatkan sesuatu atau bahkan pelajaran berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita. Semoga setelah nonton 5 film di atas Sahabats juga jadi tambah wawasan ya. Sahabats punya rekomendasi film lain yang oke nggak? Boleh dong di share di kolom komentar. 🙂


Be Sociable, Share!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.