Sarapan ala Semarang

Assalamualaikum Sahabats …
Sahabats punya rencana liburan ke Jawa Tengah? Coba deh mampir ke ibukota Jawa Tengah, yup itu lho Semarang.  Selain menyiapkan itinerary dan perlengkapan untuk bernarsis ria kalian juga harus nyiapin perut. Yes … foget about all those fat and enjoy Semarang signature dishes.


Kita semua udah tahu lah ya betapa kondangnya kuliner khas Semarang, beberapa diantaranya sudah pernah aku bahas disini ya. Sekarang ini aku mau fokus sama menu sarapannya aja. Yes .. breakfast is the most important meal of the day .. jadi menu terbaik juga dong yang harus kita nikmati πŸ™‚

Sebelum kita mulai, aku mau mempersembahkan postingan ini untuk makmil tercinta, Hanna Zwan karena tulisan ini terinspirasi darimu. Entah pastinya kapan, aku pernah membaca salah satu komennya mak Hanna di salah satu statut nya mbak Dewi Rieke 2 yang waktu itu lagi cari ide untuk postingannya tentang Semarang. Mak Hanna menyarankan nulis tentang sarapan ala Semarangan, so this is it maksay. Especially for you … Sarapan khas ala Semarang.

1. Soto Semarang
Soto memang makanan yang Indonesia banget ya. Hampir di semua tempat ada soto yang khas, begitu juga di Semarang. Soto ayam khas Semarang ini cocok banget dinikmati pagi hari. Semangkuk soto hangat yang bikin semangat lah pokoknya. Apalagi dipadu dengan teman-temannya, seperti tempe yang diirs tipis dan digoreng, sate kerang, dan banyak sate-sate lainnya. jangan lupa kerupuk yes. Makan soto tanpa kerupuk serasa gagal ngapel di malam minggu. #apaseh πŸ˜›
Mau nyobain soto Semarang? salah satu tempat yang recomended banget adaalah soto ayam pak No di jl. Thamrin, Semarang.

soto Semarang yg suegerr
soto Semarang yg suegerr

2. Nasi ayam
Nah ini dia favorit aku guys. Nasi gurih yang harum diguyur kuah sayur labu siam yang pedes. Hhhmmm…. perpaduan yang jagoan banget. Nasi ayam memang sebelas dua belas sama nasi liwet Solo. Keduanya dimakan bersama suwiran ayam, telur pindang, dan sayur labu, bedanya kalau nasi ayam nggak pakai santen kentalnya itu. Dan yang spesial dari nasi ayam itu sayur labunya yang pedes. Kalau kita mampir ke warung nasi ayam bu Wido yang ada di Jl. Melati Selatan, kita bisa memilih tingkat kepedasan kuah sayurnya lho. Jaid kalau kalian penggemar pedas .. go for it. Coba level paling tinggi deh. Makin pedes makin sip. πŸ˜‰

nasi ayam bu Wido.. mantaabbss..
nasi ayam bu Wido.. mantaabbss..

3. Tahu Gimbal
Ini sih endess dinikmati setiap saat, bahkan saat sarapan. Sebenernya banyak ya makanan sejenis tahu gimbal, tapi kalau rasanya sih nggak ada lawan deh. Apa aja sih isinya tahu gimbal? Well .. ada lontong, irisan kol, tahu goreng, gimbal (udang yang dibalut tepung kemudian di goreng), telur ceplok (opsional), semua bahan diguyur saos kacang dan kecap. Sarapan yang bergizi dan endess pastinya.
Tahu gimbal gampang ditemuin di Semarang, termasuk di kawasan simpang lima yang merupakan jantungnya kota Semarang. kalau favorit aku sih yang ada di Taman Erlangga itu lho, belakangnya Ace Hardware, masih di kawsan simpang 5 juga atau kalau kalian penggemar pedas dan suka banget sama udang, boleh deh meluncur ke Tahu Gimbal Lumayan di jl. Plampitan. Tahu gimbal dengan porsi besar dan pedes banget ini bakalan bikin ketagihan deh guys πŸ™‚

20140623_111735

4. Mi Kopyok
Menu yang nggak terlalu berat tapi bisa bikin semangat nih. Ada lontong, mie kuning, taoge, tahu, potongan daging, dan kerupuk. Kuahnya gurih dan makin sedep diseruput selagi panas dan di tambah sambel ya. Selain mi kopyok, orang Semarang juga suka menyebut kuliner ini mie teng-teng, soalnya bapak yang jualan muter sambil mukulin panci. Suaranya …. teng … teng…teng ….. πŸ˜‰

mi kopyok

5. Leker pak Paimo
Nah buat yang suka makanan berat untuk sarapan, gimana kalau nyobain kue leker? Iya ..itu lho kue yang jaman kita SD dulu sering dijual di depan sekolah. Sejenis crepes dengan isi keju atau coklat. Jadi apa yang spesial dari leker Paimo ini?
Silakan meluncur ke depan SMA Loyola, di jl. Karanganyar dan lihat sendiri istimewanya leker ini. Isinya nggak mainstream dan bikin ngiler banget. Adonannya tuh tipker alias tipis kering, dan isiannya …silakan pilih deh. Ada telur sosis, tuna keju, keju abon, sosis Mozarella, dan banyak lagi yang nggak sanggup aku sebutin karena udah ngiler duluan. πŸ˜›
Leker Paimo iini buka mulai jam 09.00 – 19.00 tapi dateng deh pagi-pagi supaya nggak kehabisan ya.

lekker tuna mozarella ...siapa mau???
lekker tuna mozarella …siapa mau???

Nah … mari kita cukupkan postingan ini sebelum para pembaca ngiler sambil gelindingan yah. Buat yang mau nambahin list nya monggo lho.. nanti aku update lagi (kalo udah nggak ngiler). Dan buat yang penasaran, ditunggu kedatangannya di Semarang yah.
Bonapetite. πŸ™‚

Be Sociable, Share!

27 Replies to “Sarapan ala Semarang”

  1. kuah sotonya menggoda selera mak…mantafff

    1. cucok tuh buat sarapan bumil πŸ™‚

  2. Kok jadi laper pas lihat gambar Tahu Gimbal-nya hahaha. Bolak-balik ke Semarang cuma sarapan Soto aja, selalu gagal santap Tahu Gimbal >.<

    1. waahh rugi lah kalo belom nyobain tahu gimbal. yuk sini lagi mas

  3. aku pecinta berat makanan Semarang *ya eyalaaah ibuku orang Semarang*

    tapi lekker Paimo ssepertinya wokeh tuh!

    1. makanya kalo ke semarang tuh ngabarin dong..ntar aku traktir deh ke lekker Paimo ya πŸ™‚

  4. Wah. Kue lekkernya tebel banget isiannya. Mauuu

  5. duhh kebayang enaknya tuh mak πŸ˜‰

  6. Lekker bgt tuh kayaknya yg meleleh boleh ganti jam makan siang gak? Ke soto pak No sdh pernah dan enyaaak sate2annya bikin nagih.

  7. Huaaa… pengen nyobain lekernya deh mbak… di semarang sekian taun baru tau ada leker pak paimo yang tampaknya yummy *nahan iler*

  8. aku milih tahu gimbal aja mbak

  9. Naah…lekernya itu yg blom pernah nyobain..kayaknya mengundaaang banget .. *nyaritisuuu…

  10. yang leker saya belum tahu

  11. Patut dicobaaaaa πŸ˜€

  12. wah enak sekali. sekali2 tak cobak mampir kesana πŸ™‚

  13. Pengen leker Paimo tapi antriannya nggak nahan -__-

  14. sotonya menggodaaaa…….

  15. itu lekernya montok banget mak isinya..nyem nyemmm

  16. Beberapa kali ke Semarang, baru pertama kali makan tahu gimbal πŸ˜€ dan ternyata… enak rasanya πŸ˜€

    1. cobain yang lain juga dong

  17. Tidaaaaak… Ampuuun deh melihatnyaaa.. Kebayaaang enak semua mak. Terutama kuah soto yg segeeer πŸ˜‰

    1. sluuuuurrrppp …… syedaaaappp πŸ™‚

  18. *glek* langsung merasa lapaaarrr. Dan, saya penasaran banget sama mie kopyok

    1. hayuk lah ke semarang πŸ™‚

  19. Minggu kemarin aku semarang mbak, Khusus wisata mbadok. Alhamdullilah incip incip semua, kecuali satu lekker paimo. Ladalahhh Udah nunggu sejam dengan antrian yang menggila, akhirnya aku melarikan diri ke MAJT keburu malam.

    Masih penasaran sama lekker paimo

  20. […] mampir dan nyobain menu khas Semarang yang satu ini. Nasi ayam. Di postingan yang lalu tentang Sarapan pagi ala Semarangan, aku udah sempet nyenggol perkara nasi ayam. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas si nasi ayam […]

  21. Yang paling sering makan..mie kopyok..soalnya tiap hari lewat depan rumah sih…hehe

Leave a Reply