Rekomendasi 5 Tempat Liburan Weekend di Kota Cirebon

Assalamualaikum Sahabats …

Sekarang kota Cirebon bukan hanya jadi jujukan warga ibukota saat weekend atau liburan tiba, tapi juga kota lain. Thanks to jalan toll yang kini sudah sambung menyambung, jarak Semarang – CIrebon kini cuma makan waktu 3 jam. Pas banget buat jadi jujukan liburan akhir pekan. Kemana aja kita menghabiskan liburan singkat di Cirebon? Nih aku kasih tau bocorannya disini ya Sahabats.

Liburan Singkat di Cirebon

Yup, kadang kita nggak punya banyak pilihan untuk liburan selain weekend dan dengan waktu yang cuma seiprit itu tetep dong maunya bisa liburan maksimal. Bisa banget kok, apalagi kalau liburannya ke kota kelahiranku ini. Iya aku memang lahir di Cirebon, udah pada tau dong?? #gapentingbanget

Cirebon tu bisa dibilang punya paket wisata yang cukup lengkap lho Sahabats, dari mulai wisata belanja, wisata sejarah, wisata alam, pun wisata kuliner. You name it lah. Udah gitu enaknya liburan singkat di Cirebon itu bisa banget optimal karena jarak antara satu tempat dan lainnya tu nggak begitu jauh dan terjangkau banget sama transportasi umum, termasuk taxi dan ojek online.

Nah buat Sahabats yang belum ada bayangan mau ngapain saat wekend-an di CIrebon, nih aku kasih bocoran atau aku kasih rekomendasi aktivitas plus tempat asyik yang bisa Sahabats cobain ya. 🙂

1. Keraton Kasepuhan dan Kanoman

Bukan cuma Solo dan Jogja yang punya Keraton, kota Cirebon juga punya lho Sahabats. Bangunannya memang nggak seluas Keraton Jogja dan Solo, tapi jelas nggak kalah asyik untuk ditelusuri terutama untuk Sahabats yang suka wisata budaya. FYI, Keraton Kasepuhan sudah berdiri sejak tahun 1529, tepatnya saat masuknya Islam di tanah Jawa. Meskipun sudah lama banget, bangunan Keraton ini masih cantik dan instagramable lho Sahabats.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Sahabats pernah denger kan tentang masijd yang punya muadzin 7 orang dan mengumandangkan adzan barengan? Nah di masjid Sang Cipta Rasa inilah tempatnya. Masijd agung Sang Cipta Rasa atau dikenal juga Masjid agung Kasepuhan ini masih satu lokasi dengan keraton Kasepuhan, jadi bisa Sahabats datangi selepas dari Keraton Kasepuhan. Masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon dan bahkan di pulau Jawa lho.

Best visit saat masuk waktu shalat supaya bisa menikmati 7 suara muadzin bergema saat adzan tiba. Syahdu deh Sahabats.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

Dahulu goa ini adalah tempat pertapaan sekaligus tempat latihan para tentara Kasultanan Cirebon. Waktu aku kecil dulu sih rasanya nggak banyak orang tertarik sama tempat ini but thanks to Instagram, tempat ini kembali naik daun dan jadi spot foto orang-orang yang liburan ke Cirebon. Lumayan lah buat update feed IG kan hehehe…

4. Senta Batik Trusmi

Buat para penggila fashion, terutama batik, sentra batik trusmi ini wajib banget disambangi. Tahu dong motif batik mega mendung? Iyes itu memang motif batik khas kota Cirebon. Masih banyak pilihan motif dan wana batik yang kece disini. Awas kekepin dompet ya, jangan sampai khilaf.

5. Ade Irma Suryani Waterland

Jaman aku kecil dulu ini cuma tempat bermain biasa tapi sekarang udah di make over total dan jadi destinasi andalan kota CIrebon. Letaknya persis di tepi Pantura dan dilengkapi dengan 40an cottage plus water park yang pasti bikin anak-anak betah.

Ade Irma Suryani Waterland
pic by: tripadvisor

Untuk rate cottage nya lumayan mahal si menurut aku, sekitar 1,6jutaan permalam dan kita bisa dapetin sea view yang kece sih katanya. Entahlah mungkin pankapan boleh lah dicobain kalo pas ada promo heheh #emakpelit

More Places to Go and Eat

Sebenernya masih buanyak lagi tempat kece di Cirebon, tapi karena judulnya cuma liburan weekend yang mana waktunya memang mepet jadi aku cuma kasih 5 rekomendasikan 5 tempat aja dulu ya.

Kalau Sahabats punya waktu lebih lama, bisa naik dikit ke Kabupaten Cirebon dan Kuningan yang mana daerahnya lebih tinggi dan punya view dan udara pegunungan yang endeeuss. Insyaallah lanjut postingan berikutnya yah untuk rekomendasi wisata di luar kota Cirebon.

Cirebon, Surganya Wisata Kuliner

Sahabats doyan wisata kuliner kek aku nggak? Kalo iya berarti harus banget deh ke Cirebon. Ada banyak makanan khas yang asli ngangenin di Cirebon. Dari mulai camilan macam Tahu Gejrot, sampai makanan berat semacam nasi langgi, nasi lengko, nasi jamblang, empal gentong. Duuhh kok aku jadi ngiler gini ya.

Dulu aku sempet nulis postingan tentang kuliner Cirebon, ntar aku update lagi deh. Pastinya liburan di Cirebin tuh bikin kenyang dan happy karena menunya enyaaakk semuaaa.

Empal Gentong, must try banget deh pokoknya

Semoga nggak ada keraguan lagi buat Sahabats yang pengen ber -weekend ria di Cirebon ya. Insyaallah nggak mengecewakan bahkan dijamin pengen balik lagi. Happy traveling ya. 🙂




Be Sociable, Share!

13 Replies to “Rekomendasi 5 Tempat Liburan Weekend di Kota Cirebon”

  1. Mbaaa, empal gentongnya bikin ngileerrrr, sedep bener nampaknyaa yaa. Leh uga nih Cirebon masuk ke list kota untuk jalan2 berikutnya. TFS mbaaa

  2. Empal gentongnya menggiurkan sekali ya..Cirebon memang seru, sayangnya pas aku ke keraton, belum waktu salat jadi masjidnya terkunci..cakep ya bagian dalamnya..

  3. Aku pengen mampir Cirebimon batal mulu. Penasaran sama sentra batiknya yg terkenal itu deh. Tapi takut kalo ke sana trus kalap. Wkwkwk.

  4. Wah..pas banget lagi nyari2 wisata Cirebon untuk 2 hari semalam nih.. Kulinernya juga endes2 yah..bikin gak sabar main ke Cirebon nih..

  5. Ternyata banyak tempt menarik di Cirebon yaa, aku cuma numpang lewat aja di sana, belum pernah yg bener2 liburan.

    1. Ada waterlandnya juga yaa.. cocok nih buat liburan ke Cirebon sambil bawa anak2. Mereka pasti senang sekali bisa mainan air di sana.

  6. Penasaran dengan Gua Sunyaragi, mudah-mudahan satu saat bisa nyampe ke sana.

  7. Selama ini cuma sebatas denger cerita dari temen yg asli cirebon, gimana kulinernya yg terkenal maknyus eh sekarang ditambah pengalaman traveling mbak Muna. Jadi klop deh

  8. Dulu kalo ke Cirebon tuh mikirnya, ah di Cirebon ga ada tempat wisata yang bagus, eh ternyata ada ya, hihi. Kapan-kapan kalo ke rumah Bulik di Cirebon minta dianter ke tempat-tempat ini, ah

  9. Kulineran Cirebon enak2 semua…favoritku nasi jamblang, tahu gejrot, dan ketannya. Objek wisatanya juga lumayan, cuma klo yg berbau alam kudu melipir ke Kuningan

  10. Empal Gentong…. ini idaman banget pengin nyobain. Temanku suka cerita nih kelezatan empal gentong, tapi aku cuma bisa ngiler. Kapan2 kudu ke Cirebon nih untuk membuktikan kedahsyatan masakan yang satu ini.

  11. Pas ke Cirebon sempat lewat Gua Sunyaragi tapi ga jadi mampir. Keraton recommended banget, plus wisata kuliner so pasti. Uenaaak pokoknya, ada mi colot juga.

  12. Makananya enak pastinya disana. Meskipun belum sempat puter2 ke ibjek wisatanya. Thanks mbak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.