5 Hal yang Harus Dihindari Perempuan Saat Traveling Jauh Sendirian

Assalamualaikum Sahabats …..

Apakah Sahabats punya rencana solo traveling dalam waktu dekat? Traveling sendirian memang jadi tantangan tersendiri, apalagi untuk kaum perempuan yang belum pernah melakukannya. Resiko kejahatan yang lebih tinggi jadi hal yang benar-benar harus diwaspadai sebab dibandingkan laki-laki, perempuan terlihat lebih lemah. Supaya perjalanan solo traveling berjalan aman, nyaman, dan lancar, ada beberapa hal yang harus dihindari perempuan saat traveling jauh sendirian. Apa saja?

1. Sampai di tempat tujuan malam hari

Bepergian sendirian ke tempat yang jauh memang jadi hal yang kadang membuat kita jadi nggak nyaman. Ketidaktahuan akan wilayah tersebut serta terbatasnya kemampuan bicara bahasa lokal tentunya membuat suasana semakin mengkhawatirkan, apalagi kalau Sahabats sampai saat malam hari. Meski harga tiket pesawat malam hari lebih murah, tetap saja hal ini tidak aman dan tidak dianjurkanbagi perempuan.

Daripada memancing bahaya, sebaiknya hindari penerbangan malam dengan arrival time dini hari. Tiba di saat langit masih cerah dan aktivitas sekeliling masih ramai dapat memperkecil bahaya yang terjadi. Selain itu, Sahabats juga bisa dengan mudah mencari alamat yang dituju. Jadi, pastikan memilih arrival time di waktu pagi, siang, atau sore saat mengecek harga tiket pesawat Citilink Terbaru, ya!

2. Berinteraksi bebas dengan orang asing

Solo traveling memang menjadi kesempatan emas bagi kita menambah pengalaman sekaligus teman baru. Meski begitu, Sahabats harus tetap waspada dengan orang yang berada di sekelilingmu. Ingat, kejahatan tidak mengenal gender dan bisa datang lewat berbagai motif. Jadi sebaiknya, batasi interaksi dengan orang asing dan cukup berbicara seperlunya saja. Jangan pernah memberi tahu banyak informasi mengenai diri kita terhadap orang yang baru dikenal.

3. Menggunakan perhiasan dan pakaian yang tidak tepat

Tak ada salahnya untuk tampil modis saat liburan. Namun, perhatikan pakaian yang Sahabats kenakan. Jangan sampai berpakaian yang mungkin malah memancing mara bahaya. Meskipun tidak mengunjungi tempat ibadah, sebaiknya hindari pakaian yang terlalu ketat dan terbuka.

Selain itu, hindari pula penggunaan aksesoris yang berlebihan karena dapat mengundang pencuri. Simpan dulu semua koleksi cincin, kalung, dan gelang di rumah sebelum pergi traveling seorang diri. Cobalah untuk tampil sesederhana mungkin dengan berpakaian seperti orang lokal pada umumnya.

4. Tidak memiliki rencana cadangan

Sebenarnya point yang satu ini tidak hanya harus dihindari oleh solo traveler saja tapi juga untuk semua orang yang ingin liburan ke suatu tempat. Yang namanya traveling dibutuhkan persiapan yang matang, termasuk persiapan dalam hal itinerary.

Jangan hanya buat satu rencana saja sebab Sahabats nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya. Apalagi perempuan lebih berisiko mengalami hal-hal tidak terduga dan mudah panik. Oleh sebab itu, siapkanlah rencana cadangan. Kalau perlu, siapkan plan B, C, D, dan E untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

5. Memberi tahu tempat menginap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan pernah memberi tahu banyak informasi kepada orang yang baru dikenal karena hal ini justru bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri. Rahasiakan semuanya dari orang lain, termasuk tempat Sahabats menginap selama liburan. Setiap gerak gerik bisa saja dipantau dan memberi kesempatan orang untuk berbuat jahat. Jadi, pastikan untuk mengunci rapat mulut kita ketika ditanya oleh orang asing tentang hal-hal pribadi.

Solo traveling itu menantang, seru, dan tidak sepenuhnya menyeramkan, kok. Semua pengalaman yang kita dapatkan akan jadi kenangan indah, tapi yang paling terpenting, Sahabats harus bisa menjaga diri dengan baik tanpa melakukan hal-hal aneh yang dapat memicu kejahatan. Kalau bisa, bekali ilmu bela diri sebelum memulai perjalanan solo traveling. So what are you waiting for? The world awaits you. 😉

air mancur menari malaysia

10 Replies to “5 Hal yang Harus Dihindari Perempuan Saat Traveling Jauh Sendirian”

  1. Memang harus ekstra hati-hati kalau sendirian. Selama ini kalau pergi jauh ke tempat baru sendirian pakai tips “manja” alias minta dijemput di bandara hehehe. Paling nggak buat sampai ke penginapan dulu deh.

  2. Wah benar juga ya. Solo travel bagi perempuan memang rawan. Butuh pertimbangkan banyak hal agar tetap aman

  3. bener banget nih, dulu pas masih gadis suka melakukan 3 hal ini, kecuali yang nomor 4 dan 5 itu karena dulu nggak ada socmed hehehe

    1. Trims tips nya, Muna. Penting nih buatku yg sering harus pergi sendirian.. Barusaja merencanakan pergi ke suatu tempat yg ternyata jadwal sampai sana dini hari. Mikir2 lagi deh..

  4. Aku belum pernah traveling sendiri, nggak pede aja sih. Tapi kalo pergi sendirian sih beberapa kali. Dan selalu share lokasi sama keluarga, enak ya sekarang makin nyaman dengan dunia digital harus dipergunakan semaksimal mungkin

  5. Iya, aku masih parno untuk jalan sendirian, paling ke suatu kota sendiri, nanti di sana ketemuan dengan teman atau menghadiri acara jadi belum pernah solo traveling sepenuhnya sendirian..

  6. Bagus banget mba Muna artikelnya. Kalo terpaksa pergi sendirian keluar kota atau kemana memang baiknya jangan tiba malam hari, ngobrol sama orang asing apalagi kasih th tempat menginap.. Makasih ya

  7. Setuju, hindari sampai tujuan di malam hari dan harus ada back up plan biar nggak ling lung 😀

  8. Aku belum berani traveling sendiri Mun. Senangnya kok beramai-ramai, ada yang diajak cerita-cerita gitu hihiii… paling nggak ada 1 orang yang kukenal deh :))

  9. Cewe bepergian sndri emg kudu extra hati2, aku pas k KL jg brgkt sndri mski akhirnya disusul sma tmen2. Tp was was loh aku mlkukan pjlanan smpai melaka, tmpat yg baru buat aku 😂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.