Jenis Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Assalamualaikum Sahabats …

Akhir-akhir ini cuaca lagi nggak menentu banget ya Sahabats? Kondisi seperti itu akan sangat berisiko untuk kesehatan. Biasanya, pada saat kondisi cuaca yang tak menentu, orang akan lebih mudah terkena penyakit seperti flu ataupun batuk. Flu dan batuk memang penyakit yang cukup sering menyerang kita, tapi bakalan repot juga kalau kita dalam keadaan hamil atau pun menyusui. Obat batuk apa ya yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui?

Berbagai penyakit ini terutama flu dan batuk tentu dapat menyerang siapa saja terutama seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Penyakit seperti flu dan batuk ini tentu saja cukup mengkhawatirkan terutama bagi mereka para ibu yang sedang melalui masa menyusui sang buah hatinya.

Galau ya rasanya. Mau minum obat kok kuatir akan berdampak sama si kecil, nggak minum obat juga badan rasanya nggak karuan? Tapi kalau mau tetap nggak diobati, takutnya penyakit bisa menular juga pada orang rumah termasuk si kecil.

Sama halnya seperti saat dalam kondisi hamil, ibu yang sedang menyusui nggak boleh sembarangan mengonsumsi obat, termasuk saat terserang flu atau batuk. Sahabats yang sekarang sedang menyusui harus mengkonsumsi obat batuk untuk ibu menyusui yang aman. Hal ini penting untuk diperhatikan agar obat yang Sahabats konsumsi nantinya tidak memengaruhi kualitas ASI bagi si kecil.

Holding Hands

Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Meskipun busui harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat, bukan berarti sama sekali nggak boleh ya. Dari beberapa artikel yang kucbaca dijelaskan bahwa jumlah obat yang dapat masuk ke dalam ASI s dan pengaruhnya terhadap bayi tergantung pada berbagai faktor termasuk usia bayi, jenis obat yang, dosis obat dan cara Sahabats meminumnya.

Kemungkinan efek samping yang dialami bayi dari pengobatan saat menyusui termasuk muntah, diare, gangguan tidur, dan iritasi. Selain itu, obat-obatan tertentu dapat mengurangi produksi ASI dan bahkan bisa menyebabkan penurunan berat badan pada bayi.

Apakah semua obat berbahaya dikonsumsi busui? Nggak juga si karena ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Pasalnya obat-obat yang dapat dikonsumsi tersebut tidak mengandung bahan berbahaya dan merusak produksi ASI.

Namun, untuk memastikan obat batuk untuk ibu menyusui yang aman Sahabats tentu sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Diskusikan dengan dokter obat apa yang dapat aman dikonsumsi saat sedang dalam proses menyusui anak. Penting juga untuk membaca dan mencari tahu kandungan dari sebuah obat sebelum kita mengkonsumsinya.

Kandungan Obat yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Meskipun masih terdapat beberapa obat batuk yang bisa dikatakan sebagai obat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, namun ada pula beberapa kandungan obat yang perlu untuk Sahabats hindari karena dapat berpengaruh pada ASI.

Aspirin

Aspirin ini merupakan kandungan obat yang tidak cocok bagi para ibu menyusui. Pasalnya aspirin ini memiliki fungsi untuk meredakan nyeri dan juga mengandung guaifenesin yaitu fungsi yang berguna meredakan batuk berdahak. Guaifenesin ini tidak cocok untuk ibu menyusui karena belum adanya penelitian terkait guaifenesin sebagai obat batuk bagi ibu menyusui yang aman.

obat
kandungan obat yang aman dikonsumsi ibu menyusui

Dextromethoephan

Selain aspirin, obat yang mengandung dextromethoephan hanya disarankan untuk dikonsumsi bagi para ibu menyusui dengan bayi bersia diatas 2 bulan saja. Namun, untuk mengurangi risikonya, Sahabats dapat mencari pilihan lainnya yang tepat.

Semoga informasi di atas bisa membantu Sahabats Momtraveler yang saat ini sedang menyusui ya. Jangan sampai lupa untuk membaca keterangan kandungan obat sebelum membeli dan mengkonsumsinya ya. Semoga kita semua selalu dalam kedaan sehat, aamiin. 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.