17 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi

17 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi

Assalamualaikum Sahabats ….

Alhamdhulilah semakin kesini, perkembangan kota Semarang makin baik. Termasuk juga di bidang pariwisatanya. Kalo dulu nih, setiap kali ada yang nanya ke aku, ‘kalo ke Semarang tuh mo ngapain? Apa yang bisa dilihat?’ Pertanyaan kaya gini nih yang butuh waktu lama buat menjawabnya. Soalnya dulu memang pergerakan Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah cukup slow dan melow dibandingin dua ibukota di Jawa.

Sekarang, kalo pertanyaan itu diajukan lagi, aku dengan bangga akan merekomendasikan lebih dari 10 tempat wisata yang bisa banget dikunjungi di kota lunpia ini. Bahkan semua yang traveling ke Semarang, baik itu solo traveler ataupun family traveler insyaallah bakalan betah karena menemukan tempat wisata dan kuliner yang maknyuuss punya di kota Semarang. Makanya nggak heran kalo sekarang ini Semarang kian sesak dengan hotel yang selalu full booked tiap weekend dan liburan panjang.

Wes lah nggak usah kepanjangan mukadimahnya yes. Buat kalian yang lagi cari rekomendasi tempat liburan di Semarang, ini dia listnya:

  1. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng yang dipersembahkan untuk Laksamana Cheng Ho ini memang sudah sejak dulu jadi landmarknya kota Semarang. Dan beberapa tahun terakhir ini jadi makin rame pengunjung karena sudah ada beberapa kali make over di beberapa tempat dan membuat klenteng Sam Po Kong ini jadi Instagramable banget deh. Seperti klenteng pada umumnya, Klenteng Sam Po Kong didominasi warna merah dan selalu jadi pusat perayaan Imlek di kota Semarang tiap tahunnya. Foto-foto boleh banget, tapi inget ya, tetep behave yourself dan gunakan pakaian yang sopan karena bagaimanapun ini adalah tempat ibadah.Lokasinya juga nggak jauh kok dari pusat kota. Tinggal nyalain aja GPS kamu, pasti ketemu deh. 🙂

Sampokong-2

2. Lawang Sewu

Gedung tua yang dulu jadi kantor PT. Kereta Api jadi salah satu andalan wisata kota Semarang juga. Dulu sih gedung ini kental banget sama aroma horor. Sekarang juga masih sih, tapi karena renovasi dan dijadikan Museum, Lawang Sewu jadi makin asyik dinikmati. Aku sendiri selalu suka sama Lawang Sewu yang menurutku fotogenic banget. Begitu memasuki ruang demi ruangnya, rasanya seperti terlempar ke zaman dahulu. Jangan lupa selfie yah kalo kesini. 😉

DSC_2390

3. Jelajah Kota Lama

Nggak cuma Jakarta yang punya kota tua, Semarang juga ada. Walaupun areanya nggak terlalu luas, tapi banyak gedung tua dengan arsitektur khas Eropa bertebaran disini, beberapa diantaranya sudah beralih fungsi jadi cafe dan tempat wisata baru. Di kawasan Gedangan, ada gereja Katholik dan susteran tempat Romo Soegiyapranata dulu berkantor. Nggak jauh dari stasiun Tawang, ada Gereja Blenduk yang disampingnya sekarang ada pasar antik yang digelar setiap malam. Nggak jauh dari Gereja Blenduk, ada Galeri Semarang yang memiliki berbagai koleksi seni dan lukisan yang seru. Banyak deh gedung tua yang cantik untuk jadi background foto kita.

gerejablenduk

4. Old City 3D Trick Eye Museum Semarang

Masih di kota lama Semarang, sekarang muncul tempat wisata terbaru. Masih gress banget inih, kayanya baru sebulan resmi dibuka. Konsep Museum 3 Dimensi ini sama persis dengan De Mata Trick Eye Museum di Jogja dan 3D Museum di Bali. Tempat yang cocok buat para penggila selfie dan pengikut setia aliran narsisme. 😛

DSCF2018

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Melipir dari hiruk pikuk kota untuk sejenak selonjoran dan menunaikan shalat, mampirlah ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di jl. Gajah, Semarang. Selain Masjidnya yang luas, ada menara setinggi 99 meter (Menara Al Husna) dimana kita bisa menikmati keindahan kota Semarang dari atas. Datanglah kesini saat shalat Ashar, ketika cuaca sudah mulai bersahabat. Apalagi kalau bisa ambil foto MAJT dengan background langit senja, beeeuuugghhh mantaaabbzzz !!!!

MAJT

6. Water Blaster

Doyan basah-basahan atau punya anak yang percaya kalo dirinya adalah titisan mermaid kaya anakku? Bawa aja mereka seseruan di Water Blaster, water park terbesar di Semarang. Puas deh main air seharian disini. Lokasi Water Blaster ada di dalam perumahan Candi Golf Semarang.

7. Goa Kreo

Dulu sih tempat ini nggak banget deh. Terpencil dan entah apa yang mau dilihat. Sekarang dong setelah diperbaiki dan waduk Jatibarang yang berada dalam satu lokasi dengan goa ini diperbaiki, ternyata tempat ini kembali mendapatkan banyak penggemar. Datanglah saat senja, pemandangannya makin kece deh.

8. Cimory on the Valley

Sedikit melipir ke atas, atau tepatnya di Kabupaten Semarang ada tempat wisata keluarga yang juga lagi happening. Cimory on the valley ini adalah tempat wisata keluarga yang fun dan edukatif juga. Sama seperti yang di Lembang, Cimory nya Semarang juga punya little farm, dimana anak-anak bisa kasih makan kelinci dan sapi. Mau beli susu Cimory atau beli coklat yang endess di Chocomory juga ada kok. Komplit deh.

Cimory farm housse
Cimory farm housse

9. Umbul Sidomukti

Lanjut lagi nanjaknya, ke kawasan Bandungan, ada satu tempat wisata di kaki gunung Ungaran. Seru buat outbond bareng temen dan keluarga. Pemandangannya juga cantik banget secara memang letaknya ada di kawasan pegunungan. Umbul Sidomukti ini adalah pemandian air dingin yang airnya bersumber langsung dari Gunung Ungaran. Adem deh mandi disiini.

DSCF0202

Puas berenang dan foto-foto di Umbul Sidomukti, lanjut deh ke POndok Kopi yang jaraknya cuma beberapa meter aja dari situ. Disini tempat ngopi-ngopi cantik sambil memandang keindahan kota Semarang dari atas.

10. Candi Gedong Songo

Tempat wisata jadul tapi masih oke lah dikunjungi. Letaknya sedikit lebih tinggi dari Umbul Sidomukti. Meskipun sekarang Candinya tinggal 5, tapi candi peninggalan Hindu ini masih asyik kok didatangi. Apalagi udaranya yang sejuk bikin betah deh berlama-lama disni. Oya, di Gedong Songo ingi juga bisa camping dan ada penginapan (Villa) milik Perhutani yang memang disewakan untuk umum.

horeee.. sampai juga di Candi 5. Mission accomplished :)
horeee.. sampai juga di Candi 5. Mission accomplished 🙂

11. Susan Resort and Spa

Resort ini terbuka untuk umum guys, letaknya masih di kawasan Bandungan, Semarang. kalaupun nggak mau nyalon tetep bisa kok menikmati pemandangan sekitar atau sekedar ngafe disana. Cocok lah buat leyeh-leyeh dan quality time bersama keluarga atau pacar. 😉

20160327_094429[1]

12. Eling Bening

Ini juga tempat wisata baru yang lagi digandrungi sama anak muda di Semarang. Sebenernya semacam cafe atau tempat makan biasa aja sih. Cuma yang bikin spesial adalah posisinya yang terletak di atas bukit. Lagi-lagi cucok buat selfie pemirsaaahhh…. 😛

Eling Bening
Eling Bening

13. Museum Kereta Api Ambarawa

Meskipun udah di luar kota Semarang, tapi jaraknya deket banget dari Semarang. Rugi banget deh kalo kamu pecinta sejarah terutama kereta api tapi nggak mampir kemari. Koleksi kereta api kuno disini lengkap banget apalagi memang diletakkan di stasiun yang sudah ada sejak tahun 1800an. Yang punya anak cowok pasti betah deh liat kereta api tua disini. Dulu salah satu kereta api masih melayani penumpang, sayangnya karena biaya operasional yang tinggi kereta api lokomotif yang sudah jalan sejak zaman Belanda ini hanya melayani penumpang dalam jumlah banyak (rombongan).

museum-ambarawa-17

14. Watugunung

Balik lagi ke Kabupaten Ungaran, ada Watugunung. Konsep tempat ini adalah lokasi wisata keluarga yang dengan pemandangan cantik dan udara yang sejuk. Mau berenang dengan air gunung asli atau cuma pengen duduk santai bareng keluarga sambil menikmati ikan bakar, disini tempatnya.

Watu Gunung
Watu Gunung

15. Curug Lawe dan Benowo

Buat yang suka wisata alam dengan track yang cukup ekstrim cobain kesini deh. Letaknya di balik gunung Ungaran dan hamparan kebun Cengkeh. Untuk mencapai tempat ini memang butuh perjuangan yang berat, tapi yakin deh semua peluh dan jerih payah terbayar lunas ketika sampai di air terjun ini.

benowo

16. Rawa Pening

Tempat wisata yang juga sudah ada sejak aku masih kecil. Sempat ditinggalkan tapi berkat Instagram kembali bersinar. Rawa-rawa yang cukup luas dengan pemadangan dua gunung dan hamparan persawahan yang hijau membentang. Cucok untuk melepas penats etelah perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan. 🙂

17. Brown Canyon

Tempat wisata dadakan yang tercipta berkat Instagram. Awalnya hanya berupa bukit yang gagal dikepras karena struktur batunya yang keras. Bukit ini terbengkalai sampai mata jeli seseorang mengabadikannya di Instagram dan voilaa … jadilah tempat ngehits yang banyak didatangi dan jadi tempat ajang narsis di Semarang. Datang ke Brown Canyon akan lebih terasa syahdu saat musim kemarau, ketika jalan dipenuhi debu dan nggak ada selembar daun hijau pun yang tumbuh di perbukitan ini. Berasa ada di Grand Canyon, USA deh. 😉

embracing the sunset at Brown Canyon
embracing the sunset at Brown Canyon

Sekarang percaya kan, kalau banyak tempat asyik yang bisa disambangi saat liburan di Semarang. Wisata kuliner Semarang juga nggak kalah asyik untuk dicoba lho. Semoga kedepannya list tempat wisata di Semarang masih akan terus bertambah ya,. Yuk yang mau nambahin lagi, barangkali ada yang kelewatan boleh ikutan nimbrung komentar.

Happy traveling 🙂

Be Sociable, Share!

17 thoughts on “17 Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi

  1. Waah, ternyata ada banyak tempat wisata di Semarang. 🙂 Pingin lagi ke sana, waktu itu pernah cuma wisata sehari aja Mba Muna.. 🙂 Yg brown canyon keren, ya, lucu jg ternyata jd tempat wisata dadakan..

  2. Saya malu sebagai orang Semarang tapi belum banyak dolan-dolan nih, mbak Muna. Paling mentoknya ke MAJT setiap Lebaran 🙁

    Kalau yang museum 3D itu tepatnya terletak dimana mbak, kayaknya bakal menjadi tujuan wisata favorit nih, pengen ngajak keluarga ke sana 🙂

    Kalau Gereja Blenduk sering lewat pas bayar telpon di telkom mberok. Ntar deh mbak nunggu rejeki tiban biar bisa muterin Semarang lebih jauh lagi. Aamiin 🙂

  3. waaa keren banget artikelnya mba, lengkappp. Aku terakhir ke Semarang kayaknya pas belum nikah which is belasan tahun lalu, hehehe. Jadi pengen jalan2 ke sana deh..

  4. I will be back to Semarang soon, masih pengen ke Susan Spa dan spa disana, terus pengen makan Gudeg Abimanyu. Hahahaha…

    Insya Alloh November awal aku kembali Mba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *