Piknik Tipis-tipis di kota Cirebon

Assalamualaikum Sahabats

Sebenernya sudah lama banget kami kepikiran untuk ngajakin baby K naik kereta, tapi sampai hari ini belum juga terealisasi. Dulu waktu si kakak bayi sering banget naik kereta bahkan jadi salah satu moda transportasi umum favoritnya. Banyak pengalaman seru yang sampai sekarang masih diingat Nadia ketika naik kereta ke Surabaya waktu kecil dulu.

Memori manis itu mau juga dong kami berikan ke Keumala. Ada beberapa rute  jarak dekat yang sudah jadi incaran. Kami pilih jarak dekat karena kan baru percobaan pertama jadi cari yang nggak makan waktu lama. Cari kota yang punya banyak pilihan wisata dan pastinya ramah anak dong. Setelah diskusi sama suami akhirnya kami putuskan melakukan perjalanan singkat ke Cirebon naik kereta api.

Baca juga Rekomendasi wisata kuliner di Cirebon

Wisata Ramah Anak di Kota Cirebon

Meskipun judulnya piknik tipis-tipis tapi harus tetap seru dan berkesan dong. Jadi sebelum berangkat ke Cirebon aku cari referensi tempat wisata yang ramah anak dong. Ternyata ada beberapa pilihan yang cukup menarik lho Sahabats. Nih aku kasih contekannya yes

  1. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan ini jadi salah satu tempat favorit aku sejak kecil Sahabats. Tiap kali negokin almarhumah nenek yang dulu tinggal di Cirebon, kami pasti mampir ke Cibulan. Kalau ngintipin fotonya sih Cibulans ekarang makin kece lho. Airnya yang dingin dan seger tuh bikin betah berenang di sana. Oya ada lagi ciri khas pemandian Cibulan yang pasti anak-anak suka adalah di dalam kolamnya ada banyak ikan dewa yang jinak dan asyik jadi temen berendam. Anak-anak juga sekaligus bisa mengenal dan berinteraksi langsung dengan si ikan dewa ini.

pemandian Cibulan. photo by; ayorenang.com
  • Gua Sunyaragi

Meskipun namanya goa tapi goa sunyaragi ini jauh dari kata serem, apalagi angker Sahabats. Tempat wisata ini luaas banget, jadi anak-anak bisa lari-lari sepuasnya dan emaknya bisa pepotoan cantik secara goa sunyaragi tuh instagramable banget. Eh tapi jangan sampai anak-anak lepas dari pengawasan juga ya hehehe…

gua sunyaragi
gua sunyaragi, Cirebon
  • Taman Wisata Siwalk

Taman wisata Siwalk ini terbilang baru dan cukup ngehits di Cirebon. Letaknya ada di Setu Patok Mundu, nggak terlalu jauh lah dari pusat kota Cirebon. Pemandangan di Siwalk ini juara banget karena dari sini kita bisa menikmati view pegunungan dengan sangat jelas, apalagi kalau pas cuaca lagi bersahabat.

View yang amazing ini bisa dinikmati dengan menyewa perahu untuk keliling danau. Boleh juga nyobain mancing di danaunya, siapa tau pulang bisa bawa ikan buat makan malam hehehe. Nah kalau anak-anak masih belum puas berenang di Cibulan dan masih nagih untuk berenang lagi, pas banget nih karena di taman wisata Siwalk ini juga ada kolam renang yang cukup luas dan banyak permainannya.

wisatacirebon.com

Nggak Cuma itu Sahabats, di taman wisata Siwalk ini ada berbagai aktivitas outbond yang bsia dicobain, mulai dari flying fox, ATV, dan naik speed boat. Bisa dibilang paket lengkap liburan keluarga ya Sahabats. J

  • Masijd Attaqwa

Liburan memang waktunya bersenang-senang, tapi jangan sampai kita meninggalkan kewajiban shalat lima waktu ya Sahabats. Anak perlu juga dicontohkan bahwa liburan bukan berarti jadwal shalat jadi berantakan. Justru di saat liburan inilah kita bisa mengajak mereka mengunjungi masjid yang ada di kota tujuan kita.

Masjid Attaqwa Cirebon

Acara shalat di masjid kota setempat biasanya selalu jadi agenda wajib tiap kali kami liburan. Pun waktu kami liburan ke Cirebon, mampir dong ke Masjid Attaqwa yang cantik itu. Semoga dengan memberikan contoh dan teladan anak-anak kelak akan jadi anak yang shalih dan shalihah, aamiin.

Cirebon memang layak dijadikan jujukan liburan keluarga Sahabats. Banyak tempat wisata keren dan ramah anak, kulinernya pun juara. Jadi kapan Sahabats mau piknik ke Cirebon?? 🙂

Be Sociable, Share!

2 Replies to “Piknik Tipis-tipis di kota Cirebon”

  1. Waaah ternyata cirebon cukup menarik . Musti jadwalin main kecirebon nih mumpung masih dekat dari Jkt

    1. Cuzz mumpung deketan ama Jakarta, cirebon paket lengkap. Wisatanya oke, kulinernya enyaak smuaa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.