Oleh-oleh Makanan Khas Medan, Banyak Diincar Wisatawan untuk Keluarga dan Teman

Assalamualaikum Sahabats …

Seberapa rindu Sahabats dengan aktivitas traveling dan jalan-jalan? Jalan-jalan ke suatu tempat, nggak akan sempurna tanpa acara berburu oleh-oleh favorit. Uniknya traveling di Indonesia tuh setiap wilayah memiliki jenis oleh-oleh yang berbeda.Tak terkecuali jika Sahabats jelalah kota Medan, akan banyak sekali berbagai macam buah tangan yang bisa dipilih. Mulai dari makanan, kerajinan, sampai dengan souvenir. Namun dari semua oleh-oleh dari Medan yang beragam, makanan adalah yang paling banyak diincar.

Bagi Sahabats yang merupakan warga Jakarta yang jalan-jalan ke Medan, terutama lewat jalur darat bisa langsung pesan tiket di Traveloka. Kenapa? Pertama partner maskapai penerbangan pilihannya beragam. Kedua harganya lebih terjangkau, ketiga partner pembayarannya resmi sehingga lebih terpercaya. Dan masih banyak lagi lkeuntungan ainnya, nggak akan cukup satu postingan deh ngebahasnya. 

Cek di sini untuk melihat update harga tiket Jakarta medan di Traveloka. Siapa tahu pas lagi ada promo, jalan-jalan bisa tambah murah. Kalau Sahabats udah puas berkeliling kota Medan, jangan lupa untuk bawa oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang terdekat pastinya. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh makanan khas Medan yang harus Sahabats coba.

1. Bolu Meranti

Ini favorit aku banget deh Sahabats. Bolu Meranti merupakan oleh-oleh yang bisa dibilang sangat kondang dari Medan. Bahkan orang-orang yang tidak sempat jalan-jalan ke kota yang mendapatkan julukan sebagai Melayu Deli ini rela membayar lebih untuk jastip atau jasa titip. Nah, Bolu Meranti ini sendiri merupakan bolu gulung yang awalnya diproduksi di Jl. Meranti. Itulah awal penyebutannya.

photo by: Tokopedia

Ciri khas dari bolu ini adalah rasanya sangat lembut saat di mulut. Pilihan rasanya juga begitu beragam, ada yang manis atau gurih. Topping manis mulai dari nanas, cokelat, moka, bluberi, dan lain-lain. Untuk rasa yang gurih, ada abon, keju, dan lain-lain. 

Jika Sahabats tertarik membeli, langsung datang ke tempatnya di Jl. Sisingamangaraja No. 19B. Jika ingin melihat sekaligus proses produksinya bisa ke Jl. Kruing No. 2K. Harganya kisaran Rp 40 ribu hingga 75 ribu.

2. Durian dan Olahannya

Bagi para penikmat durian, Medan adalah surganya. Salah satu tempat yang paling kondang menawarkan durian yang enak adalah Durian Ucok. Bisa makan di tempat juga. Tempat ini juga sudah menyediakan durian kupas kemasan untuk dibawa sebagai buah tangan ya.

No worries Sahabats karena tidak akan ada aroma yang menyengat saat berada di dalam pesawat karena sudah disiasati dengan menggunakan kopi dan daun pandan. Jika ingin berburu ke Durian Ucok, langsung saja ke tempatnya yang berada di Jl. Pelajar, No. 46, Teladan Tim, Kota Medan. Jam bukanya mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 24.00 WIB.

Selain durian kupas, Sahabats juga bisa membawa olahannya. Contohnya adalah pancake durian. Salah satu lokasi rekomendasinya adalah Durian House yang berada di Jl. Sekip No. 67, Medan Petisah, Kota Medan.

3. Olahan Teri Medan

Sudah menjadi rahasia umum jika teri Medan memiliki kualitas baik dan citarasa yang enak. Nah, sekarang ini tidak hanya versi mentah, sudah banyak olahan teri Medan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh lho. Salah satu yang belakangan sudah semakin diminati adalah Teri Bajak Medan.

@teribajakmedan

Teri bajak Medan ini terbuat dari ikan teri yang dipadu dengan kacang tanah. Dimakan dengan nasi hangat sudah sangat enak. Waktu simpannya juga cukup lama, jadi tidak perlu takut basi meski menempuh perjalanan panjang atau terjadi delay pada penerbangan. Olahan teri yang enak ini bisa didapatkan di pusat oleh-oleh seperti halnya di Jl. Kruing dan Jl. Mojopahit.

4. Bika Ambon

Jika Sahabats penggemar makanan manis dan legit, bika Ambon bisa diburu. Namanya memang ada unsur Ambon, namun bukan dari wilayah tersebut. Namanya berasal dari daerah pertama kali dibuat, yakni di Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Ciri khas dari oleh-oleh khas Medan ini adalah warnanya yang kuning sedikit kecoklatan di bagian luar dan memiliki bentuk balok, teksturnya berserat namun tetap lembut saat digigit.

photo by: Tokopedia

Kalau menurutku aku ya Sahabats, dari sekian banyak merk Bika Ambon yang paling recommended adalah Bika Ambon Zulaikha yang merupakan salah satu yang paling populer. Bisa pesan secara online atau langsung saja ke lokasinya yang berada di Jl. Mojopahit No. 62. Nah, ada beberapa pilihan rasa bika Ambon ini, mulai dari keju, durian, pandan, moka, dan lain-lain.

5. Manisan Jambu

Manisan biasanya terbuat dari buah-buahan seperti halnya mangga, salak, pepaya, ciremai, bengkuang, belimbing, atau kedondong. Namun di Medan ada yang unik, yakni manisan jambu. Bahan utama pembuatannya adalah jambu biji Bangkok. Rasanya perpaduan antara manis, renyah dan juga segar. Karena terbilang unik, oleh-oleh ini juga banyak diburu.

Lokasi yang paling kondang menawarkan manisan jambu adalah berada di Jl. Kruing No. 2G, Medan. Untuk harganya sendiri, mulai dari Rp.10.000-an. Tergantung dengan berat manisan jambu yang akan dibeli ya.

photo by: Tokopedia

Itulah deretan oleh-oleh makanan khas Medan. Jangan sampai dilewatkan ya Sahabats untuk berburu makanan di atas dan dibawa untuk keluarga yang sudah menanti di rumah ya. Setidaknya mereka juga akan merasakan sedikit kebahagiaan seperti apa yang kamu rasakan setelah jalan-jalan. Tidak perlu banyak, yang penting cukup. Happy traveling. 🙂

6 Replies to “Oleh-oleh Makanan Khas Medan, Banyak Diincar Wisatawan untuk Keluarga dan Teman”

  1. Bika ambon dam bolu meranti itu kayaknya wajib dibeli pas ke medan ya. Dulu pernah ke medan dan tempat oleh-olehnya ramaiii

  2. Auto ngeces kalo sudah membaca macam-macam oleh-oleh khas Medan.
    Semuanya auto enak. Mau jadi cemilan temen ngopi, atau juga olahan lauk favorit keluarga dari teri Medan.
    Yummyyy ..

  3. Waah…aku penasaran dg manisan Jambu nya nih.. etapi yg lain juga bikin ngiler sih, haha.. TFS Muna..

  4. Waa jadi pengen jajan semua oleh-oleh ini khas Medan nih mba.. Trus heran ya, oleh2 dr medan tp kok namanya Bika Ambon. Dan terkenal bgt jugaa.

  5. Dari daftar oleh-oleh khas di atas, baru nyicipi bolu Meranti dan Bika. Rasanya emang juwaraak, di tempat lain jauuuh banget rasanya. Aku penasaran dengan manisan jambu, belum pernah nyoba

  6. pernah dapet bika ambon, enak banget dan bikin nagih Mom
    jadi pengen dolan ke Medan, tadi aku dapet paketan dari Medan juga hadiah webinar dari BI Medan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.