Karimun Jawa … I’m Coming

Assalamualaikum Sahabats ….

Oke fixed! I need a high dose of vitamin sea. Sudah setahunan ini aku sakau, sakau pengen lihat laut. Kangen sama birunya laut, aroma laut, dan hembusan anginnya. Pokoknya harus segera disembuhkan kesakauanku ini sebelum aku jadi makin lebay. Dan sepertinya Karimun Jawa bisa jadi obat yang mujarab.

 

Karimunjawa

 

Kalau ngomongin Karimun Jawa rasanya mangkel dan kesel deh karena sebenarnya aku sudah merencanakan perjalanan ke Karimun Jawa dua kali. Iya dua kali aku bikin itinerary untuk perjalanan kami kesana dan dua kali juga gagal. Bukan karena kesalahanku menyusun rencana tapi pertama karena cuaca yang nggak mendukung. Oke akhirnya dengan berat hari harus reschedule perjalanan. Setelah di reschedule, ternyata masih juga gagal maning karena tahun lalu aku hamil. Qadarullah setelah menunggu 5 tahun akhirnya aku hamil dan tentu saja abang nggak mau ambil resiko dan khawatir kalau terjadi sesuatu pada kehamilanku yang waktu itu masih 4 bulan. Manusia memang cuma bisa berencana semua kembali lagi pada Allah dan berharap rencana untuk liburan akhir tahun ke Karimun Jawa kali ini bisa berhasil.

Kami yang sudah biasa ber-backpacing ria ini sudah terbiasa dengan tantangan dan sedikit bersusah payah demi bisa traveling. Tapi liburan akhir tahun kali ini kami pengen bener-bener menikmati liburan. Bukan berarti backpacking-an itu nggak asyik tapi kami pengen liburan yang sepenuhnya liburan tanpa pusing mikirin budget dan lainnya. Aapalagi menurut beberapa teman yang sudah pernah ke Karimun Jawa menyarankan kalau mau liburan pertama kali ke Karimun Jawa lebih enak menggunakan paket wisata supaya bisa maksimal mengeksplorasi Karimun Jawa yang terletak di wilayah kabutapen Jepara, Jawa Tengah.

How to Go to Karimun Jawa

Banyak jalan menuju Roma, begitu juga dengan akses menuju Karimun Jawa. Karimun Jawa terletak sekitar 83 kilometer ke arah Utara Jepara. Perjalanananya kurang lebih 5 jam dari Pantai Kartini, Jepara. Tapi kita juga bisa langsung berangkat dari Semarang dengan menggunakan kapal cepat. Lama perjalanannya pun jadi lebih cepat, sekitar 2 – 3 jam. Sepertinya pilihan kami akan langsung berangkat dari Semarang saja.

What to do

  1. Island Hopping

Udah kebayang banyaaak banget kegiatan asyik yang bakal kami lakukan disana dan sebagian besarnya pasti melibatkan air. Ya iya lah secara liburannya ke Pulau kan. FYI ya, Taman nasional Karimun Jawa memiliki merupakan gugusan kepulauan kecil. 2 Pulau terbesarnya bernama Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Selain dua pulau terbesar tersebut, kira-kira ada 27 pulau disana, dan 22 diantaranya tidak berpenghuni. Kita bisa island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya dengan menggunakan kapal-kapal yang banyak tersedia.

 

pic from: karimunjawakita.com

 

Ada beberapa pulau kecil yang fotogenik dan Instagramable banget dan pastinya selalu ada dalam paket liburan Karimun Jawa. Pertama ada pulau Geleang yang merupakan pulau tak berpenghuni tapi selalu dipadato pengunjung karena pantainya yang landai dan cantik, pasirnya pun putih dan ombaknya tenang. Cocok deh main air disini sama anak-anak. Ada juga Pulau Ujung Gelam yang katanya punya the best sunset view in Karimun Jawa.

2. Berenang Bersama Hiu

Baby shark dance mah udah biasanya ya, tapi kalau berenang dikelilingi para hiu, siapa berani???? Hiiii … antara takut tapi penasaran juga sih. Pulau Menjangan Besar punya penangkaran hiu yang berbatasan langsung dengan lautan. Kita bisa berenang-renang bersama kumpulan hiu dari mulai yang baby sampai yang grandpa shark. No worries, katanya sih mereka sudah jinak meskipun tetap harus waspada ya. Jangan melakukan gerakan mendadak yang bisa memacu rasa penasaran para hiu hehehehe…

 

pic from: hoteldseason.com

 

3. Swimming, snorkling, and Diving

Aduuuhhh sebagai emak yang doyan banget sama pantai, kegiatan ini nih yang aku pengen banget lakukan di Karimun Jawa nanti. Menurut salah satu paket wisata yang pernah aku baca, Pulau Cilik dan Pulau Tengah menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler. terumbu karang dan ribuan jenis ikan nan cantik menanti kita di dalam sana.

4. Mangroove Tracking

Selain banyak aktivitas seru yang melibatkan air, ternyata ada juga lho mangroove tracking. Pulau Kemujan rupanya memiliki hutan Mangroove yang cukup luas dan seru untuk dijelajahi. Deretan pepohonan bakau yang hijau nan asri siap dijelajahi dengan track khusus yang tentunya aman dan menyenangkan. Bisa ngadem sebentar sambil pepotoan pastinya.

pic from: tourkarimunjawa.net

 

Liburan kaya gini nih yang aku idamkan sejak lama. Apalagi sejak hamil tahun lalu kami belum traveling yang jauh lagi. Pengen merasakan keseruan traveling bareng keluarga lagi dan tentunyan mulai mengenalkan baby K sama hobby emaknya jalan-jalan. rencana insyaallah sudah matang, akupun sudah cari info tentang beberapa paket wisata ke Karimun Jawa. Sayangnya belum ada yang sreg di hati, sampai beberapa hari lalu pas buka Traveloka aku menemukan paket wisata ke Karimun Jawa.

 

Paket wisata Karimunjawa traveloka

 

Paket Wisata Karimun Jawa by Traveloka

Baru tahu kaaannn????? Aku juga baru tahu sih sebenernya hahahahah…. Aku paham sih kalau sekarang Traveloka menawarkan paket liburan. Ada paket honeymoon, paket liburan ke Bali, dan banyak destinasi keren lainnya di Indonesia, tapi aku nggak menyangka ada juga paket ke Karimun Jawa. Begitu tahu langsung dong buka infonya disini untuk tahu lebih lanjut.

Nah buat kalian yang berdomisili di luar kota Semarang bisa memanfaatkan paket wisata Karimun Jawa dari Traveloka ini dengan membeli tiket pesawat ke Semarang plus hotel selama linuran di Karimun Jawa. Banyak banget pilihan hotel di Karimun Jawa yang bisa di booking via Traveloka. Dari mulai hotel dan resort kelas atas seperti d,Season sampai villa dan hotel yang rate-nya berkisar mulai dari 300.000an. Penawarannya hotelnya beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kita.

paket wisata traveloka

Seneng banget sih pas tahu ada paket wisata (tiket pesawat + hotel) dari Traveloka karena bisa menghemat waktu banget. Biasanya selama ini urusan itinerary kan aku yang handle dan urusan booking pesawat dan hotel itu takes time banget. Sekarang dengan adanya paket wisata dari Traveloka kan tinggal sekali klik bisa langsung deal pesawat dan hotel, praktis. Apalagi untuk melakukan booking kita nggak harus buka PC, tinggal download aplikasinya via smartphone dan semua urusan pun beres. Selain praktis, dengan memanfaatkan paket wisata Traveloka ini kita bisa menghemat lumayan banyak lho.

Makin semangat deh kalo udah gini. Merencanakan liburan jadi makin simple dan hemat berkat paket wisara dari Traveloka. Alhamdhulilah banget ada paket wisata Karimun Jawa yang bisa kami manfaatkan untuk liburan akhir tahun nanti. Kalau Sahabats pengen liburan kemana akhir tahun ini??

 

Be Sociable, Share!

12 Replies to “Karimun Jawa … I’m Coming”

  1. aku orang jepara tapi belum pernah ke karimun. hiks, apa kata dunia 🙁

  2. Ke Kemujaaan…Banyak pantai masih suepiii

  3. Aku juga gagal berangkat tgl. 27-29 besok ke karimun jawa, soalnya teman banyak yang batal dan sayang udah masuk musim hujan, diundur awal nov pun gak bisa coz suami harus ke Jakarta

  4. Mupeng pengen piknik Karimun, moga ada rezekinya, aamiin..

  5. Akhir tahun aku milih ke Vang vieng, Laos mba :D. Aku jg suka wisata alam, tp pantai memang bukan favoritku. Pertama krn ga kuat panas, kedua ga bisa berenang juga hahahah 🙂 tp suka sih melihat pantai dr pondokannya, apalagi kalo pantainya bersih, sepi. Kalo yg udh terlalu ramai, pusing ya mba.. -_-

  6. Berenang bersama hiu, jadi pengalaman yang mendebarkan pastinya. Kunbal Ya

  7. Dari dulu sudah mupeng banget ke Karimun Jawa, tapi blm kesampaian pe sekarang. Semoga tahun depan bisa kesana, pas kenzie udah 2 th dan udah disapih hehehe

  8. Ada banyak jalan menuju Karimunjawa. Enak juga nih liburan tinggal duduk manis dan klik sekali aja.

  9. Waa aku belum ada rencana nih buat liburan akhir tahun.. Seru banget ke Karimun Jawa mbaa.. Itu apa rasanya ya berenang sama hiu? 😀 Aku belum pernah ke sana dan pingin bingitsss..

  10. Ikuutttt..
    pingin banget ke karimun jawa,tapi kapan ya??huhu

  11. Pengen banget diving dan liat ikan nemo (badut) di Karimun Jawa. Tapi kyknya mesti bikin trip ke Jepara jg nih, sekalian hehe.

Leave a Reply